KASKUS

Fenomena Idol di Indonesia || Fans Idol (KPOP, JPOP, JKT48) MASUK !!!

Untuk Apa Idol Diciptakan?Quote:Quote:
a statue or image of a 'god' that is used as an object of worship


Mungkin kalian sudah tidak asing dengan kata IDOL, satu kata yang saat ini hampir semua kalangan mengetahui nya mulai dari anak muda, pelajar, mahasiswa, pria, wanita bahkan orang tua kita pun mengetahui kata tersebut, tetapi taukah kalian alasan seseorang menciptakan Idol?

Berikut ini saya coba jabarkan beberapa alasan seseorang menciptakan Idol:

DIJUALQuote:Quote:Tentu saja tujuan utama seseorang menciptakan Idol adalah untuk mendapatkan keuntungan, beberapa nama yang sukses menciptakan Idol adalah Lee Soo Man, Yang Hyun Suk, Park Jin-Young, & Yasushi Akimoto. Mengapa demikian? karena dalam menciptakan Idol diperlukan investasi yang sangat besar mengingat cara mengorbitkan seorang Idol haruslah berbeda dengan artis lainnya. Dimulai dari masa training yang tidaklah instant, perawatan tubuh & wajah Idol itu sendiri sampai biaya produksi untuk sebuah lagu serta video klip nya yang tidaklah biasa. Maksud dari kata dijual adalah menjual sang Idol kepada para fans nya, bukan dalam artian konotasi negatif yang tidak perlu saya tulis disini.

DINIKMATIQuote:Quote:
Tentu saja setelah diciptakan oleh penciptanya mereka pasti ingin sekali bisa dinikmati oleh semua orang, ingat yah maksud dinikmati disini adalah ketika mereka menghibur mata & telinga kalian bukan dalam pengartian yang negatif. Biasanya ketika baru pertama kali diciptakan atau yang sering kita sebut masa awal promosi mereka masih mudah untuk kita temui tetapi tetap tidak menurunkan tingkat eksklusifitas sang Idol.


DIJADIKAN MOTIVASIQuote:Quote:Proses menjadi seorang Idol yang sangat terkenal seperti SNSD, Super Junior, Big Bang, AKB48 berikut sister group nya serta Idol-idol lain yang tidak akan cukup bila saya tulis semua disini memang lah tidak mudah, seperti yang tertulis di poin no.1 apa yang mereka lakukan untuk mencapai titik seperti sekarang ini memang tidaklah mudah untuk itu ada baiknya mereka kita jadikan motivasi dalam hidup. Ketika ingin menonton Idol kita diharuskan mengeluarkan uang yang relatif banyak oleh karena itu otak kita dipaksa berpikir keras bagaimana caranya agar bisa mewujudkan impian tersebut. Istilah 'Banyak jalan menuju Roma' ternyata memang bukan hanya guyonan semata, untuk bertemu Idol kalian bisa mengumpulkan uang dengan cara menabung, berjualan dan masih banyak lagi cara yang mungkin sedang kalian pikirkan saat ini.


Mungkin masih banyak lagi alasan seseorang menciptakan Idol tetapi menurut saya 3 poin diatas sudah cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut. Idol TIDAK diciptakan untuk diributkan, dipuja, dianggap kekasih dan di di lainnya yang bersifat negatif dan merugikan diri kita sebagai fans.




Mengapa Idol Bukan Manusia?Quote:
Quote:Ada alasannya kenapa mereka disebut Idol, misalnya Kpop Idol. Kenapa ga Korean singer? karena mereka sejak awal memang dikonsep sebagai Idol.Nah Idol itu kodratnya memang bikin penasaran. mereka jadi bikin Standar sendiri biar orang tetap Penasaran, bagaimana Caranya ?

Pertama, dengan memenuhi standar 'Sempurna' untuk kebanyakan orang. contohnya: kurus, cantik, bisa nyanyi, bisa dance, dan lain-lain, intinya yang bisa membuat banyak orang iri.

Kedua, Idol itu sengaja dibuat agar tidak terjangkau. Bikin aturan ketat ini itu, tujuannya biar tetep jauh, biar tetep bikin penasaran. Contohnya saja di Indonesia kalau Artis baru,maunya diberitain terus, sedangkan KPop Idol ? Jangan harap, Pengen ketemu Rookie aja aturannya SUPER ketat macam Legend. tetapi faktanya bukannya kita sebel malah jadi penasaran, sekeren apa sih mereka sampai segitunya dilindungi secara fisik maupun image-nya?

Ketiga, mereka dibuat jauh tapi dekat di hati fans. yaitu dengan fanservice. selalu ya SELALU baik sama fans. selalu bikin fans senang. Idol berusaha untuk tidak pernah mengecewakan fans, salah satunya dengan rela tidak punya pacar atau kalaupun pacaran diam-diam, mau tau alesannya kenapa?
Setelah akhir-akhir ini banyak sekali KPop Idol yang ketahuan menjalin hubungan (pacaran), kebanyakan komentar fans adalah "ga fair! kenapa dia (Idol) punya pacar dan gw nggak!".

Kalau sudah begitu pantaskah mereka dibilang Manusia ? mereka jelas sebuah produk, sengaja dibuat dengan berbagai cara untuk dicintai fans. Sampai-sampai ada istilah "mengkhianati fans juga kalau Idol nya punya pacar" Pernah berpikir seperti itu ?
Hal ini sekaligus menjawab kenapa banyak yang tergila-gila dengan salah satu idol grup di Indonesia? kenapa fansnya artis lain yang sama-sama orang Indonesia tidak segila fans idol?
Karena Artis lain yg bukan Idol ketika Kamu ketemu dia di mall, mengaku fans, minta foto, dan tanda tangan juga pasti dikasih, ga bikin penasaran kan? Tetapi untuk Idol mau nonton (Konser) aja antri sampe berjam-jam. bahkan ada yang (katanya) sampe nginep, itu berarti mereka berhasil kan menjual produknya ?

Jangan lupa (buat fans) dan jangan khawatir (buat haters), produk itu ada expired-nya, pasti suatu saat mereka akan berhenti jadi Idol. Ketika seseorang setuju menjadi Idol, maka mereka harus mengikuti peraturan yang dimiliki tuannya, tau artinya IDOL ? "I = Saya, Doll = Boneka". Rata-Rata Idol itu disukai karena dirinya bukan karena musiknya. Tidak penting lagunya gimana, asal dia yang nyanyi, 100% cocok! setuju / tidak ?

Kesimpulannya adalah, Konsep Penasaran & Sempurna yang diberikan sang Idol kepada Fans yang membuat mereka & Fans nya berbeda dari yg lain, dan tentu saja tidak perlu berlebihan dalam 'Idoling' karena segala sesuatu yang berlebihan itu tentu saja tidak baik. Setuju atau tidak tetapi inilah Realitanya.




Perlukah Idoling Menggunakan Hati?Quote:Quote:Quote:
Kali ini saya akan membahas topik yang pastinya pernah terlintas di pikiran kalian semua para kaum penikmat Idol yaitu sebenarnya perlu gak sih Idoling itu pakai Hati?


Sebelum membaca lebih jauh artikel ini saya ingin kalian bertanya kepada diri kalian sendiri, pernah gak sih terlintas di otak kalian untuk jatuh cinta kepada Idol sampai pernah berharap suatu saat nanti akan menjadi kekasih nya? Mungkin sebagian dari kalian akan menggeleng tetapi tidak sedikit pula yang mengangguk arti mengiyakan pertanyaan tersebut. Berikut ini saya jabarkan beberapa dampak ketika kalian Idoling menggunakan Hati & Perasaan:


ROHANIQuote:
Hal yang pertama kali akan terkena dampak ketika Idoling menggunakan hati adalah Rohani, bagaimana tidak ketika seseorang jatuh cinta tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon dopamin (Hormon inilah yang membuat kita merasa terbang tinggi kelangit ketujuh ketika sedang jatuh cinta) efeknya tentu saja kalian akan selalu memikirkan dan membayangkan sang Idol, padahal pada dasarnya Idol sama sekali tidak diciptakan untuk dicintai apalagi dimiliki.



MATERIQuote:Quote:
Setelah kalian jatuh cinta kepada sang Idol tentu saja hal selanjutnya yang kalian lakukan adalah berusaha membahagiakan Idol dengan melakukan segalanya demi sang Idol mulai dari mendukung, membeli album, memberikan hadiah dan lain-lain, loh itu kan wajar? Iya memang hal yang disebutkan dikalimat sebelumnya masih masuk dalam taraf wajar tetapi tidak sedikit hal diluar nalar yang kaum penikmat Idol lakukan, saya coba ambil contoh yang tentunya ini terbukti dan bukan hal fiktif, banyak kaum penikmat Idol yang rela mengeluarkan ratusan ribu - jutaan rupiah agar bisa bersalaman dengan Idol dalam durasi yang lama karena jika hanya mengeluarkan puluhan ribu durasi salam tersebut hanya 10 detik.
Contoh lainnya adalah ketika Idol ingin menggelar fansigning event pada saat promosi album barunya, untuk dapat mengikuti event tersebut biasanya menggunakan sistem kupon undian dimana ketika kita membeli 1 album akan mendapat 1 kesempatan undian, fakta mencengangkan nya adalah ketika banyak fans yang membeli puluhan bahkan ratusan album demi event tersebut.

Tulisan didalam poin no.2 tidak ada niat untuk menyindir siapapun karena hanya bertujuan memberikan informasi apa yang saat ini sedang terjadi dalam dunia entertainment khususnya dunia Idoling.



JASMANIQuote:Quote:
Rohani dan Materi sudah termakan dengan cinta kepada Idol tahap selanjutnya adalah jasmani, ketika kalian memikirkan dengan berlebihan seorang Idol dan mengeluarkan banyak hal untuk Idol secara tidak langsung itu akan menyerang kesehatan tubuh kalian, tidak perlu diulas terlalu panjang karena kalian pasti mengetahui apa itu jasmani, kita langsung saja ambil contoh, masih cukup segar di ingatan kita ketika salah satu mall baru di Jakarta yang akan mengadakan Grand Opening dengan mengundang Idol papan atas untuk datang dan menjanjikan akan diadakan sesi fanmeeting ratusan fans dari Idol tersebut menginap di depan mall tersebut, saya yang datang melihat sendiri kejadian tersebut langsung berpikir "Gila, segini nya mereka cinta kepada Idol", bahkan saya sempat terharu ketika melihat ada orang tua yang rela mengantar bahkan menemani anaknya ikut menginap di Mall tersebut, pengorbanan orang tua demi anaknya itu memang luar biasa sayangilah orang tua kalian.

Setelah kalian membaca 3 poin diatas mungkin akan langsung bertanya "loh kok keliatannya semua poin diatas itu dampak negatif, mana positif nya?" menurut saya tidak ada dampak positif nya Idoling ketika menggunakan hati selain hasrat Idoling kalian terpenuhi. Cinta itu seperti bola kristal terlihat indah namun mudah pecah alias sensitif, ketika kita menggunakan Hati dalam Idoling dan kejadian tidak sesuai harapan tidak sedikit orang yang berbalik malah menjadi haters bahkan menyerang Idol dengan kata-kata kasar.

Sebelum selesai saya ingin memberi tahu kepada kalian kenapa pada bagian awal artikel menggunakan gambar Theater JKT48 & MEIS, karena saat ini kedua tempat itulah yang sering dijadikan tempat untuk Idoling sampai teman-teman saya ada yang menyebutnya altar. Pesan saya untuk kaum penikmat Idol, nikmatilah Idol sebagaimana mestinya tidak perlu berlebihan dalam Idoling karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan penyesalan selalu datang belakangan.


Bagaimana Cara Idoling Tanpa Main HatiQuote:
Di dalam artikel kali ini gue akan coba menjelaskan akar atau sebab kenapa kalian bisa main hati dengan sang Idol tentunya akan gue berikan cara untuk menghindarinya. Hal yang perlu kalian tau sebelum lanjut membaca atau mengeluarkan komentar untuk artikel ini adalah tulisan di dalam artikel ini sifatnya universal yang artinya tidak hanya terkait dengan satu jenis musik atau Idol tertentu saja. Mari kita simak bersama-sama.

Beberapa tahap sebelum kalian main hati terhadap Idol adalah sebagai berikut:

KEPEDEAN
Quote:Quote:Akar dari segala masalah tentang main hati terhadap Idol adalah kepedean, kenapa bisa begitu? mungkin tahap yang pertama ini tidak berlaku untuk Idol yang sudah sangat terkenal atau yang bisa disebut Global Idol tetapi untuk Idol yang sifatnya masih hanya terkenal sebatas di dalam negeri saja hal ini sering terjadi, salah satu penyebab kepedean adalah mudahnya komunikasi di era globalisasi saat ini. Langsung saja gue coba ambil contoh kepedean yang sering terjadi,

Sebut saja namanya Mamat dia adalah salah satu fans Idol Lokal yang saat ini sedang naik daun serta memiliki ratusan ribu bahkan jutaan fans dari seluruh Indonesia, Mamat adalah anggota dari official fans club Idol tersebut suatu hari mamat menghadiri acara bermain bowling bersama sang Idol, acara selesai Mamat pun dengan hati riang gembira pulang kerumah sesampainya dirumah sang Idol update twitter "Terima kasih yang sudah datang ke event tadi, nanti main lagi ya". Untuk fans yang tidak kepedean mungkin tweet tersebut hanya dianggap biasa saja tetapi beda hal nya ketika Mamat membaca tweet tersebut hati dia langsung berbunga-bunga, aliran darah mengalir lebih cepat dan otak tidak berpikir logis dengan berpikir kalau maksud tweet itu adalah menuju ke dia bahkan dia sampai bercerita ke teman-temannya kalau dia baru saja diomongin oleh sang Idol.

Realita nya
Pada saat event bowling tersebut ada puluhan-ratusan fans dari Idol tersebut yang datang dan bermain bersama sang Idol, tweet tersebut tentunya tidak hanya tertuju kepada Mamat tapi seluruh fans yang hadir. Miris kan ketika realita berbanding terbalik 180 derajat dengan apa yang kita bayangkan?.


DELUSIQuote:Quote:
Setelah kita mengalami kepedean dengan apa yang sang Idol lakukan otomatis otak kita akan memikirkan hal-hal aneh diluar logika yang sering kita sebut DELUSI, menurut kamus bahasa Indonesia arti dari kata delusi adalah,
Delusi: Pikiran atau pandangan yang tidak berdasar (tidak rasional), biasanya berwujud sifat kemegahan atau perasaan dikejar-kejar; pendapat yang tidak berdasarkan kenyataan; khayal.

Delusi yang biasa dilakukan oleh penikmat Idol adalah menganggap sang Idol pacar, kekasih, bahkan istri, tentunya hal tersebut tidak masalah jika hanya kita gunakan sebagai bahan bercandaan saat berkumpul dengan teman-teman sesama penikmat Idol tetapi hal tersebut bisa menjadi boomerang ketika kita berlebihan menganggap sang Idol seperti yang gue jabarkan diatas, dampak yang biasanya langsung kita terima adalah dianggap maniak bahkan gila oleh teman-teman kita sendiri, bagaimana tidak teman kita yang Idoling menggunakan logika tidak akan berpikir sampai sejauh itu berbeda dengan orang yang Idoling menggunakan hati.

Delusi tidaklah selalu buruk karena melatih imajinasi juga diperlukan untuk perkembangan otak tetapi jangan sampai merugikan diri kita sendiri, sisi positif dari berdelusi adalah kalian bisa menumpahkan imajinasi kalian lewat tulisan dengan berkarya siapa tau imajinasi kalian diminati banyak orang bisa menjadi salah satu sumber untuk bertemu dengan sang Idol atau hal lain yang bermanfaat..


NGAREPQuote:Quote:Setelah tahap Kepedean & Delusi kalian lewati tahap selanjutnya yang menurut gue paling parah efek nya adalah NGAREP, di dalam tahap ini karena fans sudah merasa sangat dekat, sangat mengenal & sering bertemu dengan sang Idol (walau hanya ditempat Idoling) mereka akan mulai berpikir kalau saling memiliki rasa yang lebih dari sekedar hanya sebatas Fans - Idol. Ngarep biasanya terjadi kepada kaum penikmat Idol yang (maaf) 'Cheesy' disebabkan karena mereka belum terbiasa berkomunikasi atau dihibur oleh lawan jenis tetapi itulah tugas sang Idol yaitu menghibur fans nya jadi sedikit sekali atau mungkin tidak ada kasus Idol jatuh cinta terhadap fans nya, itulah sebabnya bisnis Idol tumbuh subur di Indonesia bahkan seluruh dunia. Efek dari ngarep sangatlah beragam biasanya sih hal-hal yang orang lain anggap tidak masuk akal seperti memberikan sesuatu yang bernilai mahal apapun itu bentuknya.


Cara menghindari jurang main hati terhadap Idol diantaranya:
- Tidak perlu kepedean dengan apa yang Idol lakukan ingat kalian bukanlah satu-satunya fans dari Idol tersebut, anggap saja apa yang dia lakukan itu untuk fans nya bukan hanya kamu seorang
-Gunakan delusi hanya untuk hal positif atau bahan bercandaan dengan teman-teman karena jujur gue sendiri capek sama orang yang menganggap Idol itu pacar atau kekasihnya apalagi jika dibicarakan dengan cara serius.
-Kalian tidak perlu berpikir terlalu jauh untuk menjalin hubungan lebih dari sekedar Fans - Idol apalagi ingin mewujudkan nya, maksimal hubungan yang bisa kalian jalin dengan Idol sebatas teman, karena ingat Idol diciptakan untuk menghibur kalian.


Artikel ini mungkin juga akan mengakibatkan pro-kontra tergantung dari cara kalian menanggapi kata-kata di dalam artikel, memang main hati sampai ngarep menjadi kekasih Idol jarang terjadi untuk fans Idol sekelas SNSD, Big Bang dan lain-lain tetapi kasus ini bisa terjadi atau sering terjadi di kalangan fans JKT48 apalagi Idol ini memiliki slogan "Idol You Can Meet".


Contoh IdolQuote:
Quote:SNSD
Spoiler for SNSD:
Quote:JKT48
Spoiler for JKT48:
Quote:Big Bang
Spoiler for Big Bang:


Source: azis95.blogspot.com



Budayakan Komen +
untuk mencari bakat nanyi gan
#Nganu gan, Yg pasti idol diciptakan untuk ngiklanin produk sponsor, FAKTA
Apa Kata Mereka Tentang Idol?
Quote:Original Posted By resha29011
wah dari dulu ane juga pengen jabarin masalah idoling di indo , eh akhirnya di bahas juga, baguslah

perlu ada nya pembahasan idol karena rata2 orang kalo udh ngi dol bisa lupa dengan kenyataan , akal sehatnya bahkan mungkin ampir ilang karena mereka bisa menghambur2 kan uang untuk idolnya

coba pikirin sang pencipta idol tersebut dia mendapatkan keuntungan sangat besar yg bisa dibilang tanpa keringat, karena yg bekerja adalah sang idol

terkadang ane malah kasihan sama idol tersebut karena mereka sebenarnya diperkerjakan untuk menghasilkan uang , apalagi para fans yg hanya kena tipuan2 yg dibuat agar fans merasa dekat dengan idolnya padahal tidak sama sekali

makanya ini thread musti HT agar banyak pihak yg sadar

padahal kalo fans maupun sang idol sadar akan hal ini mereka mungkin gak mau ngi dol maupun jadi idol



Quote:Original Posted By JackieMoon
Serius boleh ya jis

Gue pernah tulis di blog sebuah artikel mengenai fenomena idol juga, gue angkat topik idoling yang disejajarkan dengan agama
Disini gak dijadikan sebagai agama "literally" sih, tapi adalah sebuah bentuk fenomena dimana orang2 melihat idol itu sebagai sebuah "pegangan", bentuk komitmen penuh loyalitas.
Jadi misalnya lo pertama suka sama idol X, terus lo kenal sama idol Y dan temen2 lo yang sesama fanboy/fangirl idol X melihat lo jadi seakan2 lupa sama yang X, terkesan "murtad"

"“Musik (in this case, idoling) bukanlah agama, dimana kita menyandang dan mempercayainya dari lahir sampai mati , dimana kita diharamkan untuk berpindah ke agama yang lain.”
Dan satu lagi, take your idoling activities as a hobby, not a lifestyle. Jangan jadiin idoling sebagai hidup bro, you'll crash and burn later

Artikel blog gue

Code:
http://ammarsharewindra.wordpress.com/2013/05/10/idoling-%E2%89%A0-agama/


==============

Hidup AKM29


Quote:Original Posted By awokawok
speachless ane gan, ane banget itu semua di tulisan agan, tiap malem mikirin idol ngarep bisa ketemu,ngobrol dan jalan jalan,idol ane SNSD, tapi untuk beli album atau nonton konser nya belum si, tapi pengen banget nonton konser nya. nyesek ane baca trit agan, karena agan bilang idoling g ad positifnya idol hanya di buat untuk dijual dsb, ane udah termasuk fans yang expert kalo ada yang hina idol ane, ane sering sakit hati, tapi makasi untuk trit nya, ane akan mengurangi idoling sampe level yang wajar bukan yang expert, THANK YOU SO MUCH


Quote:Original Posted By AirFie
bagi ane idol sejenis g/b band itu kek produk makanan.
kita melihat, menikmati, dan menyukai.
sedangkan yang tukang produksi g/b band itu cari cara agar tetep dilihat, diikmati, dan disukai produknya, agar hasilnya juga bisa dinikmati sendiri.

sepertinya ane pernah baca / lihat pilm sejenis ini tapi ane lupa apa itu?


Quote:Original Posted By crydevil
Wah ane 100 persen setuju dengan apa yang ts nyatakan.
Buat ane melihat idol adalah sebagai hiburan semata.

Gaya idol cowok, juga ane suka (maaf ane bukan maho).
Ane jadi termotivasi, dan ane coba membentuk tubuh dan mengambil beberapa fashion dari idol tersebut.

Efek positifnya ane dapat dengan mudah ditempel ama cewek cakep.

Jadi ya realistis aja kalau suka pada sesuatu karena yang berlebihan itu ga baik.




Quote:Original Posted By themaverickz
nice thread gan
ane sendiri juga ngidol, tp membatasi diri. Positip ato ngga tergantung orangnya sih gan
tapi emang bener kata agan, ngidol itu jangan pake hati, kalo uda pake hati rusak semuanya, ampe kehidupan real kita, cmiiw..
semoga bacaan ini bisa membuka pikiran kaum2 yang sekarang lagi 'keblinger' ama idolnya.


Quote:Original Posted By vandi94
wuidih, terjabarkan sudah semua ke-maniak para fans lewat trit. agan. thanks
kalo ane si ga gitu2 amat. seneng ya seneng. dukung ya dukung. tapi cocok kayak kata agan. mereka IDOL jadi jangan sampai Delusi2 tentang mereka membutakan kehidupan nyata


Quote:Original Posted By drakonus60
jujur gw kalo liat fans idol laen sebangsa snsd bigbang dll biasa aja
giliran vvota aka fansjkt48 geli ngeliatnya
udah delusi tingkat sakti ada yg ngerayain ultah idol di rumah sendiri ada yg ngasih cincin ke idolnya dgn harapan bakal dikenal , wat ?
sebut aja temen gw ini x
dia rela mention member jeketi tiap hari tiap waktu , rela beli cd 5 biji buat handshake + foto pack , what the -_-
cuma satu quote yg bisa gw kasih dalam kasus ini " pemujaan berlebihan itu tidak sehat - patrick star"

pejwan kalo berkenan gan


Quote:Original Posted By hubaa27
ane cewek gan, korban idol cowok jepang juga (johnnys)

ane baru setahunan ini idoling mereka, emang sih kalo dari segi materi jadi rada boros buat beli single, album, dvd, merchandies dll tapi ane merasa ane jauuuh lebih baik setelah ane mengenal idol2 itu...

contohnya kayak arashi yang ngajarin ane bahwa untuk jadi super idol itu jadi diri sendiri aja, persahabatan mereka, jokes mereka kalau di tv show... ane juga suka hey say jump, mereka ngajarin ane kalau impian itu bisa dicapai asalkan kita mau mengusahakan yg terbaik... banyak contoh lain lagi deh.. (karena masing2 idol group jonis punya ciri khas dan mengajarkan kita hal yg berbeda2)

ane juga jadi ikutan les bahasa jepang dan alhamdulillah dalam setahun aja bahasa jepang ane udah lumayan lancar karena selain belajar di kelas, ane sering banget nonton tv show dan dorama mereka. jadi tiada hari tanpa belajar bahasa jepang

dan akhirnya tahun depan ane bisa mewujudkan impian ane dari jaman SMA, yaitu impian utk bisa ke jepang! salah satu agendanya juga buat nonton konser mereka sih ane udah beli tiket pesawat dan lagi usaha buat beli tiket konser mereka. doain ya gan


Quote:Original Posted By alkri
klo ane intinya gini
ngidol tapi jangan ngarep ampe jadi pacarnya si idol atau apalah...
ingat kita just fans di mata para idol toh kita cuma bisa sebagai fans
sebagai fans yg baik paling kita cuma bisa semangatin mereka untuk semakin baik agar tidak ngebosenin dan menghasilkan karya untuk menghibur kita...

it's just my opinion



Quote:Original Posted By asderqq
Idol emang sebuah produk gan, butuh target market, butuh konsep konsep serta teknik marketing agar dapat menghasilkan keuntungan (baik berupa karya, fans, ataupun uang)

Ane udah cukup sering berkecimpung didalam dunia jpop, kpop, dan idol. Terutama dikomunitas para fans kpop juga idol, dan sudah sering melihat orang beradu argumen tentang idola mereka masing2 yang saling diejek atau dihina.padahal artisnya juga cuek aja.

Ane juga tau orang orang yang menghabiskan uang nya demi bisa dikenal artistnya, kebetulan banget temen ane ada yang memang akhirnya dikenal oleh si artis, dan itu dia udah seneng banget. Apalagi artisnya dr korea, makin tenggelamlah temen ane ini dalam dunia "no life" yg cuman urusin soal idola nya saja. Mungkin dia 1dari seribu orang yg berhasil dikenal sama idolanya, tapi ya semua cuma sekedar dikenal ajah, kalau ngarep lebih sih silahkan, tapi ya siap2 bakalan sengsara hahaha

Kadang kita emang khilaf terlalu mendewa-dewakan mereka, yang ternyata juga dan memang manusia biasa,
Kadang kita ga perna sadar, kalau para produser telah sukses menjalankan misi marketing mereka, ya semua kembali pada diri kita masing2 mau seperti apa dalam menikmati karya musik, asal jangan jadi "no life" aja :maho


Quote:Original Posted By SaintisGone
hmhhh...
delusi, ngarep, kepedean sendiri enggak murni timbul dari fans nya loh
sadar-ga sadar, pihak idol sendiri yg membuat suatu sistem di mana memang para fans harus tetep delusi, ngarep, n kepedean

jadi selogis apapun fans bisa ngidolain, tetep dipikirin berbagai cara dr pihak idol, untuk fans ikut terlibat dalam sistem tersebut..

contoh kliatannya yaa dr akb48... siapa sih yg ga mau idola anda masuk di dalam video clip terbaru yg bakalan rilis, nah mulailah pihak idol mengadakan apa yg disebut 'Senbatsu' (taulah sistem ini)
jengjeng, lalu dibelilah sekiranya 5cd ato lebih, untuk memvoting idola anda supaya masuk urutan teratas, kemudian masuk video clip

daaann setiap.. (YA, SETIAP) tetek-bengek dgn embel-embel support-mensupport idola... pasti berkonsep seperti itu
anda dibikin seakan-akan terlibat


Quote:Original Posted By asderqq
Idol emang sebuah produk gan, butuh target market, butuh konsep konsep serta teknik marketing agar dapat menghasilkan keuntungan (baik berupa karya, fans, ataupun uang)

Ane udah cukup sering berkecimpung didalam dunia jpop, kpop, dan idol. Terutama dikomunitas para fans kpop juga idol, dan sudah sering melihat orang beradu argumen tentang idola mereka masing2 yang saling diejek atau dihina.padahal artisnya juga cuek aja.

Ane juga tau orang orang yang menghabiskan uang nya demi bisa dikenal artistnya, kebetulan banget temen ane ada yang memang akhirnya dikenal oleh si artis, dan itu dia udah seneng banget. Apalagi artisnya dr korea, makin tenggelamlah temen ane ini dalam dunia "no life" yg cuman urusin soal idola nya saja. Mungkin dia 1dari seribu orang yg berhasil dikenal sama idolanya, tapi ya semua cuma sekedar dikenal ajah, kalau ngarep lebih sih silahkan, tapi ya siap2 bakalan sengsara hahaha

Kadang kita emang khilaf terlalu mendewa-dewakan mereka, yang ternyata juga dan memang manusia biasa,
Kadang kita ga perna sadar, kalau para produser telah sukses menjalankan misi marketing mereka, ya semua kembali pada diri kita masing2 mau seperti apa dalam menikmati karya musik, asal jangan jadi "no life" aja :maho


Quote:Original Posted By ditnot
hahaha cakep nih trit semoga anak muda indonesia ga jadi terhipnotis dan menjadi bodoh garagara "idol" mereka itu ya
mudah mudahan mereka "idol" itu malah membuat motivasi bukanya menjadikan anak muda indonesia menjadi anakmuda yang bisanya joget2 dan treaktreak ga jelas gitu doang.
karena gua juga ngerasa banyak anak muda indonesia yang sampe segitunya ngefans sama idolnya ckcck prihatin gaaan.
gue bukan nya anti gue juga suka ngeliat jkt48, snsnd yaah tapi cuma sebates ngeliat cakepcakep orangnya aja dan kita tau mereka diciptain emng buat kaya gini attract many people to like her hahaha

mudahmudab anak muda indonesia yang menjadi bodoh karena idol bisa sadar dan membuat karya minimal buat dirinya senidiri laah haha


Quote:Original Posted By TheEternalFire
Thread bermutu banget nih. Kalau pribadi menurut ane, tepat sasaran banget, dan secara halus sedikit nyindir ane, hehe.

Memang Idoling berkaitan erat banget dengan Rohani, jasmani, dan materi yang efek nya langsung banyak dirasakan kita sendiri. Disini ane udah sampe tahap Delusi, tapi kepedean ama ngarep sih gak. Kebetulan ane Idoling sama Idol group cewe, dan seneng banget (muja) ama salah satu membernya (broken love and heart effects from the real life), disini antara logic dan delusi 50:50 dipikiran ane. Memang yang namanya Idoling, pikiran logis kita harus tetap dijaga. Thanks to your thread Gan!!.. "IT REALLY OPENS MY EYES", now i know..








Quote:Original Posted By djarrotdjaki
loh kalo ane mah gak sampe " GILA IDOL "
contoh : ane suka beberapa artis K-POP kek SNSD , BIG BANG tapi dari segi musik ama dancenya(kadang ane juga belajar dancenya buat gantiin senam ) dan gak dipungkiri konsep fashion mereka juga oke ,
kalo albumnya malahan ane kagak pernah beli , donlod aja di internet kalo beli harus nge burn dolo gapunya kompi ane dan duit juga pas-pasan
ane kadang heran masih banyak ya yang jadi FANS FANATIK a.k.a GARIS KERAS or kalo maen bola disebutnya ULTRAS
sampe-sampe ngorbanin semuanya buat si IDOL?
Ayo gan sadar kurangi kebiasaan jelek lo , jalani kehidupan se normal-normalnya, bukannya lo udah punya kehidupan juga sebelum kenal ama mereka , ambil aja positif nya contoh gimana mereka kerja keras buat jadi IDOL tersebut, disiplin sama aturan managementnya. oke kan gan



"Memuja berlebihan itu tidak sehat" - Patrick Starfish (Spongebob Squarepants)


Quote:Original Posted By wellbee
menurut ane mau artis atau idol bisa dianggap lebih penting dari pada Tuhan bagi orang yg fans berat.. contohnya: misalnya pas ada konser artis/idol tersebut, trus bertepatan sama waktu beribadah, terkadang banyak fans2 tersebut yg lebih mengorbankan beribadahnya kepada Tuhan daripada gak nonton konser... Ane bilang begini, emang udah ada kok contohnya diluar sana.,

Satu lagi ane gak muna + ane dipihak netral



Quote:Original Posted By ngapaktua
IDOL

sebuah karakter yang dibuat manusia untuk manusia sendiri, karena sejak adam dan hawa, manusia selalu menjadikan manusia lain sebgai panutan, guru, bahkan dewa. Manusia pada dasarnya tidak bisa hidup tanpa mengkultuskan seseorang lainnya...





wow ane sih kalo mengidolakan seseorang biasa2 aja gan
Yah begimanapun rupa-rupanya sosok remaja butuh juga yg namanya 'idol'
Dibikin positif sih malah bisa ngebantu abg2 utk bertransformasi 'lebih maju'
cuman ya gitu....klo ndak dibarengi ama kontrol yg cukup, jadinya malah negatif2 yg bermunculan
Pengennya niru style mereka,,,,,,,malah jadi fashion victim, gara2 kurang info juga......
Banyak beud yg bisa dijadiin pelajaran benernya
Secara ane juga pernah ngikut boysband kala itu 'BSB'
Ane biasa aja klo idoling.. Ga sampe gitu2 amat..
Ane jg mikir pake logic klo idoling..
Mungkin klo Delusi cuman sekali dua kali aja.. Itupun ga sampe "menggila" aja...
Quote:Original Posted By rinosaurus
untuk mencari bakat nanyi gan

gak baca sampe habis nih

Quote:Original Posted By viruskaskus
#Nganu gan, Yg pasti idol diciptakan untuk ngiklanin produk sponsor, FAKTA

bisa jadi gan

Quote:Original Posted By dimas.sw
wow ane sih kalo mengidolakan seseorang biasa2 aja gan

Semoga tetap dibawah kendali yah gan

Quote:Original Posted By kusheri
Yah begimanapun rupa-rupanya sosok remaja butuh juga yg namanya 'idol'
Dibikin positif sih malah bisa ngebantu abg2 utk bertransformasi 'lebih maju'
cuman ya gitu....klo ndak dibarengi ama kontrol yg cukup, jadinya malah negatif2 yg bermunculan
Pengennya niru style mereka,,,,,,,malah jadi fashion victim, gara2 kurang info juga......
Banyak beud yg bisa dijadiin pelajaran benernya
Secara ane juga pernah ngikut boysband kala itu 'BSB'

Itulah yang harus dihindari gan dampak negatif dari Idoling

Quote:Original Posted By BerdiMania
Ane biasa aja klo idoling.. Ga sampe gitu2 amat..
Ane jg mikir pake logic klo idoling..
Mungkin klo Delusi cuman sekali dua kali aja.. Itupun ga sampe "menggila" aja...

Di thread juga kan udah ane tulis Delusi itu gk terlalu masalah yang penting positif
ane sih ngeliatnya bukan dari segi idolingnya gan
ane liatnya agak kebawah dikit gan wkwkwkkkwkwkw

girlband doang lahh gan ... msa boybandnya juga
ane fans jkt48.. biasa aja sih, ngechant se hafal nya , kalo materi belom keluar seberapa, paling kemaren beli majalah yang foto isinya itu tau apa nama nya grafure atau apalah.. lightstick gak begitu ngebet pengen punya sih, kalo ada rejeki beli kalo gak ada ya udeh gpp.. kalo jkt48 di jelek2in gak begitu ngebela kecuali udh nyangkutin harga diri ane, bela seadanya gak usah lebay, kita bela mereka juga gak bayar kita, kita gak akan di bela mereka kalo susah... be a smart fans aja sih kata ane mah, jangan terlalu fanatik
Jyah... Fenomena kek gitu mungkin dianggap biasa sama kalangan orang. Tp gmn klo smua prng udh tingkat ndewo ngidolnya...
Delusi, Ngarep, dsb semuanya itu ada di mereka yg udh nge dedikasiin segalanya (sebagian prioritas hidupnya) utk idol.. (meskipun mereka tau dampaknya pada diri mereka sendiri)
Quote:Original Posted By malemkemis
yiihaaa


Website Jual Beli Item" Game Online

Wah malah ngejunk

Quote:Original Posted By ajithe007
ane sih ngeliatnya bukan dari segi idolingnya gan
ane liatnya agak kebawah dikit gan wkwkwkkkwkwkw

girlband doang lahh gan ... msa boybandnya juga

Iya ane paham itu manusiawi kok

Quote:Original Posted By amsyyongg
ane fans jkt48.. biasa aja sih, ngechant se hafal nya , kalo materi belom keluar seberapa, paling kemaren beli majalah yang foto isinya itu tau apa nama nya grafure atau apalah.. lightstick gak begitu ngebet pengen punya sih, kalo ada rejeki beli kalo gak ada ya udeh gpp.. kalo jkt48 di jelek2in gak begitu ngebela kecuali udh nyangkutin harga diri ane, bela seadanya gak usah lebay, kita bela mereka juga gak bayar kita, kita gak akan di bela mereka kalo susah... be a smart fans aja sih kata ane mah, jangan terlalu fanatik

Segala sesuatu yang berlebihan tentulah tidak baik gan :

Quote:Original Posted By jenkazenatha
Jyah... Fenomena kek gitu mungkin dianggap biasa sama kalangan orang. Tp gmn klo smua prng udh tingkat ndewo ngidolnya...
Delusi, Ngarep, dsb semuanya itu ada di mereka yg udh nge dedikasiin segalanya (sebagian prioritas hidupnya) utk idol.. (meskipun mereka tau dampaknya pada diri mereka sendiri)

Jangan sampe kayak gitu gan, itu udah berlebihan dan terlalu ngerugiin ane juga fans Idol kok tapi untungnya ane masih punya batasan ketika Idoling
ane tambahin tips buat ngehindari delusi dan ngarep berlebihan
NGACA + LIAT DOMPET MASING2... makannya ane gak ngarep karena ane masih sekolah yang di biaya-in ortu mana mungkin jadi pacar sang idol, kalo masalah muka ane akui gak ganteng tapi gak jelek2 amat, cukup untuk ngebuat hati deg2 ser
Quote:Original Posted By amsyyongg
ane tambahin tips buat ngehindari delusi dan ngarep berlebihan
NGACA + LIAT DOMPET MASING2... makannya ane gak ngarep karena ane masih sekolah yang di biaya-in ortu mana mungkin jadi pacar sang idol, kalo masalah muka ane akui gak ganteng tapi gak jelek2 amat, cukup untuk ngebuat hati deg2 ser


Benar gan itu tandanya ketika Idoling logika kita masih jalan jadi nya kita tidak tersesat
copas dari blog TS nya aja ini sih
wahh nyimak dulu bentar gans
pokoknya jadi fans yg cerdas aja sih gan.
Tsnya maniak
wuih berbobot nih ane udah baca

as a fan, yah bisa dibilang idoling saya sekarang udah pake realita

tapi kalau delusi itu wajar asal jangan keseringan dan terlalu jauh delusinya
Jis, jangan gitu lah

@bawah ane: jangan muna lah bray
×