KASKUS

How It Work : Pengolahan air limbah/sungai untuk menjadi bersih



Air bersih adalah kebutuhan penting dalam kehidupan umat manusia. Dalam keseharian, air bersih digunakan untuk berbagai keperluan, dari minum, mandi, cuci, masak, industri dan lainnya. Hasil dari aktivitas masyarakat tersebut adalah air buangan/air limbah. Selain dari rumah tangga, air buangan juga dapat berasal dari industri maupun kotapraja. Lalu bagaimana air buangan tersebut diolah menjadi air bersih? cekidot dimari gan...


Secara umum, pengolahan air bersih terdiri dari 3 aspek,
1. pengolahan secara fisika : biasanya dilakukan secara mekanis, tanpa adanya penambahan bahan kimia. Contohnya adalah pengendapan, filtrasi, adsorpsi, dan lain-lain
2. pengolahan secara kimia : pengolahan secara kimiawi, terdapat penambahan bahan kimia, seperti klor, tawas, dan lain-lain, biasanya bahan ini digunakan untuk menyisihkan logam-logam berat yang terkandung dalam air seperti Antimony (sb), Arsenik (As), Kadmium (Cd), Kromium (Cr) dll
3. pengolahan secara biologi : pada pengolahan secara biologis, biasanya memanfaatkan mikroorganisme sebagai media pengolahnya seperti Tetra-amido-macrocyclic ligand activators (TAML), Geobacter, Microbial Fuel Cell

Di Indonesia, urusan untuk mengolah air sungai, limbah dan lain2nya di serahkan kepada PDAM (Perusahaan Dagang Air Minum), BUMN yang berkaitan dengan usaha menyediakan air bersih bagi masyarakat, biasanya melakukan pengolahan air bersih secara fisika dan kimia. Secara umum, skema pengolahan air bersih di daerah-daerah di Indonesia adalah sebagai berikut :



1. Bangunan Intake (Bangunan Pengumpul Air)

Bangunan intake berfungsi sebagai bangunan pertama untuk masuknya air dari sumber air. Sumber air utamanya diambil dari air sungai. Pada bangunan ini terdapat bar screen (penyaring kasar) yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air, misalnya sampah, daun-daun, batang pohon, dsb.
2. Bak Prasedimentasi (optional)

Bak ini digunakan bagi sumber air yang karakteristik turbiditasnya tinggi (kekeruhan yang menyebabkan air berwarna coklat). Bentuknya hanya berupa bak sederhana, fungsinya untuk pengendapan partikel-partikel diskrit dan berat seperti pasir, dll. Selanjutnya air dipompa ke bangunan utama pengolahan air bersih yakni WTP.
3. WTP (Water Treatment Plant)

Ini adalah bangunan pokok dari sistem pengolahan air bersih. Bangunan ini beberapa bagian, yakni koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi dan desinfeksi.

a. Koagulasi

Disinilah proses kimiawi terjadi, pada proses koagulasi ini dilakukan proses destabilisasi partikel koloid, karena pada dasarnya air sungai atau air kotor biasanya berbentuk koloid dengan berbagai partikel koloid yang terkandung didalamnya. Tujuan proses ini adalah untuk memisahkan air dengan pengotor yang terlarut didalamnya, analoginya seperti memisahkan air pada susu kedelai. Pada unit ini terjadi rapid mixing (pengadukan cepat) agar koagulan dapat terlarut merata dalam waktu singkat. Bentuk alat pengaduknya dapat bervariasi, selain rapid mixing, dapat menggunakan hidrolis (hydrolic jump atau terjunan) atau mekanis (menggunakan batang pengaduk).
b. Flokulasi

Selanjutnya air masuk ke unit flokulasi. Tujuannya adalah untuk membentuk dan memperbesar flok (pengotor yang terendapkan). Di sini dibutuhkan lokasi yang alirannya tenang namun tetap ada pengadukan lambat (slow mixing) supaya flok menumpuk. Untuk meningkatkan efisiensi, biasanya ditambah dengan senyawa kimia yang mampu mengikat flok-flok tersebut.
c. Sedimentasi

Bangunan ini digunakan untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sudah didestabilisasi oleh unit sebelumnya. Unit ini menggunakan prinsip berat jenis. Berat jenis partikel kolid (biasanya berupa lumpur) akan lebih besar daripada berat jenis air. Pada masa kini, unit koagulasi, flokulasi dan sedimentasi telah ada yang dibuat tergabung yang disebut unit aselator.
d. Filtrasi

Sesuai dengan namanya, filtrasi adalah untuk menyaring dengan media butiran. Media butiran ini biasanya terdiri dari antrasit, pasir silica dan kerikil silica dengan ketebalan berbeda. Cara ini dilakukan dengan metode gravitasi.
e. Desinfeksi

Setelah bersih dari pengotor, masih ada kemungkinan ada kuman dan bakteri yang hidup, sehingga ditambahkanlah senyawa kimia yang dapat mematikan kuman ini, biasanya berupa penambahan chlor, ozonisasi, UV, pemabasan, dan lain-lain sebelum masuk ke bangunan selanjutnya, yakni reservoir.
4. Reservoir

Reservoir berfungsi sebagai tempat penampungan sementara air bersih sebelum didistribusikan melalui pipa-pipa secara gravitasi. Karena kebanyakan distribusi di Indonesia menggunakan konsep gravitasi, maka reservoir biasanya diletakkan di tempat dengan posisi lebih tinggi daripada tempat-tempat yang menjadi sasaran distribusi, bisa diatas bukit atau gunung.
Gabungan dari unit-unit pengolahan air ini disebut IPA – Instalasi Pengolahan Air. Untuk menghemat biaya pembangunan, unit intake, WTP dan reservoir dapat dibangun dalam satu kawasan dengan ketinggian yang cukup tinggi, sehingga tidak diperlukan pumping station dengan kapasitas pompa dorong yang besar untuk menyalurkan air dari WTP ke resevoir. Pada akhirnya, dari reservoir, air bersih siap untuk didistribusikan melalui pipa-pipa dengan berbagai ukuran ke tiap daerah distribusi.
Sekarang ini, perkembangan metode pengolahan air bersih telah banyak berkembang, diantaranya adalah sistem saringan pasir lambat. Perbedaan utama pada sistem ini dengan sistem konvensional adalah arah aliran airnya dari bawah ke atas (up flow), tidak menggunakan bahan kimia dan biaya operasinya yang lebih murah. Pada akhir tahun lalu pun, Pusat Penelitian Fisika LIPI telah berhasil menciptakan alat untuk mengolah air kotor menjadi air bersih yang layak diminum, sistem ini dirancang agar mudah dibawa dan dapat dioperasikan tanpa memerlukan sumber listrik.



Nah, sekarang tinggal kita nie yang kudu belajar menghemat air di sekitar kita....karena ternyata mengolah air sungai/limbah untuk menjadi bersih itu ternyata rumit....mumet....saya yang bikin thread aja puyeng bacanya. Hematlah air disekitar kita dimulai dari rumah kita dan kantor, mulai banyak menanam tanaman dan jangan membuang sampah di sungai. Gunakan air seperlunya dan jangan disia2kan terbuang begitu saja....karena jika agan membuang2 air sesungguhnya agan sedang membuang duit agan juga


Save Our Water, Save Our Life

sumber*
http://pengolahanair-oke.blogspot.ae...ir-bersih.html
http://akademiperikanan.wordpress.co...alam-perairan/
http://treehuges.blogspot.ae/2013/01...ih-sungai.html



Quote:Jika anda sudah kaya, berlebih harta dan bersedekah......itu tak terlihat istimewa sama sekali karena anda hanya membuang kelebihan harta saja.....tapi jika anda sedang mepet, kere, sedang kegencet dan bersedekah dengan niat yg ikhlas.....itu baru luar biasa, lebih kerasa gregetnya....dijamin lebih gila aksinya dan Arsy pun akan berguncang lebih keras.....dan itupun dijamin lebih besar balasannya dari Allah SWT.
wow ternyata gitu ya
prosesnya panjang bray
Quote:Original Posted By MegaToast
wow ternyata gitu ya
prosesnya panjang bray


iya juragan,,,,,ya rumit juga ya
coba kalo di indo pengolahannya dimaksimalkan.
ribet juga prosesnya ya gan, ane bantu rate ya gan
Bau bau ht nih trit.....
Tu yang agan bilang pembersih air tanpa listrik itu p**eit kan ???
Quote:Original Posted By j6bountyhunter
coba kalo di indo pengolahannya dimaksimalkan.


sebenernya di indo pendidikan tentang air terlambat gan, pemerintah dan masyarakat terbuai dengan air yang melimpah ruah dari gunung,,,,,hujan turun sepanjang tahun.....jadi terkadang air bukan membawa barokah tapi malah jadi bencana kek di jakarta. Itu menurut ane ya gan
Quote:Original Posted By currentas
Bau bau ht nih trit.....
Tu yang agan bilang pembersih air tanpa listrik itu p**eit kan ???


hahaha, klo emang bisa jadi HT ya syukur gan....g jadi HT jg ndak papa lha wong niatnya cuma iseng2 aja ga bisa tidur plus masup angin. Klo produk yang disebut itu untuk memurnikan air yang pada dasarnya sudah bersih gan, bukan dari air yang total kotor....
WTP canggih tuh
kalo di indo pasti pengelolanya udh ngmg dluan "kita kurang dana utk itu"..
beuh berarti PDAM berapa tuh biayanya punya instalasi2 kayak gitu
Quote:Original Posted By jendral.kumis
kalo di indo pasti pengelolanya udh ngmg dluan "kita kurang dana utk itu"..


hahaha, alasan klasik dari pengelola gan......sebenernya itu juga bisa ditambahkan " kurang niat" gan
Wih ane ujin bookmark ya gan

Soalnya ane ada karya ilmiah tentang bikin ginian
susah gan kalo warganya masih suka buang sampah di kali
coba sungai, sumber2 air di indonesia dijaga dirawat dikembangkan pasti owsom
Quote:Original Posted By indovers
sebenernya di indo pendidikan tentang air terlambat gan, pemerintah dan masyarakat terbuai dengan air yang melimpah ruah dari gunung,,,,,hujan turun sepanjang tahun.....jadi terkadang air bukan membawa barokah tapi malah jadi bencana kek di jakarta. Itu menurut ane ya gan


gitu toh
wokeh deh masgan
wah pasti mahal tuh biaya instalasi sama perawatannya
prosesnya panjang, tp biasanya kita malah buang-buang air
butuh biaya yang tidak sedikit yah
Quote:Original Posted By audipadilangga
Wih ane ujin bookmark ya gan

Soalnya ane ada karya ilmiah tentang bikin ginian


monggo juragan....silahkan, saya juga cuma belajar dari orang lain kok

Quote:Original Posted By rafie15
susah gan kalo warganya masih suka buang sampah di kali


maka dari itu, masyarakat perlu diingatkan secara rutin dan terus menerus untuk tidak membuang sampah sembarangan gan.....

Quote:Original Posted By cyberyoi
coba sungai, sumber2 air di indonesia dijaga dirawat dikembangkan pasti owsom


anda benar.....sudah banyak sungai2 kita yang bisa menjadi wisata air yang menarik....harus dijaga kelestariannya

Quote:Original Posted By drossoneri
wah pasti mahal tuh biaya instalasi sama perawatannya


beneran mahal itu gan, ga tanggung2 biayanya...makanya aer mahal

Quote:Original Posted By kang.apay
prosesnya panjang, tp biasanya kita malah buang-buang air


itulah kebiasaan yang harus kita rubah gan.....

Quote:Original Posted By cabe pedes
butuh biaya yang tidak sedikit yah


iya, biaya awal itu sudah pasti trilyunan.......tapi lain kali saya akan post biaya yang mudah dan meriah kok untuk skala perumahan
×