KASKUS

6 Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

6 Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Rambut adalah mahkota yang menambah keindahaan penampilan seseorang, terlebih lagi bagi seorang wanita. Terlepas dari apapun jenis rambutnya, memiliki rambut yang indah tentunya menjadi dambaan setiap orang. Rambut sendiri terdiri atas ratusan ribu hingga jutaan helai yang harus dijaga kesehatannya . Dengan menjaga kesehatan rambut, rambut pun akan nampak indah dan rasa percaya diri seseorang akan semakin meningkat. Selain itu, seseorang akan terhindar dari berbagai jenis kerusakan rambut yang dapat mempengaruhi penampilan seseorang seperti kerontokan, rambut bercabang, ketombe, atau yang lebih parah hingga mengalami kebotakan . Hal tersebut pada akhirnya juga akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Merawat rambut dan kulit kepala tidaklah sulit dan tidak membutuhkan biaya yang mahal, tulisan ini bertujuan untuk membantu Anda dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Berikut 6 Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala:

1. Keramas Secara Teratur
Keramas dengan menggunakan shampo merupakan cara untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran yang melekat selain itu shampo juga memberikan nutrisi kepada rambut dan kulit kepala. Keramaslah secara teratur setidaknya 2-3 hari sekali, dan gunakan shampo yang mengandung vitamin, zinc, atau selenium sulfide yang akan membantu membersihkan kulit kepala dari ketombe. Selain itu pilih juga shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda, rambut kering, normal, berminyak, atau berketombe.

2. Creambath
Creambath adalah salah satu bentuk perawan rambut dengan mengoleskan krim yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut yang dilanjutkan dengan pemijatan kulit kepala dan penggunaan steamer atau handuk hangat selama beberapa menit. Dengan melakukan creambath secara berkala, maka rambut Anda akan terjaga kesehatannya.

3. Makan Makanan Bergizi
Menurut penelitian, makanan yang kita makan turut mempengaruhi kesehatan rambut karena turut memberikan nutrisi pada rambut kita. Makan lah makanan yang bergizi, terapkan pola makan dengan gizi seimbang, terutama makanan yang mengandung protein seperti ikan, ayam, telur, sayur, kacang-kacangan, buah-buahan.

4. Hindari Stres
Stres merupakan bagian dari kehidupan moderen saat ini. Stres memberikan pengaruh negatif kepada tubuh dan tidak terkecuali kepada rambut. Stres yang dialami seseorang akan memicu hormon di dalam tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak di kulit kepala, akibatnya rambut akan menjadi lepek dan mudah rontok. Untuk itu ada baiknya Anda secara rutin melakukan relaksasi ringkat untuk menurunkan ketegangan sehingga stres dapat dihindari, rutinlah berolahraga atau dapat juga dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres.

5. Rajin Menyisir Rambut
Menyisir rambut ternyata memiliki efek positif terhadap kesehatan rambut, karena dengan menyisir rambut suplai darah di bagian kulit kepala akan meningkat begitu pula dengan aktivitas sel-sel kulit kepala. Dalam hal memilih sisir rambut ada baiknya memilih sisir dengan gigi yang renggang sehingga mengurangi tersangkutnya rambut pada sisir.

6. Olesi Rambut dan Kulit Kepala dengan Daun Lidah Buaya
Daun Lidah Buaya sudah sangat terkenal akan manfaatnya dalam memelihara kesehatan rambut, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Cobalah ambil sebatang Daun Lidah Buaya, kupas dan gosokkan ke kulit kepala secara teratur setiap harinya.

Rangkuman Pada umumnya yang sering melakukan perawatan rambut adalah para kaum hawa, namun hal ini juga perlu diperhatikan oleh para pria untuk memelihara kesehatan rambutnya agar terhindar dari beragam kerusakan rambut dan kulit kepalanya. Karena rambut dan kulit kepala yang sehat adalah dambaan setiap insan .
thx yah gan gw sih rajin crimbatan
Nice info gan

Kalo buat orang botak licin kaga bisa ya
ane jarang nyisir rambut gan
ane nyampo setiap hari
rambut ane gpp koq
Quote:Original Posted By Rexy93
Nice info gan

Kalo buat orang botak licin kaga bisa ya

Ya ga bsa dong. Emg sejak kpn org botak licin bsa di crimbath??

Quote:Original Posted By rizuky95
ane jarang nyisir rambut gan

Jarang nyisir rambut? emg ga punya sisir gan?