- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Sejarah ditemukanya Kereta Api
TS
amlan37
Sejarah ditemukanya Kereta Api
Quote:
No Junk, dan jangan lupa
Spoiler for buka:
semoga ga repost gan
cek di sini
cek di sini
Sebelumnya ane mau ngucapin dulu
Dirgahayu Kereta Api Indonesia yang ke 68
Quote:
Oke gan balik lagi ke topik, agan agan di sini pasti udah pernah yang namanya naik kereta api (kasihan yang belum pernah )
kereta api saat ini menjadi salah satu kendaraan umum yang dibutuhin oleh orang Indonesia
Selain harganya yang terjangkau, kita juga bisa lebih cepet sampe ke tujuan.
namun di balik pentingnya kereta api ini agan semua udah tau belum sejarah di temukanya kereta api ini ?
oke bagi yang belum tau, ane bakalan nyeritain sedikit awal ditemukanya kereta api
kereta api saat ini menjadi salah satu kendaraan umum yang dibutuhin oleh orang Indonesia
Selain harganya yang terjangkau, kita juga bisa lebih cepet sampe ke tujuan.
namun di balik pentingnya kereta api ini agan semua udah tau belum sejarah di temukanya kereta api ini ?
oke bagi yang belum tau, ane bakalan nyeritain sedikit awal ditemukanya kereta api
Quote:
Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.
Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.
Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.
Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesin diesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.
Quote:
dan bagaimana dengan perkereta apian saat ini ?
jawabanya tentu perkereta apian saat ini sudah sangat berkembang pesat
bahkan saat ini jepang sedang menyiapkan sebuah kereta tercepat yang diberi nama Kereta maglev atau magnetically levitated yang akan mulai beroperasi pada tahun 2027
dari hasil pengujian kereta ini dapat menempuh kecepatan 500km/jam (ga kebayang cepetnya )
jawabanya tentu perkereta apian saat ini sudah sangat berkembang pesat
bahkan saat ini jepang sedang menyiapkan sebuah kereta tercepat yang diberi nama Kereta maglev atau magnetically levitated yang akan mulai beroperasi pada tahun 2027
dari hasil pengujian kereta ini dapat menempuh kecepatan 500km/jam (ga kebayang cepetnya )
Quote:
Sekian thread dari ane, makasih kunjunganya ke thread ane yang sederhana ini
ane sadar thread ane masih banyak kekurangan, jadi ane berharap ada agan yang mau nambahin
Terima Kasih
ane sadar thread ane masih banyak kekurangan, jadi ane berharap ada agan yang mau nambahin
Terima Kasih
Quote:
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komeng bermutunya
0
1.6K
Kutip
9
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan