KASKUS

BERAPA SEBENARNYA BIAYA PASANG BARU LISTRIK PLN ??

Sore agan2 dan aganwati..
Kali ini ane mo share Biaya Pasang Baru Listrik PLN
Sebelum mulai, sebaiknya kita liat gambar dibawah ini dulu :

Nah gambar diatas tu ngejelasin domain tanggung jawab di sisi PLN sebagai penyedia listrik dan tanggung jawab pelanggan sebagai pemilik instalasi bangunan.
1. Tanggung jawab PLN & milik PLN adalah : mulai dari meteran listrik ke atas ( mulai dr APP/meteran listrik - SR - JTR - JTM dst) atau dengan kata lain dari Tiang Listrik sampe dengan meteran listrik.
2. Tanggung jawab & milik pelanggan : adalah diluar meteran listrik sampe dengan masuk ke dalam instalasi rumah / instalasi bangunan.

Nah setelah ane survey ke sana kemari, kebanyakan temen2 yang mo pasang listrik ni pada bingung sama biaya pasang baru PLN. ada yg bilang gini "kok biaya pasang baru di daerah saya nyampe jutaan rupiah??"

Mending kita langsung ke contoh kasus ja gan :
Berapa biaya Pasang Baru untuk Tarif Rumah Tangga Listrik Prabayar - Daya 900 VA (R1T-900VA) ?? (ane ambil contoh kasus pasang baru Listrik Prabayar daya 900 VA)

Jawab :
a. Biaya Penyambungan pengukuran 1 Fasa Tegangan Rendah (TR) sd. Daya 2.200 VA = Rp 750,- / VA
b. Biaya Penyambungan pengukuran 1 Fasa atau 3 Fasa Tegangan Rendah (TR) Daya 2.200 VA sd. 200 kVA termasuk tarif R3/TR Daya > 200 kVA = Rp 775,- / VA
c. Biaya Penyambungan pengukuran 3 Fasa Tegangan Menengah (TM) Daya > 200 kVA = Rp 505,- / VA
d. Biaya Penyambungan pengukuran 3 Fasa Tegangan Tinggi (TT) Daya >= 30.000 kVA = Rp 395,- / VA
e. Biaya Penyambungan pengukuran 1 Fasa TR khusus Tarif S1 (Sosial) sd. Daya 220 VA = Rp 60.000 / sambungan

Kalo mo Pasang Daya 900 VA untuk keperluan Rumah Tangga brarti masuknya ke poin (a) = Rp 750,- x 900VA = Rp 675.000,-
trus ditambah token stroom awal yang agan kehendaki, nominalnya dari mulai Rp 20rb sd. Rp 1 jt, misal agan milihnya stroom awal Rp 20rb
trus ditambah biaya materai Rp 3 rb (untuk semua transaksi pembayaran diatas Rp 250 rb dikenakan materai Rp 3 rb sdgkan kalau transaksi pembayaran diatas Rp 1 jt dikenakan materai Rp 6 rb, kalo soal ini tanya orang pajak/keuangan pasti lebih ngerti deh ..)

Brarti kalo dirangkum biaya yang harus dibayarkan untuk pasang baru Listrik Prabayar Tarif Rumah Tangga - Daya 900 VA (R1T - 900 VA) ke PLN adalah sbb :
- Biaya Penyambungan : Rp 675.000,-
- Token Stroom Awal : Rp 20.000,-
- Materai : Rp 3.000,-
- TOTAL : Rp 698.000,-

Trus kok ada yang nyampe jutaan rupiah gan buat sambung listrik ??

Jawabannya kita liat kembali gambar di atas gan, tanggung jawab PLN hanya sampe dengan meteran listrik (APP). Jadi kalo semisal rumah agan belum ada instalasi listriknya, ya agan harus pasang dulu tu instalasi listrik dirumah agan, kalo agan orang elektro dan bisa pasang sendiri instalasi listrik rumah, ya malah enak gan bisa di pasang sendiri (gratis soalnya ),
tapi kalo agan ga mudeng soal listrik, bisa minta dipasangkan oleh CV/perusahaan instalatir/Biro Teknik Listrik (BTL) tetapi pastinya ada biayanya gan buat jasa pasang + materialnya co : beli kabel listrik, steker listrik, saklar listrik, kawat pentanahan dll (jadi disinilah kebanyakan temen2 ngira biaya jutaan itu masuk ke PLN, oya besarnya biaya jasa instalasi listrik nya tergantung CV/perusahaan instalatir/Biro Teknik Listrik/BTL nya ya gan, jadi pinter2 nego ja gan, kalo mo gratis ongkosnya ya pasang sendiri gan seperti penjelasan sebelumnya, jadi agan hanya perlu beli matrialnya yaitu kabel, steker, salar, pentanahan dll). Tapi jangan lupa ya gan, kalo dipasangkan instalasi listrik oleh CV/perusahaan instalatir/Biro Teknik Listrik agan harus minta yang namanya SLO (Sertifikat Laik Operasi) sama yang pasangin tu instalasi listrik gan, soalnya SLO tu sertifikat yang menjamin bahwa instalasi listrik di rumah agan tu aman dan sesuai standar, soalnya kalo ga sesuai standar bisa bahaya kebakaran/korsleting listrik gan, jadi agan harus minta tu SLO (SLO ada biayanya tapi ane ga tau berapa , kalo ga salah ga sampe 100rb kok, tp tergantung instalasinya juga, rumit apa engga CMIIW). Trus kalo agan pasang sendiri instalasinya ya agan tetep harus ngurus SLO nya gan ke KONSUIL atau ke PPILN di daerah agan (untuk lebih jelasnya tentang KONSUIL atau PPILN silahkan browsing2 ndiri ya ..)

update :
ini nih komite/badan hukum yang tugasnya ngeluarin SLO (Sertifikat Laik Operasi), soal biaya dll mending langsung meluncur ke TKP nya :
http://konsuil.or.id/
http://www.ppiln.or.id/
Cara mendapatkan SLO melalui PPILN : http://www.ppiln.or.id/?show=page&act=view&id=6
Biaya pemeriksaan Instalasi dari PPILN : http://www.ppiln.or.id/?show=page&act=view&id=8
yang dari Konsuil ane lum sempet ubek2 web Konsuilnya..

Trus ada pertanyaan lagi nih, bisa ga kalo ane pengin pasang listrik PLN tapi rumah ane belum ada instalasi listriknya gan??
Jawab :
Bisa gan, agan tinggal urus biaya Pasang baru yang dari PLNnya seperti contoh perhitungan di atas, trus nanti petugas PLN akan memasang APP/meteran listrik ke rumah agan, tapi meterannya belum disambung ke instalasi listrik rumah agan ya (kan critanya lum ada instalasi listrik di rumah agan ) dan dari bawah meteran akan disediakan kabel oleh petugas PLN, yang tujuannya kalo instalasi listrik rumah agan dah siap, agan tinggal sambung ja tu instalasi listrik rumah ke kabel yang dah disediain dibawah meteran oleh petugas PLN, tapi kabelnya jangan dijilat ya gan, itu dah ada aliran listriknya soalnya
Oya gan jangan sekali2 mencoba membuka meteran listriknya ya karena agan nanti akan kena denda (makanya petugas PLN dah nyediain kabel yang keluar dr meteran listrik kalo instalasi listrik rumah belum siap (biasanya ujung kabelnya diselotip dan Saklar di meteran listrik di OFF kan)

Oya kalo agan mo tau biaya Pasang Baru atau Tambah Daya sesuai dengan daya yang dikehendaki, bisa langsung ke halaman simulasi biaya PLN dimari gan (isi ja semua trus klik HITUNG BIAYA) :
http://www.pln.co.id/pbpd/

Tambahan : bagi nyang mo pasang Baru / tambah Daya meteran PascaBayar ada satu lagi biaya tambahan dari PLN yaitu UJL (Uang Jaminan Pelanggan) yang bertujuan sebagai Biaya Jaminan kalo ada pelanggan yang tidak bayar setelah memakai listrik dan terpaksa dilakukan pembongkaran)
soalnya kalo listrik Pascabayar = pakai dulu, bayar listriknya belakangan
kalo listrik Prabayar = bayar listriknya dulu, baru kemudian bisa dipakai

Kalo ada yang salah mohon koreksinya gan..sekian dan terimakasih.
sumber :
http://www.pln.co.id/
browsing-browsing internet
ane masih TK gan
bukannya tiap daerah beda2 yah tarip pemasangannya??
Quote:Original Posted By Centriga
bukannya tiap daerah beda2 yah tarip pemasangannya??


setau ane sih sama gan, yang beda biaya instalasi listrik di dalam rumah kita gan, soalnya yang masang bukan dari PLN langsung tapi diserahkan ke penggunanya sendiri.
iya gan...
bener juga....
nice info gan.
tanya dong , yg bikin mahal apaan yak?
nice share gan,..
btw, dulu lama banget nunggu pasang barunya, sampe dibelain nge-kos dulununggu rumah baru bisa nyala
ane gk tau gan




@aluttee
tetangga ane kena gratis gan bulan ini
katanya promo 17-an nanti oktober juga ada promo HUT PLN
cuman bayar pulsa nya *pake pulsa tu loh*
ibu ane tambah daya juga gratiss cuman bayar pulsa loh
ane dapet yg gratis gan... yg pake pulsa itu
ane baru masang sekitar 4 bulan lalu....900 watt dan biayanya 1.5 jt....ane tau itu dikorupsi tapi mau gimana lagi ?
Quote:Original Posted By Centriga
bukannya tiap daerah beda2 yah tarip pemasangannya??

Kalo biaya penyambungan dari PLN nya sama gan seluruh Indonesia, yg bikin ga sama adalah biaya instalasi rumah / bangunan dari CV instalatir/perusahaan instalatir/Biro Teknik Listrik (BTL) yg besarannya beda2 tergantung mereka pasang tarif nya berapa dan pinter2 agan nawarnya atau pinter2 agan nyari BTL atau CV instalatir yg harganya miring gan..
Quote:Original Posted By gedhang kukus
ane baru masang sekitar 4 bulan lalu....900 watt dan biayanya 1.5 jt....ane tau itu dikorupsi tapi mau gimana lagi ?

Harga segitu minta rinciannya dong gan?? Instalasi Rumah agan yg notabene menjadi tanggung jawab agan masuk ke dalam harga 1,5 jt itu ga??

emang yang mahal tuh instalasi dalem rumahnya gan..
mau murah ya pasang sendiri, tapi peralatannya kudu SNI ya, biar lolos pemeriksaan.
ane malah pasang 2juta gam bulan feb kemarin..mahal cuyy apa daya ,tau nya beres aja
Masiha da Biaya Untuk Ngeluarin Surat Layak Operasi ( SLO ) denger2 anatra 500-800rb
nah ini, yg ane kaga demen tuh yg jadi rekanan PLN dlm hal instalasi listrik... biayanya diluar nalar ane yg ngerti listrik... bisa hampir 2 kali lipat dari yg ane perkirakan...
Quote:Original Posted By cetyaone
Masiha da Biaya Untuk Ngeluarin Surat Layak Operasi ( SLO ) denger2 anatra 500-800rb

Ni gan komite/badan yang tugasnya ngeluarin SLO, soal biayanya brp mending langsung meluncur dimari ja :
http://www.ppiln.or.id/?show=page&act=view&id=8
http://konsuil.or.id/
http://www.ppiln.or.id/
Quote:Original Posted By RenAst
nah ini, yg ane kaga demen tuh yg jadi rekanan PLN dlm hal instalasi listrik... biayanya diluar nalar ane yg ngerti listrik... bisa hampir 2 kali lipat dari yg ane perkirakan...

Betul gan, seringnya memang CV Instalatir/Perusahaan Instalatir/Biro Teknik Listrik (BTL) banyak yang memanfaatkan ketidaktahuan pelanggan , tapi sebenernya soal instalasi dalem rumah ini bisa agan hitung sendiri materialnya (dg mengambil referensi harga di toko2 listrik di daerah agan, dg catatan matrialnya (kabel & alat2 listrik yang lain) harus yang SNI ya gan nanti agan tinggal nego ja jasa pasang instalasi dalem rumahnya sama pihak CV Instalatir/Perusahaan Instalatir
maklum gan indonesia
×