KASKUS

[SMART TV] Perbandingan Smart TV Antar Brand

Perkenalan Smart TV

Apa itu Smart TV?

Salah satu fungsi utama TV beberapa tahun terakhir ini adalah kemampuan untuk melakukan lebih dari sekedar menonton TV. Di banyak TV high-end, Anda dapat menyambungkan TV Anda ke internet dan browsing web tanpa perlu perangkat tambahan. Selain itu, di dalam TV itu sendiri banyak apps dan program yang mensupport berbagai macam kapabilitas, misalnya dari laporan cuaca sampai streaming on demand seperti YouTube. Nampaknya memang tujuan dari televisi sekarang ini adalah menjadi sumber home entertainment dalam satu perangkat. Televisi dengan fitur semacam ini dapat disebut dengan Smart TV.


Apakah saya butuh Smart TV?

Tidak semua orang membutuhkan Smart TV, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli Smart TV jika Anda ingin browse internet, streaming youtube, cek laporan cuaca, membaca berita, dsb di televisi. Ingat, isi dari Smart TV sebenarnya dapat ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Smart TV hanya menggabungkan teknologi tersebut sehingga Anda tidak perlu menggunakan perangkat lain untuk mengakses internet dan program.


Perbedaan Smart TV

Quote:
LG Smart TV





Quote:
Smartphone Remote App: Yes
Remote: Magic Motion Remote



Smart TV LG adalah salah satu yang paling lengkap yang ada di pasaran. Menu utama terbagi atas 4 sektor, kolom di kiri adalah apa yang sedang di tonton. Kolom di tengah adalah kolom Premium, untuk streaming content seperti youtube. Kolom di kanan adalah kolom 3D. Lalu bar di bawah adalah berbagai macam apps yang di download.

LG Smart TV memiliki App Store yang relatif komplit, dengan kurang lebih 610 apps (worldwide). Pada model high-end terdapat "Magic Motion Remote" dengan Voice Control, sehingga Anda dapat mengontrol kursor dengan remote ini, dan dapat memberikan Voice Command



Quote:
Samsung Smart TV





Quote:
Smartphone Remote App: Yes
Remote: Samsung Smart Touch Remote



Samsung bekerja keras dalam membuat platform Smart TV mereka agar menarik. Tampilan utama, yang mereka sebut dengan Smart Hub, menampilkan banyak aplikasi dan konten. Mereka juga mempunyai App Store yang paling besar untuk Smart TV saat ini, sekitar 800 aplikasi (worldwide).

Samsung Smart TV sangat berbeda dengan Smart TV lainnya, terutama cara interaksi yang diberikan oleh Samsung kepada user, salah satunya adalah dengan gesture (gerakan) untuk mengontrol Smart TV mereka (hanya ada di model yang mempunyai kamera).


Quote:
Panasonic Smart TV





Quote:
Smartphone Remote App: Yes
Remote: Panasonic Touch Pad Controller



Panasonic tidak merubah tampilan Smart TV dari 2012, tampilannya masih berupa 7 apps per halaman, dengan kolom tengah sebagai kolom yang di sedang di tonton, dan kolom di bawah sebagai App Store.

Walaupun aplikasi yang didapat tidak sebanyak LG, namun setidaknya Panasonic mempunyai App Store yang dinamakan Viera Connect Market, dengan 76 aplikasi. Model high-end dilengkapi dengan Viera Touch Pad, remote dengan panel sentuh yang dapat mengontrol kursor.



Quote:
Sony Smart TV





Quote:
Smartphone Remote App: Yes
Remote: Standard Sony Remote


Sony juga mempunyai kapabilitas Smart TV yang terbatas, tapi lebih baik dari Sharp. Mereka mempunyai koneksi untuk aplikasi ke Yahoo Connect TV Apps Store, yang kurang lebih mempunyai sekitar 200 aplikasi. Karena menggunakan servis dari Yahoo, dan bukan Sony sendiri, maka aplikasi yang ada terasa tidak terhubung kepada TV, melainkan seperti streaming aplikasi dari tablet atau PC.

Sony juga tidak mempunyai remote khusus Smart TV dan hal ini membuat navigasi web menjadi kurang efektif.



Quote:
Sharp Smart TV





Quote:
Smartphone Remote App: Yes
Remote: Standard Sharp Remote


Diantara Smart TV lainnya, Sharp mempunyai fiture yang paling terbatas. Sharp Smart Central tidak mempunyai App Store dan hanya mempunyai 12 aplikasi bawaan.

Sharp juga tidak mempunyai remote khusus yang dapat dibeli, tidak seperti Smart TV lainnya. Hal ini membuat browsing internet hampir tidak dapat digunakan.


Quote:
Toshiba Smart TV





Quote:
Smartphone Remote App: Yes
Remote: Standard Toshiba Remote


Toshiba juga mempunyai Smart TV yang sangat terbatas dan tidak mempunyai App Store, seperti Sharp. Toshiba hanya mempunyai 7 aplikasi bawaan. Yang menjadi poin plus pada Smart TV Toshiba adalah kapabilitas Bluetooth yang dapat disambungkan ke keyboard untuk web browsing.


List Aplikasi Smart TV

LG - Link
Samsung - Link
Panasonic - Link
Sony (Yahoo ConnectedTV Apps) - Link
Sharp - Limited, no app store
Toshiba - Limited, no app store

Apakah Smart TV lebih baik daripada Home Entertainment Box?

Home Entertainment box dapat berupa XBox, PS3, HTPC (Home Theater Personal Computer), Media Player, dan bahkan PC biasa yang tersambung ke TV. Home Entertainment box mempunyai banyak kelebihan di banding Smart TV. Apalagi, HTPC atau Media Player sekarang sudah banyak yang mempunyai Android OS dengan bentuk yang kecil. Smart TV tidak mempunyai flexibilitas yang tinggi seperti Home Entertainment box, karena tidak bisa menginstall software apapun yang Anda inginkan (terutama dibandingkan oleh Media Player Android atau PC).

Namun, kekurangan Home Entertainment box adalah Anda harus menyediakan tempat extra, tidak seperti Smart TV yang sudah menjadi satu kesatuan di dalam. Tergantung kegunaan Anda, jika Anda hanya menggunakan untuk browsing, dan streaming, maka Smart TV sudah sangat cukup. Namun, jika Anda ingin sesuatu yang lebih flexible, misalnya seperti bermain game atau menginstall aplikasi khusus, maka Home Entertainment box seperti PC atau HTPC mungkin pilihan yang lebih tepat untuk Anda.
Last Update: 19 Agustus 2013 -- Menambah Remote Smart TV
keren gan.. ane baru tau kalo sharp dan toshiba ada smart TV-nya juga
bentuk remotenya juga menarik
ini pake ap browsingnya? pake semacam modem gt? ato pake lan?
Quote:Original Posted By Tadzo
ini pake ap browsingnya? pake semacam modem gt? ato pake lan?


setahu saya sih udah support wifi di tvnya,
tosibha bisa pkai keyboard bluetooth yang lain apakah udah support keyboard ?
Quote:Original Posted By Tadzo
ini pake ap browsingnya? pake semacam modem gt? ato pake lan?


Quote:Original Posted By k3nc


setahu saya sih udah support wifi di tvnya,
tosibha bisa pkai keyboard bluetooth yang lain apakah udah support keyboard ?


iya benar, biasanya sudah support wifi di TV nya.. tapi kadang2 harus lihat dengan teliti, ada beberapa smart tv yang low end, gak ada wifi, dan wifi dongle nya harus beli terpisah..

selain wifi, ethernet jack (kabel) juga biasanya udah pasti ada sih kalau smart tv..

edit: toshiba belum bisa support semua bluetooth keyboard.. tapi kmrn ini sempat lihat ada yang bisa connect logitech keyboard ke toshiba.. nanti kalau ada info lagi akan di update
kadang di site site gitu ada dengar nama Google TV , Apple TV, itu bukan smart tv ya gan?
Quote:Original Posted By a_tumiwa
kadang di site site gitu ada dengar nama Google TV , Apple TV, itu bukan smart tv ya gan?


Kalau Apple TV itu masuknya Home Entertainment Box (bukan Smart TV), jadi seperti decoder lah kira2 yang tinggal di colok ke HDMI Input TV. Processor nya ada di box nya itu, bukan di TV nya. Kegunaan Apple TV ini sebenarnya membuat TV normal mempunyai fitur yang mirip seperti Smart TV, jadi bisa browsing, streaming dll, tapi melalui box nya itu. Kalau box nya di cabut ya TV nya jadi ngga smart lagi deh.

Nah kalau Google TV ada 2 tipe, ada yang pake box (sama seperti Apple TV), dan ada yang cuma Apps yang bisa kita download di App Store Smart TV (tanpa box). Kalau yang pake box itu sama persis seperti Apple TV, jadi pake alat seperti decoder yang tinggal colok ke HDMI Input.

Kalau yang Google TV Apps, TV kita udah harus Smart TV dulu (setidaknya bisa wifi) untuk download Apps nya. Nanti dari Apps nya kita bisa streaming, browse, dll.
apakah semua smart tv itu bisa di pasang keyboard dan mouse?
kayaknya aneh dan ga nyaman kalo pake remote
Quote:Original Posted By a_tumiwa
apakah semua smart tv itu bisa di pasang keyboard dan mouse?
kayaknya aneh dan ga nyaman kalo pake remote


Halo gan, sori baru reply, kmrn ini sempet demam2 hehe.. Kalau Samsung dan LG sepertinya paling compatible dengan wireless keyboard. Kalau gak salah, tipe yang cukup terjangkau dan compatible itu Logitech K400..

Tapi kalau gak pake wireless keyboard, hampir semua Smart TV punya iOS dan Android Apps, jadi tinggal download dan pake di tablet ato handphone enak juga ketik dan browsing nya..
mantab sharingnya...
thanks para agan..


Quote:Original Posted By sinergisystem
mantab sharingnya...
thanks para agan..




Thanks gann

kalo ada info tentang smart tv sharing2 juga ya gan.. nanti buat taro di atas hehe..
ane dilema nih gan .. antara samsung dan sony..
Quote:Original Posted By vickteem
ane dilema nih gan .. antara samsung dan sony..


samsung aja gan yang lagi berjaya
info berguna nih TS,
sekalian mau nanya, Samsung kan sekarang ada evolution box, di merk lain udah ada blm yah ?
Quote:Original Posted By vickteem
ane dilema nih gan .. antara samsung dan sony..


Kalo Sony menang model TV nya keren hehe.. kalo Samsung fiturnya mantappp..

menurut ane sih kalo emang ngincer Smart TV ya Samsung aja..

Quote:Original Posted By sapaaja
info berguna nih TS,
sekalian mau nanya, Samsung kan sekarang ada evolution box, di merk lain udah ada blm yah ?


kayanya merk lain belom ada deh evolution box.. tapi sebenernya sih menurut ane kalo cuma buat browsing, nonton konten, youtube, dan baca2 berita gitu gak perlu evolution box sih.. kayanya samsung cuma bikin evolution box dan upgrade user interface cuma supaya orang beli aja evolution box nya, yang sebenernya gak gitu perlu.. just my opinion sih hehe.. abis samsung apa aja dijual sih, henpon aja tiap inch ada hehe..
Masukan aja yang mau smart tv tapi udah terlanjur beli lcd tv biasa, atau lcd tv mau dibikin smart tv bias ditambah perangkat media player tambahan.
Ane pake WD TV built in Wifi, bentuknya kecil bisa connect internet, channelnya juga banyak. Bisa connect via keyboard wireless juga.

Kekurangannya remot jadi 2, tv sama wd tv nya.
Quote:Original Posted By orronoco
Masukan aja yang mau smart tv tapi udah terlanjur beli lcd tv biasa, atau lcd tv mau dibikin smart tv bias ditambah perangkat media player tambahan.
Ane pake WD TV built in Wifi, bentuknya kecil bisa connect internet, channelnya juga banyak. Bisa connect via keyboard wireless juga.

Kekurangannya remot jadi 2, tv sama wd tv nya.


Yup, setuju gan.. Sebenernya Smart TV memang punya fitur yang sama dengan Home Entertainment Box seperti WD TV atau Apple TV dsb..

Jadi sebenarnya kalo TV yang sekarang sudah bagus, memang gak perlu di bela2in upgrade ke Smart TV, karena memang biasanya Home Entertainment Box seperti WD TV itu udah cukup banget..

Tapi kalo remote 2, sebenernya Smart TV Samsung juga dapet 2 remote gan, 1 buat TV biasa, dan 1 buat Smart Hub nya.. Walaupun buat Smart Hub bisa pake remote yang biasa sih, tapi repot aja control nya..
Suhu2 mau tanya sy uda ada sammy 64e8000 plasma smart tv

Perlu ga beli popcorn hour buat setel hd movie pake had disk?

Trs kl ame bli jg fungsi smart nya bentroj ga ya? Just info ane naksir pch a400. Naksir tp blm bli masi review2
sorry ni klo pertanyaan nya goblok, tpi ane bth jawaban nya. klo udh ada smart tv + home theater, msh butuh gk bli hd media player?

makasih sblm nya
×