- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 2
Ini dia alasan mengapa ban belakang lebih sering bocor !


TS
wahanaanjark
Ini dia alasan mengapa ban belakang lebih sering bocor !
Sebelumnya saya minta maaf kalau banyak salah ya gan, soalnya ini tread pertama ane, dan ane masih newbie.

Nah singkat ceritanya ketika ane sedang asik mengendarai motor, tiba-tiba ane kepikiran didalam hati kenapa sih kalau motor bocor itu yang lebih sering bocor ban belakang. Malah ane seumur-umur ngga pernah tuh ngalamin yang namanya ban bocor bagian depan.

Nah, ini nih alasannya gan:
Banyak benda tajam, terutama yang berserakan di jalanan seperti paku atau potongan logam, lebih sering masuk ke ban belakang daripada ban depan. Hal ini dikarenakan ban depan selalu memposisikannya dengan tepat sehingga menusuk ban belakang.
Sebagai contoh kasus paku jarang masuk ke ban depan. Ketika terjatuh, sering paku akan jatuh dengan posisi bagian yang tajam mengarah ke arah asal kendaraan, karena kepala paku akan jatuh terlebih dahulu. Ketika terlindas ban depan, paku akan tegak untuk sementara waktu dengan posisi bagian runcing di atas, dan di waktu yang sama ban belakang akan melindasnya.
Hal ini diperparah ketika kondisi ban basah karena hujan, karena potongan logam agan lebih mudah menancap di permukaan karet basah daripada kering
Gambarannya kayak gini gan
Jadi kira-kira seperti itu lah prosesnya gan, mengapa ban belakang lebih sering bocor ketimbang ban depan. Kalau ban depan yang bocor mungkin kita juga lebih repot kali ya gan? soalnya biasanya kan kita nariknya pake ban depan, nah ini kebalikannya.
Semoga tread ane bermanfaat ya gan, hehehe


Nah singkat ceritanya ketika ane sedang asik mengendarai motor, tiba-tiba ane kepikiran didalam hati kenapa sih kalau motor bocor itu yang lebih sering bocor ban belakang. Malah ane seumur-umur ngga pernah tuh ngalamin yang namanya ban bocor bagian depan.

Nah, ini nih alasannya gan:
Banyak benda tajam, terutama yang berserakan di jalanan seperti paku atau potongan logam, lebih sering masuk ke ban belakang daripada ban depan. Hal ini dikarenakan ban depan selalu memposisikannya dengan tepat sehingga menusuk ban belakang.
Sebagai contoh kasus paku jarang masuk ke ban depan. Ketika terjatuh, sering paku akan jatuh dengan posisi bagian yang tajam mengarah ke arah asal kendaraan, karena kepala paku akan jatuh terlebih dahulu. Ketika terlindas ban depan, paku akan tegak untuk sementara waktu dengan posisi bagian runcing di atas, dan di waktu yang sama ban belakang akan melindasnya.
Hal ini diperparah ketika kondisi ban basah karena hujan, karena potongan logam agan lebih mudah menancap di permukaan karet basah daripada kering
Gambarannya kayak gini gan
Spoiler for gambar:
Jadi kira-kira seperti itu lah prosesnya gan, mengapa ban belakang lebih sering bocor ketimbang ban depan. Kalau ban depan yang bocor mungkin kita juga lebih repot kali ya gan? soalnya biasanya kan kita nariknya pake ban depan, nah ini kebalikannya.
Semoga tread ane bermanfaat ya gan, hehehe

0
13.5K
15


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan