Angkutan umum DKI Jakarta dari masa ke masa,,,masup gan..



halo mas bro/mbak bro
di sini ane mau share dan sekalian bernostalgia tentang kendaraan kendaraan umum jakarta dari masa ke masa

Berawal dari rasa jengkel dan ketidakpuasan terhadapa angkutan umum di Jakarta. Jadi membuat saya intgin tahu lebih jauh mengenai sejarah transportasi umum di ibukota yang semakin semrawut ini. Konon kata simbah-simbah, dahulu Jakarta begitu sangat bersahabat dan nyaman. Apalagi dengan moda transportasi-nya. Berbeda dengan saat ini, mobil makin banyak banget , motor bersliweran seperti laron, ditambah bus kopaja dan metromini yang begitu menjadi momok di jalanan, belum lagi angkot, mikrolet yang ngetem sembarangan di simpang-simpang jalan, fiuh semakin membuat bunek saja.
Sebenarnya dengan hadirnya bus trans jakarta, harapan jakarta yang nyaman dengan transportasinya sedikit memunculkan optimisme. Namun apa dikata, ketidak jelasan sistem, dan kurangnya armada membuat optimisme itu sedikit demi sedikit sirnah.


Mari kita lihat beberapa transportasi favorit dari masa ke masa :
Unik Asik_Aneka macam angkutan umum yang sudah tersingkir dari Jakarta. Beberapa masih bisa ditemukan melaju melawan zaman. Sementara itu, jumlah pemakai kendaraan umum di Jakarta makin menurun. Tahun 1970, 70 persen warga Jakarta adalah pengguna angkutan umum. Tahun 2010 warga pengguna angkutan umum tinggal 17,1 persen.




1. Helicak

Quote:

Siapa masih inget helicak, alias helikopter becak. Dinamai begitu karena bentuknya dianggap mirip dengan heli dan becak. Kendaraan ini muncul tahun 1971 dan hanya bertahan selama beberapa tahun.



2. Oplet
Quote:
Spoiler for :


Spoiler for :

1980-Oplet sejatinya adalah mobil sedan merk Morris yand dimodifikasi, kadang dengan mobil Austin. Tahun 1979 trayek oplet dihapus dan diganti dengan Mikrolet dan Metromini.



3. Bemo

Quote:

1989-Sebenarnya bemo sudah mulai dihapus tahun 1971, tapi hingga sekarang masih bisa ditemukan di beberapa tempat yang tak dijangkau bis kota (Benhill, stasiun klender, tanah abang, mangga besar, dll). Bemo artinya becak motor yang hadir bersamaan dengan Ganefo tahun 1962.



4. Becak
Quote:
Spoiler for :

Spoiler for :

1990-Becak masih bebas mangkal di Bundaran Hotel Indonesia. Jumlah tertinggi becak sepanjang sejarah ada pada tahun 1966 yakni 160 ribu.Becak mulai digunakan sejak tahun 1940 dan mulai dilarang sejak tahun 1988. Namun pemusnahan becak secara besar-besaran dari Jakarta baru terjadi pada tahun 1998. Meski demikian becak masih bisa ditemukan di beberapa daerah tertentu di Jakarta.



5. Tram / Bis bermesin Uap

Quote:
Spoiler for :


Spoiler for :


Tram ini berada di Jakarta, tahun 1927. Di Jakarta pada Tahun 1927 terdapat 5 (lima) jurusan atau disebut
Lin (kata ini masih digunakan angkutan kota di Surabaya hingga saat ini) Tram Listrik, sebagai berikut:


Lin 1 : Menteng - Kramat - Senen - Vrijmetselaarweg - Gunung Sahari -
Kota bawah (PP)
Lin 2 : Menteng - Willemslaam - Harmoni (PP)
Lin 3 : Menteng - Willemslaam - Vrijmetselaarweg (PP)
Lin 4 : Menteng - Tanah Abang - Harmoni (PP)
Lin 5 : Vrijmetselaarweg - Willemslaam - Harmoni (PP)
1981-Penumpang di terminal Lapangan Banteng yang kini sudah diubah menjadi taman. Sejarah angkutan umum Jakarta berawal dari tram / bis yang dikelola Belanda. Sayang, tram bermesin uap dihapuskan oleh Presiden Soekarno tahun 1960.



6.Bis Tingkat

Quote:

1996-Bis tingkat masih dapat ditemui di jalan utama kota Jakarta. Pengelolanya adalah Pengangkutan Penumpang Djakarta alias PPD. PPD dibentuk dari Maskapai Lintas Kota Batavia yang dinasionalisasi tahun 1954.


7.hanya mitos

Quote:Semenjak tahun 1996 Jakarta lebih mengandalkan bus-bus dengan kapasitas besar seperti PPD, Mayasari Bakti, sempat juga bus gandeng steady safe. Memasuki tahun 2000-an muncul ide Monorail yang akan menghubungkan pusat-pusat bisinis di Jakarta. Namun apa dikata lagi-lagi itu hanyalah wacana. bahkan konon proyek ini telah menghabiskan milyaran rupiah hanya untuk membangun pondasi-nya saja. what the f*ck !!

rencananya:


tapi hasilnya :


Hanya membuat kotoran saja, membuat ruang makin sempit saja. tanpa ada realisasi-nya.




8. Busway Trans jakarta dari bus biasa sampai bus gandeng yang hidup kembali
Quote:

Jalur Transjakarta (kanan) merupakan jalur khusus yang tidak boleh dilewati kendaraan lainnya.

Bus Transjakarta memulai operasinya pada 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bus ini diberikan lajur khusus di jalan-jalanyang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya (termasuk bus umum selain Transjakarta). Agar terjangkau oleh masyarakat, maka harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah.

Pada saat awal beroperasi, Transjakarta mengalami banyak masalah, salah satunya adalah ketika atap salah satu busnya menghantam terowongan rel kereta api. Selain itu, banyak dari bus-bus tersebut yang mengalami kerusakan, baik pintu, tombol pemberitahuan lokasi halte, hingga lampu yang lepas.

Selama 2 pekan pertama, dari 15 Januari 2004 hingga 30 Januari 2004, bus Transjakarta memberikan pelayanan secara gratis. Kesempatan itu digunakan untuk sosialisasi, di mana warga Jakarta untuk pertama kalinya mengenal sistem transportasi yang baru. Lalu, mulai 1 Februari2004, bus Transjakarta mulai beroperasi secara komersial.


sumber

saya kira sekian thread dari saya,kalau ada salah kata/salah ketik ane minta maaf

Spoiler for buka:
jadi nostalgia...
walopun ane gak setua2 itu amat
matabelomatabelo ane ke jkt aje msih 2 kali gan
Quote:Original Posted By funkcaution
jadi nostalgia...
walopun ane gak setua2 itu amat


hhahaha,, minimal pernah ngerasain bemo lah
oplet jaman dulu malah lebih keren ya gan dari pada bemo sekarang
mudah2an HT gan, ane baru tau yg namanya helicak gan, nice share
metromini dan kopaja gan
emang sih selalu mengganti dari masa ke masa tapi masih saja tuh cemari polusi
Kayaknya ane butuh pencerahan gan.. Kalo Bajaj sama Bemo itu sama atau beda?
Quote:Original Posted By untal12051994
mudah2an HT gan, ane baru tau yg namanya helicak gan, nice share


amin gan,penasaran sama helicak ya gan? ane mbayangin naiknya aja mgkn nyaman banget ya gan
Quote:Original Posted By ng230711
Kayaknya ane butuh pencerahan gan.. Kalo Bajaj sama Bemo itu sama atau beda?


mungkin hampir sama gan,,tp namanya beda generasi dan bodynya di bikin lebih kecil kalau bajaj...
itu saja sih menurut ane
Kayaknya udah punah ya gan
Quote:Original Posted By lagion
Kayaknya udah punah ya gan


hampir lebih tepatnya
namanya dulu lucu ya
sayang itu ada yang rencananya malah dihentikan waktu tengah-tengah dibangun
Bangsa yang besar adalah yg menghargai masa lalu,
Jangan Di lupain please,
mending di jadiin museum di fatahillah sehingga menambah objek wisata di jakarta,
Monorel, Kapan dikau JADI!!!!
nice share gan,,
Quote:Original Posted By raja.ali
Bangsa yang besar adalah yg menghargai masa lalu,
Jangan Di lupain please,
mending di jadiin museum di fatahillah sehingga menambah objek wisata di jakarta,
Monorel, Kapan dikau JADI!!!!


ia gan,sepertinya bangsa ini sudah hampir melupakan masa lalu,bahkan nenek moyang nya ndiri dilupakan
setuju gan klo di taruh di museum,,atau klo ga gitu dijadikan patung kan lebih gimana gitu,,,
kangen pengen naik bis tingkat gan kaya waktu ane kecil