Thumbs up [NOSTALGIA] Foto CIANJUR Tempo dulu

ASSALAMUALAIKUM,WR,WB

Permisi mimin/momod ane mau share foto-foto cianjur jaman dulu nih... monggo silahkan cekidot ahh

Spoiler for Bukti:


Spoiler for Bupati Cianjur 1901:


Boepati Tjianjoer 1901

Bupati ini pasti seorang ningrat tinggi tapi namanya tidak diketahui siapa. Bupati (dari bahasa Sansekerta: bhûpati, "raja dunia") adalah kepala daerah untuk daerah kabupaten. Beliau pakai topi “kuluk” yang merupakan tanda pejabat tinggi. Sebagai seorang keturunan raja beliau pakai sarung dengan motif parang. Di dalam sarung beliau pakai celana berbahan sutra khas Gujarat (India) yang sangat mahal. Sepatunya gaya arab merupakan tanda agama Islam. Kancingnya tidak bisa tutup karena si bupati terlalu gemuk. Rombongannya terdiri dari tiga pria remaja pembawa senjata. Bupati ini pasti seorang ningrat tinggi tapi namanya tidak diketahui siapa. Bupati (dari bahasa Sansekerta: bhûpati, "raja dunia") adalah kepala daerah untuk daerah kabupaten. Beliau pakai topi “kuluk” yang merupakan tanda pejabat tinggi. Sebagai seorang keturunan raja beliau pakai sarung dengan motif parang. Di dalam sarung beliau pakai celana berbahan sutra khas Gujarat (India) yang sangat mahal. Sepatunya gaya arab merupakan tanda agama Islam. Kancingnya tidak bisa tutup karena si bupati terlalu gemuk. Rombongannya terdiri dari tiga pria remaja pembawa senjata.


Spoiler for keluarga sunda:


Keluarga Sunda 1914


Kartupos diterbitkan oleh Tio Tek Hong ini dalam bahasa Belanda berjudul: “Groet uit de Preanger (Java) Soendaneesch huisgezin”. Bahasa Indonesianya: “Salam dari Priangan (Jawa) Keluarga Sunda”. Kartupos diambil dari foto yang dibuat di studio. Semuanya berpose untuk fotografer secara simetris. Potret memperlihatkan seorang ibu dengan 4 orang anaknya yaitu: 1 putra dan 3 putri. Selain itu juga terlihat seorang adik perempuannya dan seorang menantu laki-laki. Tentu saja keluarga ini adalah keluarga berada tetapi sayangnya keluarga ini tidak lengkap lagi. Kemungkinan suami dari ibunda tersayang sudah meninggal dunia.

Ibu dari keluarga ini duduk di posisi tengah diatas bangku. Karena kaki dari ibu tersebut tidak cukup panjang untuk menyentuh lantai maka dari itu dibawah kakinya ditaruh bantal. Ibu memakai sarung kebaya dan sepatu. Selain itu dia juga pakai perhiasan seperti gelang dan anting-anting. Di baris depan ada kedua anaknya yang paling muda. Si putra yang duduk bersila memakai sarung dan kemeja berkerah tinggi dan 2 kantong dada. Si putri yang duduk di bantal di sebelah kaki ibu memakai sarung kebaya bermotif bunga. Perhiasan yang dipakai dia adalah cincin, dua gelang dan anting-anting. Di baris paling belakang kita dapat melihat putri kedua. Dia memegang kipas dan bunga sebagai penghias rambut. Disebelahnya berdiri menantu laki-laki yang bertelinga kelelawar. Menurut orang Jawa orang yang mempunyai “kuping lowo” panjang umur. Dia memakai ikat kepala, sarung, kemeja berkerah tinggi. Di salah satu dari 2 kantongnya ditaruh hiasan “pochette” yaitu lipatan saputangan gaya Eropa yang mencuat di saku dada. Perutnya agak gendut maka dari itu kancingnya tidak bisa ditutup semua. Mereka semuanya berekspresi serius sekali kecuali si menantu yang lumayan santai. Istrinya adalah putri tertua yang duduk di sebelah kiri ibunya. Putri ini memegang tas tangan yang keren. Kebaya ditutupi dengan bros dan dihiasi dengan bunga. Dia juga pakai hiasan kalung, gelang dan anting-anting


Spoiler for Truk Militer Belanda Terguling di Depan Kantor Kepala Desa Tjiherang Patjet (Ciherang Pacet):


Spoiler for Salah sudut kota Cianjur setelah agresi militer Belanda ke 1 sekitar tahun 1947:


Spoiler for Salah satu sudut kota Cianjur / Jalan Raya jaman dulu (mungkin sekarang Jl. Hos. Cokroaminoto/Mangunsarkoro):


Spoiler for Regent/Bupati Tjiandjoer sareng Garwa-na nuju naek kandaraan di payuneun bumi-na (ayeuna Pendopo) Taun 1920-an:


Spoiler for Pembangunan Jalan Kereta Api di Cianjur tahun 1879, penjajah Belanda mengawasi rakyat yang sedang bekerja, baik dari atas bukit maupun dari bawah.:


Spoiler for Masjid Agung Cianjur sekitar tahun 1880-an / jaman penjajahan Belanda.:


Spoiler for Kereta Api sedang dalam perbaikan di Cianjur tahun 1981:


Spoiler for Kantor POS Cianjur sekitar tahun 1880-an / jaman penjajahan Belanda.:


Spoiler for Jalur menuju puncak,.dari bogor menuju cianjur tahun 1808:


Spoiler for Jalur menuju puncak,.dari bogor menuju cianjur tahun 1808:


Spoiler for Jalan Sianghay sekitar tahun 1880-an / jaman penjajahan Belanda. (Sekarang Perempatan antara Jl. Siti Jenab - Moch. Ali - Mangunsarkoro):


Spoiler for Istana Cipanas sekitar tahun 1880-an / jaman penjajahan Belanda.:


Spoiler for Terminal Muka Tjiandjoer tahun 1974:


Spoiler for Maen langlayangan di Cibodas taun 1933:


Spoiler for Foto PERKESIT Cianjur saat melakukan pertandingan persahabatan di Lapangan Badak Putih sekitar tahun 1950:


Spoiler for Alun Alun Kaum Cianjur sekitar tahun 1880:


Spoiler for Tandu (alat transportasi jaman dulu yg pernah ada di Cianjur):


Spoiler for Jalan di Cianjur sekitar tahun 1880, foto diambil dari sudut timur Alun-alun ke arah Pasar Bojongmeron (jika sekarang).:


Spoiler for Para Pejabat Cianjur Tahun 1956-an, termasuk Para Anggota Dewan hasil Pemilu 1955.:


Spoiler for RS Sayang (dulu di daerah Sayang Semper, sekarang Jl. Promoya Cianjur):


Spoiler for Pos Tjisokan (Cisokan) yang berada di Cianjur (sekarang jalan raya Ciranjang) antara tahun 1865 - 1870, pos ini adalah tempat perhentian dan untuk mengganti kuda dengan kuda yang masih segar, Pos-pos seperti ini berada disepanjang jalan setiap jarak 9 Km:



Mohon Maaf Jika trit ini

Sekian dulu Gan Capek nih Haus Bagi nya donk


Ane sangat menolak yg namanya Sakit Gan...

pokok nya yg ngasih ane do'ain biar lancar rezeki nya dan jodoh nya AMIN..

Spoiler for sumbernya:
tiada pertamax diantara kita

jangan lupa
makasi gan, TS umur brapa skrg kok masih punya foto tempo dulu
wow jadul banget gan, masih ada aja yang nyimpen yah

makaish bro jadi tahu kehidupan dulunya
Quote:Original Posted By Jarlee
makasi gan, TS umur brapa skrg kok masih punya foto tempo dulu


masih muda Gan masih kepala 2..."
wahhh bagus ya gan
eehhhmmm seger mandang
huwahahwhawha
ane ke cianjur cuma 1x,..
itu juga udah lama banget waktu ane masi solah dasar, skrang dah lulus skolah
Wahh baguss bangett yaa tempo dulu drpd sekarang
waduh, bagus ya temp dulu
jadi pengen ke tempo jadoel
Wah mantab trit nya gan
ane kasih rate ya, ane orang Cianjur juga soalnya

~FRANKENMECHA
keren keren gan potonya,..
Quote:Original Posted By Frankenmecha
Wah mantab trit nya gan
ane kasih rate ya, ane orang Cianjur juga soalnya

~FRANKENMECHA


Sama gan ane juga orang ciranjang..
Quote:Original Posted By al.irsyad.zbidy


Sama gan ane juga orang ciranjang..


agak jauh sih, ane di gunteng gan, tinggal naik angkot 01B dari terminal
mengenang masa lalu nih gan
#Jaman dulu keliatannya masih damai ya gan
Ane suka ama yg beginian nih
ciamik banget gan fotonya
tempo dulu emang keren ya gan
ane bantu gan
masih banyak banget yang ijo ijonya ya gan pas jaman itu