SHARE :: Sejarah Islam di Siberia



Permisi mimin, momod dan kaskuser....
mudah-mudahan trit ini tidak
udah ane cek, dan hasilnya...
Spoiler for No Repost:


Quote:Sebelumnya ane menerima ini gan :
Spoiler for accept:

atau agan bisa bantu dengan :
Spoiler for rate5:

dan ane menolak ini gan:
Spoiler for reject:


Oke gan/wati, langsung aja:
ane copas dari sini gan
sumber



Siberia, mendengar nama itu, orang akan langsung terbayang dalam benak mereka sebuah wilayah yang mengerikan, wilayah yang merupakan padang es terbesar di dunia, di mana dulunya telah menjadi tempat pembuangan dan kerja paksa bagi orang yang menentang negara Uni Soviet khususnya negara-negara yang berpenduduk mayoritas Islam yang banyak wilayahnya di aneksasi oleh Uni Soviet.

Diperkirakan secara statistik tidak resmi penduduk Siberia berjumlah 28 juta orang, dan 4 jutanya adalah umat Islam, terdiri dari penduduk berkebangsaan Tatar ataupun Mongol, serta Urdu dan beberapa kebangsaan lain seperti muslim Turkistan.

Menurut sumber sejarah, Islam masuk ke Siberia pada paruh kedua abad pertama hijriah, lewat tangan para da’i dari wilayah Samarkand, Bukhara, dan Kazan di Asia Tengah, para da’i tersebut juga sempat mendirikan sebuah negara Islam di wilayah Siberia pada tahun 978 H/ 1570 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Cochem Khan, dan pemerintahan Islam di sana berlangsung selama sepuluh tahun sampai akhirnya Rusia menduduki ibukota negara tersebut Trsar Sibir, dan sejak saat itu Siberia menjadi entitas terpisah namun masih tetap menjadi wilayah kekuasaan Rusia.

Mereka yang mengatakan bahwa Islam mencapai tempat-tempat seperti Siberia oleh kekuatan pedang tidak mengatakan yang sebenarnya, karena daerah itu sendiri adalah tidak subur, dan pada waktu itu bahkan tanpa hewan, kecuali ikan, dan penduduk manusia hanya sedikit dan jauh antara mereka. Dan ketika aturan Komunis didirikan di negara ini, rezim berturut-turut membuat Siberia tempat pengasingan bagi mereka yang tidak setuju dengan pemerintah hari ini.

Apa yang Muslim awal lakukan adalah untuk membujuk penduduk untuk memeluk Islam, dan dalam kaitan ini mereka membangun masjid, dan fakta bahwa masjid dapat ditemukan di bagian terpencil daerah, adalah indikasi yang jelas bahwa umat Islam terlibat di daerah tersebut tidak hanya dalam arti agama, tetapi juga budaya dan sosial.

Wilayah Muslim, meski kemiskinan mereka dan kondisi yang sengsara di mana mereka hidup, terus mempertahankan karakter dan identitas Islam mereka, dan sholat mengarah (Kabah) kiblat lima kali sehari, ketika datang hujan datang matahari bersinar. Ada kalanya kondisi dingin begitu besar, dan suhu berjalan serendah 61 derajat di bawah nol.

Selama era Komunis, banyak masjid di kota-kota dan desa-desa di Siberia entah dihancurkan oleh rezim atau dikonversi menjadi hal-hal seperti ruang tari atau kantor. Tetapi dengan berakhirnya era komunis, banyak telah dikembalikan ke umat Islam, yang pada gilirannya, dimulai tugas memperbaiki dan memulihkan mesjid mereka, sejauh bahwa banyak dari mesjid yang sekarang terisi penuh dengan jamaah.

Namun, ketika Asisten Sekretaris-Jenderal Dunia Islam Makkah berbasis League (MWL), Sheikh Muhammad Nasser Al-Abboudy, mengunjungi kawasan itu belum lama ini, ia mencatat bahwa tidak ada cukup sekolah-sekolah Islam atau pusat kebudayaan Islam disana, dan ada Al-quran atau majalah untuk kaum Muslim untuk membaca dan mengetahui lebih banyak tentang iman mereka dan saudara-saudara mereka di bagian lain dunia. Dia menambahkan bahwa fakta bahwa sekalipun tidak semua komponen penting, umat Islam di wilayah ini masih tetap teguh pada iman mereka, menambahkan bahwa ini adalah indikasi yang jelas tentang seberapa dalam Islam tertanam dalam pikiran mereka.

Demikian thread dari ane gan, semoga bermanfaat...
jangan lupa gan untuk berbagi
atau bisa juga dan jangan di

Quote:Kunjungi Thread ane yang lain gan :

Masjid dan Komunitas Muslim di Kutub Utara
Mengenal Beberapa Kawasan Industri di Bekasi
Mengenal Konsep 5S (Bukan sekedar bersih-bersih gan...)
Grafit, Warna Kelabu nan Menawan
Fosfor (Keberadaan, Sifat Fisis, Pembuatan, dan Kegunaan)
Mercury, Bahaya dan Kegunaan
CRT, Teknologi Televisi yang Mulai Tersisih
Siberia itu dulu masuk kekuasaan Abbasiyah ya gan..
makin maju aja yah
lihat2 ja de
Quote:Original Posted By rissal
Siberia itu dulu masuk kekuasaan Abbasiyah ya gan..


kalo ga salah sih masuk saat dinasti bani umayyah gan...
ini ane ambil di sebuah artikel:
Quote:Islam pertama kali masuk ke Rusia, yakni di Dagestan pada pertengahan abad ke-7 lalu berkembang hingga ke Kaukasus Utara, terutama lewat jalur perdagangan dengan negara-negara Muslim sekitar.
Ketika itu, pasukan Muslim di bawah kepemimpinan Abd Rahman ibn Rabiah mencapai Kaukasus Selatan setelah mengambil alih kendali di Persia dan al-Quds (Yerusalem). Pasukan tersebut berhasil menaklukkan Kerajaan Kazar yang berkuasa di wilayah ini selama masa Pemerintahan Bani Umayyah, tahun 737 masehi. Tak lama, Kerajaan Kazar pun tunduk kepada penguasa Bani Umayyah, yang lantas mengubah wilayah ini sebagai pusat administrasi sekaligus penyebaran Islam kepada penduduk asli Kaukasus.

Hingga selanjutnya, terbentuklah negeri Muslim yang pertama, Volga Bulgaria pada tahun 922. Dari sinilah akhirnya Islam dapat melebarkan pengaruhnya sampai ke wilayah utara dan timur Rusia, khususnya Siberia.


Quote:Original Posted By LOMOMODGWNUBIIN
makin maju aja yah


iya gan, bahkan di siberia ada masjid yang termasuk masjid terdingin di dunia gan...

Quote:Original Posted By etra72
lihat2 ja de


thanks udah mampir gan...
nice share gan
semakin berkembang sekarang mah a
nice infoo gan
Quote:Original Posted By rizkisplastcher
nice share gan
semakin berkembang sekarang mah a


Thanks sudah mampir di trit ane gan...
waow.... subhanallah...
wah islam sampai siberia juga ya penyebarannya
Nice inpo gan