rquisertoAvatar border
TS
rquiserto
Kiat Mulai Usaha - Produk, Proses dan Promosi
Dalam memulai usaha, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu: Produk, Proses dan Promosi.

1. Produk

Harus menawarkan solusi yang memberikan value kepada customer.

Ada dua kata kunci: solusi dan value. Produk harus memberikan solusi. Produk itu menawarkan jalan keluar bagi suatu masalah yang dihadapi oleh calon pembeli.

Semua produk yang baik pasti menawarkan solusi . Namun, solusi yang tepat bersumber dari diagnosa yang akurat.

Hanya saja, seringkali kita langsung loncat pada solusi tanpa paham benar masalahnya apa. Akibatnya, solusi yang dihasilkan kurang tepat sasaran.

Apa itu value? Perbandingan antar harga dan manfaat yang diperoleh dari membeli produk tersebut.

Harganya boleh mahal tetapi selama manfaat yang diberikan sepadan, harga tidak lagi jadi masalah. Tetapi, harga yang murah belum tentu dibeli, jika kualitas produk kelewat rendah, sehingga konsumen melihat tidak ada manfaatnya membeli produk ini.

Jadi, fokus anda adalah value dari produk tersebut. Bukan harga saja. Bukan manfaat saat. Dua-duanya harus hadir dalam formula produk.

2. Proses

Percuma punya produk yang berkualitas bagus, jika tidak memiliki proses yang baik.

Ide yang cemerlang soal produk akan sia-sia dan meninggalkan cacat dimata konsumen jika tidak didukung oleh proses operasional yang kuat.

Akibatnya, produk pertama bisa bagus dan menarik perhatian. Namun ketika produk dibuat secara massal, kualitasnya keteteran yang akhirnya meninggalkan kekecewaan di mata pelanggan.

Apa indikator proses yang baik?

Ada dua: efisien dan efektif. Bisa menghasilkan produk sesuai standard secara konsisten dan dibuat dengan biaya yang efisien.

Menghasilkan produk yang bagus tapi mahal akan sulit dijual. Membuat produk yang murah tetapi kualitasnya jelek juga tidak akan menarik pasar. Jadi harus dua-duanya: efisien dan efektif.

Membangun proses operasional tidaklah murah dan tidak cepat. Makanya, jangan meremehkan proses. Proses harus diberi posisi yang penting sejak awal, sejajar dengan pengembangan produk.

3. Promosi

Bagaimana produk tersebut akan dijual? Bagaimana orang akan tahu produk kita itu ada dan eksis? Itu pertanyaan yang harus dijawab disini.

Secara umum, ada strategi pemasaran offline dan online, atau kombinasi keduanya.

Online dilakukan melalu internet, sementara offline dilakukan dengan membuka toko (brick & mortar).

Dengan berkembangnya internet dan media sosial belakangan ini, banyak yang menganggap pemasaran online adalah langkah paling mudah buat orang yang ingin memulai usaha.

Karena online dianggap murah, jangkauan pasar yang luas serta dipersepsikan lebih mudah (meskipun tidak…) dibandingkan membuka toko (offline).

Menurut saya, semua channel pemasaran memiliki keunggulan dan tantangan masing – masing. Tidak ada yang lebih unggul dibandingkan yang lainnya.

Tugas anda adalah memahami keunggulan dan tantangan di setiap channel dan mengevaluasi mana yang cocok dengan bisnis anda. Evaluasi apakah channel yang dipilih akan sejalan dengan strategi, sumberdaya dan produk yang akan dijual.

Yang paling tahu, ya anda sendiri.

Sumber: Kiat Memulai Usaha: Menetapkan Produk, Membangun Proses dan Promosi dalam Memulai Usaha
0
1.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan