KASKUS

kalo diliat dari kasus yg udah dijabarkan ama TS menurut nubie begini simpelnya ya :

1. pihak bea cukai menaikkan harga barang
disini normal ya, soalnya pengalaman saya bea cukai emg kadang ngecek brg yg gak sesuai ama harga yg dimaksud & mereka cek di internet ( pengalaman pribadi )

2. pihak fedex yg menyetujui perubahan harga tanpa konfirmasi.
sebenernya ini kan ya yg om TS permasalahin ? karena ane yakin misal dikonfirmasi harga segitu om TS bisa kasih bukti kalo harganya gak segitu.

mungkin di kasus lain pihak BC yg bersalah

tapi gak sedikit juga yg masih abu2 alias gak jelas siapa "tikus"nya contoh :
saya pernah kirim paketan menggunakan EMS yg isinya keyboard,
mouse, silicon case 2pcs. yang pastinya waktu mau packing di depan org EMS sudah dicek dong, dan isi apa harus ditulis di invoice.
tapi begitu di terima paketnya cuma sisa silicon case, dengan ada tambahan surat yg tulisannya paket tidak sesuai dengan invoice.

nah kalo begini kan abu2 nie,gak tau siapa pelaku pengambilan isinya ??

*sedikit curcol

tapi kalo dari kasus TS kan udah jelas bgt, pihak BC menginfokan ke FEDEX perubahan harga & fedex seenaknya setuju tanpa konfirmasi ke customer yg bersangkutan.

Kalo mau ngirim brang dari luar bokap ane ttep stiap pake pos indonesia,playanan y jelas & ga ribet pula
emang di jepang ga ada pos indo yah? Kalo d'saudi bnyak loh
barang 1.2jt disuruh bayar pajak 3 jt lebih ??

kalo gwe jadi loe mah gwe tinggalin barang thu di fedex,,, apalagi kalo sampe tuh barang dah di bayar pajak nya ama fedex...,, suruh ambil aja,, bilang aja gwe beli aja yg baru
Quote:Original Posted By adi.hendrawan


terlihat lampiran Invoice asli 120$ dari KONOVA sudah di sertakan.
Tetap saja di revisi jadi 980$, jadi permasalahannya sekarang di Fedex atau BC ? mengingat TS tetap kekeh yang menjadi permasalahannya barang 120$ di revisi jadi 980$ dan iya, terlampir di surat, fedex sudah mengakui kesalahannya dengan memotong biaya handlingnya.

coba kalau langsung ke bea cukai cengkareng............. itung-itung sudah berusaha untuk nurunin harga value tsb.


setau gue....kalo udah barang keluar.....udah ngga bisa dirubah lagi...karena fedex sudah bertindak sebagai penerima.....dan yg perlu ente ketahui lagi....coba deh ente kalo pake fedex minta faktur pajak/bea masuk yg ente bayarkan ...yg mana sebenarnya bisa kita pakai sebagai tax refund/pengurangan pajak di akhir tahun pajak......harusnya kita/penerima barang ...yg bayar...faktur pajak ya atas nama kita kan?....ini ngga...faktur pajak atas nama mereka....nah nanti mereka yg dapat tax refundnya....hebatkan?......
yang pasti sih...gue udah sering pake UPS, DHL,Fedex dkk..untuk import barang.....yang paling sering "bermasalah ya fedex ini)....belum lagi untuk pph nya....mereka pake pph atas nama mereka (karena punya API..ya cuma kena 2,5%)...tapi yg dicharge ke kita ya 15%....kecuali kita yg proaktif nelpon ke Fedex sebelum barang datang di indonesia...baru deh kita kena 7,5% (tetap aja yg 5% diembat sama mereka)

urusan handling fee..emang wajar kurir pake handling fee.....tapi anda tahu dong bahwa di indonesia...handling fee fedex yg paling mahal (250 ribu perak)...yg lain jauh dibawah mereka at least 20%.....dan kurir yg lain...paling ngga..seringnya ada courtesy buat menginfokan ke penerima dulu jika ada bea masuknya....(kalo cuma kena handling fee 55 ribu doang sih langsung kirim...tapi biasanya telpon dulu)

repex/fedex indonesia sebenarnya perusahaan yg baik dan berkembang pesat awal2nya...tapi pemegang franchisenya udah sibuk sendiri (terakhir jadi dubes)...yg megang sekarang ex sekretarisnya....tapi orang2 di dalamnya banyak yg "main".....sayang sih sebetulnya...kalo boleh agak rasis....ini sebetulnya salah satu perusahaan milik pengusaha pribumi yg bisa berhasil....tapi belakangan dipegang oleh orang yg salah...

PS: kalo bea cukai sekarang kalo ada keragu raguan..selalu menghubungi penerima kok untuk data tambahan.....tapi si fedexnya aja yg ngga mau repot/proaktif...anyway dgn makin besarnya bea masuk/pajak yg dibayarkan penerima...bagian si fedex juga makin besar kan?
Quote:Original Posted By adi.hendrawan




andrekelv, mengenai apakah itu handling charges, kamu bisa baca di sini, di US juga ternyata dikenakan biaya handling charges juga, informasi dari seseorang yang reply di kompasiana

Code:

http://www.fedex.com/us/2013rates/surcharges-and-fees.html



hmmm....kalo gue baca mengenai surcharges and fees....kayaknya beda deh dgn "handling fees" yg di kenakan oleh repex/fedex indonesia.....yg ente sadur itu....fee yg terjadi karena "special treatment"/special request dan sejenisnya.....kalo yg di indonesia...terjadi karena urusan customs..yg mana tidak disebutkan mengenai hal ini dari webpage yg anda sadur CMIIW..

gampangnya sih analoginya gini deh.....anda beli barang....dikirim ke alamat anda....ternyata ada tambahan biaya yg cukup significant dibanding harga barang tersebut......logisnya kan...si jasa logistic HARUS minta konfirmasi anda dulu (terlepas apa ada clausul yg bilang kalo di bawah 3,5 juta langsung preapproved....gue juga ngga pernah tau nih...)....nah ini kan dia yg approved...anda yg suruh bayar.....agak2 aneh kan?....kecuali si logistic udah nyoba menghubungi anda untuk minta approval....andanya ngilang....itu lain cerita......

lalu jika anda bilang si fedex kan sudah menghilangkan handling fee yg 250k....kalo menurut anda itu fair....hebat ...anda memang pemaaf........kerugian yg disebabkan si fedex sampai jutaan....yg dipotong cuma 250 ribu perak?...sama juga...seperti anda masuk ke toko electronic..nyenggol LED 60 inches...sampai pecah.....lalu anda bilang maaf ke yg punya toko..terus anda kasih penggantian 500 ribu perak.....
Quote:Original Posted By dj296
setau gue....kalo udah barang keluar.....udah ngga bisa dirubah lagi...karena fedex sudah bertindak sebagai penerima.....dan yg perlu ente ketahui lagi....coba deh ente kalo pake fedex minta faktur pajak/bea masuk yg ente bayarkan ...yg mana sebenarnya bisa kita pakai sebagai tax refund/pengurangan pajak di akhir tahun pajak......harusnya kita/penerima barang ...yg bayar...faktur pajak ya atas nama kita kan?....ini ngga...faktur pajak atas nama mereka....nah nanti mereka yg dapat tax refundnya....hebatkan?......
yang pasti sih...gue udah sering pake UPS, DHL,Fedex dkk..untuk import barang.....yang paling sering "bermasalah ya fedex ini)....belum lagi untuk pph nya....mereka pake pph atas nama mereka (karena punya API..ya cuma kena 2,5%)...tapi yg dicharge ke kita ya 15%....kecuali kita yg proaktif nelpon ke Fedex sebelum barang datang di indonesia...baru deh kita kena 7,5% (tetap aja yg 5% diembat sama mereka)

urusan handling fee..emang wajar kurir pake handling fee.....tapi anda tahu dong bahwa di indonesia...handling fee fedex yg paling mahal (250 ribu perak)...yg lain jauh dibawah mereka at least 20%.....dan kurir yg lain...paling ngga..seringnya ada courtesy buat menginfokan ke penerima dulu jika ada bea masuknya....(kalo cuma kena handling fee 55 ribu doang sih langsung kirim...tapi biasanya telpon dulu)

repex/fedex indonesia sebenarnya perusahaan yg baik dan berkembang pesat awal2nya...tapi pemegang franchisenya udah sibuk sendiri (terakhir jadi dubes)...yg megang sekarang ex sekretarisnya....tapi orang2 di dalamnya banyak yg "main".....sayang sih sebetulnya...kalo boleh agak rasis....ini sebetulnya salah satu perusahaan milik pengusaha pribumi yg bisa berhasil....tapi belakangan dipegang oleh orang yg salah...

PS: kalo bea cukai sekarang kalo ada keragu raguan..selalu menghubungi penerima kok untuk data tambahan.....tapi si fedexnya aja yg ngga mau repot/proaktif...anyway dgn makin besarnya bea masuk/pajak yg dibayarkan penerima...bagian si fedex juga makin besar kan?

menurutku dgn banyaknya kasus2x seperti ini & banyaknya complaint ke fedex pusat d usa... ibarat bom waktu... tinggal tunggu waktu d putus ke agen-an repex.
imho cmiiw
Tinggal nunggu waktu aja nih repex bubar.
Banyak banget yang komen negatif.

Quote:Original Posted By adi.hendrawan


terlihat lampiran Invoice asli 120$ dari KONOVA sudah di sertakan.
Tetap saja di revisi jadi 980$, jadi permasalahannya sekarang di Fedex atau BC ? mengingat TS tetap kekeh yang menjadi permasalahannya barang 120$ di revisi jadi 980$ dan iya, terlampir di surat, fedex sudah mengakui kesalahannya dengan memotong biaya handlingnya.

coba kalau langsung ke bea cukai cengkareng............. itung-itung sudah berusaha untuk nurunin harga value tsb.


nah prosedur yang benar itu, setelah di revisi, dan keluar biaya pajak yang harus dibayar, fedex HARUS MENGINFORMASIKAN KE CUSTOMER, karena yang berhak mengajukan keberatan itu customer, tapi langkah fedex di kasus ini selanjutnya adalah MEMBAYAR SECARA SEPIHAK PAJAK YANG DIAJUKAN.

tahu tidak mas bos salahnya dimana?
fedex sudah menutup hak customer untuk complain ke bc dengan MENYETUJUI SECARA SEPIHAK DAN MEMBAYAR PAJAKNYA.

jadi menurut gw, biarpun biaya handling dibebaskan, itu tidak menghilangkan KESALAHAN UTAMA FEDEX, YAITU MENYETUJUI SECARA SEPIHAK BESARNYA PAJAK DAN MEMBAYAR TANPA PERSETUJUAN CUSTOMER.

solusi yang paling fair menurut gw sih yah fedex menanggung sendiri pajaknya, siapa suruh seenaknya saja menyetujui tanpa konfirmasi ke yang punya barang
wah saya ga mau pakek fedex indonesia akh mending yg laen s
wah gila FEEDEX tikus jg..
maen tilep secara sepihak..
harusny pelayanan yg baik itu dgn berkonfirmasi terlebih dahulu tanpa harus melewati moment yang tak disangka oleh customernya..
ane jg pernah mo make fedex waktu beli di ebay, untung ga jadi karena cost-nya lebih mahal dari harganya.. menurut ane, kalo mo beli2 dari luar negeri & ga punya CC, mending pinjem CC temen kita yang ada dsini jd kita cuma dapet satu invoice yg asli dari tokonya..
mas adi ane ga perlu komen lg ya karna banyak kaskuser lain yg udah mewakili
intinya mas adi tidak paham kronologi dan hanya membela fedex saja
tidak tau permasalahan, slalu bilang TS salah komplen ke FEDEX padahal jelas2 FEDEX itu kan penyalur TS, kenapa tidak ada konfirmasi?
memang betul bro, Fedex UPS semuanya sama... harga barang bisa dimainkan seenaknya, ditambah biaya2 siluman... biaya inap lah di gudang segala macam.. (gw juga pernah ngalamin dulu) kirim dr Hongkong

Terlalu banyak birokrasi... mending pakai POS INDONESIA REGISTERED/EMS aja lah drpd pake beginian. jadi sapi perahan aja.
saya baca sekilas aja, itu harga kamera 1,2 juta, trus agan bayar biaya ongkir jepang jakarta 2 juta lebih??? bisa difoto ga kamera 1,2jutanya yg udah jalan-jalan 3 negara ...
Boikot saja lah kalau begini
Udah banyak kasusnya
Belom lama juga kejadian sama ane nih, tapi ga sebesar agan sih nilainya. Fedex sama sekali gak mau kasi liat detail-detailnya, dan banyak biaya yang seharusnya bukan urusan konsumen malah jadinya dibebanin ke konsumen. setelah diskusi ini itu gak ada ujungnya, akhirnya ane masukin surat pembaca kompas. 2 hari kemudian ane ditelpon sama bagian public relation nya, lupa namanya, tapi cewek, langsung dia minta maaf dan tagihan ane dipotong lebih dari setengah.

Mendingan bawa ke surat pembaca kompas gan, fedex takut kayaknya kalo uda masuk surat pembaca kompas, uda banyak yg komplen soalnya
×