KASKUS

[TrueStory] Kakek penjual topi..

..:: Update - Foto Topi & si Kakek ::..

Komen Pro Pejuang Sejati dibanding Pengemis
Spoiler for yang pro Pejuang sejati daripada Pengemis:

Silent Reader pun ikut berkomentar gan!!
Spoiler for komentar silent reader:

Maap ye gan klo critanya berantakan..
Cuma mau berbagi crita aja siapa tau berguna

Quote:
Kejadian ini ane alami sendiri sekitar 2 tahun lalu taun 2011 saat ane lg jalan sama keluarga dan sodara ke daerah bogor, yg ikut kbanyakan sepupu2 ane yg masih kecil umur 5 dan 9 taun, sisanya nyokap sama bibi secara itu emaknya para sepupu2 ane tadi. berhubung waktu udah siang jam 12an mampirlah ke K*C yang di deket terminal baranang siang. Ane selaku supir trus makannya jg cepet makanya selesai duluan jadi ke mobil duluan gan. swaktu ane lagi sendirian dmobil datanglah pengemis ibu2 yg ane liat masi muda lah umur 30an sperti biasa minta uang sambil gendong anak entah anak siapa emaknya putih anaknya kok dekil item mana gak mirip, tapi ane gak mikirin karena dulu ane gampang banget gan ngasih daripada ganggu biasanya langsung kasih aja tuh 2000 gitu aja.

Nah inti ceritanya nih disini gan..stelah ibu2 pengemis tadi pergi dari jauh ane liat ada kakek2 jualan topi..iya topi buat penutup kepala gan klo ada agan2 yg gak tau ya topi itu apa *kidding*, ane perhatiin tu kakek2 ksana sini nawarin topi jualannya panas2an dia sendiri make itu topi jualannya buat nahan panas baju nya jg basah keringet gan pokoknya kesian deh, ane termasuk yang mudah terharu iba jg kesian kalo liat orang tua udah keriput rambut ubanan tapi masih mau berusaha bekerja dibanding sama ibu2 pengemis tadi. Saking iseng nya ane liatin terus mungkin tu kakek2 nyadar kali ya dan dia pun tersenyum trus nyamperin ane gan..ane sendiri gak minat buat beli topi dia, model topi nya yang dpake sama penyanyi tompi..tapi mikir2 lagi its oke lah buat bantu2 si kakek ngelakuin dagangannya, dalem hati “ah paling mahal 15rebu palingan”..skali lagi gan ane tekankan, ane gampang banget ngeluarin duit..ane sendiri waktu itu udah kerja dan dapet gaji yg lumayan untuk seorang bujangan, bukan iklan diri ya gan, tapi ini serius pasti banyak agan2 yg kaya ane. Dialog dengan kakek penjual topi pun dimulai (btw aslinya dia pake bahasa sunda ya gan..berhubung ane gak paham basa sunda yaudalah urang pake basa indonesia aja)

K : siang dek mau beli topi?? Ni topi bagus buatan kakek nih..
A : buatan kakek? Buatan sendiri kek? Wah hebat kek kok bisa?
K : iya kakek buat sendiri.. (dari sini dia jadi cerita panjang gan) kakek uda tua tapi mata kakek masih bisa buat ngejahit sendiri dirumah, kakek ada mesin jahit tua jaman belanda tapi masih bagus..liat nih (sambil ngasi liat jahitan topinya) jahitannya rapih kan..tapi yang gak kakek bisa cuma pas masukin benang ke dalem lobang jarumnya aja..untung ada cucu kakek yang bantuin..cucu kakek masih sekolah bantuin juga kakek buat nyariin bahan2nya dari pabrik kain (setau ane pabrik kaen daerah cibinong gan..lumayan jauh jg yak)... ini bahan kakek dapet dari kain sisa yang dbuang pabrik tapi kakek satu2in biar bagus dan masih berguna (ternyata kain nya eco green gan..miris ane dengernya, scara pakaian drumah aja banyak yg gak kpake disia2kan gitu aja)..tiap abis jualan kakek bikin topi nya, siangnya jualan lagi..bla bla bla bla...
A : (Cuma bisa speechless ane gan)
K : coba nih...(nyuru ane coba topinya)
A : (ane coba tapi kekecilan gaaan) wah kekecilan kek..tapi gak apa buat sepupu saya muat nih..yawda kek saya beli topi nya.. berapa kek? (sambil buka dompet mau ambil uang 20rban)
K : satu aja
A : iya kek buat spupu yg masi kecil
K : ya sudah harganya seribu dek
A : hah berapa kek?? Seratus ribu?? (ane takut salah denger gan)
K : seribu dek seribu..
A : WHATTT!!?? (sumpah ane teriak dikit gan waktu dengernya, shock gan natap ke tu kakek dengan pandangan gak percaya!! Serebuuuu???)
K : iya nih mau warna yg mana?

Sambil si kakek milih2in warna topi buat ane..ane masih shock kaya abis liat titanic muncul dari awan ngantem parkiran K*C tempat ane berada, ane inget ane ngasih uang serebu ke si kakek..ambil topi..sodara dan keluarga ane dateng kmobil..si kakek pergi menjauh..dan ane start mobil lalu jalan trus topi nya drebut sama sepupu ane.. tapi selama kejadian itu berlangsung pikiran ane lagi flash back dimana ane suka banget dari dulu jajan dan ngabisin duit gak jelas juga gampang banget ngasih2 ke pengemis yg bahkan nilainya lebih dari seribu, si kakek susah payah ngejual topi yang dibuat sendiri pake keringet sendiri bukan topi yang dibeli terus djual lagi, tapi ini buatan dia sendiri dan itu djual seharga seribu..harga yg fantastis untuk seharga topi handmade dijaman skarang yg harganya cm bisa buat sjam parkir motor.

Miris banget gan ngrasa berdosa aja ddepan si kakek.. cukup satu kata dari dia “seribu” udah cukup buat ngerubah ane sampe skarang, serius..ane jadi orang yg kritis gan, gak apa dbilang pelit tapi ane mikir lebih penting uang yg tadinya buat para pengemis2 muda di alokasikan ke yatim piatu atau panti jompo.


Sekian..


Bukti ada agan lain jg yang ikut merasakan :
Spoiler for Saksi para kaskuser:


Bukti Foto kakek dan topi jualannya
Spoiler for foto kakek & topi:


Renungan
Spoiler for open if you dare:


inspiratif banget
kok murah amat ya gak tau pedagang lain udah naikin harga



mampir ya gan di thread ane
Kisah Kapolri dicopot karena tegas dan jujur
Quote:Original Posted By momod..l00620l3
males baca kak




nyimak dolo gan.. panjang
harusnya agan beli banyak aje sekalian
kasi lebih aja gan, suruh ambil kembaliannya.
Quote:Original Posted By thousands
harusnya agan beli banyak aje sekalian


Quote:Original Posted By eamiseno
kasi lebih aja gan, suruh ambil kembaliannya.


ane lupa bagian ini gan waktu itu antara ngasih lebih apa nggaknya..

tp jujur aja bagi ane pukulan telak kejadian ini..

seharusnya agan kasih lebih...
kasihan..
foto topinya dong gan
Serebu perak??
Miris
Ane terharu gan
Bener-bener dah , lebih baik ngasih sedekah ke orang yang begitu daripada para pengemis yang gamau kerja itu :|
Quote:Original Posted By momod..l00620l3
males baca kak




sampah lo

buat TS, kenapa ga lo borong aja topi nya?
speechless

inspiratif
kenapa ngasihnya seribu doang gan, kasihlah sepuluh ribu
topinya kayak gimana gan...penasaran share donk poto topinya, yg bikin penasaran sama harganya seribu bisa dapet topi keren dah si kakek..
gan kalo boleh tau di daerah mana itu gan? cerita yang inspiratif gan, aduh bener juga ya kalo cuma Rp.1000,- kasian juga.
mumumumu
waduh.. ane pernah nih kaya gini.. kakek2 bawa tas gitu deh.. bawa topi .. bukan topi sih kaya peci gitu gan.. ane lg drive thru di KFC baranang siang..tiba2 ada kakek2 dateng ke mobil.. dia nawarin barang yg dia jual.. bokap kasian yaudah bokap pake aja 1 niat beli.. pas nanya harga ternyata serebuan spontan ane kaget gan... ane kira boongan.. akhirnya nyokap bayarin semuanya aja ada 10 biji gitu gan...dikasih lebih ama nyokap .. diterima gan..


sedih juga gan liat kakek itu.. dia nawarin harganya kaga wajar. ane kira barang bekas.. ternyata baru .. dikira ane itu acara tv gan. yg pas nolongin tiba2 ada kameramen trus apet sejuta gtu gan