Kaskus

Tech

ditdewAvatar border
TS
ditdew
SEJARAH LAYAR SENTUH (TOUCH SCREEN)
Touch screenadalah sebuah perangkat tampilan visual elektronik dimana pengguna dapat mengendalikan suatu perangkat melalui gerakan sederhana atau multi-touch dengan menyentuh layar dengan satu atau lebih jari. Beberapa touchscreen juga dapat mendeteksi objek seperti stylus. Pengguna dapat menggunakan layar sentuh untuk bereaksi terhadap apa yang ditampilkan dan untuk mengontrol bagaimana ditampilkan (misalnya dengan zoom ukuran teks).

Dengan menggunakan touch screen ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan apa yang ditampilkan, daripada menggunakan mouse, touchpad, atau perangkat perantara lainnya (selain stylus, yang opsional untuk touch screen yang paling modern).

Touch screen yang umumnya dapat ditemui pada perangkat seperti konsol game, komputer tablet, dan smartphone. Alat ini juga juga dapat diaplikasikan ke terminal komputer pada sebuah jaringan. Alat ini juga memainkan peran penting dalam desain peralatan digital seperti personal digital assistant (PDA), perangkat navigasi satelit, ponsel, dan video game.

Popularitas smartphone, tablet, dan berbagai jenis peralatan informasi telah mendorong permintaan akan perangkat yang menggunakan touchscreen yang pada umum adalah perangkat elektronik portabel semakin tinggi. Touchscreen banyak ditemukan diantaranya adalah pada bidang medis dan industri berat, serta untuk anjungan tunai mandiri (ATM), museum, perpustakaan atau otomatisasi ruangan, perangkat ini banyak digunakan sebagai pengganti keyboard dan mouse, karena alat ini lebih intuitif dan lebih akurat.

Sejarah layar sentuh (touch screen) dimulai pada saat E.A. Johnson mempublikasikan karyanya mengenai layar sentuh kapasitif dalam sebuah artikel singkat yang diterbitkan pada tahun 1965 [1] dan dilanjutkan dengan artikel yang lebih lengkap dan disertai dengan foto dan diagram-dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1967. [2]
Spoiler for intip gan:


Selanjutnya uraian tentang penerapan teknologi layar sentuh untuk pengendalian lalu lintas udara dijelaskan dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 1968. [3] Frank Beck dan Bent Stumpe, insinyur dari CERN yang merupakan sebuah organisasi riset tentang nuklir Eropa, mengembangkan layar sentuh transparan pada awal tahun 1970 dan diproduksi oleh CERN dan digunakan pada tahun 1973. [4] layar sentuh ini didasarkan pada karya Bent Stumpe di sebuah pabrik televisi di awal 1960-an. Sebuah layar sentuh resistif dikembangkan oleh penemu Amerika G. Samuel Hurst yang menerima US patent # 3.911.215 pada 7 Oktober 1975 versi pertama diproduksi pada tahun 1982.

Dari 1979-1985, Fairlight CMI (dan Fairlight CMI IIx) adalah sebuah workstation resampling musik yang memanfaatkan teknologi pena cahaya, dimana pengguna bisa mengalokasikan dan memanipulasi sampel dan data sintesis, serta akses yang berbeda menu dalam OS nya dengan menyentuh layar dengan pena cahaya. Kemudian Fairlight seri model IIT menggunakan tablet grafis di tempat pena cahaya. Tahun 1983, HP-150 adalah salah satu komputer komersil pertama yang memanfaatkan teknologi layar sentuh. [5] Serupa dengan sistem IV PLATO (1972), sebuah teknologi sentuh yang diletakkan di sekeliling panel “Sony Cathode Ray Tube” (CRT) ukuran 9 inchi yang berfungsi sebagai penerima dan pengirim sinyal inframerah, yang mendeteksi posisi setiap obyek non-transparan pada layar.
Spoiler for intip lagi gan:


Pada awal tahun 1980 General Motors menugaskan divisi Electronics Delco untuk fungsi perangkat pendukung pada mobil (yaitu selain pedal gas, transmisi, rem dan kemudi) dari sistem mekanis atau elektro-mekanis dengan perangkat elektronik yang solid. Perangkat ini kemudian diberi nama "Electronic Control Center" (ECC), sebuah perangkat komputer digital yang dilengkapi dengan display satu warna yang berfungsi selain sebagai alat keluaran juga berfungsi sebagai alat control, yang fungsinya adalah mengendalikan peralatan pendukung pada sebuah mobil. Dimana pada tahun 1985-1989 ECC menjadi perlengkapan standar pada Buick Riviera dan kemudian 1988-89 Buick Reatta, yang kemudian menjadi tidak poluler lagi di kalangan konsumen Buick tradisional dikarenakan mahalnya perangkat ini.

Teknologi multi-touchdimulai pada tahun 1982, ketika University of Toronto's Input Research Group mengembangkan sistem input multi-touch, menggunakan panel kaca buram-dengan kamera ditempatkan di belakang kaca. Pada tahun 1985, University of Toronto's Input Research Group bersama Bill Buxton mengembangkan tablet multi-touch kapasitif.

Pada tahun 1986 untuk pertama kalinya software Point of Sales yang menggunakan perangkat touch screen didemonstrasikan pada komputer warna Atari 520ST 16-bit.[6] ViewTouch adalah software Point of Sales pertama yang dikembangkan oleh Gene Mosher, pada musim gugur 1986 pada Comdex di Las Vegas, Nevada.

Sears et al. (1990)[7] memberikan ulasan mengenai interaksi multi-touch human-computer. Dia menjelaskan cara kerja dari multi-touch serta kemampuan mengetik pada virtual keyboard serta beberapa fungsi yang lainnya.
Spoiler for si Simon:

Pada tahun 1991-1992, SUN dengan prototife PDA Star 7 nya, mengusung teknologi inertia scrolling touchscreen. Pada tahun 1993, IBM Simon, sebuah ponsel touchscreen pertama dirilis.

Sebelumnya pada awal 1990-an, touchsreen pada Konsol Game Gear Sega tidak jadi dirilis dikarenakan terlalu mahalnya biaya untuk teknologi tersebut, sampai dirilinya Nintendo DS pada tahun 2004.

(sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Touchsc...en#cite_ref-14)

* tidak semua referensi ane ambil gan........maaf

[1] Johnson, E.A. (1965). "Touch Display - A novel input/output device for computers". Electronics Letters 1 (8): 219–220.
[2] Johnson, E.A. (1967). "Touch Displays: A Programmed Man-Machine Interface". Ergonomics 10 (2): 271–277.
[3] Orr, N.W.; Hopkins, V.D. (1968). "The Role of Touch Display in Air Traffic Control.". The Controller 7: 7–9.
[4] CERN Bulletin Issue 12/2010 & 13/2010, "Another of CERN's many inventions!"
[5] http://www.youtube.com/watch?feature...HdG5gVTw#t=46s
[6] The ViewTouch restaurant system by Giselle Bisson.
[7] a b Sears, A., Plaisant, C., Shneiderman, B. (June 1990) A new era for high-precision touchscreens. Advances in Human-Computer Interaction, vol. 3, Hartson, R. & Hix, D. Eds., Ablex (1992) 1-33 HCIL-90-01, CS-TR-2487, CAR-TR-506.

NB: Maaf kalo REPOST, cuma sekedar sharing gan........, maaf juga kalo berantakan, baru belajar nulis hehehehehe

Spoiler for REPOST???:

Diubah oleh ditdew 16-08-2013 11:41
0
5K
17
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan