Kaskus

Entertainment

motorexpertzAvatar border
TS
motorexpertz
MotoGP: Rahasia fokus ditikungan ala Team Repsol Honda !
MISANO, ME. Yamaha udah resmi mengkonfirmasi bakal ngegunain teknologi terbarunya itu, girboks seamless, jelang balapan di seri ketigabelas, San Marino, Italia, Minggu (15/9). Kayaknya, Honda juga pasti gak bakal tinggal diem lagi nih. Komponen canggih apa lagi ya, yang bakal nyantol di RCV?
*****************
MotoGP: Rahasia fokus ditikungan ala Team Repsol Honda !

ME rasa sih, selain saat ngetes motor versi 2014 dan versi produksi yang dijalani Casey Stoner, Honda kayaknya punya sesuatu yang dirahasiin. Gak mungkin, kan, cuma ngetes buat ngembangin versi RCV yang terbarunya tersebut. Ini cuma firasat aja loh, bradsis. Siapa tau ada benernya, kan.
Sekarang kita sedikit flashback deh, dengan apa yang diocehin Valentino Rossi beberapa minggu lalu. Yakni, adanya semacem peranti tambahan yang diadopsiin Honda pada RCV miliknya Marc Marquez, yaitu tuas tambahan yang ada di stang sebelah kiri.

Bedanya, tuas satu ini berbentuk kecil dan menurut Rossi, tuas ini berfungsi buat netralin gigi di saat motor lagi kenceng-kencengannya, dengan asumsi kecepatan pun langsung menurun pada rpm rendah tapi tenaga lebih yang dihasilin tanpa terhambat. Asyiknya lagi, si pembalap pun tetep konsen saat pengereman dan gak perlu sibuk ngegerakin kaki buat nurunin gigi, karena dampak risikonya ngeganggu kestabilan motor pas masuk ataupun keluar tikungan.

Secara yang emang kita tau, girboks seamless milik Honda emang terbilang sempurna. Nah, sehebat apapun komponen itu dengan teknologi tercanggihnya, pasti perlu banget kombinasi dengan penyesuain antara girboks seamless ini dengan peranti yang lainnya. Karena girboks seamless punya dampak risiko yang lebih parah lagi.

Keunggulannya, emang girboks seamless bikin motor stabil banget. Baik saat masuk dan keluar tikungan, tanpa terhambatnya tenaga lebih yang dihasilkan. Tapi seperti yang disinggung tadi, efek kendalanya, di mana peranti ini tanpa konfirmasi terlebih dulu bisa dengan cepatnya terhenti atau logika simpelnya, girboks ini dengan cepetnya tiba-tiba macet. Baik saat motor dalam kecepatan penuh maupun lamban.
MotoGP: Rahasia fokus ditikungan ala Team Repsol Honda !

Hmmm... Yamaha aja perlu waktu buat ngeyakinin peranti ini bisa digunain dengan 100% tanpa kendala apapun. Bisa jadi, Honda pasti bakal ngedahuluin lagi dengan ngeluarin teknologi tercanggihnya, demi memperlengkap dan menyesuaikan kebutuhan mesin RCV. Apa betul tuas kecil itu kah? Atau ada rancangan komponen tambahan yang dirahasiain Honda?
Kedepannya, ajang adu teknologi di kelas MotoGP, pasti bakal makin menarik.

Haus Informasi seputaran roda 2 ?
http://www.motorexpertz.com/
0
4.8K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan