Seperti yang dapat di ketahui, menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia saat ini semakin memburuk. Hal ini terbukti dari kualaitas guru, sarana belajar, serta murid-muridnya sebab dalam pembelajaran kadang guru-guru saat ini kurang kompeten. Mungkin karna mereka terpaksa menjadi guru karena tidak diterima di jurusan lain atau kekurangan dana.
Berbeda dengan guru-guru lama yang sudah mendedikasikan dirinya menjadi seorang guru. Selain dengan pengalamannya mengajar murid, mereka juga memiliki pengalaman dalam mengenai pelajaran yang mereka ajarkan. Paktor utamanya adalah masalah gaji guru. Jika fenomena dibiarkan berlanjut, tidak akan lama lagi pendidikan di Indonesia akan hancur mengingat banyak guru-guru yang berpengalaman yang pensiun.
Tidak hanya kualitas guru sebagai pendidik, kualitas pembelajaran juga turut menjadi faktor semakin menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia ini, terutama bagi penduduk di daerah terbelakang. Namun, untuk penduduk di daerah terbelakang tersebut, yang terpenting adalah ilmu terapan yang benar-benar yang akan dipakai untuk hidup dan kerja. banyak masalah yang menyebabkan mereka tidak dapat belajar secara normal seperti kebanyakan siswa pada umumnya, diantaranya adalah guru dan sekolah.
Upaya pemerintah dalam membangun dan meningkatkan mutu kualitas pendidikan?
Dapat kita lihat. Telah banyak pakar pendidikan mengemukakan pendapatnya tentang faktor, penyebab dan solusi mengatasi menurunnya kualitas pendidikan di lndonesia. Pemerintah tak berdiam diri untuk hal ini sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.
Dengan cara yang disampaikan para ahli dari negara-negara yang berhasil menerapkannya, seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru dan Singapura selalu memunculkan konsep yang tidak selalu bisa diadopsi dan diadaptasikan. Karena banayaknya berbagai macam latar yang berbeda. Situasi, kondisi, latar budaya dan pola pikir bangsa kita tentunya tidak homogen dengan negara-negara yang diteladani. Malahan, konsep yang di impor itu terkesan dijadikan sebagai “proyek” yang bertendensi pada kepentingan pribadi atau kelompok tertentu. Artinya, proyek bukan sebagai alat melainkan sebagai tujuan.
Beberapa penerapan pola untuk meningkatan mutu di Indonesia telah banyak dilakukan, namun masih belum dapat secara langsung memberikan efek perbaikan mutu. Di antaranya adalah usaha peningkatan mutu dengan perubahan kurikulum dan proyek peningkatan.
Dengan upaya-upaya pemerintah yang begitu mahal belum menunjukkan hasil menggembirakan. Ada yang berpendapat mungkin manajemennya yang kurang tepat dan ada pula yang mengatakan bahwa pemerintah kurang konsisten dengan upaya yang dijalankan. Karena itu, kembali pada apa yang kita sebut sebagai kekayaan lokal, bahwa tidak sepenuhnya apa yang dapat dipraktikkan dengan baik di luar negeri bisa seratus persen juga berhasil di Indonesia, semua membutuhkan tahapan, namun dengan adanya kerangka yang jelas dan tidak dibebani oleh proyek yang demi kepentingan sesaat atau golongan. Hal-hal berikut adalah elemen dasar bagaimana kita dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
Bagaimana menurut Kaskuser semua?
Salah dimana ya? apakah dr Pemerintahnya ataupun kualitas dari SDM nya yang menurun?
[url = [url]http://anomtunggal.blogspot.com/2013/06/menurunya-kualitas-pendidikan-di.html?m=1][/url] SUMBER [/url]