KASKUS

“BANK DUNIA” LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL




Spoiler for We KASKUSer:


Please No Junk No Spam
Baca Dulu Sebelum Berkomentar
Mari Budayakan Komentar Yang Baik dan Bijak Setelah Membaca Trit Ini
Spoiler for No REPOST:


Quote:
  • () PENGUNJUNG YANG BAIK ADALAH YANG MEMBERI KOMENTAR
  • () NGASIH CENDOL + RATE 5
  • () KOMENTAR BERMUTU
  • () SILENT READER / LEMPAR BATA






Quote:Latar belakang ane bikin trit ini karena ane sangat penasaran dengan Bank Dunia, kenapa harus dibentuk Bank Dunia lalu manfaat dari Bank Dunia bagi Dunia terutama manfaat bagi Negara Indonesia.



“ BANK DUNIA” LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL

Quote:
Dalam trit ini saya membahas tentang International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang lebih dikenal Bank dunia, saya membahas sejarah,visi dan misi Bank Dunia dan manfaat Bank Dunia bagi Negara Republik Indonesia.



SEJARAH DAN PERKEMBANGAN BANK DUNIA
Quote:Bank Dunia didirikan bersama-sama dengan didirikannya IMF pada tahun 1944 di Britton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat. Bank Dunia dibentuk oleh dua negara promotor dan pendukung utama, yaitu Amerika Serikat dan Inggris. Tujuan awal didirikannya adalah untuk mencegah berulangnya peristiwa Great Depression sebagaimana pernah terjadi pada sekitar tahun 1930 (Hutagalung, 2009). Hal ini disebabkan perang dunia kedua yang melanda hampir seluruh belahan bumi sangat berpotensi meninggalkan puing-puing perekonomian yang luluh lantak di Eropa dan juga di sebagian besar negara-negara korban perang lainnya.

Entah karena pihak sekutu (yang saat itu sudah didukung oleh Amerika Serikat pascapengeboman Pearl Harbour oleh Jepang) merasa perang tidak akan berlangsung lama lagi ataupun karena alasan lain, tetapi yang jelas setahun setelah didirikannya Bank Dunia perang dunia kedua benar-benar berakhir. Sesuai prediksi, negara-negara korban perang, terutama di Eropa, segera membutuhkan aliran dana segar untuk merekonstruksi perekonomian mereka pascaperang. Prancis tercatat sebagai negara pertama yang mendapatkan pinjaman dari Bank Dunia senilai 250 juta dolar AS.

Dalam perkembangannya, semakin sedikit negara yang mengalami peperangan, sehingga kebutuhan untuk rekonstruksi pascaperang pun semakin kecil. Pada saat itu, Bank Dunia di bawah kepemimpinan Mc-Namara menggeser fokusnya ke arah pembangunan infrastruktur, pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik, terutama di negara-negara dunia ketiga yang notabene tertinggal dari negara maju.



TUJUAN BANK DUNIA
Quote:
  1. Untuk membantu rekonstruksi dan pembangunan di daerah anggota dengan cara memfasilitasi investasi modal untuk tujuan produktif, termasuk pemulihan kembali ekonomi yang hancur atau rusak karena perang, perubahan kembali fasilitas-fasilitas produktif yang dibutuhkan untuk usaha damai dan dorongan pembanunan untuk fasiltas produktif dan sumber-sumber di negara-negara miskin.

  2. Untuk mendorong investasi swasta luarnegeri lewat jaminan atau partisipasi dalam pemberian pinjaman dan investasi lainnya oleh investor swasta; dan ketika modal swasta tidak tersedia dalam syarat-syarat yang wajar, sebagai tambahan investasi swasta dengan menyediakan, berdasarkan persyaratan yang cocok, membiayai untuk tujuan-tujuan produktif di luar dari modal mereka sendiri, pengumpulan dan oleh sumber-sumber sendiri maupun sumber lainnya.

  3. Untuk mendorong keseimbangan perkembangan jangka panjang perdagangan internasional dan untuk mempertahankan keseimbangan saldo pembayaran dengan mendorong investasi internasional untuk kemajuan sumber-sumber produktif para anggota, dengan cara membantu menaikkan produktivitas, standar kehidupan dan keadaan buruh di daerah mereka.

  4. Untuk meyusun pinjaman-pinjaman yang dibuat atau dijamin olehnya dalam hubungannya dengan pinjaman internasional melalui sumber lainnya sehingga dapat lebih berguna dna proyek-proyek yang mendesak, besar ataupun kecil, dapat diatasi segera.

  5. Untuk menjalankan kegiatannya dengan dasar untuk mempengaruhi investasi internasional dalam persyaratan bisinis di dalam daerah anggota dan, dalam tahun tahun setelah perang, untuk membantu membuat masa transisi dari suasana perang ke keadaan ekonomi yang damai.



DAFTAR PRESIDEN BANK DUNIA
Quote:
  • Eugene Meyer (Juni 1946–Desember 1946)
  • John J. McCloy (Maret 1947–Juni 1949)
  • Eugene R. Black, Sr. (Juni 1949–Januari 1963)
  • George D. Woods (Januari 1963–Maret 1968)
  • Robert S. McNamara (April 1968–Juni 1981)
  • Alden W. Clausen (Juli 1981–Juni 1986)
  • Barber B. Conable (Juli 1986–Agustus 1991)
  • Lewis T. Preston (September 1991–Mei 1995)
  • James D. Wolfensohn (Juni 1995–Mei 2005)
  • Paul Wolfowitz (Juni 2005–Mei 2007)
  • Robert Zoellick (Juni 2007– sekarang)



PERAN BANK DUNIA BAGI DUNIA INTERNASIONAL
Quote:Sejak didirikan, Bank Dunia telah mengambil banyak peran bagi perkembangan dunia Internasional. Sebagaimana tujuan didirikannya, Bank Dunia telah membantu negara-negara korban perang, terutama di wilayah Eropa, untuk segera merekonstruksi infrastruktur dan perekonomiannya yang hancur pascaperang dunia kedua. Seteah proses rekonstruksi pascaperang selesai, Bank Dunia memulai peran baru sebagai lembaga pemberi pinjaman uang berbunga rendah untuk negara-negara berkembang yang membutuhkan.

Bank Dunia mendanai proyek-proyek di berbagai negara untuk mengembangkan beberapa hal, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, pengentasan kemiskinan, hingga lingkungan hidup. Bank Dunia seringkali memberikan bantuan dalam bentuk dua hal sekaligus, dana pinjaman dan juga rekomendasi kebijakan, terutama terkait kebijakan keuangan atau yang berhubungan dengan proyek yang didanai.

Bagaikan pisau bermata dua, bantuan dari Bank Dunia dirasakan oleh negara-negara peminjam memberikan dua dampak sekaligus, di mana satu dan yang lainnya saling bertolak belakang. Di satu sisi, bantuan Bank Dunia seringkali merupakan penyelamat keuangan dan perekonomian negara peminjam. Namun di sisi lain, bantuan tersebut juga tidak jarang menimbulkan masalah baru yang kadang jauh lebih besar dari masalah yang telah diatasi.

Negara-negara peminjam biasanya merupakan negara berkembang yang notabene-nya tergolong “miskin”, apalagi jika dibandingkan dengan negara maju. Mereka membutuhkan suntikan modal untuk proyek-proyek di berbagai bidang, meskipun biasanya berujung pada satu harapan, yaitu menggerakkan dan menggeliatkan roda perekonomian. Dengan hal tersebut, mereka bisa mendongkrak keuangan dan pendapatan dalam negeri. Modal inilah yang seringkali tidak bisa mereka dapatkan kecuali melalui lembaga-lembaga keuangan internasional. Dalam konteks ini, Bank Dunia memberikan keuntungan bagi negara-negara peminjam karena biasanya pinjaman yang diberikan tergolong berbunga rendah.

Bergeraknya roda perekonomian merupakan sesuatu yang sangat penting bagi suatu negara. Dengan roda perekonomian yang terus bergerak positif, negara-negara dunia ketiga memiliki sedikit harapan untuk menyusul atau setidaknya menyamai perekonomian di negara-negara maju. Hal ini tentunya menjadi keinginan seluruh negara berkembang, sehingga tidak mengherankan jika kemudian Bank Dunia dan juga lembaga-lembaga keuangan internasional lainnya menjadi penyedia “jalan pintas” menuju terwujudnya harapan tersebut.

Jika dilihat secara global, bantuan-bantuan dana kepada masing-masing negara peminjam telah menjadi penyangga, sehingga perekonomian dunia menjadi lebih stabil dan terkendali. Hal ini tentunya juga sesuai dengan tujuan keberadaan dari Bank Dunia. Karena keruntuhan, atau setidaknya kemunduran ekonomi suatu negara (yang mungkin terjadi tanpa bantuan Bank Dunia) dapat berdampak bagi negara-negara lainnya, baik di tingkat regional ataupun multinasional.



PERAN BANK DUNIA TERHADAP INDONESIA
Quote:Kebijakan politik pemerintahan Presiden Soekarno yang mendekat ke blok Uni Soviet menyulitkan Bank Dunia yang memiliki paham berseberangan untuk mengambil peran lebih banyak bagi Indonesia. Oleh karena itu, Bank Dunia baru mulai berperan sebagai lembaga pemberi pinjaman bagi Indonesia pada saat awal masa pemerintahan Presiden Soeharto, yaitu sekitar tahun 1968. Namun sebelum memberikan pinjaman, Bank Dunia “menjajaki” Indonesia dengan memberikan bantuan teknis untuk identifikasi kebijakan makroekonomi, kebijakan sektoral yang diperlukan, dan kebutuhan pendanaan yang kritis (Hutagalung, 2009).

Di masa-masa awal pemberian pinjaman, Indonesia masih dianggap sebagai negara yang memiliki nilai credit worthiness yang rendah. Oleh karena itu, pinjaman yang diberikan oleh Bank Dunia pada saat itu menggunakan skema IDA atau pinjaman tanpa bunga, kecuali administrative fee ¾ persen per tahun dan jangka waktu pembayaran 35 tahun dengan masa tenggang 10 tahun. Dana pinjaman pertama yang diberikan kepada Indonesia adalah sebesar 5 juta dolar AS pada September 1968 (Hutagalung, 2009).

Pada masa-masa awal tersebut, dana pinjaman dari Bank Dunia digunakan untuk pembangunan di bidang pertanian, perhubungan, perindustrian, tenaga listrik, dan pembangunan sosial. Pada tahun-tahun berikutnya, Indonesia berhasil menunjukkan performa ekonomi yang memuaskan, dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen per tahun, jauh lebih besar dari rata-rata pertumbuhan ekonomi negara peminjam yang lain. Oleh karena itu, sejak akhir dekade 70-an Indonesia sudah mulai dianggap sebagai negara yang lebih creditworthy untuk memperoleh pinjaman Bank Dunia yang konvensional atau dengan menggunakan skema IBRD. Berbeda dari periode sebelumnya, pada dekade 80-an, pinjaman uang Bank Dunia terlihat lebih terarah pada masalah deregulasi sektor keuangan, selain masih tetap digunakan bagi pengembangan sektor-sektor sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.







ANALISIS & KESIMPULAN
Quote: Bagi Indonesia sendiri, peran Bank Dunia mulai tampak jelas. Hingga saat ini, Indonesia masih menjadi salah satu negara yang dipercaya oleh Bank Dunia untuk meminjam dana untuk berbagai keperluan, terutama untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, pelayanan publik, pertanian dan lingkungan hidup.
Namun demikian, sama seperti banyak negara peminjam lainnya, hal ini justru dapat membahayakan perekonomian dalam negeri di masa mendatang jika peminjaman yang dilakukan tidak efisien, tidak bermanfaat, dan juga boros dalam penggunaannya. Bagaimanapun, utang tersebut beserta bunganya dapat terus menumpuk hingga Indonesia tak mampu lagi membayarnya jika dibiarkan dilakukan terus menerus tanpa upaya pengurangan utang yang sistematis.
Aliran uang pinjaman yang masuk seharusnya dapat dikendalikan, sehingga tidak hanya menguntungkan dan menambah kekayaan segelintir orang, tetapi juga dapat benar-benar menggerakkan perekonomian nasional, baik secara analisis makro maupun mikro. Karena bagaimanapun, kemandirian dibentuk dan dilakukan oleh kita sendiri. Dana pinjaman hanyalah sarana seperti sebuah pedang, jika kita ahli menggunakannya maka akan menjadikan kita kuat dan sejajar dengan negara manapun, namun jika kita tidak hati-hati menggunakannya, justru dapat “melukai” bahkan “membunuh” kita sendiri, cepat ataupun lambat.
Bagaimana apakah ada yang mau menambahkan agan KASKUS-er?


Spoiler for Enam Dekade Indonesia dan Bank Dunia - Liputan Feature VOA:

Spoiler for Ini ada Video Pak Wagub DKI Memarahi Utusan PBB, Bank Dunia:

Spoiler for Masih Pak Wagub DKI Usir Pulang Bank Dunia:


Quote:Sekian dari Saya berharap trit ini yang saya susun ini dapat bermanfaat bagi user KASKUS-er pastinya dan menambah wawasan agan semua , SEMOGA BERMANFAAT!
Jangan lupa bagi-bagi nya bagi yang sudah iso , untuk menghargai kerja TS bikin thread ini & Jangan ada SILENT RIDERS Di antara kita

Quote:CENDOL AKAN MENJADI SEMANGAT BERKARYA BUAT KITA SEMUA !!!







pagi gan menurut gw gan bank dunia sih masih kita perlukan, kalau di kelola benar sih ada manfaatnya buat negara kita

Quote:
  • () PENGUNJUNG YANG BAIK ADALAH YANG MEMBERI KOMENTAR
  • () NGASIH CENDOL + RATE 5
  • () KOMENTAR BERMUTU
  • () SILENT READER / LEMPAR BATA
Quote:Original Posted By sundameilanyzr



sudah ane ret5 gan calon HT nih
RESERVED FOR UPDATE
calon jadi HT nih
Quote:Original Posted By tokomadju
pagi gan menurut gw gan bank dunia sih masih kita perlukan, kalau di kelola benar sih ada manfaatnya buat negara kita

agan tau sendiri gimana penjabat di kita

Quote:Original Posted By boyot layoho
calon jadi HT nih

wah masasi kok tau? agan dukun yeah
ane no komeng PxL masalah ginian, dimari dana diselewengkan adalah kepastian
alasan apapun ane menolak peminjaman dana
Spoiler for warning:
Quote:Original Posted By kunyuk.pelempar
ane no komeng PxL masalah ginian, dimari dana diselewengkan adalah kepastian
alasan apapun ane menolak peminjaman dana
Spoiler for warning:



Terus maksudnya apaan gan?
ya semuanya itu baik gan, asal ga disalahgunakan aja
Quote:Original Posted By Butcherpro
ya semuanya itu baik gan, asal ga disalahgunakan aja

baik apa nya ni gan?
bisa di perjelas komen nya
BENAR BIJIMANE, BUKTINYE ADA LEMBAGA KPK, KLO MAU TAU SOAL WB DAN KIPRAHNYE TUH ARSIP DI BAPPENAS DI DIT MULTILATERAL BANYAK, SELAMA INI ADA GA MAHASISWA YANG KAJI, KAGAK ADA DAHQuote:Original Posted By tokomadju
pagi gan menurut gw gan bank dunia sih masih kita perlukan, kalau di kelola benar sih ada manfaatnya buat negara kita


wah bagus informasinya gan.... mudah2 an jadi HT gan
Quote:Original Posted By syaisa
wah bagus informasinya gan.... mudah2 an jadi HT gan


sip makasih gan , mohon dukungan nya aja
jangan lupa di rate5 yah
ayo tanggapannya agan2 sekalian
ayo tanggapannya agan2 sekalian
ayo tanggapannya agan2 sekalian
ayo tanggapannya agan2 sekalian
ayo tanggapannya agan2 sekalian
ayo tanggapannya agan2 sekalian