KASKUS

Exclamation Gajah Sumatera udah biasa, Bagaimana Kalau Gajah Djawa?

Gajah Mini dari Jawa yang Telah Punah Kini ada di Hutan Kalimantan



Quote:Anda mungkin heran, kok ada ya gajah sekecil ini? Jangan heran! Karena sebetulnya saya juga masih heran. :lol:

Sultan Sulu yang Membawanya ke Luar Jawa

Dahulu pada zaman kerajaan-kerajaan di Nusantara, saling memberikan hadiah antar kerajaan adalah hal yang lumrah. Persahabatan antar kerajaan pun berlangsung dengan baik saat itu. Bahkan tidak ada kerajaan yang mengklaim budaya kerajaan tetangganya. Mereka saling berbagi satu sama lainnya. Persahabatan antara Pemimpin Jawa saat itu dengan Sultan Sulu (Filipina Selatan – dahulu penduduk Filipina aslinya memeluk agama Islam sebelum dijajah oleh Spanyol) sangatlah erat, sehingga saling kirim mengirim hadiah pun terjadi.

Saat itu Pemimpin Jawa memberikan hadiah kepada Sultan Sulu berupa Gajah asli Jawa yang imut-imut. Gajah itu tumbuh tidak lebih dari 2,5 meter. Karena bentuknya yang lucu untuk dipelihara, kemudian sang Sultan Sulu membawa beberapa ekor untuk dipelihara di kerajaannya. Kekuasaan Sultan Sulu saat itu tidak hanya di Filipina, melainkan sebagian Kalimantan sebelah utara dan timur (Ini merupakan hadiah dari Kesultanan Brunei karena Kesultanan Sulu telah membantu menumpas pemberontakan dalam Kesultanan Brunei). Maka sebagian gajah itupun dikembangbiakan di Kalimantan. Saat ini gajah-gajah Jawa tidak ada lagi di Filipina Selatan, karena pada sekitar tahun 1800-an banyak diburu, karena dianggap bukan hewan asli daerah tersebut. Sementara kepunahan gajah ini di tempat asalnya, Pulau Jawa, dikarenakan oleh perburuan (baca : hobi membunuh binatang liar) yang dilakukan oleh orang-orang Eropa yang datang untuk menjajah Nusantara.

Pengiriman hewan melalui kapal-kapal sudah berlangsung semenjak adanya peradaban-peradaban, contohnya Pinguin yang terdapat di Peru yang dibawa oleh Bangsa Maya dari Antartika, dan atau Jerapah yang ada di Cina yang dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Afrika.




Asal usul Gajah mini/pigmi

Quote:Gajah Jawa (yang sekarang bernama Gajah Borneo) diambang kepunahan semenjak orang-orang Eropa datang ke Pulau Jawa. Kemudian Gajah Jawa yang tersisa dibiakkan oleh Sultan Sulu di daerah Sulu dan Kalimantan, tetapi kemudian ikut menghilang seiring dengan runtuhnya kejayaan Kesultanan Sulu. Sisa-sisa dari Gajah Jawa yang dibiakkan oleh Sultan Sulu hanya terdapat di Kalimantan, yang kemudian mereka berkembang biak dengan sendirinya. Jadi sebenarnya asal mereka adalah Pulau Jawa, bukan Kalimantan, Sulu, atau bahkan Malaysia.



Quote:Gajah pigmi tidak hanya ada di Asia, di Afrika juga ada, namanya Loxodonta pumilio . Gajah Pigmi di Afrika tidak hanya sama-sama kecil, malah cenderung mirip dengan Gajah pigmi Jawa. Gajah pigmi Jawa nama latinnya adalah Elephas Maximus Borneensis. Sayang sekali ya ada embel-embel Borneonya, padahal aslinya kan dari Jawa. (Sepertinya embel-embel Borneo diberikan karena Malaysia yang pertama kali mengklaim ke WWF)



Quote:Kemungkinan besar Gajah-Gajah pigmi ini berasal dari spesies gajah mini yang disebut Dwarf Elephant (Gajah Kurcaci) atau disebut juga Stegodon. Dwarfed Stegodon yang terakhir terlihat kurang lebih 8000 tahun yang lalu, sementara di Indonesia sendiri Stegodon terakhir hidup kurang lebih 12.000 tahun yang lalu.

Spesies-spesies Stegodon diantaranya adalah :

Stegodon aurorae (Jepang)
Stegodon elephantoides (Myanmar dan Jawa)
Stegodon florensis (Flores, Indonesia)
Stegodon ganesha (India, Pakistan)
Stegodon insignis (Pakistan)
Stegodon orientalis (Cina, Jepang) – Oriental Stegodont
Stegodon shinshuensis (Jepang) – Jepang Stegodont
Stegodon sompoensis (Sulawesi, Indonesia)
Stegodon sondaari (Flores, Indonesia)
Stegodon tetrabelodon syrticus (Shabi, Libya)
Stegodon trigonocephalus (Jawa, Indonesia)
Stegodon zdanski (Cina)
Stegodon cf. trigonocephalus (Filipina)
Stegodon luzonensis (Filipina)
Stegodon cf. sinensism (Filipina)
Stegodon mindanensis (Filipina)

Kesemua jenis Stegodon atau Gajah Kurcaci ini sekarang diyakini punah.


Quote:

Gajah Jawa/Kalimantan saat ini

Quote:Bagaimana, adakah yang ingin memelihara Gajah Jawa/Kalimantan ini? Sepertinya agak sulit, karena gajah-gajah imut ini saat ini dikategorikan oleh WWF sebagai binatang yang sangat-sangat dilindungi karena jumlahnya yang hanya 1500 ekor saat ini. Saya hanya berharap pemerintah mau mengembalikan beberapa ekor Gajah imut ini ke Pulau Jawa untuk ditangkarkan. Karena Gajah-Gajah Jawa/Kalimantan saat ini hanya terdapat di Kalimantan Timur dan Sabah. Perlu peran pemerintah agar Gajah khas Pulau Jawa ini agar tetap dikenal oleh generasi Indonesia selanjutnya.

Quote:



Sumber : National Geographic, Wikipedia, Kompas, dan sumber-sumber berbahasa asing lainnya.

----------------------------------------

kondisi gajah jawa sekarang sudah ga bs ditemui di pulau jawa.
pertamax diamankan
hahaha lucu banget gan liat gajah seukuran gt

Quote:Original Posted By joseon
afsdhafdhgafdgasd


semoga agan2 semakin peduli ma binatang, jaga lingkungan dan tidak merusaknya....
eh ane baru tau ada gajah se kecil ini gan
iya gajah sekarang jumlahnya udah dikit bangeet
banyak yg dibunuh :'(
Quote:Original Posted By joseon
pertamax diamankan


Quote:Original Posted By loadgunner
hahaha lucu banget gan liat gajah seukuran gt





buru2 pertamax
perlu dilestarikan keberadaannya gan jangan sampe punah
seharusnya di jawa ada 1 ekor lah,

masa ITB ngak bisa ngusahaain sih...
Quote:Original Posted By coen
seharusnya di jawa ada 1 ekor lah,

masa ITB ngak bisa ngusahaain sih...


jiah satu ekor kayak perawan atau lajang aja, kaga bisa bereproduksi...
Permisi gan , musti dilestariin tuh gan jangan ame punah dah
repot juga gans kalo gajah jawa dikembangkan lagi di jawa, populasinya dah padat soalnya, di sumatra aja sering terjadi benturan antara gajah dan penduduk desa, padahal penduduknya masih jarang
Lahh mini bgt......
indonesia mmang unik yak....

seandainya di indo sprti di thailand, yg bisa berdampingan sma gjah2nya....eh ga tau jga sih...ane blm prnah ke thailand soalnya...cuma nnton tipi...
gajah mini lucu jg ya tp sayang bgt dah gk ada d jawa
Quote:Original Posted By 01.januari.2013
gajah mini lucu jg ya tp sayang bgt dah gk ada d jawa


KRN byk manusianya, mreka kehilangan hutan
buset dah tu gajah unyu2 banget...
Kasian gan, ikut priatin dah
Quote:Original Posted By NenenEnthutiast
repot juga gans kalo gajah jawa dikembangkan lagi di jawa, populasinya dah padat soalnya, di sumatra aja sering terjadi benturan antara gajah dan penduduk desa, padahal penduduknya masih jarang


tapi bisa juga lho setidaknya disalah satu kebun binatang yg ada di jawa terdapat gajah Djawa ini...jd klo pengen tahu n liat langsung g perlu sampe borneo
wah lucu2 jg gan unyu2
tp sayang tinggal dikit, nyaris punah
jahat banget....kesihan
pengen ke penangkarannya langsung nih gan, pengen silaturahmi.....
Kalimantan daerah mana gan?
kayanya g pernah denger ada gajah sekecil itu