Bagi Mary Kay Ash, pengusaha di bisnis kosmetik, manajemen waktu sudah lama jadi perhatian utamanya. Ia sadar, telepon merupakan sarana penting untuk mencapai sukses. Sayang, juga memboroskan banyak waktu. Sebagai orang sibuk, tak jarang dering telepon dari teman bisa menjadi masalah.
Maka setiap kali teman menelepon dan bertanya, "Punya waktu sebentar?", jawaban Mary bukan "Maaf, saya sedang sibuk". Rupanya ia sudah mempunyai kiat tersendiri. Sengaja dibelinya bel pintu, yang dibunyikannya saat obrolan sudah melantur berlarut-larut. Kebetulan juga ia memelihara anjing yang menyalak setiap kali bel berdering. Maka ia lantas bisa berkata dengan enak, "Maaf, ada bel." Cara ini akan sukses mengakhiri obrolan tak menentu tanpa menimbulkan rasa sakit hati.
UMUMNYA KITA MEMANG SULIT MENGATAKAN "TIDAK". SEPERTI HALNYA MARY KAY ASH, KITA TAK INGIN MENYINGGUNG PERASAAN ATAU MENGECEWAKAN ORANG LAIN. SEPANJANG PERMINTAAN BICARA ITU PENTING, OKELAH. TAPI BILA KITA SEDANG TIDAK SIAP ATAU SEDANG TAK BERSELERA NGOBROL, JUSTRU PERASAAN KITA SENDIRI YANG BISA TERSIKSA.
Spoiler for pertama:
1. Sertakan pujian saat berkata "tidak". Delores, guru besar Universitas East Coast di AS, punya jurus jitu menolak. Ia melunakkan penolakannya dengan pujian. Saat diminta menjadi dewan pengurus suatu organisasi, ia berkata, "Saya senang Anda memperhatikan saya. Saya memang penggemar berat organisasi Anda, sayang sekali jadwal saya tak memungkinkan menerima tawaran ini." Begitu pula kita. Saat diajak makan siang, kita bisa menjawab, "Saya senang diajak makan siang, tapi sayang banyak tugas yang tak bisa dielakkan." Atau, saat diundang ke pesta, kita berkata, "Sangat senang saya diundang ke rumah Anda. Bisa bertemu keluarga dan teman-teman Anda. Tapi maaf saya tidak dapat hadir saat ini."
Spoiler for kedua:
2. Menolak secara tegas dan meyakinkan. "Saya hargai Anda telah mengantar koran setiap hari, tetapi kali ini saya terpaksa tidak membacanya." Ini contoh penolakan halus. Menyusun jawaban menolak secara meyakinkan memungkinkan kita tetap bisa menjaga hubungan/persabahatan, sekaligus menghindari rasa sakit hati. Jawaban tegas lain, "Tawarannya sangat bagus, tetapi maaf sekali kami tidak mungkin menerimanya saat ini." "Gagasan bagus (atau produk yang bagus), tapi belum kami perlukan saat ini."
Spoiler for ketiga:
3. Menawarkan kompromi. Karena tak mungkin menampung semua permintaan, perlu dipertimbangkan tanggapan secara tegas dan meyakinkan. Dalam buku Your Perfect Right: A Guide to Assertive Living , Robert E. Alberti, Ph. D., dan Michael L. Emmons, Ph. D., memberikan contoh ini, "Ibu mertua menelepon untuk mengabarkan rencananya mengunjungi Anda selama tiga minggu.
Pengarang buku itu mencatat tiga kemungkinan jawaban Anda:
a. Anda berpikir, "Aduh, celaka!", tapi berkata, "Kami senang Ibu akan berkunjung. Tinggallah selama Ibu suka."
b. Anda pura-pura berterus terang dengan mengatakan bahwa anak-anak sedang pilek, atau Anda pas ke luar kota saat dia berkunjungan.
c. Anda dapat menolak, tetapi dengan nada kompromistis, "Kami senang Ibu akan datang, tapi kalau tidak terlalu lama, barangkali akan lebih menyenangkan. Kita malah akan lebih cepat ingin bertemu lagi. Masalahnya, anak-anak banyak kegiatan sekolah, atau, kami banyak kegiatan lingkungan yang menyita waktu sepulang bekerja."
Spoiler for PESAN:
Mereka akan sopan ke anda bila anda Juga sopan berkata,berperilaku..
bila membawa wawasan
Ane minta sama bantu
tapi jangan di