KASKUS

Seputar Dokter Militer

Salam kenal gan, ane mau sedikit sharing tentang dokter militer, dimana seseorang mempunyai 2 fungsi selain profesinya sebagai seorang dokter dan fungsinya sebagai seorang tentara :

1.Rekrutmen
Dulu kita kenal istilah wajib militer tp ane lupa tahun berapa berganti menjadi perwira karir sampai sekarng, dulu ketika jaman wajib militer seorang dokter yang baru lulus mendapat surat untuk wajib mengikuti wajib militer untuk memenuhi formasi kesehatan militer, dibeberapa negara banyak yang masih menerapkan sistem ini setelah memenuhi kewajiban militer mereka bebas memilih mau kembali menjadi masyarakat sipil atau meneruskan karir militernya menempati jabatan2 strategis di kesehatan militer. Sekarang sistem rekrutmen berubah menjadi perwira karir dimana seorang dokter secara sukarela mendaftarkan diri untuk menjadi personel militer dan berkarir di militer, sebelum mereka pendidikan mereka harus mengikuti persyaratan2 tes dan harus lulus tes seperti proses rekrutmen pada umumnya, tahap kesehatan, jasmani, psikotes, mental ideologi. Setelah dinyatakan lulus mereka berhak mengikuti pendidikan militer.

2. Pendidikan Militer
Mereka akan dididik secara disiplin militer bersama2 dengan calon2 perwira karir lainnya dari sumber sarjana yang lain di kawah Chandra dimuka Akademi Militer Magelang selama 7 bulan. Selama 7 bulan dididik militer mereka di perkenalkan tentang persenjataan, kehidupan militer, hirarki militer agar menjadi Perwira TNI yang tangguh dan berbakti pada Nusa Bangsa. Setelah melewati 7 Bulan akan dilantik menjadi perwira TNI AD, AL, AU. Dengan pangkat Letnan Dua. Setelah dilantik menjadi Letnan Dua atau perwira remaja, para perwira dari 3 Angkatan ini akan berpisah dan menjalani pendidikan lagi sesuai Matra masing2 atau biasa di kenal dengan nama Sarcab (Dasar Kecabangan) selama 3-5 bulan. Untuk TNI AD akan menjalani pendidikan di Pusdikes TNI AD Kramat Jati Jakarta, TNI AL pendidikan di Kobangdikal Moro Krembangan Surabaya, TNI AU di AAU Yogyakarta, selama 3-5 bulan akan dididik sesuai kematraan masing2 atau tradisi masing2 Angkatan dan profesinya. Setelah mereka selesai menjalani pendidikan Sarcab (Dasar Kecabangan), Para perwira remaja ini akan siap memasuki penempatan dan medan penugasan.

3. Penugasan Militer
Pada penempatan dan penugasan ini, perwira remaja ini akan disebar menempati posnya di berbagai macam satuan-satuan di lingkungan TNI. Contoh untuk dokter TNI AD akan menempati satuan-satuan TNI AD seperti Kopasus, batalyon-batalyon Kostrad, Rindam dan fasilitas kesehatan TNI AD seperti Rumah Sakit AD. Untuk TNI AL seperti di Pangkalan-pangkalan TNI AL, batalyon-batalyon Marinir dan Fasilitas kesehatan TNI AL seperti Rumah Sakit AL. Untuk AU di Pangkalan Udara TNI AU, Skadron Tempur TNI AU, batalyon-batalyon Paskhas dan Fasilitas kesehatan TNI AU. Berbagai macam penugasan akan dialami para dokter2 militer disini, tidak hanya bertempur dan mengobati anggota2 militer para dokter juga akan banyak melakukan Bakti Sosial yang bisa dilakukan di setiap daerah di Indonesia, tidak lupa pada saat bencana alam dokter2 militer ini akan masuk pertama kali kedaerah yang tertimpa bencana alam untuk dapat memberikan pertolongan yang cepat kepada para korban sesuai dengan Tugas TNI yang selalu hadir dalam membantu korban bencana secara cepat, dan profesional. Selain itu banyak juga penugasan tidak hanya dalam negeri sesuai dengan politik Indonesia yang bebas aktif, dalam menjaga perdamaian dunia para dokter2 militer juga mempunyai kesempatan untuk tergabung dalam pasukan perdamaian PBB atau Pasukan Garuda, sungguh membanggakan bisa ikut dalam pasukan ini, dan pengalaman yang sangat berharga bisa keluar negeri membantu sesama.

4. Karir kedokteran
Untuk karir kedokteran para dokter sesuai dengan prestasi, senioritas, masa dinas dan kepangkatan diberikan kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Dokter Spesialis yang dibiayai oleh negara. Dan ketika sudah spesialis nanti mereka akan tetap membaktikan ilmunya untuk negara dan setau ane juga selama diluar jam dinas dan seizin atas boleh berpraktek diluar sesuai keahlian masing2.
Sekian gan sharing ane tentang dunia Kedokteran Militer kalo ada salah ane minta koreksi berbagai sumber ane kumpulkan dari pengalaman, browsing dll. Negara dan bangsa menanti dharma baktimu.

Spoiler for pendidikan dasar magelang:

Spoiler for medical corps:

Spoiler for pelantikan perwira:

Spoiler for latihan rutin:

Spoiler for latihan rutin:

Spoiler for dokter marinir:

Spoiler for dokter Marinir dan dokter USMC:

Spoiler for dokter Pasukan Garuda:

Spoiler for dokter TNI AD:

Spoiler for dokter TNI AL:

Spoiler for dokter AU:

Spoiler for dokter Kostrad:

Spoiler for dokter TNI AU:

Spoiler for sarcab Pengenalan Senjata:

Spoiler for Sarcab:

Spoiler for memeriksa tentara asing:

Spoiler for dokter Kopasus:

Spoiler for dokter TNI AD:
keren yah gan... kapan ane jadi militer
ijin nyimak dlu gan heheh
keren gan
ijin nyimak gan

nenda dulu

wow..
ane baru tau gan
ijin nyimak dlu gan heheh
Susah juga ya Gan jadi Dokter militer...
gelar tiker dulu dah gan
terus klo mau daftar jadi dokter militer prosedurnya bijimane gan ?
ane jadi pedagang aja deh
selamat siang TS

asik juga menjadi dokter militer, bisa bergabung dengan pasukan perdamaian PBB
Quote:


jadi inget acara war rescuer
klo ane ijin nyimak dlu ya gan
mantep gan infonya, kebetulan bokap dokter, dan dulu pernah ditawari untuk masuk militer, bokap ane nolak akhirnya jadi dokter PNS
suka dipanggil "medic....!!" kalo ada tentara yg luka ya
lupa, main di game perang yg mana
paragraph nya kasih space aja gan. Biar enak bacanya.
TS pasti ad ya?
harus lulus sekolah kedokteran dulu gan abis itu baru daftar ke TNI.
woow hebaaatt
maju terus pak / bu dokter
×