- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
KRL Commuter Line tanpa AC !


TS
SinatrioPambudi
KRL Commuter Line tanpa AC !

WELCOME TO MY THREAD
Selamat Pagi,Siang,Sore,dan Malam AGAN2 semua !
Jangan lupa di



Ane masih newbie di sini gan,mohon maap yak kalo ada salah kata sebelum ane cerita.
JUDULNYA KERETA LISTRIK Commuter Line tanpa AC !
Spoiler for No REPSOL:

Kita bahas permasalahannya dulu gan :
Quote:
KRL Ekonomi sudah di hapus sejak 25 JULI
PT Kereta Commuter Jabodetabek resmi menghapus seluruh kereta rel listrik (KRL) ekonomi non-AC sejak hari ini, Kamis, 25 Juli 2013. Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunnisa mengatakan penghapusan dilakukan untuk memperbaiki layanan.
"Sebagai gantinya, kami sediakan rangkaian KRL AC yang diambil dari cadangan perusahaan," kata Eva ketika dihubungi Tempo pada Kamis, 25 Juli 2013. Eva mengatakan tidak ada jadwal perjalanan yang hilang karena setiap satu kereta yang ditarik langsung diganti dengan kereta commuter yang baru.
Eva menjelaskan, penghapusan KRL ekonomi AC ini sudah dilakukan bertahap sejak awal 2013. Hingga awal Juli 2013 lalu, KRL ekonomi tinggal menyisakan satu rangkaian dari Bekasi dan satu rangkaian dari Bogor.
Eva optimistis penarikan KRL ekonomi ini tidak akan membuat gejolak di masyarakat. Alasannya, saat ini KRL AC sudah menerapkan sistem tiket progresif yang lebih murah. Untuk mengantisipasi penolakan massa, pihaknya melakukan pengamanan dengan cara menempatkan aparat keamanan dari kepolisian dan TNI.
Selain itu, menurut Eva, pada Agustus 2013 nanti akan ada penambahan rangkaian kereta. Total akan ada tambahan 180 rangkaian yang terdiri dari 10 gerbong baru. Dengan begitu, dipastikan akan ada penambahan jadwal perjalanan.
"Saat ini masih dibicarakan termasuk penempatannya di jalur mana," ujarnya. Sejak 2008, PT KCJ mulai melakukan program penambahan gerbong. Eva memperkirakan perusahaan ini akan memiliki sektar 830 rangkaian KRL sampai akhir 2013.
Sumber : Klik di sini gan
PT Kereta Commuter Jabodetabek resmi menghapus seluruh kereta rel listrik (KRL) ekonomi non-AC sejak hari ini, Kamis, 25 Juli 2013. Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunnisa mengatakan penghapusan dilakukan untuk memperbaiki layanan.
"Sebagai gantinya, kami sediakan rangkaian KRL AC yang diambil dari cadangan perusahaan," kata Eva ketika dihubungi Tempo pada Kamis, 25 Juli 2013. Eva mengatakan tidak ada jadwal perjalanan yang hilang karena setiap satu kereta yang ditarik langsung diganti dengan kereta commuter yang baru.
Eva menjelaskan, penghapusan KRL ekonomi AC ini sudah dilakukan bertahap sejak awal 2013. Hingga awal Juli 2013 lalu, KRL ekonomi tinggal menyisakan satu rangkaian dari Bekasi dan satu rangkaian dari Bogor.
Eva optimistis penarikan KRL ekonomi ini tidak akan membuat gejolak di masyarakat. Alasannya, saat ini KRL AC sudah menerapkan sistem tiket progresif yang lebih murah. Untuk mengantisipasi penolakan massa, pihaknya melakukan pengamanan dengan cara menempatkan aparat keamanan dari kepolisian dan TNI.
Selain itu, menurut Eva, pada Agustus 2013 nanti akan ada penambahan rangkaian kereta. Total akan ada tambahan 180 rangkaian yang terdiri dari 10 gerbong baru. Dengan begitu, dipastikan akan ada penambahan jadwal perjalanan.
"Saat ini masih dibicarakan termasuk penempatannya di jalur mana," ujarnya. Sejak 2008, PT KCJ mulai melakukan program penambahan gerbong. Eva memperkirakan perusahaan ini akan memiliki sektar 830 rangkaian KRL sampai akhir 2013.
Sumber : Klik di sini gan
Quote:
Nah sekarang ane mau cerita gan.
Kemaren waktu ane mau ke bogor saat 17 agustus,ane naik kereta gan. Kebetulan rumah ane ada di tangerang, karena rumah ane jauh dari bogor jadi ane terpaksa naik kereta dari Stasiun Rawa Buntu tangerang.
Teng, ane sampai di stasiun Rawa Buntu Jam 8 Pagi. Kondisi masih tidak begitu ramai, sedang dan nyaman di kereta. Kereta pertama yang ane naikin dari Rawa Buntu sampai ke tanah abang itu ber AC adem, jadi tidak ada masalah.
Sesampainya ane di tanah abang, ane nunggu temen ane dulu karena kita mau janjian perginya ke bogor sekitar Jam 9.
Lalu Jam 9 lewat, temen ane sampai juga gan di stasiun tanah abang dan akhirnnya kita bersiap menunggu kereta selanjutnnya yang ke arah Bogor langsung dari tanah abang.
Beberapa menit kemudian kita menunggu,sampailah keretannya, wah kami berfikirnnya kereta ini sangat baru karena memang masih bagus banget keretannya. Kita udah bisik bisikan bareng, "wah kereta baru nih, keren keren".
Setelah itu kami naik ke kereta KRL Commuter Line itu gan dari tanah abang. Saat kami masuk ke dalam, kami bener kaget memang kereta ini masih benar benar sangat baru dan mengkilat (lebay ane) hehheehe. Pada saat itu kami tidak sadar, bahwa kereta yang kami naikin ini tidak menggunakan ACmelainkan menggunakan KIPAS ANGIN.
Sesampainya di stasiun manggarai, kereta mulai menumpuk dan orang orang pun naik semua ke dalam sampai benar benar sempit. Kami semua keringetan habis karena ini kereta menggunakan KIPAS ANGIN dan kaca dalamnya tertutup, rasannya sesak sekali.
Setiap pemberhentian stasiun selanjutnnya, saya mengeluarkan kepala saya agar bisa menghirup udara lagi, karena di dalam kereta ini benar benar sesak tanpa AC lalu pintu di tutup dan hanya menggunakan KIPAS ANGIN.
Setengah jam lebih kami sampai di bogor karena masinisnnya juga jalannya benar benar pelan pelan, rambut basah dan baju basah seperti orang yang habis selesai mandi.
Nah,yang menjadi PERMASALAHANNYA adalah kenapa KERETA itu tidak menggunakan AC melainkan kipas angin ?. Kalau di fikir fikir mendingan naik kereta EKONOMI juga sekalipun meskipun tidak ada AC, tapi pintunya kebuka dan masih bisa banyak udara masuk di dalamnya.
Padahal pemerintah mengatakan,semua kereta EKONOMI di hapus dan di ganti dengan KERETA AC. Bahkan, kereta ini lebih buruk dengan kereta EKONOMI.
Ane bener bener kapok dengan kereta itu, lain kali temen temen ane semenjak kejadian itu kalau mau naik kereta masukin tangannya dulu. Kereta ini ber AC atau tidak, karena kalau tidak waduh sesak nafasnnya bukan main.
Penampakan keretannya ampir mirip seperti ini gan :
Kemaren waktu ane mau ke bogor saat 17 agustus,ane naik kereta gan. Kebetulan rumah ane ada di tangerang, karena rumah ane jauh dari bogor jadi ane terpaksa naik kereta dari Stasiun Rawa Buntu tangerang.
Teng, ane sampai di stasiun Rawa Buntu Jam 8 Pagi. Kondisi masih tidak begitu ramai, sedang dan nyaman di kereta. Kereta pertama yang ane naikin dari Rawa Buntu sampai ke tanah abang itu ber AC adem, jadi tidak ada masalah.
Sesampainya ane di tanah abang, ane nunggu temen ane dulu karena kita mau janjian perginya ke bogor sekitar Jam 9.
Lalu Jam 9 lewat, temen ane sampai juga gan di stasiun tanah abang dan akhirnnya kita bersiap menunggu kereta selanjutnnya yang ke arah Bogor langsung dari tanah abang.
Beberapa menit kemudian kita menunggu,sampailah keretannya, wah kami berfikirnnya kereta ini sangat baru karena memang masih bagus banget keretannya. Kita udah bisik bisikan bareng, "wah kereta baru nih, keren keren".
Setelah itu kami naik ke kereta KRL Commuter Line itu gan dari tanah abang. Saat kami masuk ke dalam, kami bener kaget memang kereta ini masih benar benar sangat baru dan mengkilat (lebay ane) hehheehe. Pada saat itu kami tidak sadar, bahwa kereta yang kami naikin ini tidak menggunakan ACmelainkan menggunakan KIPAS ANGIN.
Sesampainya di stasiun manggarai, kereta mulai menumpuk dan orang orang pun naik semua ke dalam sampai benar benar sempit. Kami semua keringetan habis karena ini kereta menggunakan KIPAS ANGIN dan kaca dalamnya tertutup, rasannya sesak sekali.
Setiap pemberhentian stasiun selanjutnnya, saya mengeluarkan kepala saya agar bisa menghirup udara lagi, karena di dalam kereta ini benar benar sesak tanpa AC lalu pintu di tutup dan hanya menggunakan KIPAS ANGIN.
Setengah jam lebih kami sampai di bogor karena masinisnnya juga jalannya benar benar pelan pelan, rambut basah dan baju basah seperti orang yang habis selesai mandi.
Nah,yang menjadi PERMASALAHANNYA adalah kenapa KERETA itu tidak menggunakan AC melainkan kipas angin ?. Kalau di fikir fikir mendingan naik kereta EKONOMI juga sekalipun meskipun tidak ada AC, tapi pintunya kebuka dan masih bisa banyak udara masuk di dalamnya.
Padahal pemerintah mengatakan,semua kereta EKONOMI di hapus dan di ganti dengan KERETA AC. Bahkan, kereta ini lebih buruk dengan kereta EKONOMI.
Ane bener bener kapok dengan kereta itu, lain kali temen temen ane semenjak kejadian itu kalau mau naik kereta masukin tangannya dulu. Kereta ini ber AC atau tidak, karena kalau tidak waduh sesak nafasnnya bukan main.
Penampakan keretannya ampir mirip seperti ini gan :
Spoiler for Penampakan depan:

Spoiler for Penampakan dalamnya hampir mirip seperti ini (Padahal ada ACnya gan, tapi masinisnya ga nyalain AC nya):

Kaskuser yang baik selalu meninggalkan KOMEN GANhehe.
KOMENG AGAN AGAN yang bagus dan udah ngalamin :
Spoiler for Komeng yang udah ngalamin kejadian:
Quote:
Quote:
Original Posted By senjaitujingga►Sama kaya' gw!!!!!!!!
nohope
Gw beberapa hari lalu naik commuterline (gw jarang naik angkutan ini, kalo cuma lagi mau ke daerah yang dilewatin aja)
Nah, ketika udah di gerbog, lama kelamaan pengap....
Gw kira ac nya ga kerasa karena penuh (ga sesek banget sih karena gw di gerbong wanita
)
Ada sih kipas angin, akhirnya gw menuju kipas angin supaya ga pengap.
Gw ada asma, jadi takut aja gw kurang oksigen trus tepar. Tapi pas berangkat lagi penuuuuhhhhh, jadi susah ngedeketin kipas angin. Untung tujuan gw deket...bentar...trus kluar... Alhamdulillah,
Nah, gw berharap pas pulangnya bisa nyamanan dikit. Ga terlalu penuh kok, bahkan tempat duduk masih ada yang kosong. Tapi.....sc nya ga kerasa juga. Ternyata emang mati...entah ga dinyalain kali. Akhirnya gw deketin lagi kipas angin supaya ga tepar. Itu kan tertutup, udara yang masuk-keluar juga terbatas. Kalo sirkulasinya cuma ngandelin kipas doang, ga kebayang deh gw naek kereta tiap hari
*sorry gan panjang...curcol jadinya


Gw beberapa hari lalu naik commuterline (gw jarang naik angkutan ini, kalo cuma lagi mau ke daerah yang dilewatin aja)
Nah, ketika udah di gerbog, lama kelamaan pengap....
Gw kira ac nya ga kerasa karena penuh (ga sesek banget sih karena gw di gerbong wanita

Ada sih kipas angin, akhirnya gw menuju kipas angin supaya ga pengap.
Gw ada asma, jadi takut aja gw kurang oksigen trus tepar. Tapi pas berangkat lagi penuuuuhhhhh, jadi susah ngedeketin kipas angin. Untung tujuan gw deket...bentar...trus kluar... Alhamdulillah,
Nah, gw berharap pas pulangnya bisa nyamanan dikit. Ga terlalu penuh kok, bahkan tempat duduk masih ada yang kosong. Tapi.....sc nya ga kerasa juga. Ternyata emang mati...entah ga dinyalain kali. Akhirnya gw deketin lagi kipas angin supaya ga tepar. Itu kan tertutup, udara yang masuk-keluar juga terbatas. Kalo sirkulasinya cuma ngandelin kipas doang, ga kebayang deh gw naek kereta tiap hari

*sorry gan panjang...curcol jadinya
Quote:
Original Posted By aloysius95►apa yang terjadi dengan public transportation di Indo, ane sama temen temen ane berangkat masuk dari Tanah Abang dengan isi orang kurang lebih 70 %, dan sampai Bogor itu isi orangnya 300%!!! Harusnya kalau memang penuh yo jangan diberhentiin atau berhenti disetiap stasiun khusus untuk menurunkan penumpang. Saran ane tambahin gerbongnya deh biar mantap atau betulin AC nya 
Buat TS, ane rate 5 dan abu gosok yah. Semoga jadi HT dan bisa didengarkan ministry of transportation kita!

Buat TS, ane rate 5 dan abu gosok yah. Semoga jadi HT dan bisa didengarkan ministry of transportation kita!

Quote:
Original Posted By endriaditraitor►Sekarang susah gan komentar tentang PERKELIAN (Per-Kereta-Listrik-an)...
Mau komentar negatif disangkanya apatis dan ga melihat hal positif.
Mau komentar positif disangka orang gila dan ga bisa liat kenyataan.
Intinya sih begini,
Pada rush hour dan atau ketika jadwal terganggu (karena gangguan wesel lah, gangguan LAA (Listrik Aliran Atas) lah, ada rel patah lah, ada kereta mogok lah, ada aja alasan CL terganggu), CL tujuan Bogor baik dari Jakarta atau Tanah Abang (dari Jatinegara-Kampung Bandan-Duri) akan berubah menjadi Kereta Super Panas Sumpek dan AC sedingin apapun tidak akan berasa sama sekali.
Saran saya sebagai pengguna adalah:
1. Jika bawa anak kecil/orang tua (manula) naik kereta, hindarilah jam sibuk! Risiko terlalu tinggi! Tidak semua pengguna kereta akan bersedia membantu atau memperhatikan kondisi anak kecil/ manula. Jika adapun, anggaplah itu pertolongan Tuhan.
2. Ibu hamil disarankan sudah melakukan studi terhadap posisi pintu di ujung2 gerbong agar memudahkan akses menuju kursi yang disebut TDP (Tempat Duduk Prioritas) terutama ketika kereta penuh. Silahkan usir orang2 tidak beradab yang duduk di TDP meskipun ada ibu hamil di depannya. Kalau tidak ada orang yang inisiatif untuk membantu anda, berinisiatiflah untuk meminta, karena biasanya sesegera anda meminta tolong, pengguna lain akan ikut2an menegur orang yang duduk seenaknya di TDP.

3. Jika anda membawa barang banyak-banyak, segera minta bantuan orang lain untuk memindahkannya ke rak di atas tempat duduk. Meletakkan banyak barang di bawah akan membuat tempat berdiri menjadi sempit dan orang2 akan sebal kepada anda.

4. Jika anda tidak tahan berdiri, jangan segan2 meminta duduk kepada orang di depan anda. Pengguna Kereta rata2 adalah pemalu, bukannya mereka tidak mau ngasih tempat duduk, tapi saya yakin mereka hanya menunggu orang dan waktu yang tepat untuk memberikan tempat duduk berharga mereka.
5. Jangan menggunakan kursi lipat di saat penuh. Penggunaan kursi lipat memang sebenarnya sudah dilarang oleh PT KCJ. Dan jika anda melakukannya di dalam kereta penuh, siap-siap saja wajah anda bertabrakan dengan (maaf) pantat-pantat pengguna lainnya. Demikian juga dengan umpatan2 kesal. Jika anda mau duduk, silahkan ikuti saran no. 4.

6. Jangan terburu-buru!
silahkan cek dahulu kereta yang available di stasiun terdekat dengan melihatnya melalui website infoka.krl.co.id/TO/(kode stasiun). List kode stasiun dapat anda cari sendiri di web. Kode stasiun berupa 2-4 huruf kapital, misal: SUD (Sudirman), MRI (Manggarai), PSM (Pasar Minggu), THB (Tanah Abang), JNG (Jatinegara), dll. Bagi pengguna and**id, anda bisa mendownload aplikasi bernama Sikremut yang sangat bermanfaat untuk train tracking.
Jika stasiun terlalu penuh dan anda ragu apakah ada kereta di belakang kereta yang pertama datang, anda bisa cek posisi kereta selanjutnya apakah masih jauh or tidak dari lokasi sekarang.
7. Jangan malu bertanya!
Silahkan tanya jika masih ada info yang anda belum yakin mengenai PERKELIAN. Anda bisa follow twitter pengguna CL (misalnya @krlmania) atau info resmi dari PT KCJ (@commuterline). Tetapi mengenai posisi kereta, jangan 100% percaya sama porter (yang jaga2 di gate-in gate-out) karena terkadang informasi dari mereka tidak 100% valid dan update, Better tunggu info dari pengeras suara (yang ini juga ga 100% valid dan update sih), atau sebisa mungkin cek via web (better accuracy).
Sekian info dari saya.
Selamat "menikmati" PERKELIAN Jabodetabek agan2 sekalian
Sorry kalo kepanjangan.

Mau komentar negatif disangkanya apatis dan ga melihat hal positif.
Mau komentar positif disangka orang gila dan ga bisa liat kenyataan.
Intinya sih begini,
Pada rush hour dan atau ketika jadwal terganggu (karena gangguan wesel lah, gangguan LAA (Listrik Aliran Atas) lah, ada rel patah lah, ada kereta mogok lah, ada aja alasan CL terganggu), CL tujuan Bogor baik dari Jakarta atau Tanah Abang (dari Jatinegara-Kampung Bandan-Duri) akan berubah menjadi Kereta Super Panas Sumpek dan AC sedingin apapun tidak akan berasa sama sekali.
Saran saya sebagai pengguna adalah:
1. Jika bawa anak kecil/orang tua (manula) naik kereta, hindarilah jam sibuk! Risiko terlalu tinggi! Tidak semua pengguna kereta akan bersedia membantu atau memperhatikan kondisi anak kecil/ manula. Jika adapun, anggaplah itu pertolongan Tuhan.
2. Ibu hamil disarankan sudah melakukan studi terhadap posisi pintu di ujung2 gerbong agar memudahkan akses menuju kursi yang disebut TDP (Tempat Duduk Prioritas) terutama ketika kereta penuh. Silahkan usir orang2 tidak beradab yang duduk di TDP meskipun ada ibu hamil di depannya. Kalau tidak ada orang yang inisiatif untuk membantu anda, berinisiatiflah untuk meminta, karena biasanya sesegera anda meminta tolong, pengguna lain akan ikut2an menegur orang yang duduk seenaknya di TDP.

3. Jika anda membawa barang banyak-banyak, segera minta bantuan orang lain untuk memindahkannya ke rak di atas tempat duduk. Meletakkan banyak barang di bawah akan membuat tempat berdiri menjadi sempit dan orang2 akan sebal kepada anda.

4. Jika anda tidak tahan berdiri, jangan segan2 meminta duduk kepada orang di depan anda. Pengguna Kereta rata2 adalah pemalu, bukannya mereka tidak mau ngasih tempat duduk, tapi saya yakin mereka hanya menunggu orang dan waktu yang tepat untuk memberikan tempat duduk berharga mereka.

5. Jangan menggunakan kursi lipat di saat penuh. Penggunaan kursi lipat memang sebenarnya sudah dilarang oleh PT KCJ. Dan jika anda melakukannya di dalam kereta penuh, siap-siap saja wajah anda bertabrakan dengan (maaf) pantat-pantat pengguna lainnya. Demikian juga dengan umpatan2 kesal. Jika anda mau duduk, silahkan ikuti saran no. 4.

6. Jangan terburu-buru!

silahkan cek dahulu kereta yang available di stasiun terdekat dengan melihatnya melalui website infoka.krl.co.id/TO/(kode stasiun). List kode stasiun dapat anda cari sendiri di web. Kode stasiun berupa 2-4 huruf kapital, misal: SUD (Sudirman), MRI (Manggarai), PSM (Pasar Minggu), THB (Tanah Abang), JNG (Jatinegara), dll. Bagi pengguna and**id, anda bisa mendownload aplikasi bernama Sikremut yang sangat bermanfaat untuk train tracking.
Jika stasiun terlalu penuh dan anda ragu apakah ada kereta di belakang kereta yang pertama datang, anda bisa cek posisi kereta selanjutnya apakah masih jauh or tidak dari lokasi sekarang.
7. Jangan malu bertanya!

Silahkan tanya jika masih ada info yang anda belum yakin mengenai PERKELIAN. Anda bisa follow twitter pengguna CL (misalnya @krlmania) atau info resmi dari PT KCJ (@commuterline). Tetapi mengenai posisi kereta, jangan 100% percaya sama porter (yang jaga2 di gate-in gate-out) karena terkadang informasi dari mereka tidak 100% valid dan update, Better tunggu info dari pengeras suara (yang ini juga ga 100% valid dan update sih), atau sebisa mungkin cek via web (better accuracy).
Sekian info dari saya.
Selamat "menikmati" PERKELIAN Jabodetabek agan2 sekalian

Sorry kalo kepanjangan.

Quote:
Original Posted By Ryunosuke17►realitanya itu bukan tanpa AC gan, tapi di matiin. ane naik commuterline tiap hari krn rumah ane di depok dan kerja daerah kota.
Itu biasanya bukan cuma ac yang di matiin tapi lampu juga, jadi sangat-teramat nyiksa kl pagi dgn kondisi seperti itu.
Dan anehnya entah knp AC dan lampu itu baru dinyalain kl udah nglewatin stasiun manggarai.
ya biar bagaimana pun juga keadaan KRL skrg ini, ane tetap menggunakannnya untuk PP kerja dan berharap kondisinya semakin membaik
Itu biasanya bukan cuma ac yang di matiin tapi lampu juga, jadi sangat-teramat nyiksa kl pagi dgn kondisi seperti itu.
Dan anehnya entah knp AC dan lampu itu baru dinyalain kl udah nglewatin stasiun manggarai.

ya biar bagaimana pun juga keadaan KRL skrg ini, ane tetap menggunakannnya untuk PP kerja dan berharap kondisinya semakin membaik

Minta


Jangan di lempar


Spoiler for Makasi buat agan yang udah ngasih CENDOL:

Maap yak kalo ada salah kata, ane cuma mau berbagi pengalaman ane ke AGAN AGAN semua supaya tidak merasakan kejadian yang seperti ane alami.
Diubah oleh SinatrioPambudi 21-08-2013 12:09
0
7.3K
Kutip
70
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan