Quote:
Jakarta - Membeludaknya penumpang sesudah tarif KRL Commuter Line (CL) turun memang sangat kasat mata dan bisa dirasakan di dalam gerbong. Bahkan pada jadwal Commuter Line yang berangkat sebelum jam 6 pagi.
Hal ini diabadikan dalam foto yang dikirimkan pembaca detikcom, Wawan. Wawan adalah komuter dari Bekasi yang biasanya naik KRL dari Stasiun Bekasi ke Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, pukul 05.45 WIB.
"Sebelum pemberlakuan tarif progresif saya bisa menikmati kenyamanan di dalam CL, sehingga bisa memejamkan mata sejenak di dalam CL," kata Wawan dalam e-mail ke redaksi detikcom, Rabu (24/7/2013).
Namun kenyamanan itu berbalik 180 derajat sejak tarif baru Commuter Line diberlakukan, yakni Rp 2.000 untuk 5 stasiun pertama dan Rp 500 setiap 3 stasiun berikutnya mulai 1 Juli 2013.
"Jangankan memejamkan mata, mencari tempat untuk duduk dan untuk bergerak aja susah, saking penuh sesaknya penumpang di dalam gerbong. Ditambah lagi copet mulai berkeliaran di dalam gerbong," tulis dia.
Turunnya tarif KRL karena subsidi pemerintah pasca kenaikan harga BBM ini tentunya patut disyukuri. Dampaknya penumpang memang bertambah banyak dari biasanya.
Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa mengatakan kini ada 590 ribu penumpang per hari, padahal sebelum tarif progresif berlaku penumpang KRL hanya 460 ribu penumpang per hari.
PT KCJ juga akan mengantisipasi dengan mendatangkan 180 gerbong kereta dari Jepang. Tahap pertama, 30 gerbong, akan datang pada Agustus 2013.
Quote:
Original Posted By androctonus►iya gan.. gw Bogor Jakarta PP tiap hari..
gw seneng jadi murah gini.. lumayan buat nambah2 susu bayi..
tapi yang gw sayangkan adalah budaya tidak santun yang dibawa ke commuter (bukan bermaksud menyudutkan salah satu pihak ya)
ini beberapa hal yang gw rasain.
1. nahan pintu pas penuh.. jamannya masi 9rb sepenuh2 nya kereta orang tetep displin, berupaya pintu nya ditutup.
lha sekarang kalau penuh pintunya ditahan.. alesan macem2, begitu diingetin petugas KCJ penumpang yang nahan pintunya yang lebih galak.
2. teriak2 geje ngatain KCJ ga becus.. kasian juga security KCJ nya, nindak salah ga ditindak salah juga.
3. ceng2an antar temen yang sering gw liat di ekonomi, ada aja yg ngelakuin di commuter, masalahnya banyak yang risi terutama ibu2 or mbak2 muda yang ga biasa masa kericuhan seperti itu
4. karcis eko, naik commuter.
5. ngobrol ga pake filter volume. dulu lumayan bisa merem sebentar, sekarang merem ga bisa, sebelah berisik, nyender ga bisa
6. ngeceng in mbak2 cantik. sama kayak nomer 3. suka ada tu mas2 abis pulang kerja bareng2 ma temennya, pake acara manggil "eneng " sama mbak di sebelahnya. kan kasian mbak nya risih.
gw ga setuju klo KRL di kastain karena pada dasaar nya KRL adalah harus sebagai transportasi massal yang siapa saja dan kemana saja bisa naik dengan cepat dan murah. tapi mbok ya ditertibkan.
Security nya KCJ serba salah tu. ngomong tegas sama penumpang, malah disemprot balik ditantangin..
bar bar lah
nb : ga semua orang ya kayak ilustrasi gw di atas. tapi
ada 2-3 oknum yang melakukannya . yang menyebabkan kenyamanan bersama jadi menurun
Quote:
Original Posted By elschizo►mengingat dulu pas muda
ane jg pengguna moda transportasi yg sama
dari tebet smp stasiun UI
ane mau bagi tips nih buat agan2
kunci nikmat atau tidaknya kita selama perjalanan
bukan tergantung dr kondisi keretanya gan
tapi dari kemampuankita untuk bersyukur
keretanya penuh?
ane bersyukur berdiri dkt gadis manis
berdiri sebelah ibu2?
ane bersyukur, walopun sdh ga gadis
setidaknya masih wanita
berdiri sebelah bapak2?
ane bersyukur setidaknya tuh bapak2 udah mandi
berdiri sebelah orang blm mandi?
ane bersyukur tuh orang masih hidup
(coba udah mati, tambah bau kan)
berdiri di gerbong yg penuh banget?
ane bersyukur
mending rame daripada sendirian di gerbong
keretanya penuh bgt smp ga bisa masuk?
ane bersyukur krn ga perlu naik kereta itu
enak tho
hati penuh ketenangan, wajah rupawan, kekasihpun minta kelonan

Quote:
Original Posted By tolpak►ane pengguna CL gan tiap harinya..
Depok-Sudirman PP
Setuju ane klo balik ke sistem dulu..
ekonomi - Bisnis - Express
bukan masalah kasta atau diskriminasi gan..
kita dapet apa yang kita bayar..
mau cepet, nyaman, bayar mahal
mau biasa, nyaman, bayar agak murah
mau ala kadarnya, bayar murah
bayangin aja gan..
dulu depok-sudirman express cuma 30menit paling lambat 45menit
CL berenti di tiap stasiun..45menit paling lambat 60menit..separah2nya 1 jam 30 menit..
sekarang ??? murah sihh..tapi masa dari depok ke sudirman minimal 1 jam..itu juga udah sukur banget bisa 1 jam..
kalau terlambat..
Petugas stasiun hanya bilang maaf, karna bla bla bla
lahh kita bilang ke atasan gmn ?? maaf boss..kereta gangguan..
ntar atasan bilang.. maaf mas..uang transport&makan saya potong gara2 kereta gangguan..hahaha
Quote:
Original Posted By Quncoenks►
dan gw salut sama penumpang kereta ekonomi, rasa empatinya sangat tinggi. biasanya duduknya bergantian

. jd yg duduk gak selalu duduk dan yg berdiri gak selalu berdiri.
tp klo di CL /ekpres orangnya egois. bodo amat liat orang lain. yg penting diri sendiri nyaman. peduli amat liat ibu ibu berdiri. yg penting bisa tiduuuur

untung aja di CL masih ada temapat duduk prioritas, klo ga ada bisa tau deh kaya gmn
Quote:
Original Posted By wackygirl►Kalo boleh sharing gan, ane agak-agak ngerti transportasi..
Menurut ane mindsetnya sih gan adalah bagaimana yang dari motor dan mobil pindah ke kereta yang notabene transportasi publik dan massal. Perusahaan kasih service massal ya sama rata ke semua. Gak ada perbedaan.
Memang sih ada harga ada barang. Tapi prinsip ini musti disingkirkan gan. Kenapa?
Jadi kalau ada kereta ekonomi-ekspress, biasanya kan kereta ekonomi harus nungguin kereta ekspress kalau mau lewat. Udah gitu yang keangkut dikit gan sama eskpress.
Kalo diubah kayak sekarang ini, jadinya kereta bisa berhenti di setiap stasiun kayak di luar negeri, gak tunggu2an kereta lagi sama muatan lebih banyak gan.
Sekarang tinggal berdoa aja tuh 30 gerbong beneran dateng Agustus 2013 gan.. Kalo gak salah mau sampe 100 gerbong gan didatengin.. biar gak sumpek kayak sekarang..
Trus di beberapa titik sudah ada yg jarak antar kereta ada yang sudah 3 menit. Ane gak kebayang gan itu jalan yang dilewatin rel kereta buka tutup tiap 3 menit.
Negara kagak impor besin gede-gedean lagi deh karena pindah ke kereta semua.
Ane pengguna dari CL dari Klender Baru - Juanda gan kebetulan.. Kalo dari arah2 Bekasi orang-orangnya lumayan gak aneh-aneh (kayak ngecengin dll)
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/24/135717/2312930/10/ini-gerbong-krl-commuter-line-sebelum-dan-sesudah-tarif-turun?9922022"]sources[/URL]