Thumbs up Mengenal "Kualanamu Airport". Bandara Modern, Megah & Terbesar kedua di Indonesia!

Quote:Mengenal "Kualanamu Airport". Bandara Modern, Megah & Terbesar kedua di Indonesia!



Sebelum baca, mungkin bisa di Rate5 dulu gan


Bandar Udara Internasional Kuala Namu adalah sebuah bandar udara baru untuk Kota Medan, Indonesia. Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Kuala Namu akan menggantikan Bandara Internasional Polonia yang sudah berusia lebih dari 70 tahun.

Kualanamu ini dibekali flash night, jadi ketika mau pesawat mendarat dalam keadaan cuaca yang buruk runway-nya akan menembakkan cahaya lampu yang terang, sehingga pilot sangat mudah mengetahui posisi runway yang tepat, dan tak lupa Bandara ini menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sementara kapasitas Bandara Kualanamu yang terletak di atas lahan seluas 1.365 hektare di Kabupaten Deli Serdang, disiapkan untuk melayani hingga 8,1 juta penumpang per tahun, dengan area terminal penumpang seluas 86.000 m2 (Tahap I). Bandara tersebut akan terus dikembangkan hingga mencapai kapasitas maksimalnya.

Bandara International Kuala Namu memiliki panjang landas pacu 3.750 meter yang cocok untuk didarati pesawat sebesar Boeing 747, dan mempunyai 8 garbarata. Bandara ini sanggup didarati oleh pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini yaitu Airbus A380. Bandara ini juga adalah bandara ketiga di Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandara Hang Nadim dan Bandara Soekarno-Hatta.
Spoiler for foto:

Gede juga nih ternyata Airbus A380. Liat perbandingannya..
Spoiler for foto:


Bandara Kualanamu akan dilengkapi dua runway paralel, apron seluas 30 ha berkapasitas maximum 33 pesawat, terminal kargo seluas 13.000 m2 dengan kapasitas 3 pesawat (65.000 ton/ tahun), area parkir berkapasitas sekitar 1400 kendaraann roda empat taxi.

Untuk aksesibilitas, Bandara Kualanamu yang dilengkapi 10 gerbang masuk, akan didukung oleh akses jalan tol dan kereta api khusus bandara.

Pembangunan Tahap I disertai pula oleh pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Aras Kabu di Kecamatan Beringin ke bandara yang berjarak sekitar 450 meter. Stasiun Aras Kabu sendiri terhubung ke Stasiun Medan dengan jarak 22,96 km.

Diperkirakan jarak tempuh dari Medan hingga Kuala Namu akan berkisar antara 16-30 menit. Harga tiket kereta api Kuala Namu-Medan PP akan berkisar sekitar 80000 Rupiah.

Bandara ini akan dilayani bus Damri dari dan ke Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Terdapat jalan arteri yang menghubungkan Kota Medan dan Bandara. Jalan Tol Medan-Kuala Namu saat ini sedang dalam tahap pembuatan. Direncanakan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2014. Jalan tol ini adalah termasuk jalan tol Trans-Sumatera.

Disisi biaya, Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, telah menghabiskan anggaran Rp 5,8 triliun..

Keadaan Bandara di Malam Hari
Spoiler for foto:


Finishing
Spoiler for foto:


Keadaan Dalam Bandara
Spoiler for foto:


Area Check-in Counter
Katanya ini tercanggih di Indonesia loh..
Spoiler for foto:


Kereta yang Nyaman
Spoiler for foto:

Kereta api yang dioperasikan PT Railink, perusahaan patungan PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonesia ini akan menjadi sarana paling cepat menuju bandara yang berada di Kabupaten Deli Serdang.

Gerbong keretanya akan dilengkapi dengan akses wi-fi sehingga penumpang bisa terhubung ke internet secara gratis selama sekitar 45 menit perjalanan dari Medan. Colokan listrik untuk mengisi baterai ponsel maupun gadget lain, juga tersedia di gerbong.

Tempat duduk yang lapang, dan tentu saja AC yang sejuk, akan membuat perjalanan kereta ini sepadan dengan tarifnya, Rp 80 ribu sekali jalan.

Salah satu sudut Bandara Kuala Namu
Spoiler for foto:


Peron Kereta Yang Luas
Spoiler for foto:

Peron kereta bandara berada tidak jauh dari ruangan utama bandara sehingga penumpang tidak perlu berjalan jauh. Ruangannya mempunyai langit-langit yang tinggi sehingga memberi kesan luas.

Mobil PMK Canggih
Dua unit pemadam kebakaran canggih ini namanya Carmichael Cobra.
Spoiler for foto:

Truk berwarna merah ini dikenal juga sebagai robot bernama Sentinel Prime di film layar lebar 'Transformers: Dark of The Moon' besutan sutradara Michael Bay. Dalam film itu, Sentinel yang berwujud robot raksasa bisa menyamar jadi truk Carmichael Cobra saat berada di jalanan umum.

Sentinel yang awalnya baik malah membelot ke pihak musuh di akhir filmnya. Nah, semoga Sentinel Prime versi Bandara Kualanamu tidak ikutan jadi jahat karena mereka tugasnya mengamankan pesawat jika terjadi kecelakaan, misalnya kebakaran.

Truk yang berukuran cukup panjang ini tidak membutuhkan banyak personel. Cukup satu orang saja sudah bisa untuk membawa truk ini ke lokasi kebakaran sambil menyemprot air. Harga truk ini pun tidak murah, satu unit harganya sekitar Rp 7-8 miliar.

Tambahan Kaskuser:

Keadaan Dalam Bandara lagi nih.
Spoiler for foto:


Counter tiket kereta bandara di stasiun kereta api medan.[/black]
Spoiler for foto:


[color=black]Vending machine... beli tiket kereta dengan cara self service... bayarnya pake kartu kredit, debit dan prabayar.

Spoiler for foto:


Boarding Lounge
Spoiler for foto:


Bentuk Akhir Bandara
Spoiler for foto:

Keren!
(Sumber: detikcom, wikipedia, suarapembaharuan, tempo, youtube, merdeka).

VIDEO, WAJIB NONTON GAN!


Exclamation 

Komentar Kaskuser:
Quote:Original Posted By willz8888
Mohon biasakan setelah membaca..

gak nolak & nimpuk

Kuala Namu International Airport yang baru di launching tgl 25 Juli 2013
ini di gadang2 merupakan bandara terbesar ke dua di Indonesia & terbaik saat ini di Indonesia. Tahukah agan2 bahwa saat proyek ini di mulai, brp banyak subkontraktor yang melarikan diri hanya untuk menimbun pasir, tanah serta batu untuk mega proyek ini karena dana tidak di bayarkan. alias di tilap langsung oleh orang yang mendapatkan Tender. Sementara sub kontraktor yang mendapatkan proyek & di sub lagi babak belur karena tidak jelas kapan pendanaan di cairkan.

Proyek ini menelan Angka yang sangat fantastis. yakni 9 Triyuln rupiah. dari hasil pengamatan penulis jika di bandingkan dengan pembangunan biaya changi airport 1.3Billion $ (13Triyuln Rupiah) lengkap dengan fasilitas monorail. lokasi parkir yg luas, askes perjalanan & tol yang luas. sangat jauh berbeda fasilitas Changi dengan kuala namu..

Hal ini di perparah dengan pada saat Launching bandara Kuala Namu, akses jalan tidak memadai. Kemacetan mobil terjadi di pusat kota karena kereta api yang membawa penumpang di tempatkan di terminal yang sama dengan kereta api tujuan Lokal. Blum lagi biaya kereta api yang mencapai 80rb/penumpang. untuk jarak 28-30km. sementara Seorang pengamat (ntah pengamat dari mana)Danang Parikesit menilai, harga tiket Bandara Kualanamu masih dalam tahap wajar. Dibandingkan dengan tarif di Luar Negri.
soal harga bensin tetek bengek semua di bandingkan dengan Luar negri bro.
tapi kualitas lokall ..... Seingat saya dari Marina Sands ke bandara International changi tidak semahal itu...

Nah... pada soft launching kemarin & hari ini.. ada bbrp kejadian yang sangat unik. Karena parkir di H-1 & H-2 masih gratis.. warga berbondong" datang ke bandara sambil gelar tikar & membawa bekal untuk piknik di dalam bandara.


blom lagi troli di bandara di jadikan mainan motor2"an di dalam bandara. sementara penumpang bandara kesulitan mencari troli karena memang fasilitas pendukungnya blom siap & belom tercover sempurna..

Hal ini di perparah lagi dengan rekor hilangnya 25 kendaraan sepeda motor warga saat parkir di bandara pada H-1 Launching bandara.. Ternyata bukan cuma pendatang aja ikut datang menikmati bandara gan.. Maling juga ikutan..

blom lagi pak Dahlan iskan mengelus dada saat begadang melihat pos Polisi yang mirip dengan lapak PKL



oke.. Nah sekarang masuk ke intinya knp bandara ini saya katakan Mafia kelas international.. ini berdasarkan pengalaman ane di lapangan.
ada bbrp tmn ane yang sebagai kontraktror desain interior untuk bbrp maskapai perusahaan penerbangan Luar Negri, sblm nawarin proposal, pihak bandara meminta jatah fee 20jt hanya untuk memperbaiki posisi penempatan tempat duduk penumpang bandara yang tidak sesuai untuk posisi kantornya..
ini pengalaman langsung temen ane dapat projek desain kantor MES di kualanamu. Nah sekalian deh pihak airlines minta sedikit perbaikan yang mau gak mau biayanya di up sampai 80 jt untuk nilai proyeknya. respon pihak MES ialah.. harga anda sangat fantasis sekali untuk memperbaiki posisi tempat duduk saja 20 jt.. pasang kembali 60 jt.. lebih mantap dari pada beli baru.

nah bbrp kejadian lagi saat tmn ane mengantar pacarnya ke bandara pesan teh manis dingin 2 gelas seharga 50.000.. bener saudara" 50.000 Rupiah untuk 2 gelas Teh Manis dingin. ini hanya contoh kasus pertama. berikut struknya..



kasus ke dua tmn ane jemput kakeknya. Makan A&W 2 potong ayam, 1 minuman soda + french fries 90000 Rupiah. 2x lipat dari harga paket kita pesan di mall atopun franchise yang di luar bandara.. ini ane ga sertain struk karena sudah terbuang.. maaf gan..



dengar" itu biaya bulanan sewa toko perbulan 50.000.000 Rupiah... untuk ukurannya saya kurang tau.. tapi kalau cafe saja bisa meningkatkan harga yang lumayan fantastis. apalagi franchise yang punya perjanjian hukum yang jelas, serta harga makanan nasional dimana" sama, bisa menaikkan harga hingga 2x lipat.. saya rasa bukan hal yang aneh jika harga bandara senilai 9Triyuln ini banyak di korupsi, sehingga mereka perlu memalak para penyewa stand bandara supaya cepat BEP.. memang SUMUT (Semua Urusan Melalui Uang Tunai) propinsi terkorup di Indonesia.. saya rasa tidak heran dengan harga2 yang fantastis ini.. masyarakat SUMUT & pendatang di jadikan sapi perahan oleh pihak ANGKASA PURA yg nota bene MONOPOLI, MAFIA, TENGKULAK, LINTAH DARAT , MAFIA HUKUM yang jelas2 menyerap darah masyarakat & pendatang dengan hal" yang legal menurut PERDA, serta mewajarkan harga yang fantastis dengan mengundang pengamat melalui pemberitaan Media.. HIDUP INDONESIA... Hidup sumut.. propinsi terkorup di indonesia...


miris hati ane gan...
kapan sumatra bisa di pimpin seperti gubenur jokowi & ahok..



sekian hasil report field ane dari lapangan, berita & berbagai sumber,
serta pengalaman ane sendiri di lapangan.......

budayakan rate ^_^ gak nolak

makasih gan...

update contoh penampakan bandara taun depan gan





Waduh, kok sampe geler tiker gitu ya..
Jgn sampe deh disusul ada yg jual nasi kucing, wkwk..

Quote:Original Posted By CatShitOne
Fotoin serambinya gan,banyak pkl...ada yang jual duren,duku,salak,dvd,dan whatever.Bandara selayaknya terminal bus...semoga bisa cepat di tertibkan.Bikin malu aja bandara megah tapi pkl berhamburan.

Ane bukan orang medan gan. Fotoin ente dong

Quote:Original Posted By stndn
Oh, Indonesia ...

Spoiler for suasana hari pertama:

Waduh nemu juga nih fotonya

Quote:Original Posted By Hendrawann
jarak dari bandara ke kota medan dibilang cukup jauh gan,bisa mencapai 3 jam dari medan ke sana
soalnya ane tinggal dimedan mknya tau


Quote:Original Posted By fakkaz
ane warga medan yang udah pernah ke bandara kuala namu gan
bandara nya emang jauh lebih keren dari bandara polonia yang lama, tapi ada beberapa bangunan yang belum seluruhnya selesai
untuk kereta api yang sekarang akan diganti dengan kereta api buatan korea di bulan september gan, katanya sih lebih kencang dan keren.. hehe


Quote:Original Posted By xlabsmedan
mantappp gan...nice pict...

nah, yg jadi masalah sekarang adalah jalan akses kesana yg belum "sempurna" karena (sebagian) masalah pembebasan lahan...

semoga masalah jalan akses ini cepat2 di selesaikan. kan gak lucu banyak penumpang terlambat tiba di bandara gara2 jalan akses yg macat atau belum layak...hehehehehhehehe


Quote:Original Posted By Silviaz
bangga ane gan jadi anak medan
terharu liat videonya

Ane juga terharu gan! Bangga lah

Quote:Original Posted By ozie.julianda
Ane udah nyobain gan bandara baru ini
Overall sih ane salut
Bandaranya kayak mall gan

Walaupun banyak yg berkesan sinis "terlalu memaksakan" , "ini mahal,itu mahal" , "gak bakal selesai dalam waktu sekianlah"

Tapi tekad untuk membangun dan membesarkan bandara nya patut diacungi jempol

Grand opening bandara ini bulan september 2013 gan
Bandaranya keren, bagus, dengan areal check in terbuka
Yang diharapkan keamanannya harus bagus,karena terlalu ramai (bisa bayangin dong areal check in terbuka,dimana biasanya hanya penumpang saja yg bisa masuk itupun dengan pemeriksaan yg super ketat,nah sekarang dibandara ini,semua orang bisa masuk sampe sebelum ruang tunggu)
Mudah2an jangan sampe dimanfaatkan teroris

Mudah2an pihak terkait semakin memperhatikan pembangunan bandara ini dari segala aspek,baik keamanan,kenyamanan,maintenance dan lainnya
Maju terus anak bangsa
Semangat membangun negeri
Yang penting kalo mau membesarkan bangsa harus optimis dan kerja keras


Quote:Original Posted By banioye
Kalau Setahun dapat menampung sekitar 8.000.000 penumpang dan setiap penumpang ditarik retribusi sebesar Rp. 100.000,00 maka

Dalam Setahun pendapatannya dari Jumlah Penumpang aja 8.000.000 X 100.000 = Rp. 800.000.000.000,00 (800 Milyar)

maka biaya Pembuatan Sebesar Rp 5,8 triliun itu akan Balik Modal Sekitar 7 Tahun Mendantang gan

*ngangguk-ngangguk aja deh*

Quote:Original Posted By flankerboy
6T rupiah bisa jadi bandara standar internasional n bisa dsinggahi A380
12T an rupiah bisa jadi jmbatan suramadu
anggaran BLSM skitar 9Tan ,bntar jg langsung abis, mnding dgunain buat pembangunan kayak gini atau buka lap.pekerjaan baru.sori OOT

Iya nih, mana nih koruptornya!!

Quote:Original Posted By BaukTanah


ntar ya gan..kalo ane udah kesana ane share deh fotonya

1,5 jam berroohh dari medan kalo lewat jalan biasa
belum lagi macet

dan ini satu2nya bandara di indonesia yang ada fasilitas kereta apinya loh
kebanggaan sendiri bagi masyarakat sumatera utara dan indonesia


Quote:Original Posted By paparauki
woooowwwwww

Cantik banget niih bandara!!!

Boarding Loungenyaaa bikiiinnn terpana!!! viewnya langsung pesawat lalu lalang!!

Mantaab!!

Panas nggak ya kalo tepat jam 12.00

Quote:Original Posted By kaix
wah pas banget gan, ane baru kemaren ke landing di bandara ini

menurut ane agak sayang gan, pembukaan nya terkesan terlalu buru2, blm selesai 100 persen. meskipun emang belum di resmikan sih katanya, tapi polonia (bandara lama) udah pindah ke kualanamu semua.

lantai2 masih belom di poles, kaca2 terlihat kayak pake bahan yang kualitasnya kurang bagus, masih banyak puing sisa pekerjaan di luar bandara

sayangnya ane kemaren gak sempet foto2 soalnya buru2 gan

semoga aja sih ini bisa jadi bandara internasional andalan indonesia


Quote:Original Posted By aacdd01002
byk terlihat masyarakat yang berjualan seperti pasar tradisional.. berpacaran bagi yg masi pakai seragam sekolah.. pasang lapak tikar seolah2 lg piknik di gunung ... begini kah gambaran bandara internasional yg dieluelu kan menjadi yg terbaik di indonesia... KAMPUNGAN... sia sia hasil arahan pak menteri kita di hari pertama nya... moga kedepan petugas bisa lebih tegas dan merubah nya betul2 menjadi international... bukan sekedar nama tapi mutu juga terbukti..

Maklum gan, pengen nyicipin

Quote:Original Posted By wincend
1. Tersedia kereta sorong untuk anak-anak bermain sembari menunggu flight.
2. Boleh gelar tikar, nongkrong bareng di area check-in.
3. Di depan jualan durian, di dalam jualan sate jengkol.

Satu-satunya bandara international di dunia dengan fasilitas paling merakyat.




Quote:Original Posted By flixover
Apresiasi yg tinggi lah buat karya anak bangsa ini. Gw bangga bisa bekerja di tempat semegah ini gan. Tuh mobil transformer gw yg setir gan. Sebenarnya tuh mobil pemadam utamanya ada 4 Carmichael plus 1 merk oshkos dan 1 merk simon glostersaro bekas polonia. Jadi total ada 6 dengan standard min buat kualanamu adalah 3 mobil.Jadi jumlah mobil kita udah melebihi standardnya gan.
Terus mobil transformer yg asli merknya itu adalah rosenbauer. Jadi agan2 salah paham. Sy nyengir mulu mobil kita di katain mobil nya transformer gan heheheheheh. Sya pun pengen bgt gan nyetir tu mobil transformer yang asli. Tapi sayang pemerintah kita beli carmichael. Maklum lah harganya murah gan.heheheh. Tapi kalau kecanggihan nih mobil relatif sama gan antara charmichael dengan yg lain.
Kalau cerita transformer yg merk oshkos lebih keren gan dari carmichael yg di foto hehehe..



Penjelasannya nih Gan.

Quote:Original Posted By rhezadaiva
Ane mau berbagi pengalaman nih gan tentang kualanamu. Tanggal 25 kemarin nih, ane baru pulang dari Surabaya daftar ulang kuliah. Jadi ane mendarat di kualanamu pas hari pertama beroperasi gan. Emang cuma 1 yang mau ane bilang :
GEDE AMAT GAN
Ane aja liat gatenya berjajar gitu gan 11 gate
Tapi sayangnya masih berantakan , bekas catnya masih ada dimana2. Palingan yang udah bagusan cuma ruang tunggunya. Grand Openingnya soalnya Desember. Maaf kalo jelek, masih nubi soalnya


Quote:Original Posted By kaskusguardian
bandara abal2, belon selesai udah dibuka ajah, fasilitas dan prasarana masih gk keruan..dari rencana sampe skrg hampir jadi makan waktu berpuluh2 taon..dari gw masih SMP sampe skrg udah gawe en kimpoi...

gw udah berapa kali anter jemput sodara kesono, wih macet parah, sebagian jalan, lahannya masih belon dibebasin, rambu dan lampu jalan masih banyak yg belon kepasang, parahlah katro banget!

belon lg oknum AP yg seminggu pertama harusnya bebas tarif parkir, eh udah nyodorin baskom minta duit parkir di gerbang bandara..hahahaha..katro bener dah ini bandara..megah sih, tp SDMnya katro...malu2in ajah!








Catatan:

Buat agan yg punya foto-foto lain ttg bandara ini, silahkan dibagikan dimari.
Buat yg udah kesana, tolong kasih rewiew, saran & kritik ya Gan, agar kaskuser lain pada tau.

Thx, semoga bermanfaat! maaf kalo ada salahnya gan.
Megah bener... asyik tuh buat dipake ngebolang
keren juga bandaranya..smg besok perawatannya juga keren..jangan sampai terbengkalai bandaranya..
Quote:Original Posted By nifikail
Megah bener... asyik tuh buat dipake ngebolang


Dibuat ngabuburit gan
Keren gan keliatany kaya campuran bnyak bandara internasional
Gelo keren bgt nh bandara, smga terawat deh
keren euy
Nais info gan.....
semoga tidak luput perawatan n pengawasan....

ini Indonesia bung


baru beroperasi hari ini gan,,, selamek ya bandara baru
lebih bagus dari bandara sutta yaks
juanda kalah ya gan matabelo
keren banget ternyata
keren gan bandaranya
keren gan
berasa di luar negeri
Quote:Original Posted By kucingbelang333
xx


Jadi kaskuser yg smart gan. Ngiklan jgn disini. FJB sana.
Hargai TS capek2 buat
Mending ya di spoiler, lha ini nggak..
Kalo kena banned buat lo kyknya nggak masalah sih ya. Lhawong akun klonengan o_x
Quote:Original Posted By akuaman
keren juga bandaranya..smg besok perawatannya juga keren..jangan sampai terbengkalai bandaranya..


Terbengkalai? Kyknya nggak deh, soalnya ini kan gantiin bandara polonia gan.
Quote:Original Posted By luckycool96
Keren gan keliatany kaya campuran bnyak bandara internasional


Emg levelnya udh internasional kok gan
thanks infonya gan..