KASKUS

Menjawab KONTROVERSI mengenai diet OCD (Obsessive Corbuzier's Diet)


Spoiler for Tolong ya Gan Jika Berkenan:

Spoiler for Bukti No Repost:

Assalamuallaikum wr. wb
Salam Sejahtera untuk kita semua


Sebelum memulai, ane ingin menyampaikan beberapa hal, diantaranya :
  1. Ane bukan fans om Deddy tetapi ane juga bukan pembenci om Deddy, ane hanya akan menyampaikan mengenai beberapa fakta disertai sumber yang jelas yang berkaitan dengan metode OCD ini. Dua kata dari ane untuk menggambarkan Deddy Corbuzier yaitu IDEALIS dan CERDAS!
  2. Segala informasi disini tidak melarang agan untuk melakukan suatu hal, ane hanya akan menyampaikan beberapa informasi yang berkaitan dengan pemahaman orang pada umumnya.
  3. Segala sesuatu akan baik jika digunakan sebagai mana fungsinya, pisau akan baik ketika kita gunakan untuk memotong makanan di dapur tetapi pisau tidak baik ketika kita gunakan untuk melukai seseorang bahkan untuk menghilangkan nyawa seseorang.
  4. ane sudah membaca e-book nya om deddy dan sekarang sedang dipraktekkan, metode OCD ini bukan hal baru bagi para binaraga atau orang yang gaulnya di gym walaupun dikenal dengan istilah Intermittent Fasting (IF), tetapi tetap saja ini merupakan hal baru bagi kita pada umumnya. dan kebanyakan orang akan sulit untuk menerima hal yang baru. kita jangan menjadi bangsa primitif yang susah menerima hal baru. tahukah anda bahwa masih ada beberapa suku pedalaman yang sampai sekarang tidak mau menerima hal baru (yang berbau dunia luar) seperti televisi bahkan listrik sekalipun. jika dianalogikan maka jangan sampai dikelompokan menjadi orang seperti itu yang tidak mau menerima hal baru tanpa mencari tahu tentang hal baru tersebut.


Ane newbie disini maka dari itu maaf jika dalam penyajiannya thread ini kurang rapi dsb, tetapi secara umum ane berharap thread ini dapat bermanfaat bagi agan2 serta memancing agan untuk lebih mencari tahu mengenai hal-hal yang dibahas disini. Ane rasa tidak perlu dijelaskan lagi apa itu OCD, ane harap agan yang membuka thread ini paham setidaknya mengenal apa itu OCD.

Inilah beberapa KONTOVERSI mengenai metode OCD :

Quote:
Spoiler for Mengabaikan Sarapan:

Wajar jika banyak orang yang kontra mengenai pendapat om deddy karena memang dari kecil kita ditanamkan pemaham betapa dahsyatnya khasiat sarapan dan betapa pentingnya sarapan. Dalam hal ini ane tidak mengatakan sarapan itu tidak ada manfaatnya sama sekali tapi mari kita telaah lebih dalam lagi mengenai pemahaman orang2 mengenai manfaat sarapan ini. orang pada umunya mempunyai pemahaman bahwa sarapan akan membuat metabolisme kita lebih lancar, lebih mempunyai energi dalam melakukan aktifitas.

Pada dasarnya tubuh kita ini memerlukan energi untuk menjalankan metabolismenya jadi artinya metabolisme tidak akan terganggu selama tubuh kita masih menyimpan energi yang berasal dari makanan yang kita makan, jadi anggapan bahwa sarapan merupakan salah satu sumber energi untuk menjalani aktifitas kita sebelum datangnya waktu makan siang itu tidak sepenuhnya benar!. Tubuh manusia tidak seperti mesin motor atau mesin diesel, ketika bahan bakarnya kosong maka mesin itu tidak akan hidup tetapi ketika kita isi dengan bahan bakar maka SEKETIKA itu mesinnya dapat hidup.

Contoh misalnya agan sarapan pukul 7 pagi sebelum agan berangkat ngantor dan anda berharap bahwa sarapan anda tadi itu akan menjadi energi yang bisa digunakan dalam menjalani aktifitas dikantor. begini dude, Tubuh kita ini perlu waktu untuk mengubah makanan menjadi energi dan itu bukan waktu yang singkat 1 atau 2 jam. jadi energi yang kita gunakan untuk aktifitas di kantor sebenarnya berasal dari makanan yang kita konsumsi tadi malam bahkan mungkin kmaren sore atau siang bukan berasal dari sarapan kita!! jadi apa buktinya jika tidak sarapan mengganggu metabolisme tubuh dan membuat kita menjadi lemas??? itu hanya sugesti saja!

Quote:
Spoiler for Diperbolehkan Makan Malam:

Agan harus siap-siap terkejut dengan informasi yang akan ane sajikan. Yap! kali ini mengenai larangan makan di malam hari. tidak ada penelitian secara resmi yang mengkaitkan makan malan dengan kegemukan seseorang atau dengan menjadi tidak sehatnya seseorang. perlu anda ketahui, pada awalnya teori larangan ini hanya menyangkut konsumsi karbohidrat pada malam hari, jadi "katanya" jangan makan banyak karbohidrat di malam hari karena akan mudah tertimbun di perut dan menjadi lemak.

Singkatnya, selama konsumsi kalori serta komposisi kalori agan dari karbohidrat, protein, dan lemak tetap sama, mengkonsumsi karbohidrat pada malam hari tidak akan membuat agan gemuk! Kesimpulan yang sama juga dimiliki oleh Chris Martinez, pemilik perusahaan konsultasi fitness di Amerika Serikat, dan Trent Watson, senior lecturer bidang nutrisi dan diet di University of Newcastle serta juru bicara Dietitians’ Association of Australia.

Bahkan, ada penelitian (1) yang mengindikasikan bahwa hal tersebut justru membantu anda membakar lemak, mengecilkan perut, dan menurunkan berat badan dengan lebih cepat! Bagaimana dengan itu untuk sebuah mitos? Bukan saja agan mempercayai sebuah mitos selama ini, tapi ada kemungkinan juga agan melewatkan kebenaran yang sangat menguntungkan untuk agan! dan mengapa pada orang2 yang menghindari makan malam berhasil menurunkan berat badan?? lihat informasinya pada situs fitnessindonesia
coba baca ini :

Quote:
Spoiler for Makan Apa Saja:

Ini adalah hal berikutnya yang menjadi kontroversi. itu merupakan foto yang di upload om Deddy sendiri ke twiternya dimana itu merupakan menu makan mas deddy. ada orang yang mengatakan "Mas Deddy dengan menu makanan ngasal dan ngawur kaya gitu anda sedang memupuk penyakit di masa depan" yang perlu dibahas dalam hal ini adalah mengenai kuantitas makanan tersebut! Mas Deddy upload foto tersebut bukan berarti dia makan itu setiap hari . think smart! dan orang yang mengkritik tadi lalu menyarankan agar kita mengurangi menu tersebut dan memperbanyak menu buah dan sayuran dan secara tidak langsung menimbulkan persepsi bagi orang yang membacanya bahwa sebisa mungkin kita harus memperbanyak makan buah dan sayuran!. Come onnnnn... Semua pakar nutrisi akan mengatakan. "tubuh manusia itu akan sehat jika asupan gizi dan nutrisinya seimbang!"

Dalam hal ini, daging ataupun buah akan sama2 menyehatkan jika kita mengkonsumsinya secara seimbang! Apakah kandungan gizi, protein dan vitamin pada daging tidak cukup baik sehingga membutakan anda akan manfaatnya mengkonsumsi daging??? kecuali bagi orang yang sedang mengidap penyakit tertentu yang dilarang mengkonsumsi beberapa jenis daging seperti daging kambing, apakah kita semua harus menjadi vegetarian untuk menjalani pola hidup sehat?? Tidak adil rasanya jika kita mengindentikan kata "sehat" hanya dengan buah2an dan sayur2an.

Tahukah agan apa akibatnya jika kita mengkonsumsi buah secara berlebihan??? Resiko diabetes dan terkena hipertensi menjadi lebih tinggi karena dalam mengkonsumsi buah juga ada takarannya. Buah mengandung senyawa gula yang dinamakan fruktosa dan anjuran asupan fruktosa di dalam tubuh adalah 20-30 gram/hari ( 1 apel merah = mengandung 11 gram fruktosa) agan bisa dapatkan informasinya disini :

Jadi intinya semua hal yang baik jika kita lakukan secara berlebihan akan tidak baik! Jangan takut akan kekurangan nutrisi, ane berani mengatakan bahwa metode OCD ini justru lebih melengkapi nutrisi harian kita dibandingkan dengan metode diet lain yang hanya menyarankan pelakunya memakan nasi merah dan sayur tanpa bumbu atau daging yang hanya direbus tanpa bumbu! Sebagai umat muslim pasti tahu bahwa di dalam Al-Quran juga Allah telah berfirman "Makanlah makanan yang ada dibumi ini selagi itu halal" Allah tidak berfirman "Makanlah makanan yang kaya serat, rendah karbo, rendah lemak, kaya akan vitamin dll"

Quote:
Spoiler for Sixpack Tanpa Sit-Up:

Orang yang kontra dalam hal ini beranggapan bahwa om deddy mengatakan agan bisa sixpack tanpa berolahraga! Kita harus lebih cerdas dalam menerima sebuah informasi. Peranan sit-up dalam membentuk perut yang sixpack tidak sepenuhnya salah, tetapi lagi-lagi kita harus meluruskan pemahaman orang2 bahwa sit-up lah faktor utama yang membuat perut kita six-pack. Ketika agan melakuka sit-up dengan kadar lemak tubuh diatas 10% atau 15% maka apa yang terjadi?? sit-up itu akan menambah massa otot perut agan BUKAN membakar lemak jadi yang terjadi perut agan akan menjadi lebih besar karena lemak diperut anda tidak kemana-mana sedangkan massa otot perut agan bertambah!

Orang yang kontra dengan hal ini memberikan satu contoh bahwa orang2 yang kurus kok perutnya tidak sixpack katanya . kurusnya seseorang tidak ada hubugannya dengan kadar lemak yang rendah karena kadar lemak dalam tubuh agan tidak selalu sejalan dengan berat badan agan. Coba agan lihat binaragawan, badannya besar kekar jauh dari kata KURUS tapi tahukah agan biasanya kadar lemak mereka dibawah 10% dan kita bandingkan dengan orang biasa yang kurus apakah ada jaminan kadar lemak didalam tubuhnya kurang dari 10%??? itu yang menyebabkan orang2 kurus tidak six pack!

Di dalam e-book OCD sendiri ada yang namanya O7W, bagi yang sudah membacanya pasti tau apa itu. jadi agan yang beranggapan bahwa om deddy di dalam bukunya mengatakan OCD bisa membentuk otot tanpa olahraga, itu SALAH BESAR!! om deddy hanya mengatakan say tidak perlu banyak melakukan sit-up untuk membentuk perut six pack! sekarang ane tanya pada orang yang beranggapan tadi, apakah agan sudah mencoba O7W??? jika belum, ane rasa wajar jika anda punya anggapan seperti itu, ane sendiri heran sama O7W ini, terlihat ringan jika kita hanya membacanya tapi ketika ane praktekan, beuuhhhh berat juga gan! sempat ane mau berhenti pada tahapan ini.


Quote:
Spoiler for Cerita Pribadi Ane:

Sekarang yang menjadi pertanyaan kenapa para binaraga berhasil membentuk perut sixpack dengan sit-up. anda yakin itu efek dari sit-up yang mereka lakukan??? binaraga itu punya segudang strategi gan dalam membentuk tubuhnya dan klo agan tanya soal strategi dalam hal bodybuilding kepada mereka, beda orang yang agan tanya maka akan beda juga strateginya. dan satu hal yang perlu diingat. mereka mati2an menurunkan kadar lemak mereka sebelum melakukan olahraga pembentukan otot!

Saran :
Saran ane bagi agan yang akan mengikuti metode OCD ini adalah lakukanlah scara bertahap mulai dari jendela makan 8 lanjut ke jendela makan 6 sampai 4 jam. Jika sudah terbiasa mengikuti pola ini maka agan bisa tingkatkan dengan berpuasa 24 jam yang dilakukan seminggu sekali atau 2 kali.
Meskipun di dalam OCD membolehkan anda untuk mengkonsumsi apa saja tetapi anda harus tetap cermat dalam memilih makanan. jaga keseimbangan gizi anda. dan selamat menikmata makanan lezat!

sumber yang saya ambil berasal dari web resminya fitnessindonesia dan itu sama dengan kumpulan para ahli binaraga yang berbicara disertai referensi kuat dari luar.

Spoiler for SUMBER:


Bagi yang akan berkomentar ane mohon tidak dengan memojokan seseorang atau menghujat pihak lain. jika agan punya informasi lebih mengenai hal ini bisa juga di share demi kepentingan kita bersama. Demi kepentingan ini juga ane siap berdiskusi.



Quote:Original Posted By Kandon
sebenernya inti dr OCD/Intermittent Fasting itu puasa gan dan toh hampir semua agama juga mengajarkan umatnya untuk berpuasa

mungkin ada bbrp dr agan" yg pernah denger tentang autolisis
cekidot dimari gan http://www.kaskus.co.id/thread/51dfa...eajaiban-puasa

ane kutip bbrp hal penting nih


point pentingnya adalah memformat ulang kondisi tubuh kembali ke kondisi yg ideal
itulah kenapa ada yg gemuk bs jadi kurus, yg kurus bs jadi berisi, semuanya bakal dikembalikan dalam kondisi yg ideal

semua juga dijelasin di ebooknya om dedy gan, dibaca aja, toh doi juga bilang klo ini adalah ancient knowledge yg "terlupakan" meskipun msh ada dlm ajaran hampir semua agama yg umurnya udh ribuan tahun (ajaran untuk berpuasa) begitu hebatnya nenek moyang kita gan

buat om TS, taro page one klo berkenan


Quote:Original Posted By achloverzm1
SIT UP tidak mampu membentuk SIX PACK itu adalah sangat benar adanya...

pengalaman, ane dulu pernah ikut pencak silat bang... latihan 3x seminggu. setiap kali latihan bisa lebih dari 150x sit up, belum lagi yg angkat kaki sambil tidur, belum lg larinya bisa sampai berkilo2 meter. dan masih banyak Gerak tubuh lainnya yg gk kalah berat.

waktu itu perut memang sangat keras.
bahkan sewaktu ngeden ketika Boker ane pegang perut ane kyk megang batu bata . pembetukan otot memang bisa optimal...

tapi agan tau gak, waktu itu ane SAMA SEKALI TIDAK SIX PACK...
tanya kenapa, makannya membabi buta gan... sarapan aja sampai sering nambah... hehehe

PAGE ONE yo... :P

kalau menurut gw sih fitnes aja cukup

dan di tambah suplemen tambahannya
ane udah cobain nih

lagi berjalan 2 minggu gan
nyimak gan
jujur ane lagi jalanin dietnya

cuman ane gak setuju dgn yang makan malam, sebab ane ngalamin sendiri berat badan naik drastis setelah ane pulang kerja sekitar jam 10 hampir jadi kebiasaan waktu itu pulang kerja ane makan, alhasil badan ane gendut
ane hari kelima ni gan, semoga bisa ya
Nampang bentar' ga pake OCD OCD an"



Ane praktisi fitnes mania' ga da yg salah dengan diet' apapun bisa menuju ke sehat tapi satu hal suatu diet itu blom tentu cocok untuk semua orang !! ingat !!! tidal cocok untuk semua orang" anda harua observasi dolo diri anda sendiri lewat latihan dan program2 diet yg ada' contoh ane sendiri punya masalah maag klo ikot OCD yg ada makin parah maag nya jd ane pake tips n trik sendiri' semoga berhasil bagi yg mencoba OCD'
Ane sih percaya gan ama OCD, tapi ane baru kuat 1 minggu trus KO.
Tapi udah banyak bukti, mungkin ini salah satunya ... 6pack



hehe becanda....

Tapi bner udah banyak bukti, salah satunya temennya om Dedi yg sering nemenin di Hitam Putih yg satunya anu... udah turun 8 kg baru 1-2 minggu
waah ane lagi nyonba udah hampir 2 minggu nie... o7w itu berat juga klu di lakuin apa lagi yang nyandar di tembok tuh.. uhkk kaki lang berasa.. tp itu semua bagus buat bentuk otot tanpa lebay.. maksudnya ke fitnes ampe berjam2.. lakuin o7w udah bikin kringet ngucur ..
sorry gan... om dedy memperbolehkan makan malam gan...

cm pengaturan waktunya gan... monggo dibaca lagi gan....
Kalo mau nambah berat badan ala OCD. caranya gimana?
ane lagi jalanin nih gan hari ke 5 minggu ini 6 jam jendela makan..
mudah2an maksimal ane dapat hasilnya..
nice thread..
Quote:Original Posted By lapuktavia
Kalo mau nambah berat badan ala OCD. caranya gimana?


Nambah bb ga usah ocd bro' makan aja lebih ke protein yg banyak 2:1 sama carbo nya
Quote:Original Posted By BetelagiCux
kalau menurut gw sih fitnes aja cukup

dan di tambah suplemen tambahannya


Setuju gan' lagian c dedy kan punya duit' makanannya pasti ok ok proteinnya blom suplemen nya'
ini pan Lagi kompLen ama orang yang ga baca tuntas ebook ya?
mereka akan baca tuLisan panjang ini?
gausa peduLiin yang kontra karena gabaca. itu aja.
COD memang wokeh
Ane bukan pembela OCD/Pembenci nya gan

BTW kata bang pikazu28 Quote:
Ane praktisi fitnes mania' ga da yg salah dengan diet' apapun bisa menuju ke sehat tapi satu hal suatu diet itu blom tentu cocok untuk semua orang !! ingat !!! tidal cocok untuk semua orang" anda harua observasi dolo diri anda sendiri lewat latihan dan program2 diet yg ada' contoh ane sendiri punya masalah maag klo ikot OCD yg ada makin parah maag nya jd ane pake tips n trik sendiri' semoga berhasil bagi yg mencoba OCD'


Bentar om, om kan maag tapi jangan salah ya kalau penyebab maag cuman gara-gara puasa bang

So semua diet itu benar tetapi kebanyakan diet gagal karena salah prosedurnya atau siPendiet itu yg gk bisa ngakalin cara nya supaya sixpack

tapi gk harus pakai suplemen juga kalau mau sixpack
Tapi betul juga ntu OCD karena Tidak harus makan 6x porsi kecil tapi ujung-ujung nya ttp sama kalorinya dengan yg makan-makanan *yg katanya gk sehat buat program diet
ga setuju sama ODC..
logika berapa lama perut kita kosong di saat pagi hari..? bisa lebih dr 12 jam asumsi jika terakhir makan jam 7 mlm dan bangun 7 pagi. tubuh kurang glukosa bero, dan glukosa dapet dr nasi.

ga setuju kalo makan malem itu boleh, gmn bs kita makan apa aja di malam hari trus tidur lantas tetap kurus.? pasti lemak tertimbun di perut.

setuju, kl sehat itu tdk identik dengan vegetarian, memang kita bisa dapatkan sumber protein dr nabati, tetep aja sumber protein nabati dan hewani itu beda.
Quote:Original Posted By cockroacz
COD memang wokeh


mau COD dimana gan?
Quote:Original Posted By pikazu28
Nampang bentar' ga pake OCD OCD an"



Ane praktisi fitnes mania' ga da yg salah dengan diet' apapun bisa menuju ke sehat tapi satu hal suatu diet itu blom tentu cocok untuk semua orang !! ingat !!! tidal cocok untuk semua orang" anda harua observasi dolo diri anda sendiri lewat latihan dan program2 diet yg ada' contoh ane sendiri punya masalah maag klo ikot OCD yg ada makin parah maag nya jd ane pake tips n trik sendiri' semoga berhasil bagi yg mencoba OCD'

memang betul yang agan bicarakan, tapi perlu diingat OCD juga tidak mengklaim bahwa membentuk tubuh harus dengan cara OCD, banyak jalan menuju roma gan . dan lagi saya tidak mewajibkan OCD ini bagi agan-agan semua jadi tidak perlu lagi dibahas mengenai cocok atau tidaknya, yang cocok ya silahkan jalani yang tidak cocok tidak perlu dijalani.. simpel kan

×