KASKUS

Proses Terbentuknya Mutiara Secara Alami

Proses Terbentuknya Mutiara Secara Alami







Mutiara, sebenarnya terjadi dari sebutir pasir yang memasuki tubuh seekor tiram atau kerang di dasar lautan. Karena pasir itu menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, kerang itu berusaha mengusirnya. Ia menggunakan getah di perutnya untuk membalut pasir yang melukainya. Proses itu bisa berlangsung bertahun-tahun sampai akhirnya terbentuklah sebuah mutiara yang cantik dan berharga

Nah, jika sebutir pasir masuk ke dalam tubuh tiram, mantel (salah satu organ tiram) akan mulai melapisi pasir itu dengan "nacre" pelindung ke sekelilingnya. Jika pasir tersebut dapat dilapisi secara menyeluruh oleh mantel, terbentuklah mutiara yang indah.


Bentuk mutiara
Mutiara memiliki bentuk beragam. Ada yang bulat, bulat telur, sampai menyerupai kancing baju.
Bentuk lainnya yang tampak unik adalah mutiara yang berbentuk air mata, baroque, gotri, tiga perempat, mutiara biji, mutiara debu, dan mutiara blister.
Baroque adalah sebutan untuk seluruh mutiara yang bentuknya tidak biasa.
Gotri bentuknya hampir sama dengan baroque, bedanya kilauannya hanya sedikit.


Bentuk tiga perempat yaitu tiga-perempat bulan dengan satu bidang datar.
Mutiara biji bentuknya tidak simetris dan sangat kecil.
Mutiara debu terlalu kecil untuk digunakan sebagai batu permata.
Mutiara blister adalah bentuk mutiara yang menempel di cangkang.

Warna mutiara
Mutiara kaya akan warna. Meski demikian, pada dasarnya warna mutiara terbagi atas tiga jenis, yaitu putih, hitam, dan berwarna. Yang termasuk warna putih adalah krem, merah muda, dan kuning merah.
Sedangkan yang berwarna, antara lain mutiara-mutiara yang berwarna merah, kuning, pelangi, violet, biru abu-abu dan perak, biru tua, hijau biru, dan hijau dengan kilau metalik.




weww.. di tunggu perkembangan tritnya gan, nice tuh, kurang gambarnya aja kayanya..


cepet banget udah ada yg pertamax
ga ada Pict gan ?
PERTAMAX !!!
Quote:Original Posted By kinabalu4095



jangan ada pertamax di antara kita


yap.. betul gan
, tiada pertamax antara kita
keren juga

Quote:Original Posted By gumdramon
ga ada Pict gan ?

sabar gan dalam proses
wah keren gan

btw yg alami harganya lebih mahal gan
mau dong gan eneng di beliin mutiaranya
itu beneran ya gan ? soalnya Emak ane pernah makan kerang trus keluar mutiaranya.. ane kirain itu tipuan gan, ternyata emang ada proses campur tangan manusia ya ? ane kira mak ane bercanda gan,..
Quote:Original Posted By warungmadju
wah keren gan

btw yg alami harganya lebih mahal gan

Bener gann

kalo air mata putri duyung bener ga jadi mutiara?
jadi ingat sinetron jin dan jun haha.
tambahin pict yah gan..
nice gan cuma kurang gambarnya aja
walaupun ente jelasin ane tetep ga bisa bayangin kaya apa kalo ga ada gambarnya
nice gan..tp bs dirapiin lg trit nya biar lbh menarik..pake gambar juga yaa
Keluarga mak ane ada ternak mutiara,jadi biasa mak ane jualin,harganya fantastis banget
Kalo kualitas kurang bagus sebiji yah ratusan ribu,kalo yang bagus sampe puluhan juta perbiji
Kalo yang paling bagus buat diekspor ke luar negri,biasanya jepang
Kalo yg campur tangan manusia,disuntikin apaan tuh ke dalam kerang/tiramnya ane lupa
keren jg gan
Ane prnah liat budidayanya dilaut gan. Dikasih mutiaranya jg sebutir doang.
Ternyata prosesnya rumit gan untuk jd sebutir mutiara yg cantik.
Kadang jg ad yg jadinya kurg bagus tuh putihnya gan.


sudul gan