Asal - Usul patung di Jakarta



Kenapa patung pancoran tangannya ngadep ke arah Jakarta Pusat? Kenapa namanya patung Selamat Datang? Kenapa ada patung Pak Tani? nah mngkn.. Berapa pertanyaan ini pasti pernah berkelibat di otak agan2 sekalian. Apa dan bagaimana sejarahnya sih sampai ada patung-patung ataupun monumen di Jakarta? Bertumpu dari situ, ane pengen bagi-bagi sedikit ilmu perpatungan nih

1. Patung Selamat Datang a.k.a Patung Bunderan HI


Di jaman olahraga masih menjadi harapan bangsa, patung ini dibuat untuk menyambut para peserta Asian Games IV tahun 1962. Patung yang terbuat dari perunggu tersebut ialah hasil karya Edhi Sunarso dan dirancang oleh mantan Gubernur Jakarta, Heng Ngantung. Yup, jaman itu, mantan gubernur BENER-BENER PUNYA KERJAAN dan punya sense of art yang cukup tinggi.

Mengapa patung yang berada tepat di tengah air mancur bunderan HI ini menghadap utara? Dikarenakan, jakarta bagian utara dalah pusat bisnis & tempat dimana tamu-tamu datang dari pelabuhan waktu itu. Lima formasi air mancur di sekeliling patung juga katanya menandakan ideologi negara kita, yaitu Pancasila.

2. Patung Dirgantara a.k.a Patung Pancoran


Betul! Nama asli patung pancoran adalah patung Dirgantara.. Masih dirancang oleh Edhi Sunarso, patung yang dibuat sekitar tahun 1964 ini menyimbolkan betapa perkasanya kekuatan angkatan udara bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan oleh arah tangan si patung yang menunjuk ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran. Denger-denger sih, Bung Karno dulu kudu menjual mobilnya demi biayain pembangunan patung ini.


3. Patung Pemuda Membangun a.k.a Patung Bunderan Senayan a.k.a Pizza Man


Penampilan pemuda kekar dengan perut yang akan membuat iri cowok-cowok yang ikut kontes susu kesehatan khusus cowok ini dibuat sebagai penghargaan atas pemuda dan pemudi yang sudah membangun Indonesia. Api yang diangkat melambangkan semangat pembangunan yang tak pernah padam. Dulunya, patung yang entah mengapa digambarkan hanya pake seperti celana sobek-sobek itu direncanakan untuk diresmikan saat hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1971. Tapi karena belum klaar, jadinya diresmikan pada bulan Maret 1972.

4. Patung Arjuna Wijaya/Patung Asta Brata a.k.a Patung Delman



Dibangun bulan Agustus 1987, patung ini menggambarkan Arjuna dalam perang Baratayudha yang kereta perangnya ’disetirin’ sama Batara Kresna. Pembuat patung ialah Nyoman Nuarta, seorang seniman asal Bali juga membuat Garuda Wisnu Kencana. Delapan kuda yang menarik kereta menyimbolkan 8 ajaran kehidupan yang disukai oleh Presiden Soeharto, yaitu falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung ada prasasti yang bertuliskan ‘Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir.’

Asal tahu aja, karena alasan klasik, yaitu keterbatasan dana.. Patung dibuat dari bahan poliester resin. Setelah keropos di sana sini, tahun 2003 patung ini direnovasi lagi dan materialnya diganti dengan bahan tembaga, hingga menghabiskan dana 4.000.000.000 (silakan dicerna sendiri berapa nol-nya)

5. Patung Pahlawan a.k.a Patung Pak Tani & Bu Tani



Kaget kan kalo nama patung sebenernya ini bukan patung Pak Tani? Maaf untuk semua petani di luar sana, ternyata belum ada patung yang dibuat untuk menghormati Anda. Dilambangkan dengan seorang laki-laki yang menyandang senapan dan minta restu sama wanita di sisinya untuk maju ke medan perang, patung ini dibuat sebagai penghargaan pada para pejuang kemerdekaan Indonesia. Orang-orang aja yang nyebut patung Pak Tani karena doi pake caping.

Pak Tani pembawa senapan
Ide pembuatan patung dilontarkan Pak Karno yang abis dari Moskow dan terkesan dengan patung-patung di sana. Maka, dibuatlah patung oleh seniman bernama Rusia Matvei Manizer dan anaknya Otto Manizer. Patung yang berasal dari tembaga ini dibuat di Rusia dan dibawa ke Indonesia pake kapal laut. Di tahun 1963, patung diresmikan dengan tulisan “Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar”.

Spoiler for ending:




Source
nyimak dulu gan
Quote:Penampilan pemuda kekar dengan perut yang akan membuat iri cowok-cowok yang ikut kontes susu kesehatan

bisa aja agan
yang nomor 4 emejing banget gan, pantaslah menghabiskan dana 4m
kasihdah
Quote:Original Posted By 7lonewolf


bisa aja agan




Quote:Original Posted By ayunduk
yang nomor 4 emejing banget gan, pantaslah menghabiskan dana 4m
kasihdah


iya gan pak Harto yg mendanai (uang negara sih tepatnya )

keren tuh kalo di jadiin objek poto
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
keren tuh kalo di jadiin objek poto


iya gan apalg klo diatas patungnya
wah keren2 patung2nya ga...., salut buat para senimannya
Quote:Original Posted By ikhsanandis
wah keren2 patung2nya ga...., salut buat para senimannya




nice info gan
Quote:Original Posted By kakwahyu86
nice info gan




waw asal usulnya mantaf jg
thx infona gan
berbau repsol dejavu dan basi gan
Quote:Original Posted By vulcanico
waw asal usulnya mantaf jg
thx infona gan




Quote:Original Posted By hoaxbanget
berbau repsol dejavu dan basi gan


masa sih gan
wah, nice info gan, ane
jas merah=jangan sekali kali melupakan sejarah
Quote:Original Posted By niue
jas merah=jangan sekali kali melupakan sejarah


bener gan bangsa yg baik adalah bangsa yg menghormati jasa pahlawannya
nice inpoh gan ...ane jd tau asal usul nya
Quote:Original Posted By aulani910
nice inpoh gan ...ane jd tau asal usul nya




nice inpoh mas gan