- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
8 Tips Mudah Agar Motor Irit Bensin


TS
member2nd
8 Tips Mudah Agar Motor Irit Bensin
8 Tips Mudah Agar Motor Irit Bensin
Spoiler for bukti no Repost:
Spoiler for Silahkan klik dulu:
Kaskuser yang baik adalah kaskuser yang selalu meninggalkan 

Jangan lempar
, ane gak suka gan sama bata


Jangan lempar



Quote:
Siapa yang tak kenal dengan motor ? . nah bagi sepeda motor agan yang sering boros , kini ane memiliki tips untuk agan biar motornya kagak boros boros lagi . siapa juga yang mau motornya boros ? haha .
oke langsung saja , ane persembahkan , 8 Tips Mudah Agar Motor Irit Bensin (Lebay sedikit)
oke langsung saja , ane persembahkan , 8 Tips Mudah Agar Motor Irit Bensin (Lebay sedikit)
Quote:
1. Memasang Power Booster
2. Setel Ulang Pelampung
3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
4. Bikin Rapat Setelan Klep
5. Membersihkan Kerak
6. Manifold Berkisi-kisi
7. Gunakan Oli berkualitas
8. Busi Lebih Panas
Spoiler for Memasang Power Booster:
Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2 tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di toko-toko onderdil.
2. Setel Ulang Pelampung
Spoiler for Setel Ulang Pelampung:
Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.
3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Spoiler for Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit:
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.
4. Bikin Rapat Setelan Klep
Spoiler for Bikin Rapat Setelan Klep:
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi sedikit.
5. Membersihkan Kerak
Spoiler for Membersihkan Kerak:
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.
6. Manifold Berkisi-kisi
Spoiler for Manifold Berkisi-kisi:
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.
7. Gunakan Oli berkualitas
Spoiler for Gunakan Oli berkualitas:
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli anjuran dari pabrik.
8. Busi Lebih Panas
Spoiler for Busi Lebih Panas:
Jika temperatur di lingkungan makin dingin, suhu kerja mesin akan sulit pada kondisi ideal. Jadi membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai kondisi yang ideal. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya.
Quote:
Nah begitulah ane iritin motor bebek ane , walaupun jelek sih , yg penting punya motor
.

Oh iya . klik ini ada bonus 

Spoiler for Bonus:

Jangan lupa kunjukin thread ini juga gan.
Quote:
Diubah oleh member2nd 21-08-2013 23:40
0
6.3K
Kutip
81
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan