- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
yang ingin belajar mobil bagi pemula :), masuk aja !


TS
andrydu
yang ingin belajar mobil bagi pemula :), masuk aja !
Spoiler for tips:

1.Kenali posisi tongkat Prosneleng beserta urutan giginya
(1 2 3 4 5 dan R untuk mundur)
2.Kenali putaran Stir full kekanan dan kekiri
3.Kenali posisi padal Kopling tekan atau ijak dan lepaskan secara perlahan
4.Kenali posisi pedal Gas seberapa setuhanya
5.Kenali posisi pedal Rem seberapa tekananya
Spoiler for langkah 1:
1.Sebelum menyalakan mesin mobil alangkah baik nya anda mengoreksi kondisi tongkat prosneleng ( stiek prosneleng).posisikan pada posisi netral/ nol. Posisi tersebut ada di tengah-tengah, antar gigi 3 dan 4 untuk mengetahui lebih jelas di goyang kekanan dan kekiri serta kedepan dan kebelakang. Di akan mempunyai ruang lebih banyak atau lebih luas posisikan di tengah-tengahnya.Bila sudah anda mendapatkan posisi netral atau posisi nol, anda sudah mencapai posisi aman dalam tahap awal
Spoiler for langkah 2:
2.Untuk tahap berikutnya periksa kembali HANDREM atau rem tangan yang berposisi di sebelah kiri tempat duduk sopir atau di tengah antar posisi kursi sopir dan penumpang yang di sebelah kiri,namun bila type mobil anda yang tahun agak tua maka posisi rem tangan tersebuat berada di sebelah depan di bawah kemudi sebelah kiri SETIR mobil anda pastikan terlepas dari fungsinya( turunkan tuasnya )
Spoiler for langkah 3:
3.Bila posisi di atas sudah anda kuasai maka mulailah dengan posisi duduk di belakang kemudi dengan nyaman,senyaman mungkin,karena posisi tempat duduk kita akan berpengaruh untuk kenyamanan mengemudi kita baik pada saat belajar ataupun bagi anda yang sudah bisa dalam mengemudi bersandarlah ke belakang secara normal jangan berlebihan dan jangan memajukan badan terlalu kedepan dengan tujuan ingin melihat secara sepenuhnya untuk jangkauan pandangan kedepan mobil, lalukan dengan seharusnya saja jangan di paksakan pandangan kita, majukan dulu bila jangkauan kaki kiri anda belum bisa menggapai pedal kompling secara pas dan benar/secara full.Atau mundurkan bila kaki kiri atau lutut kiri anda terlalu menekuk dan begitu pula dengan pegangan tangan kita di posisi stir.Karena akan berpengaruh sekali pada saat anda melakukan putaran setir, tangan akan terbentur ke posisi badan dan jok mobil kita sendiri, ahirnya kita tidak bisa melakukan pemutaran setir dengan maksimal cepat dan tepat pada saat kita memasuki tikungan atau menghidar dari rintangan
Spoiler for langkah 4:
4.Pastikan pegangan tangan kita di posisi setir ada pada posisi titik nol untuk mengetahui posisi titik nol tersebut yaitu kita bisa lihat dari posisi roda depan mobil kita dalam posisi lurus dan pasti posisi setir kita akan berada di posisi titik nol
pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T
pula, cara yang ke dua putarlah posisi stir tersebut full kekanan atau kekiri sampai mentok tak tersisa lalu kembalikan kearah berlawannya dengan dua kali putaran stir dan pastikan stir tesebuat ada pada posisi T
Spoiler for langkah 5:
5.Kalau sudah siap semuanya instruksi di atas maka mulailah anda menghidupkan mesin kendaraan (mobil) putar tuas kontak / kunci mobil kita ke arah kanan satu tahap dulu maka biasanya akan terlapas dulu dari posisi kunci setir, putar lagi maka anda melihat di sepido meter mobil anda ada beberapa yang akan menyala dengan warna merah atau oranye namun di posisi tersebut kondisi mesin mobil belum bisa hidup, lalu putar lagi keposisi kanan , maka secara sepontan anda akan merasakan perbedaan getaran mobil anda dan akan mendengar suara mesin mobil anda . AWAS
kami harap anda jangan dulu langsung menghidupkan Audio mobil anda,karena kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam mengemudi.
kami harap anda jangan dulu langsung menghidupkan Audio mobil anda,karena kita butuh kosentrasi yang tinggi dalam mengemudi.
Spoiler for langkah 6:
6.Langkah selanjutnya. Posisikan kaki kiri anda di posisi pedal kopling yaitu posisi pedal di sebelah kiri sendiri karena di bawah ada 3 pedal . Posisi kaki kiri hanya bertugas di posisi pedal kopling saja tidak bisa berpindah ke posisi pedal yang lain baik Rem maupun pedal gas hanya satu tugas yaitu kopling dan kaki kanan mulailah mencoba untuk menenkan padal GAS dengan lembut, bedakan dan rasakan dengungan suara mesin dan getaranya dan anda harus tahu itu .Bila berada di posisi aman dan anda sudah bisa merasakan semua kaki kanan harus mencoba untuk menekan posisi pedal Rem supaya mobil anda tidak bergeser dari posisi parkirnya di sebabkan kondisi jalan yang tidak datar / tidak rata
Spoiler for langkah 7:
7.Terus tekan pedal Kopling dengan full dan tekan pedal Rem secukupnya . Lalu masukan Posisi prosneleng keposisi kiri, atau anda tahan tongkat prosneleng tersebut ke posisi kiri lalu dorong ke arah depan bila anda menginnginkan untuk melaju tongkat prosneleng ke arah kedepan, namun bila anda menginginkan untuk melakukan mudur maka tahan posisi kanan sampai mentok lalu anda tarik ke belakang maka anda akan mendengar suara yang agak khas dari posisi prosneleng atret ( krek)
Spoiler for langkah 8:
8.Posisikan kedua tumit anda yang menginjak Kopling maupun Rem untuk tetap menyentuh lantai body Mobil karena itu akan sangat membatu sekali . Lalu angkat ujung kaki kiri anda secaha perlahan sekali rasakan kembali getaran mobil tersebut lalu bila anda sudah bisa merasakan perbedaanya dari getaran mobil tersebut yang di sebabkan adanya hasil pengangkatan dari kaki kiri maka mulailah anda mengangkat sedikit demi sedikit kaki kanan anda dari pedal Rem dengan catatan semua tumit kaki harus tetap berada di posisi lantai mobil
Spoiler for langkah 9:
9.Bila mobil anda sudah mulai bergerak jangan terburu-buru untuk melakukan pelepasan akan semuanya baik pedal Kopling tahan dulu di posisi setengah Kopling dan kaki kanan tetap dulu stanbay di posisi Rem , sampai anda bisa merasa rilek dan sedikit tenang serta bisa sedikit menikmati laju dari mobil tersebut.
Spoiler for langkah 10:
10.Bila anda sudah mersakan sedikit ketenanngan dan bisa mengemudikan mobil itu dengan rilek walaupun tampa adanya GAS pada saat itu lajukan mobil tersebut dengan pelan dan sedikit demi sedikit lepaskan pijakan kaki kiri anda yang berada di posisi kopling angkat habis atau lepas habis namun dengan catatan posisi kaki kiri tatap redy di posisi pedal kopling dengan kondisi tumit sebagai tumpuhan tanpa adanya tekanan sedikitpun pada posisi pedal kopling tersebut dan kaki kanan mulailah untuk berpindah pada pasisi pedal gas .AWAS pijakan kaki kanan di posisi Gas tidak boleh bertenaga atau anda harus menekan melakukan penyentuhan dengan lembut topangkan kaki kanan tersebut di atas pedal gas tampa adanya tenaga untuk menekanya, maka hasilnya saya pastikan hasil dari setuhan kaki kanan tersebut akan menimbulkan dengungan mesin yang halus sentuh sedikit demi sedikit. Tergantung anda menginginkan seberapa laju mobil yang anda kemudikan.,namun tentunya cukup pelan saja
Spoiler for langkah 11:
11.Bila anda mau memasuki rute MENIKUNG langkah aman lakukan pemutran stir dengan tenang dan jangan lupa tekan kopling di posisi setengah kopling demi manjaga keseimbangan dan kaki kanan posisikan stanby di posisi REM semua itu untuk menjaga agar anda tidak gugup bila menemukan sesuatu yang dapat membuat anda kaget saat anda mendapat rintangan setelah masuk ke posisi tikungan. Dengan demikian anda akan dengan sigap dan reflek akan menginjak dua pedal yang sudah anda jaga, KOPLING DAN REM namun bila itu tidak anda lakukan besar kemungkinan
anda akan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti akan fatal.trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulakan kecelakaan di posisi menikung
anda akan menekan GAS bila anda kaget di posisi tikungan tersebut dan yang pasti akan fatal.trik yang demikian yang sering di lupakan sehingga sering kali menimbulakan kecelakaan di posisi menikung
Sekian gan semoga bermanfaat

Spoiler for boleh :

Spoiler for jangan :


Spoiler for thanks:

Spoiler for saran dari agan-agan:
Quote:
Original Posted By todalife►satu lagi gan, jng belajar di lapangan. ntar di jalan jadi kebiasaan, klo jlan di tengah mulu ngalangin yg laen. lagian kalo beljar di jalan langsung dapet feelingnya gan. ane dah nyobaain ngajarin istri langsung di jln raya. seminggu dah berani ke toll sendirian.
Quote:
Original Posted By RIG►kalau menurut ane sih sebelum belajar mobil,, belajar motor kopling dulu,, di jamin belajar mobil tar jadi lebih mudah 

Quote:
Original Posted By VampireLord►sedikit tambahan dari ane gan kalo rem tangan itu harus aktif sampai ente masuk gigi satu sembari pijit kopling dan rem kaki agar mobil tetap pada posisi nya.
Quote:
Original Posted By duiyan►Masih ada yg kurang,kenakan seatbelt(sabuk pengaman) sebelum mobil berjalan,karena itu adalah syarat mutlak pengemudi profesional. 

Quote:
Original Posted By Raizuno►Ane nambahin..di perempatan jalan kalo mau lurus plisssssssssssssssssssssssssssssssssssss bangetttttt jangan nyalain lampu hazzard..
bikin bingung orang yg di belakngnya..
bikin bingung orang yg di belakngnya..
Quote:
Original Posted By triuntoro.w►tambahin gan cara berhenti di jalan tanjakan misalkan kondisi macet waktu di puncak..
kalo ane sih di rem trus setengah kopling nyampe ada getaran baru di lepas rem smbil gas biar gak mundur
kalo ane sih di rem trus setengah kopling nyampe ada getaran baru di lepas rem smbil gas biar gak mundur
Quote:
Original Posted By windigo82►TAMBAHAN Gan...
Jakarta -Mengemudi yang baik dan benar memerlukan perhatian khusus bahkan untuk hal sekecil mungkin. Salah satunya dengan memperhatikan bagaimana posisi tangan yang benar disaat mengemudikan kendaraan.
"Ya, posisi tangan di atas setir memang menjadi salah satu faktor yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tentu ini pun akan berujung kepada keselamatan sang pengendara," ujar Executive Director Indonesia Defensive Driving Center(IDDC) Bintarto Agung.
Memang sebelumnya para pakar berpendapat posisi tangan yang baik pada setir mobil itu berada pada arah pukul 10 untuk tangan kiri, dan arah pukul 2 untuk tangan kanan.
Namun kini para pakar pula yang silang pendapat mengenai hal tersebut. Sebab pendapat lain mengatakan posisi tangan diatas setir kendaraan yang baik itu berada pada arah pukul 9 untuk tangan kiri dan arah pukul 3 untuk tangan kanan.
"Posisi 9 dan 3 ini merupakan posisi tangan yang sempurna, hal ini memudahkan sang pengendara dalam berkendara. Karena dengan posisi ini sang pengendara dengan mudah melakukan olah kemudi pull dan push serta memudahkan pengendara untuk memutar setir kendaraan," ujar Tanto.
Nah untuk mengetahui bagaimana menempatkan posisi yang tepat untuk tangan anda diatas setir, ada baiknya anda melihat yang satu ini.
1. Posisi tangan yang benar saat berkendara, tangan kiri berada di arah pukul 9 dan posisi tangan kanan berada diarah pukul 3
2. Posisi tangan itu memudahkan untuk mengatur panel-panel yang berada dibawah setir kanan dan kiri.
3. Tidak boleh memutar setir dengan satu tangan.
4. Tidak boleh memutar setir dengan posisi menyilang dari dalam.
5. Disarankan untuk melakukan putaran dengan silang dari atas mengikuti lingkaran.

Jakarta -Mengemudi yang baik dan benar memerlukan perhatian khusus bahkan untuk hal sekecil mungkin. Salah satunya dengan memperhatikan bagaimana posisi tangan yang benar disaat mengemudikan kendaraan.
"Ya, posisi tangan di atas setir memang menjadi salah satu faktor yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tentu ini pun akan berujung kepada keselamatan sang pengendara," ujar Executive Director Indonesia Defensive Driving Center(IDDC) Bintarto Agung.
Memang sebelumnya para pakar berpendapat posisi tangan yang baik pada setir mobil itu berada pada arah pukul 10 untuk tangan kiri, dan arah pukul 2 untuk tangan kanan.
Namun kini para pakar pula yang silang pendapat mengenai hal tersebut. Sebab pendapat lain mengatakan posisi tangan diatas setir kendaraan yang baik itu berada pada arah pukul 9 untuk tangan kiri dan arah pukul 3 untuk tangan kanan.
"Posisi 9 dan 3 ini merupakan posisi tangan yang sempurna, hal ini memudahkan sang pengendara dalam berkendara. Karena dengan posisi ini sang pengendara dengan mudah melakukan olah kemudi pull dan push serta memudahkan pengendara untuk memutar setir kendaraan," ujar Tanto.
Nah untuk mengetahui bagaimana menempatkan posisi yang tepat untuk tangan anda diatas setir, ada baiknya anda melihat yang satu ini.
1. Posisi tangan yang benar saat berkendara, tangan kiri berada di arah pukul 9 dan posisi tangan kanan berada diarah pukul 3
2. Posisi tangan itu memudahkan untuk mengatur panel-panel yang berada dibawah setir kanan dan kiri.
3. Tidak boleh memutar setir dengan satu tangan.
4. Tidak boleh memutar setir dengan posisi menyilang dari dalam.
5. Disarankan untuk melakukan putaran dengan silang dari atas mengikuti lingkaran.
Diubah oleh andrydu 03-10-2013 08:08
0
21.4K
Kutip
277
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan