KASKUS

Pencak Silat Di Mata Dunia


Siapa yang tidak mengenal seni beladiri ini. Pen­cak silat meru­pakan warisan budaya bangsa Indone­sia yang sudah tum­buh dan berkem­bang ke manca negara. Walau sejarah tidak bisa menun­jukkan secara pasti kapan lahirnya pen­cak silat, namun pen­cak silat sudah lahir di bumi per­tiwi sejak per­ad­a­ban manu­sia. Sejak jaman pra sejarah sudah lahir ilmu beladiri yang seder­hana guna mem­per­ta­hankan hidup dari ganas­nya alam.

Seni bela diri ini secara luas dike­nal di Indone­sia, Malaysia, Brunei, dan Sin­ga­pura, Fil­ip­ina sela­tan, dan Thai­land sela­tan sesuai den­gan penye­baran suku bangsa Melayu Nusan­tara. Berkat per­anan para pelatih asal Indone­sia, kini Viet­nam juga telah memi­liki pesilat-pesilat yang tang­guh. Induk organ­isasi pen­cak silat di Indone­sia adalah Ikatan Pen­cak Silat Indone­sia (IPSI). Organ­isasi yang mewadahi federasi-federasi pen­cak silat di berba­gai negara adalah Perseku­tuan Pen­cak Silat Antara Bangsa (Per­si­lat), yang diben­tuk oleh Indone­sia, Sin­ga­pura, Malaysia dan Brunei Darus­salam.

Pen­cak silat adalah olahraga bela diri yang memer­lukan banyak konsentrasi.Ada pen­garuh budaya Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam dalam pen­cak silat.Biasanya setiap daerah di Indone­sia mem­pun­yai ali­ran pen­cak silat yang khas. Mis­al­nya, daerah Jawa Barat terke­nal den­gan ali­ran Cimande dan Cika­long, di Jawa Ten­gah ada ali­ran Mer­pati Putih dan di Jawa Timur ada ali­ran Peri­sai Diri.Setiap empat tahun di Indone­sia ada per­tandin­gan pen­cak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pen­cak silat juga diper­tand­ingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987.


Kalau kita mengingat pencak silat kita pasti langsung teringat The Raid dengan tokoh utamanya Iko Uwais,Joe Taslim dan Yayan Ruhian. Mungkin kita berpikir bahwa seni beladiri pencak silat ini menjadi dikenal dunia lewat film tersebut tetapi ternyata sebelum mereka muncul, pencak silat ini sudah mendunia dan sudah terkenal di dunia. seperti Amerika, Belanda, Inggris, jerman, Australia, Belgia, Luxemburg, Perancis,Denmark, Suriname, Selandia Baru. Bahkan Sudah ada federasinya di Negara tersebut.

Spoiler for Pencak Silat di Dunia:


Spoiler for Belanda:


Spoiler for Inggris:


Spoiler for Amerika:


Spoiler for Guru Silat di Washington DC:


Spoiler for Jerman:


Spoiler for Australia:


Spoiler for lain - lain:


Spoiler for video:


Dengan keadaan yang seperti ini apakah kita akan meninggalkan salah satu budaya kita yaitu pencak silat dengan kita membiarkannya dipelajari oleh bangsa lain sementara kita bersantai-santai dan lebih memilih permainan yang sifatnya mendunia? apakah kita tidak berpikir bagaimana seandainya pada tahun yang akan datang pencak silat diklaim oleh negara lain? Marilah kita fikirkan hal itu semua jangan sampai kita terlena oleh budaya barat sementara budaya asli kita sendiri,kita tinggalkan begitu saja. Mari sebagai generasi muda kita berpikir bersama-sama demi kelangsungan budaya kita dan anak-anak cucu kita dapat melihat salah satu aset berharga bangsa indonesia..



Sumber lain
Sumber Lain

Jangan Lupa :

ini olahraganya si iko uwais ya gan
waahhh ane dulu juga pernah ikut silat gan , keep posting gan
Bangga gan
panjang bener gan.

ijin nyimak dl y gan

mampir juga di thread ane y


[HOT] MEDAN BERCAHAYA LIGHT `EM UP

[HOT]jual celana branded murah gan
maaf gan gw kira cuma berkembang disini, ternyata di belandapun juga ada
mantap
ane bangga,,kebudayaan indo....
semakin bangga dengan indonesia
gotcha indonesia
semoga aja bisa ke olimpiade
Quote:Original Posted By ghasston
semoga aja bisa ke olimpiade


amin gan matabelo
nice trit gan....
Ane dulu dari smp kelas satu ampe kuliah semester akhir aktif di pencak silat. sekarang badan udah gak kuat dibawa lari gan...
Ane dr kecil ga ad kesempatan buat bel bela diri
Seni Anu Luhung teu Adigung
pencak silat vs sumo
ane masih pencak silat gan...hehhehe...secara bokap w guru pencak silat...

masih smp sekarang ane melestarikan...
pencak silat pancen oye gan
×