DILARANG EMOSI DI THREAD INI, SILAHKAN BACA DISCLAIMER BERIKUT :
100% THREAD INI ADALAH NO OFFENSE BAGI AGAN MAUPUN AGANWATI YANG BERPROFESI SEBAGAI SEKRETARIS. SO DINGINKAN KEPALA ANDA SEBELUM MASUK DI THREAD INI
SAYA TIDAK COBA MENG-GENERALISIR SEMUA SEKRETARIS ADALAH BURUK / NEGATIF, BERIKUT ADALAH PENGALAMAN SAYA SEBAGAI MARKETING DEPARTMENT YANG BERHUBUNGAN DENGAN SEKRETARIS - SEKRETARIS
100% ISI THREAD INI ADALAH PENGALAMAN PRIBADI
SAYA TIDAK MENG-QUOTE PERNYATAAN YANG NEGATIF DAN MEJELEK JELEKAN SEKRETARIS ( WALAUPUN MEMILIKI PENGALAMAN YANG SAMA) DARI PARA KOMENTATOR, INI MENUNJUKKAN BAHWA 100% THREAD INI NO OFFENSE
Okeh langsung aja kita mulai.
Saya berprofesi sebagai Marketing Services di salah satu perusahaan di Jakarta. Mungkin bagi agan agan sekalian yang mengerti profesi marketing adalah bukan profesi yang mudah karena terkadang berhadapan dengan orang orang yang ketus.
Setiap saya menawarkan jasa perusahaan kami selalu menjunjung tinggi ETIKA, jadi kami bukan Pasukan Nasi Bungkus yang menawarkan Jasa tanpa ETIKA DAN SOPAN SANTUN karena yang kami tawarkan adalah JASA .
Kebetulan Jasa yang kami tawarkan TERPAKSA HARUS ditujukkan ke Direktur Utama ataupun Jajaran Direktur di Perusahaan Terentu dan pastinya berhadapan dengan SEKRETARIS SEKRETARIS dari setiap perusahaan.
Well, saya harus bilang terkadang Sekretaris itu menjengkelkan. Entah kenapa, saya baru bicara 1-2 kata sudah di potong dengan sangat tidak sopan walaupun hanya via telepon. Saya tidak mengerti, apakah LOAD pekerjaannya yang selalu menumpuk atau bagaimana?
Pernah pengalaman saya :
Saya : " Halo selamat siang dengan Ibu XYZ, Sekretarisnya Bapak XYZ selaku Presdir? " < Senyam Senyum di telpon, mencoba ramah
Sekretaris : " Iya, kenapa ?" < Dengan Ketus
Saya : " Iya Bu, saya XYZ dari perusahaan XYZ yang bergerak di bidang XYZ , saya rencana kirimkan introduction letter dan company profile untuk Bapak XYZ, mungkin saya takut mengganggu beliau, boleh saya kirimkan melalui Ibu? Nanti Ibu bisa bantu saya untuk sampaikan ke Bapak ? " < Dengan sopan loh gan
Sekretaris : " Ha? Apaan itu? Bapak sih gak tertarik, kalau mau ke bagian HRD saja " KLEK TELPON DI TUTUP
Saya : * Tarik Nafas Dalam Dalam*
Nah, contoh di atas adalah kejadian pribadi ane sebagai marketing dan setiap hari pasti menghadapi minimal 5 sekretaris seperti itu. Entah kenapa dia bisa begitu sombongnya dan galaknya?
1. Ane sudah melakukan menurut etika, karena surat ane tidak dikirimkan langsung ke Presdir tetapi melalui Sekretaris. Artinya ane menghargai 100% profesi dia .
2. Kok dia sok tau? Baca aja belum sudah langsung nolak atas nama Presdir. Kan lucu?
Mungkin bagi agan agan yang berprofesi sebagai sekretaris bisa beri penjelasan ke saya. Karena setahu saya profesi sekretaris adalah sebagai pendukung dan bukan membuat image perusahaan menjadi buruk karena kejutek-annya .
Juga agan agan yang berprofesi sebagai marketing bisa curhat curhat juga di sini .
Pengalaman saya juga pernah ketemu Sekretaris yang baik . Tapi perbandingannya 1 : 20 . 1 Sekretaris BAIK & BERETIKA versus 20 SEKRETARIS GALAK DAN GAK BER-ETIKA .
SILAHKAN DI KOMEN GAN
TIDAK MENERIMA
Yang sudah share, mungkin boleh
SEKRETARIS SEKRETARIS MALAIKAT
Spoiler for SEKRETARIS BAIK:
Quote:
Original Posted By miawlutchu►ane sekretaris gan,ane suka dpt tlp berupa tawaran spt itu tp ttp ane layanin,kl sekiranya memang boss ane butuhin ya ane follow up ke boss tp kl boss ane ga butuhin ane alihkan ke bagian yang tepat untuk penawaran tersebut.
prinsip ane
'hidup berbuat baik dan sopansantun baik tata bicara dan tingkah laku membuat org menghargai kita'
Quote:
Original Posted By diah.maharani►ane Sekretaris di salah satu anak perusahaan Pertamina gan, kalo masalah Etika atau sopan santun itu balik lagi ke pribadi sekretaris masing", ga semua sekretaris angkuh dan sombong. kalau agan mau mengirim introduction letter better agan tlp ke operator/receptionist dulu supaya bisa diarahin sebaiknya di sambungkan kmn ga langusung ke Presdir nya.
so far selama jadi sekretaris ga pernah jutek gitu sih, palingan minta diemail/difax aja. ehehe
Quote:
Original Posted By AmmyD►gan,ga semua sekrtaris gitu gan
agan boleh tanya sama agan-agan yang ngelamar kerja sama ane
mungkin agan nawarinnya kurang gimana atau agan tau-tau nelpon ga e-mail dulu
mungkin doski gitu karena pas agan hubungin doski lagi hectic
kan kerjaan sekertaris itu vital banget gan,kalo salah atau ada yang ga selesai itu langsung menyangkut bos/GM/presdir ybs,dan perusahaan ybs...
fyi gan
Komen NGAKAK
Spoiler for KOMEN NGAKAK:
Quote:
Original Posted By anus.mulus►kalo papah ane gak segalak itu gan, papah ane kan sekretaris desa alias sekdes
Quote:
Original Posted By muji.waluyo►gak semulus pahanya ya gan?,,,,
Quote:
Original Posted By ninohartonoo►ada sih yang sombong kayak gitu, tapi banyak yang gak juga. sekertaris di kantor ane baik banget malahan orangnya, ane sampe diajarin nyetir walaupun akhirnya kecelakaan soalnya ane pernah trauma bawa mobil
Quote:
Original Posted By boyzonet►Mestinya kalo ketemu sekretaris bawain dia coklat plus bunga gan...
jadi gitu liat agan dia gak bakalan marah.
Begitu juga kalo nelpon...harus bisa ngegombal gan...ane sering kok mau kontak dengan bos nya tapi harus melalui sekretarisnya dulu tapi ane selalu berhasil.
yang jelas untuk pertama kali jangan melalui telpon gan, harus datang sendiri. Tunjukan tampang agan yg keren....
[/QUOTE]
Quote:
Original Posted By mr.cipunxs►jagn lupa klo nawarin jasa pake pengasihan tingkat dewa,mau mendapatknnya masuk forsub gan
gini gan...bahasa nya terlalu halus untuk marketing...di dunia bisnis kalo agan terlalu sopan maka agan bisa ditindas....
1. agan pede dengan jasa yang agan jual? kalo pede...jual lah dengan nada pede juga...
2. dalam memperkenalkan diri...langsung to the point kepada orang yang dimaksud...misal langsung tanyakan ditujukan kepada pimpinan nya....kemudian tunggu respon....kalo dijawab yang bersangkutan sibuk dll tanyakan dengan siapa dan jabatan yang terima telpon...kemudian tunggu respon...
3. sambil senyum boleh....tapi tanpa senyum pun ga masalah....yang penting nada dan intonasi jelas...pelafalan jelas...maka akan memberi kesan ramah dan tegas...tidak mengesankan seperti sales...
4. kalimat yang ane bold adalah pintu yang agan tutup sendiri...usahakan jangan menggunakan kata2 yang menimbulkan keraguan pada saat agan ingin memprospek calon klien...jadi ibaratnya pada saat telpon diangkat seperti pintu yang dibuka..kemudian agan berdiri di depan pintu..memperkenalkan diri...kemudian agan menutup pintu itu sendiri....
semoga semakin sukses ke depannya gan....
Quote:
Original Posted By eyoenzaghi_09►agan harusnya tanya dulu tuh mbak sekretaris lagi dapet apa kagak, mungkin si mbak sekretarisnya lagi PMS gan.heheheheheh
tapi emang kadang orang gak bisa menghargai orang lain walaupun semanis dan sesopan apapun cara kita menyampaikan, dan biasanya dia bakal kena batunya ditempet lain gan. hehehehehe
Quote:
Original Posted By stunz►mungkin sedikit curhat dan masukan....
ai sering dapet tlp dari sales kaya cerita ts.... yg bikin ai agak males itu adalah terlalu panjang basa basi awalnya..... ai juga berusaha sopan nunggu ampe dia kelar basa basi yg mana itu lama....met siang bla".. boleh d ganggu sebentar pak... kami dr prsh ini.. bla... bergerak di ....blaaa....
jujur ai sebagai yg d tlp udah tau dia mau nawarin barang atau jasa... cuma kadang pembukaannya terlalu lama....
apalagi klo ai lagi sibuk.... dpt tlp bgt mau di tutup ngak sopan ya udah sambil dengerin pembukaan yg lama dalam hati sambil bilang buruannnn....
mungkin lebih baik singkat padat dan jelas....
Quote:
Original Posted By adefhy►maaf gan...ane nyumbang pengetahuan dikit...
ane bukan sekretraris,tapi ane pernah jadi supir bos,,,yang notabene kerjanya selalu berhubungan dengan sekretaris cantik cantik
karena ane harus selalu update jadwal pak bos,jadi ane sering ngobrol ama mbak mbak cantik seksi dan mbahenol.
dari curhat yang ane terima,dalam satu hari kadang mereka bisa menerima puluhan telpon dari berbagai marketing yang menawarkan produk mereka,kalo kasusnya seperti agan di atas ane bisa membayangkan bagaimana kerjaan mereka,jadi harap maklum aja gan,lagian mereka juga kadang di perintah oleh bos untuk menolak telepon seperti itu,bahkan telepon dari bos bagian lain,.. tapi jika sudah ada janji biasanya pak bos akan menyampaikan ke sang sekretaris,bahwa marketing A bakal menelpon..
lagian kerja sekretaris kan bukan hanya menerima telepon,dari menerima surat masuk,surat keluar,rekap dokumen,memberkas arsip,,,banyak dech gan,belum lagi harus memenuhi kebutuhan pak bos (jangan mikir yang aneh aneh gan)..