Busi mempunyai arti penting pada mesin bensin seperti pada sepeda motor. Busi sebagai sumber api untuk terjadinya pembakaran. Pada dasarnya ada tiga komponen yang menyebabkan terjadinya pembakaran, yakni bahan bakar, oksigen atau udara, dan panas atau api.
Yang membedakan dengan mesin diesel adalah pada mesin diesel pembakaran terjadi karena kompresi sehingga terbakarnya bahan bakar akibat campuran udara dengan bahan bakar yang dikompresi mengakibatkan suhu meningkat dan terjadi ledakan. Sementara pada mesin bensin, yakni ketika langkah kompresi, busi bertindak sebagai sumber api dan membakar campuran udara bahan bakar tersebut sehingga menimbulkan ledakan.
Banyak para biker’s yg tertarik ama product2 busi pabrikan yg ber’embel2 busi racing, Biasanya sih pada seneng ama yg namax busi iridium. Ini dia yg para mas bro sekalian dah pada salah kaprah ama brita2 n kabar2 hanya “katax, biasax, umumx” dari mechanic yg cuma sempat sekolah 1 bulan or dr temen biker yg udah kemakan omongan mekanik atau sales busi.
Quote:
Pada kenyataannya iridium adalah jenis konduktor (penghantar listik) kelas bawah, justru busi standar menggunakan elektroda berbahan tembaga bro,yg termasuk jenis konduktor yg baik. itu sebabnya busi iridium ujung elektrodax dibikin lancip biar bisa ngluarin percikan api yg besar, Hmmmmmm usaha yg besar bgt y si pabrikan..cz kalo bertik ujungx sama kaya busi standar y jelas g kluar percikan apinya karena hambatanx terlalu gede.
Quote:
Sini…ane kasih tau y, klo mas bro pake busi iridium yg merupakan konduktor buruk justru menghambat aliran listrik dari koil, nah….kalo dah gt, koil jd capet panas brother. So, kl dah gt otomatis umur koil g lama deh..
So, ane kasih saran mending pake busi yg sesuai dengan motor kalian aja yuah bro…yg penting dirawat aja businya, maintenace yg teratur yar peforma tunggangan kita g turun
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan jejak,
Pengen juga dilempar

atau

jg gak masalah