- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Angkot Di Bandung Akan Di Geratiskan Gan!


TS
wisewhitebear
Angkot Di Bandung Akan Di Geratiskan Gan!

Quote:
Kaskuser Yang Baik Selalu Meninggalkan Jejak

Yuk ikut Bertasipasi Dengan Memberikan DONASI
Quote:
Angkot Day adalah sebuah acara yang diinisiasi oleh kelompok Riset Indie. Acara ini adalah sebuah eksperimen sosial, dan prototipe dari sebuah solusi yang kami rangkai dalam riset kami.
Angkot Day adalah satu hari dimana Angkot berjalan tertib, nyaman, ga ngetem, tidak ugal-ugalan, taat rambu, aman, dan GRATIS.
Angkot Day akan kami realisasikan di tahun 2013 ini, dengan sistem pembiayaan Sponsorship, diwujudkan bekerjasama dengan komunitas kreatif lain di Bandung, teman-teman, dan sesama individu yang ingin membawa perbaikan dan dampak positif bagi Kota Bandung.
Untuk dialog lebih jauh dan pertanyaan seputar Angkot Day bisa dilayangkan pada tautan "Pertanyaan Seputar Angkot Day" di kiri atas laman.
anda juga bisa berbagi foto angkot atau jalanan macet atau apapun terkait dengan Urban Mobility pada tautan "Kontribusi" di atas laman.
Angkot Day adalah satu hari dimana Angkot berjalan tertib, nyaman, ga ngetem, tidak ugal-ugalan, taat rambu, aman, dan GRATIS.
Angkot Day akan kami realisasikan di tahun 2013 ini, dengan sistem pembiayaan Sponsorship, diwujudkan bekerjasama dengan komunitas kreatif lain di Bandung, teman-teman, dan sesama individu yang ingin membawa perbaikan dan dampak positif bagi Kota Bandung.
Untuk dialog lebih jauh dan pertanyaan seputar Angkot Day bisa dilayangkan pada tautan "Pertanyaan Seputar Angkot Day" di kiri atas laman.
anda juga bisa berbagi foto angkot atau jalanan macet atau apapun terkait dengan Urban Mobility pada tautan "Kontribusi" di atas laman.
Spoiler for "Berita":
Quote:
TEMPO.CO, Bandung - Kelompok Riset Indie di Bandung akan menggratiskan ongkos naik angkutan kota di Bandung. [/B]Uji coba bernama Angkot Day itu melibatkan 200-an angkot jurusan Kebon Kalapa-Dago. Tujuannya adalah untuk menghadirkan layanan angkutan yang lebih baik. "Angkot Day merupakan kampanye dan eksperimen sosial untuk merespon masalah kemacetan di Bandung," kata Seterhen Akbar, koordinator Riset Indie, Rabu, 4 September 2013.
Selama ini, angkot sering jadi kambing hitam kemacetan. Padahal, menurut riset, kemacetan disebabkan luas Bandung yang tak bertambah. "Sedangkan penduduk dan kendaran semakin banyak," ujarnya.
Seterhen mengakui bila angkot ikut menyumbang kemacetan ketika berhenti atau mengetem untuk mencari penumpang. Karena itu, Angkot Day akan menjajal perjalanan angkot tanpa mengetem. "Angkot kami arahkan untuk jalan terus, kecuali saat penumpang naik dan turun," ujarnya. "Dengan cara itu, asumsinya penumpang akan senang dan bertambah banyak."
Angkot Day rencananya akan diterapkan pada Jumat, 20 September 2013. Gratis ongkos penumpangnya berlaku dari pukul 05.00-19.00. Nantinya, tiap angkot akan didampingi satu relawan. Tugasnya: menjaga sopir tidak ugal-ugalan dan menyebarkan kuisioner soal angkot ideal ke penumpang. Untuk penyewaan 200 angkot itu, Riset Indie mengumpulkan dana dari anggota komunitas serta donatur melalui Internet. "Kami ingin ada perubahan layanan angkutan kota. Soal teknis dan kebijakan selanjutnya, kami serahkan ke pemerintah dan pemilik angkot," ujarnya.
Sekretaris Organda Kota Bandung, Jaja Kusnadi, mengatakan kebiasaan angkot menunggu penumpang di beberapa ruas jalan sulit dihilangkan. Sebab, beberapa terminal angkot di Bandung sudah tidak layak untuk menjaring penumpang. Bahkan, beberapa terminal tidak berfungsi lagi. Soal angkot berhenti dengan tertib di jalan, terkendala jumlah halte yang mumpuni. "Cara komunitas itu untuk memperbaiki layanan angkot masih berat," kata Jaja.
Untuk menata angkot di Kota Bandung, Jaja mengklaim sudah memiliki rancangan sendiri. Tinggal dibahas dalam kebijakan pemerintah kota. "Pola konsorsium angkutan seperti di Jakarta dengan menggaji supir, itu bisa untuk angkot," katanya.
Selama ini, angkot sering jadi kambing hitam kemacetan. Padahal, menurut riset, kemacetan disebabkan luas Bandung yang tak bertambah. "Sedangkan penduduk dan kendaran semakin banyak," ujarnya.
Seterhen mengakui bila angkot ikut menyumbang kemacetan ketika berhenti atau mengetem untuk mencari penumpang. Karena itu, Angkot Day akan menjajal perjalanan angkot tanpa mengetem. "Angkot kami arahkan untuk jalan terus, kecuali saat penumpang naik dan turun," ujarnya. "Dengan cara itu, asumsinya penumpang akan senang dan bertambah banyak."
Angkot Day rencananya akan diterapkan pada Jumat, 20 September 2013. Gratis ongkos penumpangnya berlaku dari pukul 05.00-19.00. Nantinya, tiap angkot akan didampingi satu relawan. Tugasnya: menjaga sopir tidak ugal-ugalan dan menyebarkan kuisioner soal angkot ideal ke penumpang. Untuk penyewaan 200 angkot itu, Riset Indie mengumpulkan dana dari anggota komunitas serta donatur melalui Internet. "Kami ingin ada perubahan layanan angkutan kota. Soal teknis dan kebijakan selanjutnya, kami serahkan ke pemerintah dan pemilik angkot," ujarnya.
Sekretaris Organda Kota Bandung, Jaja Kusnadi, mengatakan kebiasaan angkot menunggu penumpang di beberapa ruas jalan sulit dihilangkan. Sebab, beberapa terminal angkot di Bandung sudah tidak layak untuk menjaring penumpang. Bahkan, beberapa terminal tidak berfungsi lagi. Soal angkot berhenti dengan tertib di jalan, terkendala jumlah halte yang mumpuni. "Cara komunitas itu untuk memperbaiki layanan angkot masih berat," kata Jaja.
Untuk menata angkot di Kota Bandung, Jaja mengklaim sudah memiliki rancangan sendiri. Tinggal dibahas dalam kebijakan pemerintah kota. "Pola konsorsium angkutan seperti di Jakarta dengan menggaji supir, itu bisa untuk angkot," katanya.
Spoiler for "FAQ Seputar Angkot Day ":
Berikut beberapa pertanyaan yang sering terlontar dari teman-teman Riset Indie. Kami sungguh berterimakasih kepada teman-teman yang sudah kritis dan bertanya

1. Kenapa harus membuat aktivasi acara Angkot Day jika fokusnya untuk mendapatkan data?
Karena Angkot Day adalah sebuah Eksperimen Sosial yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada masyarakat untuk merasakan langsung bagaimana jika transportasi publik Angkot di Bandung bisa berjalan dengan nyaman, aman, dan pasti tarifnya (yang mana dalam simulasi ini akan di gratiskan).
Dalam aktivasi Angkot Day ini masyarakat maupun supir dan juragan Angkot akan merasakan pengalaman saat transportasi publik berjalan ideal, sehingga opini yang kemudian mereka berikan adalah hasil dari sebuah simulasi sungguhan alih-alih sekedar bayangan.
Angkot Day adalah sebuah Prototype, sama halnya saat teman-teman Greeneration Indonesia membuat Balad Kuring di tahun 2009 yang kini diadopsi secara rutin menjadi Car Free Day. Dengan adanya eksperimen ini, kami berharap masyarakat mendukung urgensi perbaikan sistem transportasi publik sehingga di kemudian hari dapat berkontribusi dalam mengurangi kemacetan dan kesemrawutan Kota Bandung.
Aktivasi Angkot Day = Simulasi = Eksperimen Sosial.
2. Kenapa pada saat Angkot Day tarif angkot digratiskan?
Karena kami ingin membuat simulasi skenario bagaimana jika trasportasi publik bertarif lebih murah daripada kendaraan pribadi seperti motor. Idealnya, tarif dibuat rata (flat) seperti Busway di Jakarta. Hal semacam ini memungkinkan jika pihak-pihak pemangku kepentingan (stakeholders) bisa bekerjasama dengan berbagai pihak lain lagi. Dengan tujuan simulasi dan kepraktisan, maka untuk percobaan Angkot Day nanti tarif akan dibuat gratis.
Kami juga berharap dengan membuat tarif gratis pada hari aktivasinya nanti, masyarakat yang lebih luas lagi (di luar pengguna rutin jurusan Kalapa-Dago) mau berpartisipasi mencoba “Angkot Ideal” ini.
3. Apa cukup dengan membuat Angkot Day bisa menyelesaikan permasalahan kemacetan di Bandung?
Tidak, dan memang Angkot Day bukan ajuan solusi yang pasti untuk kemacetan di Kota Bandung. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemacetan Kota Bandung. Juga banyak pemegang kepentingan terlibat dalam penyebab kemacetan Kota Bandung, mungkin termasuk dari kita sendiri, masyarakat.
Angkot Day hanyalah sebuah simulasi, menaggapi persoalan kemacetan dan transportasi publik di Kota Bandung, dari satu sudut pandang. Jika simulasi ini berhasil, kita bisa memperoleh data untuk memperkuat ajuan solusi lanjutan yang lebih terukur.
Partisipasi dan dukungan aktif masyarakat pastilah akan membantu untuk Kota Bandung yang lebih baik. Ayo dukung Angkot Day!
*Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi lebih lanjut bisa melayangkan pertanyaan atau ke-penasaran-an teman-teman di kiri atas laman, pada tautan “Pertanyaan Seputar Angkot Day”

info lebih lanjut cek disini
Gimana kegiatan yang bagus kan gan ? Makanya partisipasi yuk gan!
Caranya klik disinigan !
info lebih lanjut cek @risetindie
Spoiler for "video":
Spoiler for "link berita":
0
2.8K
Kutip
32
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan