CoolXtiaNAvatar border
TS
CoolXtiaN
[HOT] 12 Tahun Perkembangan Game Online di Indonesia



Berawal dari dibentuknya jaringan komputer oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 yang terus dikembangkan melalui berbagai macam proses oleh para ahli, akhirnya terbentuklah internet (interconnection-networking) yang sudah sangat sering kita pergunakan sehari-hari di dunia ini.

Dewasa ini, siapa yang tidak kenal internet? Segala macam perangkat yang kita pergunakan sehari-hari hampir semuanya terkoneksi dengan internet, mulai dari komputer, laptop, telepon genggam dan hampir semua aktivitas yang kita lakukan dihubungkan dengan internet. Bisa dibilang, internet bukan lagi hal yang mewah di mata masyarakat, melainkan kebutuhkan yang memang sudah harus hadir menemani aktivitas sehari-hari.



Maraknya kegiatan pengguna internet melalui perangkat-perangkat canggih abad ini, membuat banyak perusahaan pengembang dan penerbit game memanfaatkan celah tersebut. Perkembangannya pun berlangsung dengan sangat cepat, mulai dari jaman game konsol jadul yang sama sekali tidak menyentuh internet, sampai dihadirkannya game online (game yang hanya bisa dimainkan menggunakan koneksi internet) dan game Konsol + PC yang mulai disangkut pautkan dengan koneksi internet.

Meskipun sedikit nyerempet ke ranah game konsol dan PC, namun bukan kedua hal tersebut yang ingin Kru KotGa bahas kali ini. Hal yang menarik perhatian Kru KotGa adalah munculnya istilah "game online", permainan yang hanya bisa dimainkan jika terkoneksi dengan internet dan permainan tersebut bisa membuat semua orang menjadi kecanduan untuk memainkannya. Langsung saja yuk kita lihat sejarah perkembangan game online di Indonesia!


Jika Kotakers mengingat-ingat kembali, awal game online hadir di Indonesia dimulai pada tahun 2001, dimana game berjudul Nexia mulai menarik perhatian banyak gamers PC, konsol dan juga masyarakat lainnya untuk mencoba bermain "game online". Meskipun Nexia hanya hadir dengan grafis 2D yang sederhana, namun kehadiran game tersebut sudah sangat berkesan di hati para gamers Indonesia.

Masih dalam tahap awal perkembangan game online di Indonesia, satu tahun setelah kemunculan Nexia, hadir juga game berjudul Redmoon dengan grafis 2.5D yang bisa dibilang lebih berbeda untuk saat itu. Mengapa berbeda, karena karakter di Redmoon hadir dengan lebih hidup, sehingga sangat terasa berbeda untuk gamers saat itu. Masih dalam genre yang sama (RPG), di tahun 2001-2002 Nexian dan Redmoon berjalan beriringan menemani langkah awal gamers Indonesia memasuki dunia game online.


Nexia Online


Redmoon



Beralih dari tahap awal, di tahun 2003-2004 bisa dibilang perkembangan game online mulai maju ke arah yang lebih baik. Terdapat 7 game online baru yang hadir di Indonesia, mulai dari Laghaim, Ragnarok Online, GunBound, Xian Online, Risk Your Life (RYL), Tantra Online dan Survival Project. Namun, dari banyaknya game online yang hadir tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa Ragnarok Online lah yang menjadi awal meledaknya trend bermain game online di Indonesia pada saat itu, meskipun beberapa judul lainnya juga cukup diminati oleh para gamers, seperti Gunbound, Laghaim, Tantra Online, Risk Your Life (RYL) dan lain-lain.




Jika Kotakers mengingat pada tahun-tahun tersebut, pasti banyak kejadian lucu yang bisa dikenang, yaitu :

  • Gamers harus rela adu cepat sampai ke warnet, untuk bisa mendapatkan billing dan bermain game online.
  • Jika tidak kebagian komputer untuk bermain, gamers harus masuk daftar antri (waiting list) untuk bermain game online pada saat itu.
  • Beberapa warnet yang tadinya hanya menyediakan jasa untuk browsing, chatting dan lain-lain mulai memasang client game-game online yang cukup diminati.




Tentu saja tidak hanya ketiga hal tersebut, masih banyak kejadian lucu lainnya yang pasti gamers alami di awal-awal trend game online mulai meracuni gamers di Indonesia. Tambahkan sendiri ya! ^_^

Selain Gunbound, pada tahun 2002-2004 bisa dibilang trend bermain game online masih dirajai oleh genre Role Playing Game (RPG), sehingga para publisher berlomba-lomba untuk menarik hati para gamers dengan menerbitkan berbagai game online ber-genre RPG dengan pilihan yang berbeda. Bisa dibilang juga, awal game online lahir di Indonesia merupakan awal trend dimana bermain game online harus dilakukan dengan berbayar "pay to play", sehingga para gamers harus melakukan pembelian sejumlah voucher terlebih dahulu untuk bisa login dan juga membayar billing warnet setelahnya.



Nah, setelah jaman pay to play dan RPG merajai trend bermain game online di tahun-tahun tersebut, memasuki tahun 2005 beberapa genre baru yang berbeda mulai hadir di Indonesia. Jika Gunbound adalah awal dari genre game online yang berbeda di Tanah Air, maka trend-nya sendiri mulai bangkit pada tahun 2005 dengan hadirnya judul-judul game baru yang sangat diminati saat itu, mulai dari Pangya, O2 Jam, GetAmped, Vital Sign dan lain-lain.




Meskipun banyak genre hadir mewarnai perkembangan game online pada saat itu, namun hal tersebut tidak mempengaruhi popularitas MMORPG sehingga di tahun 2005an banyak judul game dan genre yang berbeda-beda mulai berjalan secara beriringan dan memiliki fans-nya masing-masing.

Kelanjutan perkembangan game online sampai dengan tahun-tahun berikutnya tidak terlalu mengalami perubahan yang signifikan dari segi genre. Judul-judul game online baru mulai bermunculan baik dari publisher yang sudah lama hadir ataupun baru, sehingga para gamers semakin mendapatkan tambahan variasi untuk bermain game online yang berbeda-beda.

Meskipun tidak begitu mengalami banyak perubahan di tahun 2005an, namun tahun-tahun setelahnya sistem bermain game online "free to play" mulai diperkenalkan kepada gamers di Indonesia. Jika Kru KotGa sempat mengatakan trend "pay to play" terjadi di tahun sebelum 2005an, tentu saja tidak semua game online menggunakan sistem tersebut, sehingga trend-nya kami ambil berdasarkan yang terbanyak digunakan pada saat itu.



Begitu pula dengan free to play, sistem yang sangat cocok dengan gamers casual tersebut mulai menarik perhatian para gamers di Indonesia. Meskipun baru diperkenalkan, banyak gamers yang mulai asik dengan sistem free to play sehingga trend-nya sendiri mulai bangkit sekitar tahun 2006an. Jika Kotakers berfikir hadirnya free to play membuat game pay to play hilang tentu saja tidak secepat itu, karena beberapa kelebihan yang ada di sistem pay to play tidak ada di sistem free to play, begitu pula sebaliknya.

Pay to PlayFree to Play Fitur di dalam game tersedia dengan lengkapFitur di dalam game kurang lengkap Login ke dalam game harus membayarLogin ke dalam game tidak perlu membayar Tidak perlu membeli koin, karena semua tersedia dalam gameMembeli koin terlebih dahulu untuk melengkapi beberapa fitur yang tidak tersedia Hampir setiap gamers mendapatkan keistimewaan yang samaGamers yang menggunakan koin dan yang tidak akan sangat jelas terlihat perbedaannya

Melihat tabel di atas, sudah pasti kelebihan dan kekurangan dari kedua sistem tersebut membuat para gamers dapat memilih sendiri ingin bermain game online yang dengan sistem yang mana, apakah pay to play atau free to play? ^_^

Setelah dua sistem tersebut ada di Indonesia, ternyata perkembangan game online free to play maju dengan sangat pesat, sehingga game online dengan pay to play mulai redup dan biasanya hanya dimainkan oleh gamers setia dari setiap judul game-nya.

Jika pada tahun 2005-2006 berbagai genre game online telah hadir dengan sistem yang berbeda-beda dan berjalan beriringan secara seimbang, ternyata pada tahun 2007 ada satu judul game online yang cukup meledak bukan dari genre MMORPG. Ber-genre Rhythm & Dance, Audition AyoDance terbilang cukup sukses hadir di Indonesia pada tahun 2007an. Jika Kru KotGa boleh menyimpulkan, meledaknya Audition AyoDance mungkin karena gamers melihat suatu hal yang baru hadir dari game tersebut. Karakter yang dihadirkan juga lebih mengarah kepada gamers wanita, sehingga banyak juga gamers wanita yang memainkan game tersebut meskipun gamers prianya tidak kalah banyak. Selain Audition AyoDance, beberapa game serupa juga diluncurkan setelahnya seperti Idol Street, Dance Jam, On Air dan lain-lain.




Di tahun 2007an, tentu saja tidak hanya genre Rhythm & Dance yang menarik perhatian gamers, dari genre MMORPG juga hadir kejutan yang baru kala itu. Lyto menghadirkan MMORPG yang cukup fenomenal dengan sistem war yang mempertemukan tiga bangsa menjadi satu, yaitu Rising Force Online (RF Online). Sistem war yang unik dan belum ada saat itu, sepertinya menjadi faktor utama meledaknya RF Online di Indonesia kala itu.



Meskipun dua game tersebut mewakili semakin maraknya game online yang hadir di Indonesia di era tahun 2007an, namun beberapa judul game berbeda dari publisher yang baru ataupun lama semakin banyak saja. Mulai dari hadirnya Domo, Angel Love Online, Ghost Online dan lain-lain.

Di tahun 2008, perkembangan game online di Indonesia tidak terlalu heboh, tetapi game-game dan event-event besar dari tiap publisher terus bermunculan. Sehingga sudah mulai terlihat banyak gamer hardcore yang memiliki komunitas besar dan solid di tiap game-nya. Selain itu, beragam jenis gamers juga sudah mulai terlihat, apakah gamers setia, gamers musiman, gamers cari jodoh, gamers coba-coba, gamers yang mengambil keuntungan dari game online dan lain-lain. Pokoknya banyak deh Kotakers! Hehehe.

Oh iya, di tahun 2008 keberadaan warnet juga sudah mulai menjamur di Indonesia, mulai dari warnet biasa-biasa saja sampai warnet yang menyediakan beragam fasilitas canggih dan unik di dalamnya. Tentu saja hal tersebut berdampak baik untuk para gamers, karena mereka tidak mungkin kesulitan lagi untuk bermain game online khususnya yang berada di kota-kota besar di Indonesia. Istilah "Game Center" pun sudah sangat biasa terdengar ditelinga kita, sehingga jika melihat papan tulisan dengan istilah tersebut, maka sudah pasti terdapat banyak gamers yang sedang bermain game online di dalam sebuah warnet yang kita lihat tersebut.



Menjamurnya warnet di Indonesia, membuat banyak gamers sudah mulai terbiasa dengan internet dan informasi tentang game pun mulai mudah untuk didapatkan. Melek internet membuat banyak gamers yang haus akan informasi tentang dunia game yang lebih luas, sehingga lahir lah KotakGame sebagai penyedia informasi yang membahas game secara lengkap khusus untuk para gamers tepatnya pada tanggal 10 November 2008.

Beralih dari tahun 2008, ternyata di tahun 2009 ada satu game online yang kehadirannya sangat menghebohkan, Kotakers! Berjudul Point Blank, sepertinya PT Kreon/Gemscool sangat tepat menghadirkan genre MMOFPS saat itu. Mengapa sangat tepat, karena gosipnya saat itu salah satu game FPS yang sangat terkenal (Counter-Strike) sedang mengalami sebuah masalah, sehingga keberadaannya pun hampir dihilangkan di Indonesia. Oleh karena itu kehadiran Point Blank di Indonesia bisa dibilang sebagai penjaring para gamers FPS, sehingga Point Blank menjadi game sangat diminati saat itu hingga sekarang.



Sejak kemunculan Point Blank di Indonesia, sepertinya genre MMOFPS mulai diminati para gamers. Hampir setiap warnet menyediakan dan gamers memainkan game MMOFPS khususnya Point Blank, sehingga dimulai dari tahun 2009 bermain MMOFPS merupakan salah satu trend yang sudah menjangkiti para gamers di Indonesia. Tentu saja Point Blank tidak sendirian, tidak lama setelahnya dua judul MMOFPS lain juga dihadirkan oleh publisher yang berbeda, yaitu Cross Fire dan WarRock. Hal tersebut membuat para gamers dapat memilih sendiri MMOFPS mana yang cocok dengan gaya bermainnya masing-masing.


Selain dari genre MMOFPS, MMO Racing juga mulai muncul di tahun 2009. Meskipun hanya tiga judul yang hadir di Indonesia saat itu (Crazy Kart, Drift City Online dan Fastblack), namun MMO Racing cukup diminati oleh para gamers, sehingga bertambahnya game dengan genre MMO Racing tersebut, membuat ragam jenis game online yang hadir di Indonesia semakin banyak saja.


Perkembangan game online Indonesia di tahun 2009 semakin baik saja, karena bermacam-macam judul game baru sudah mulai hadir dan event-event pameran game yang diadakan publisher ataupun EO (Event Organizer) mulai menjadi suatu rutinitas yang wajib diadakan. Oleh karena itu, gamers semakin tampak saja di permukaan karena tempat mereka untuk berkumpul dan melakukan gathering semakin banyak. Namun tetap, di tahun 2009 adalah tahun berjayanya gamers MMOFPS yang terus berjalan hingga sekarang ini dan tidak dapat dipungkiri Point Blank adalah salah satu penggeraknya.

Diubah oleh CoolXtiaN 04-10-2013 10:32
0
13.9K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan