Pagi / siang / sore / malam ane ucapkan kepada agan-agan, om mimin dan om momod semuanya
Biar imbang sekarang ane mau share, hal apa saja yang sebaiknya dimiliki oleh seorang seller di FJB. Ane juga seorang seller selain sbg buyer. Tidak melulu seorang buyer yang harus mengerti posisi seller, tapi seller juga seharusnya memiliki kapasitas untuk bisa berdagang dengan baik dan memahami kebutuhan buyer. Meskipun tidak mutlak tapi bisa menjadi pertimbangan agan-agan sekalian yang mau membuka lapak di FJB. Apalagi ini menjelang akhir ramadhan, biasanya makin rame FJB Kaskus
Berikut hal-hal yang menurut ane dan teman-teman seller lainnya perlu ada pada diri seorang seller FJB :
1) Internet Banking
Quote:
Hal ini sebenernya tidak mutlak harus ada. Tapi rasanya jika berjualan online tp tidak punya internet banking itu bagaikan mobil tanpa roda. Jadi ibaratnya kita butuh bantuan truk derek utk bisa mengoperasikan mobil tersebut. Misal kita sebagai seller online lalu ada buyer yang konfirmasi transfer. Masa kita langsung ambil helm naik motor / ambil kontak tancap pedal gas mobil utk ke ATM terdekat sekedar cek saldo??
Bisa sih... Asalkan buyernya cuma ada 1-2 orang dalam sehari. Misal dalam sehari ada belasan sampai puluhan buyer,
apa iya WORTH IT bolak-balik ATM untuk cek saldo? Apa sedikit-sedikit kita perlu mencatat saldo dgn bawa catatan di mesin ATM?
Jadi sebaiknya punya akses internet banking spy memudahkan pengecekan mutasi dan menghindarkan penipuan dari buyer nakal yg ngaku-ngaku sdh transfer

2. Sabar
Quote:
Karakter ini perlu ada pada diri seorang seller. Tapiiii.. Bukan berarti sabar yang tak berbatas. Bisa diinjek-injek buyer nantinya

Sabar yg dimaksud adalah sabar pada batas yg wajar. Misal seperti hal-hal dibawah ini :
a) Ada buyer nanya sesuatu, selama itu msh berkaitan dengan dagangan kita dan tidak tercantum di thread, ada baiknya kita balas dengan sopan asalkan buyer nanya dengan bahasa yg sopan pula. Klo nanya via sms isinya cuma "
Itu batangan?" ya gak perlu dijawab krn dr kesan awal buyernya NO RESPECT ke seller dan tdk serius

b) Seller bisa membatasi sejauh mana sebuah SMS itu perlu dibalas, misal nanya ongkir ke daerah tertentu ya wajib-lah dibalas. Seller yg males aja klo nanya ongkir gak dijawab. Kecuali inet lg trouble jd gak bs cek ongkir.
c) Sabar untuk membalas sms/telp buyer yg dari awal sdh serius untuk menawar atau membeli barang kita. Ane aja pernah nawar sepaket prosesor dan mainboard, dan si seller malah telp ane padahal beda opsel krn mmg ane serius 100% utk ambil

d) Jika ada buyer yg usil, maka biarkan saja tidak perlu ditanggapi kecuali sudah menyakiti, melanggar ketentuan di thread dan menyinggung hak-hak privasi seller.
3. Jangan pelit pulsa
Quote:
Dengan alasan irit pulsa seringkali seller tidak membalas sms buyer yg benar2 serius minat dengan dagangan seller

Ini tidak toleran namanya. Buyer juga modal pulsa untuk SMS/TELP seller jika mmg minat serius. Itu juga perlu seller pertimbangkan, bukan untung rugi semata yang bahkan SMS senilai 150 rupiah-pun ditaksir kerugian. Toh setiap bulan sbg seller pasti isi pulsa agar masa aktif kartu tetap jalan

Klo gak mau rugi gak perlu jualan... Atau only via BBM (gak semua org suka pakai BB)

4. FAST RESPOND...!!! (termasuk sms resi)
Quote:
Sering kan kita sms seller dari kapan tau, balesnya besoknya atau lusa. Atau giliran sdh transfer respond jd slow

Ane aja pernah kok pinjem HP tetangga demi balas buyer yg sdh konfirm transfer soalnya masa aktif kartu lewat (lupa isi pulsa)

Fast respond ini maksudnya dengan sesegera mungkin membalas interaksi dengan calon buyer, entah via SMS, TELP, BBM, WHATSAPP dll. Jika masih di tengah jalan, bisa nepi dulu pas ada waktu dan membalas sesimple mungkin mengabari klo msh di tengah jalan, nanti dikabari lagi jika sdh sampai rumah/tujuan. Jika sedang tidur/mandi/sholat/ibadah dan lain-lain maka setelah selesai melakukan aktivitas tersebut bisa dengan segera membalas SMS buyer dengan meminta maaf terlebih dahulu tdk bs fast respond.
Resi jg sebisa mungkin segera di-SMS ke buyer spy buyer merasa aman. Soalnya byk juga tipe buyer yg butuh resi utk sekedar di-tracking, jd yakin klo pesenannya sdh dikirim (jadinya gak mikir yg aneh2 ke seller).
Etika ini simpel tapi banyak yang gak paham. Jika anda sebagai seller mau dihormati buyer, maka hormatilah diri sendiri dengan bersikap elegan dan sopan ke buyer anda

5. Sebaiknya punya camera digital
Quote:
Emang wajib ya?

Klo tanya ke ane sih iya gan. Soalnya kan ini dagang online dan rata2 buyer
pertama kalicek kondisi barang ya dari foto di thread jualan. Meskipun itu rencana COD, apa iya buyer mau jauh-jauh ke lokasi COD cuma bermodal mimpi barang seperti apa rupanya? Dan sesampainya di lokasi malah kecewa krn tidak sesuai harapannya

Jadi wajib punya kamera digital yg bisa mem-foto barang dagangan dengan jernih. Bisa pakai kamera digital dari HP atau bahkan SLR jika mmg niat jualan online demi menarik minat pembeli

Jangan pakai kamera yg jelas-jelas burem, itu mah sama aja bo'ong kayak iklan baris

6. Sopan dan Santun
Quote:
Ketika ada SMS buyer masuk, jangan cuma jawab YA/TIDAK/NGGAK dst bahasa singkat seolah satu SMS itu hanya muat maksimal 5 karakter

Perlakukan calon buyer anda dengan sopan dan santun jika calon buyer amnda juga sopan kepada anda. Jika ada SMS kurang sopan dari calon buyer yg masuk ke HP anda, abaikan saja..!!! Karena jika ditanggapi serius malah ngelunjak dan malah memperpanjang masalah.
Apabila sdh diluar kontrol, anda bisa manfaatkan subforum surat terbuka utk mengungkap perilaku buyer yg "
diluar batas kewajaran dan sopan santun" sekedar memberi pelajaran. Ciptakan suasana nyaman di FJB Kaskus dengan hubungan baik antara seller dan buyer sampai transaksi benar-benar DONE!

7. Cantumkan No.HP yang aktif
Quote:
Ini tidak mutlak sih.. Soalnya byk yang cuma buka thread dan penawaran bid by PM

Tapi alangkah baiknya belajar jd seller yg sabar dan mau mengerti kebutuhan buyer. Misal buyer butuh cepat barang dagangan anda, apa iya disuruh nunggu balesan PM dari anda? Itu pun anda sbg seller gak 24jam OL di kaskus kan? Standby 24jam online menunggu balesan PM itu menyebalkan lho. Udah gt kadang gak dibales sama sekali

Misal merasa terganggu apabila ada buyer yg SMS/TELP di jam istirahat, bisa kasih rules di lapak anda, jam aktif melayani buyer dari pukul sekian sampai sekian. Masih nekat juga itu buyer SMS terserah anda mau balas atau tidak, yg jelas rulus sdh anda cantumkan di lapak

8. Aktiflah di lapak anda sendiri (jangan nitip link)
Quote:
Manfaatkan sundul 3x sehari sebagai celah positif untuk membuka peluang usaha dagang anda. Bukan malah nitip link jualan di thread orang lain yg sedang ramai, atau malah ngericuhin thread jualan orang lain. Itu mah jangan ngamuk klo tiba2 di-banned momod

9. Perluas wawasan dan komunikasi dengan seller lain
Quote:
Ini fungsinya sebagai pembelajaran, memperkaya wawasan tentang info barang yg sedang dan akan dijual, dan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan buruk akibat ketidaktahuan kita akan pasaran/kondisi suatu barang. Pernah ane lihat ada orang jual hardware second. Harga pasaran di kaskus paling tinggi itu 750rb, itu pun kondisi wajib komplit-plit, termasuk seri high-end di jamannya dan mulus diatas 95%.
Nah ada seller jualan hardware sejenis harganya best offer di atas 1.25juta dengan kondisi barang kurang begitu baik dan bukan seri high end seperti yg seharga 750rb td. Akhirnya malah jd bulan-bulanan komen seller/buyer lainnya yg merasa barang tersebut "
overprice". Memang hak seller mau jual berapa tapi ada norma tdk tertulis juga yg berlaku untuk menetapkan harga second sebuah barang. Misal harga new berapa, termasuk barang langka atau tidak, sedang diburu byk org, kondisi barang, dst.
Of course you know well what i mean

10. Jangan memburu-buru buyer untuk transfer kalau...
Quote:
a) Kalau pengiriman masih lama jangan buyer dikejar-kejar untuk transfer sesegera mungkin. Buyer juga manusia yg punya aktivitas

b) Kalau buyer tidak pernah mengatakan deal untuk transfer, maka bukan hak seller utk meminta kejelasan buyer kapan mau transfer.
c) Kalau buyer memang tdk ada kejelasan untuk transfer (meski sdh DP) maka sebaiknya di thread ada info misal buyer sdh DP tp tdk ada kabar selama maksimal 3hr maka DP hangus.
d) Kalau stok barang seller ada banyak, maka sisakan 1 atau 2 unit sampai batas waktu yg ditentukan seller sendiri (
misal maksimal 2 hari sejak bilang mau transfer) hingga akhirnya barang itu terpaksa dilepas ke buyer lain yg fast respond bt transfer entah itu by rekber atau langsung ke rekening seller.
TAPI INGAT..!!!Bukan artinya sbg seller gak bs pegang komitmen. Seller harus komitmen dgn kata2 dan rulesnya sendiri, yg jika dilanggar maka siap-siap dicaci maki oleh buyer

11. Gunakan HP yang bisa memuat banyak SMS
Quote:
Ini jg gak mutlak, tapi ada baiknya dipertimbangkan. Fungsinya buat jaga-jaga misal kita butuh akses SMS buyer di jauh hari sebelumnya. Klo sedikit-sedikit main hapus data maka kita sbg seller tdk efisien dalam transaksi.
12. Rajin mencatat alamat buyer
Quote:
Ini juga penting meski tidak mutlak. Buyer pasti senang jika alamatnya masih dikenali, apalagi itu pelanggan lama seller. Ibaratnya, kita punya teman baik yg sdh lama tidak ketemu. Sekalinya ketemu msh mengenali kita dengan baik, pasti kita berbunga-bunga hatinya krn msh dianggap eksis di mata dia.
13. Simpanlah slip resi dengan rapi
Quote:
Susun resi pengiriman sesuai tanggalnya. Rapikan dalam jangka waktu tertentu dan simpanlah di tempat yg baik. Percaya sama ane, suatu saat pasti ada manfaatnya. Entah itu situasi yg dianggap penting utk tracking resi lama, atau dalam situasi genting dimana kita butuh akses tracking paket yg telah dikirim ke buyer jauh hari sebelumnya.
14. Sebaiknya say YES to rekber ternama
Quote:
Sbg seller personal apa gak malu sama toko yg mau menerima rekber?
Soal aturan itu terserah seller mau seperti apa asal tdk memberatkan buyer. Misal transaksi di atas 500rb bisa menggunakan rekber. Atau cantumkan rules minimal order (jumlah barang atau nominalnya jg bisa) yg bisa pakai rekber. Hal ini khusus bagi seller yg sdh ternama (punya reputasi yg sangat baik dan dikenal byk pelanggan).
Jangan coba2 sebagai seller newbie + join di hari dan jam yg sama sebelum buka lapak + say no COD + comot foto dr google lalu bilang say no to rekber 
Asal ente gak tersinggung dituduh yg enggak2 sih gak masalah
