KASKUS

Tahukah Anda, Berapa Jumlah Utang dan Cicilan Utang Indonesia?

Tahukah Anda, Berapa Jumlah Utang dan Cicilan Utang Indonesia?

Tahukah Anda berapa jumlah utang pemerintah Indonesia saat ini?. Menurut Buku Saku Perkembangan Utang Negara Edisi Oktober 2010, jumlah seluruh utang pemerintah mencapai US$ 185,3 milyar. Bila dirupiahkan dengan kurs Rp 9000/ US dollar, maka utang negara kita mencapai Rp 1.667,70 trilyun. Jika dibagi jumlah penduduk Indonesia 237,556 juta jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, maka setiap penduduk Indonesia memikul utang negara sebesar Rp 7 juta.

Utang pemerintah tersebut terdiri atas utang luar negeri dan utang dalam negeri. Utang dalam negeri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pinjaman pemerintah dalam bentuk surat utang atau obligasi.

Meningkatnya utang pemerintah, terutama sejak masuknya IMF pada era reformasi. Peningkatan tersebut didorong oleh biaya BLBI dan paket rekapitalisasi perbankan yang menelan biaya pokok Rp 650 trilyun. Biaya ini atas perintah IMF diaktuaisasikan pemerintah dalam bentuk Surat Utang Negara atau disebut juga obligasi rekap.

Selanjutnya, pemerintah menjadikan instrumen surat utang untuk mendanai APBN. Sehingga jika sebelumnya pemerintah hanya mengandalkan utang luar negeri sebagai sumber pembiayaan APBN, maka penjualan surat utang negara pun menjadi andalan utama pemerintah dalam berutang.

Lalu, berapakah cicilan utang Indonesia? Berdasarkan data dari Buku Saku Perkembangan Utang Negara Edisi Oktober 2010, dalam APBN-P 2010 jumlah keseluruhan cicilan utang pemerintah mencapai angka Rp230,33 trilyun. Cicilan tersebut terdiri atas cicilan pokok sebesar Rp124,68 trilyun dan cicilan bunga Rp105,65 trilyun.

Proporsi anggaran pembayaran utang mencapai 23,21% dari Rp992,4 trilyun penerimaan APBN dimana hampir setengahnya atau 45,87% adalah pembayaran bunga utang pemerintah. Akibat besarnya jumlah cicilan utang, APBN pun mengalami defisit sangat besar, yakni Rp133,75 trilyun.

Selama 11 tahun terakhir, negara telah membayar utang sebesar Rp1.596,1 trilyun dan 54% di antaranya atau sekitar Rp864,67 trilyun adalah untuk membayar bunga utang yang jatuh tempo. Jumlah keseluruhan pembayaran utang pemerintah tersebut lebih dari 7,8 kali penerimaan APBN 2000, 4,7 kali penerimaan APBN 2003, 2,5 kali penerimaan APBN 2006, dan 1,6 kali penerimaan APBN 2010. Jumlah ini juga hampir menyamai jumlah utang negara tahun ini Rp1.667,7 trilyun. Sedangkan total pembayaran bunga utang pemerintah lebih besar dari anggaran penerimaan pajak tahun ini Rp743,3 trilyun.

Meski Indonesia telah membayar utang sebesar Rp1.667,7 trilyun selama 11 tahun terakhir, utang Indonesia tidak turun justru membengkak dari jumlah utang pada tahun 2000 yakni Rp1.235 trilyun. Bahkan jika dibandingkan jumlah utang pemerintah tahun 1998 sebesar Rp553 trilyun, jumlah utang pemerintah Indonesia tahun ini bertambah 3 kali lipat sejak krisis moneter. Dirangkum dari JURNAL EKONOMI IDEOLOGIS [Islam Times/jurnal-ekonomi.org/on]


ini grafik nya gan :
Spoiler for gambar:


sumber :
Spoiler for awas bwk:


Semoga Bermanfaat
ane baru tau jumlahnya gan.
selama ini yang ane tau hutangnya indonesia tu buuuuaaaannnyyyaaaakkkk buangeeeeettttttt

gimana kalau semua orang indonesia patungan 1000 buat nglunasi hutang indonesia
wiiw.. bnyak bener

RIP tokomadju
Quote:Original Posted By wiide
ane baru tau jumlahnya gan.
selama ini yang ane tau hutangnya indonesia tu buuuuaaaannnyyyaaaakkkk buangeeeeettttttt

gimana kalau semua orang indonesia patungan 1000 buat nglunasi hutang indonesia


cepet banget ente
semoga cepat lunas
buset, udah ampe berapa turunan ga bakal lunas2 itu, wong bunga nya aja ga sanggup bayar

kecuali jual pulau2 satu2 , itupun kalo ada yg mau beli
Quote:maka setiap penduduk Indonesia memikul utang negara sebesar Rp 7 juta

Banyak amat ya gan
jika gak ada korupsi dlm jangka waktu 10-15 tahun utang Indonesia bakalan lunas gan
weh ane punya utang ya 7jt sakitnya pinjaman berbunga
jadi setiap orang punya utang ampe 7 jta?
wah banyak banget gan,,,,
Quote:Original Posted By xx11xx
buset, udah ampe berapa turunan ga bakal lunas2 itu, wong bunga nya aja ga sanggup bayar

kecuali jual pulau2 satu2 , itupun kalo ada yg mau beli


begitu lah kenyataan nya gan
buset banyak amat utangnya yah

ya moga aja sih cepet lunas tuh utangnya
wuih, gede yah gan tapi tetep optimis, bisa kok kan indonesia negara yang kuat dan tegar




SCREAMICE
sampe ane koit juga utang Indonesia ngga bakalan lunas..kasian,utang buat anak cucu kita
Banyak amit,
Quote:Original Posted By ompank007
sampe ane koit juga utang Indonesia ngga bakalan lunas..kasian,utang buat anak cucu kita


bener gan, kalo korupsi masih meraja. sampe kapan pun gak bakalan lunas
Layak masuk hot thread nih gan. Ndiiik...
itu kalo kurs 9rb
lah skrg gan 11rb gan
mencret gk tuh dsuru byarre
Buset udah mah trilyunan pake ribu lg
Kira kira bakal ngutang lg gak tuh
×