Hal-hal yang membuat macet kota SOLO..Kota Agan gmana??
TS
nur.david
Hal-hal yang membuat macet kota SOLO..Kota Agan gmana??
SELAMAT DATANG DI THREAD ANE GAN!!
Langsung aja gan...
bukti no repost karna ini hasil tulisan ane sendiri (maaf lo gak kliatan):
Spoiler for no repost:
meskipun ane gak tinggal di Kota SOLO (SURAKARTA HADININGRAT) tapi mobilitas sehari2 ane ya di kota ini... dan menurut pengamatan ane ni beberapa hal yang bikin kota ini macet meskipun belum seperti macet nya kota Jakarta.
Quote:
1. Banyak plat luar kota
Spoiler for 1.:
Banyaknya kendaraan dari luar kota yang masuk ke solo memang membuat kita warga solo bangga karna kota solo menjadi pusat dan tujuan untuk banyak hal semisal tujuan bisnis, tujuan wisata, tujuan pendidikan, tujuan kuliner dll. Tapi dalam hal ini kendaraan dari luar kota juga menjadi biang kemacetan misalnya karna belum paham situasi dan kondisi kota solo sehingga banyak yang jalan pelan atau malah melanggar rambu lalu lintas dan tak banyak juga yang merasa jalanan kota solo layaknya jalanan dikotanya yang tidak macet, tancap gas sana sini. Atau karna dikota nya jalanan super macet dan merasakan kota solo yang asri ini tidak begitu macet maka mereka merasa nyaman untuk salip sana salip sini seperti keadaan macet.
Quote:
2. Banyak orang sudah pada hilang kesabaran
Spoiler for klick:
Spoiler for 2.:
Orang solo terkenal keramahan dan kesabarannya, memang betul tapi akhir2 ini mungkin kesabaran orang solo sedang diuji sehingga banyak yang masih bertahan dengan kesabarannyya. Namun juga banyak yang hilang kesabarannya. Sehingga menghalalkan banyak cara untuk sampai ketempat tujuan. Dari yang menerobos lampu merah hingga yang melanggar batas gari lurus ketika di perempatan atau perlintasan kereta. Dan yang paling membuat macet adalah yang berada disisi kanan ketika palang kereta tertutup (pada nyadar gak sih kalo kalian biang kemacetan??)
Quote:
3. Banyak perlintasan kereta api dan padatnya jalur kereta
Spoiler for 3.:
Solo memang pusat dari transportasi. Dalam artian menjadi penghubung antara 4 penjuru arah, baik transportasi bus ataupun kereta. Sehingga rel kereta terbentang panjang dan berada disetiap ruas jalan di kota Solo ini. Dan banyaknya jadwal kereta dari pagi hingga pagi lagi membuat kerja palang pintu perlintasan kereta api tidak dapat beristirahat lama. Agan tau sendiri kan berapa lama lo palang kereta api dah nutup, dan bakal seberapa panjang yang antri jika pas jam sibuk.
Quote:
4. Lamanya lampu rambu lalulintas dan kurang teratur
Spoiler for 4.:
Dikota Solo lampu merahnya sepengamatan ane sih paling lama 80 detik, lo dikota lain ada yang ampe 100 lebih sih ya. Tapi dalam hal ini pengamatan ane di kota solo pengaturannya masih banyak yang kurang tepat. Semisal jalur yang rame dapat hijau cepat, sedangkan yang sepi dapat hijau lama(tapi gak semua lho). Dan ada beberapa persimpangan yang diatur dua arah sama2 hijau padahal di 4 persimpangan, jadi agak ruwet lo mau belok ke kakan.
Quote:
5. Banyaknya persimpangan padat yang tak ada APILL nya
Spoiler for 5.:
Masih banyak persimpangan padat dikota solo yang belum ada APILL nya. Meskipun sebenarnya APILL juga sebagai penyumbang kemacetan namun faktanya banyak persimpangan yang tidak ada APILL nya membuat kemacetan yang cukup parah, contohnya dibundaran Manahan dan bundaran tipes. Terjadi karena tidak ada yang mau mengalah antar pengguna jalan sehingga menyebabkan jalur skakmat (bahasa Ts sendiri yang bisa dipahami gak bisa gerak sama sekali karena saling cros)
Quote:
6. Becak dan sepeda (bukan termasuk kendaraan bermotor)
Spoiler for 6.:
Budaya yang masih dijunjung ama masyarakat solo adalah bersepeda dan menggunakan model transportasi tradisional ramah lingkungan (red; becak roda tiga). Meskipun ramah lingkungan ternyata juga bisa menyebabkan kemacetan. Agan-agan pasti tau kan kecepatan yang bisa ditempuh si transportasi traditional ini?? Bagaimana perasaan agan jika berada di belakang kendaraan yang satu ini. Belum lagi dengan barang bawaan yang melebihi kapasitas (sayang tidak ada uji KIR mengenai bebang yang bisa dibawa). Dan juga banyak becak dan sepeda yang kebal dengan rambu-rambu lalu lintas, semisal menerobos perboden(dilarang melintas/satu arah)
Quote:
7. Pertambahan sepeda montor dan mobil
Spoiler for 7.:
Banyak yang sudah meniliti bahwa pertambahan kendaraan bermotor di Indonesia sudah mencapai tingkat kritis. Apalagi di kota Solo, yuks ane ajak berhitung-hitung yuks. Semisal tiap dealer montor ngluarin montor sehari 1, dan dealer montor di solo ada 50 maka tiap hari keluar montor 50. Lo sebulan berarti 1500 montor (masih perkiraan ya). Banyak kali ya, makanya jadi makin padat aja nih kota Solo.
Quote:
8. Banyak parkir yang menggunakan bahu jalan
Spoiler for klick:
Spoiler for 8.:
Fenomena yang sama pada setiap kota yaitu penggunaan parkir dibahu jalan. Memang sulit mengatasi hal ini karna perkembangan tata kota yang kurang menyediakan lahan parkir yang memadai tidak pada bahu jalan. Dikota solo hampir semua ruas jalan pasti ada parkir di bahu jalan yang mengurangi jalan yang seharusnya bisa digunakan untuk lalulintas seperti di sepanjang Nonongan.
Quote:
9. Banyak masyarakat yang belum dapat menggunakan kendaraan umum secara maksimal
Spoiler for 9.:
Transportasi umum yang diberikan oleh pihak pemkot ane rasa sudah memadai. Bus Batik Solo Trans dan bus-bus armada yang lain ane lihat masih layak dan memadai, akan tetapi masih sedikit yang mau menggunakannya. Masih terbatas pada anak sekolah, mahasiswa, sedikit pegawai kantoran dan para wirausaha. Dimana sebenarnya alat transportasi yang sudah disediakan benar-benar bisa untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya. Namun apa dikata jika para masyarakat masih belum bisa menggunakan secara maksimal.
Quote:
10. Banyaknya armada taksi di kota yang kecil ini
Spoiler for 10.:
Perkembangan transportasi di kota Solo memang pesat, sehingga membuat para wirausahawan ingin masuk di bidang transportasi salah satu nya penyedia jasa taksi. Model transportasi Taksi memang membantu masyarakat yang membutuh kan transportasi yang nyaman,private dan sedikit eklusif. Akan tetapi menurut pengalaman pribadi TS dan mungkin juga dirasakan oleh agan2 yang lain yaitu banyak pengemudi taksi yang kejar setoran sehingga harus kepot sana kepot sini. Lalu membuat lahan parkir sendiri yang menggunakan bahu jalan layaknya tanahnya sendiri dengan menancapkan tanda, dan lain sebagainya.
Sebenarnya masih banyak faktor2 lain yang menyebabkan kemacetan di Kota Solo. Mungkin ada agan2 yang mau menambahi ane ucapkan terimakasih..
Dan kalo ane ada salahnya ane mohon maaf, ditunggu kritikan yang membangun tentunya..
INI KOTA KU, GIMANA KOTA MU??bisa dishare disini dung..
tak lupa TS juga ucapkan untuk orang2 yang sudah berjiwa besar mengatur lalulintas kota solo..
yang pertama
Spoiler for bapak polisi:
dan saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada para relawan pengatur lalu lintas di kota solo yang tergabung dalam SUPELTAS
Spoiler for supeltas:
supeltasnya asli tapi cuma fotonya yang agak unik
SAFETY RIDER n WOLES AJA GAN
Sekalian buat persiapan agan/aganwati yang mau mudik ke SOLO
for tambahan dari agan2 asal SOLO..
Spoiler for agan2 asal SOLO:
Quote:
Original Posted By idasal2an►ane orang solo juga gan, tp menurut ane...gk separah jakarta gan....(sekarang ane di jakarta)....paling yang macet di purwosari ma nonongan doang kan...hehehe
Quote:
Original Posted By logicalerror►kakehan gali solonya gan, ormas yg jdi backing parkir liar semena", ormas sok nguasain solo.. nah parkir liar itu yg bkin macet.. ormas khamfret..!!
Quote:
Original Posted By ekohero►Ȋ̊γÿ̥γ̥ɑα̥α̊. Gan. Bener ߪnget tuh yang ente paparkan.
Apalagi ∂ΐ palang kereta Joglo gan, itu yang ngatur buka tutupnya pintu perlintasan yang ngawur gan, masa kereta lewatnya masih 7 menitan(waktu berdasarkan estimasi ane pribadi gan :-D ),tp uda ditutup. Bikin macet parah gan.
Quote:
Original Posted By nugrozz84►Wah ini asal kampung halaman keluarga ane gan..solo ngangenin gan buat ane , btw TS sendiri solone pundi mas? Matur nuwun
Quote:
Original Posted By erjeel►Ane setuju bgt gan sama yg no. 10
Banyaknya taksi
Gileeee taksi dkota solo kayanya udah berlebihan..
Bahkan terus bertambah ampe skrg.
Kaya ga ada pemerintah yg ngatur batasannya aja. Tetep aja ijin keluar
Pdhl klo dliat2 jg blm bgitu butuh kota solo utk taksi sebanyak itu..
Ga kebayang solo 5thn kedepan
Perkembangan motor mobil tak terkontrol dan pelebaran jalan / fly over ga ada
Quote:
Original Posted By jayzdutt►Tiyang solo badhe komeng..kulo margi nipun nusukan,,inggih kulo setuju kalitan TS.. Solo sakniki Padet n Macet poll..apalagi nohh kawasan Ngemplak kalo sore.. Domisili ane sekarang Jogja
Quote:
Original Posted By cunako►kakean KIMCIL karo KONCIL sing ngepit gan
yang parah macetnya purwosari gan..terutama siang...
Quote:
Original Posted By gadiz►Macetnya cm daerah2 tertentu ae mas gan, daerah coyudan contone...soale jalannya kecil, kiri kanan dipake parkir, trus itu daerah perdagangan jadinya padeeeet poollll,
tp rumah ortuku bukan daerah macet, macetnya yen pas wayahe mudik lebaran, soalnya deket terminal bis sama stasiun hahahahah....pooool nyebelin liat bus ngantri masuk terminal heheeh
Tp hari2 biasa padat/macetnya masih cukup bisa ditoleransi.
Btw kalo masalah motor antri di sebelah kanan jalan di depan rel kereta sih wes biasa mas....ket mbiyen ngono kui kelakuane
Quote:
Original Posted By erl.angga►Yaa intinya gini..
Hampir di setiap kota dengan level 'Kota Besar', bisa dipastikan macet.
'Kota Besar' disini dalam artian administrasi sampai pada jumlah masyarakat (asli & pendatang) & kendaraan bermotor (mobil, motor, bus, dll).
'Kota Besar' tidak harus dengan peta geografis yang besar.
Ya contoh aja Solo & Denpasar, dan masih banyak lagi.
Solusinya beragam. Yang saat ini masih bisa dikejar adalah transportasi umum..
Yaa paling tidak sebelum menuju 'Metropolitan' (mungkin).
Masukan utk TS:
Thread-nya bagus.. Kalau bisa bahasa penulisannya juga bagus.. Biar sip!
Montor (Jawa) = mobil. Beda dengan motor. Kalau sepeda motor/motor = brompit/sepedah/uduk/dll (Jawa)
Supaya apa..? Supaya tidak membingungkan yang membaca..
Trus EYD nya juga sih.. Hehe..
Lanjut trus bikin thread bagus..
Ane mana sempet. Malah syukur-syukur bisa komen nih..
FYI, Ane 'berkiprah' di Solo juga.. Tapi rumah di pinggiran..
Quote:
Original Posted By satria.emo13►wah kota asal orang tua ane nih.
klo menurut ane Solo emang kota pariwisata sih gan.
klo dari pengamatan ane wisatawan pasti klo gak pergi ke jogja pasti ke Solo.
CMIWW.
kulinernya gak tahan.
bikin pengunjung pengen balik lagi kesini.
Quote:
Original Posted By AnAnRn►Wong Solo ane gan, Jembatan kandang sapi dari arah MJ-Nine setiap jam set.7 macetnya kaya dawet gan..
Buat agan-agan yang mau mudik ke kota Solo, untuk menghindari kemacetan arus lalin pada waktu mudik, bisa akses pantauan arus lalin live streaming DISINI