KASKUS

jkt-bali need help

Ane mau backpacekeran nih gan sama kawan naik mobil dengan tujuan jakarta-bali ane butuh info jalan , jam perjalanan dan total biaya yg harus dikeluarkan selama perjalanan saja tidak termasuk akomodasi makan & tempat singgah (hotel,dsb).

Mohon bantuannya gan terim makasih
agan mw lewat apa? udara apa darat?

klo lewat darat silakan ubek2 trit perjalanan kereta api.
ane bs ksh link cz pk hp
Quote:Original Posted By mochammadopop
agan mw lewat apa? udara apa darat?

klo lewat darat silakan ubek2 trit perjalanan kereta api.
ane bs ksh link cz pk hp


kan dia dah nulis pake mobil
Quote:Original Posted By vi_wi


kan dia dah nulis pake mobil


ups iye kelewatan baca nya
mmm berat kayaknya ne klobawa mobil,, mesti 2 orang yg bisa nyetir gan (minimal yak) lebih dr 2 lebih asik,,klo naek bis aja bisa 32jam tergantung jalan gan,, hahaha klo agan bisa ngimbangin kecepatan bis si segitu waktu temuhnya gan
rute tanya paman GPS aja gan udah lengkap
kalo backpacker bawa mobil jakarta bali , bali jakarta. belom di balinya muter2, bisa abis 1,5-2jt bensin doang. min 2 orang itu yg nyetir, kalo 1 sih ya wasalam. kalo villa ada di poppies 1 permalem 200rb udah ac kasur 2 tv, kalo jajan disana min bawa 1jt buat 3 hari per orang. pulangnya ke krisna jgn lupa oleh2 buat ane juga hahahaha
Quote:Original Posted By tukangkepo.
kalo backpacker bawa mobil jakarta bali , bali jakarta. belom di balinya muter2, bisa abis 1,5-2jt bensin doang. min 2 orang itu yg nyetir, kalo 1 sih ya wasalam. kalo villa ada di poppies 1 permalem 200rb udah ac kasur 2 tv, kalo jajan disana min bawa 1jt buat 3 hari per orang. pulangnya ke krisna jgn lupa oleh2 buat ane juga hahahaha


haha iy gan klo sopirnya 1org ma di bali nya gak jd jalan2 tp udah tepar,
menurut ane g recoment si gan ke bali bw mobil sendiri, tp klo umah niat bgt ya ane dukung aja dh
Kalo boleh ane berbagi saran, kebetulan ane sudah beberapa kali jadi pejalan Jakarta Bali - Jakarta menggunakan mobil pribadi. Memang menggunakan mobil pribadi, kita bisa fleksible dalam menentukan jam keberangkatan maupun berapa lama kita beristirahat. Kalau masalah capek sih relatif ya, karena pada dasarnya ane seneng nyetir, masih kuatlah nyetir 24 jam walau dengan beberapa kali istirahat.

* Untuk Rute jalan, Agan bisa lah ubek2 google Map (Jika tidak ada GPS) setting kota keberangkatan dan tujuan akhir, setelah itu tinggal print.

Ada dua rute yang bisa agan pilih. Rute 1, melewati Pantura Jawa dari Jakarta - Semarang - Surabaya - anyuwangi. Rute ini cenderung lurus-lurus saja, Jalannya relatif lebar, Penunjuk jalan sangat lengkap, SPBU, Restoran dan tempat istirahat sangat banyak bertebaran. Cuma kekurangannya, rute ini cenderung monoton, minim pemandangan alam, dan cuacanya cukup panas dan berdebu.

Rute ke 2 via Jalur Selatan Jawa, Jakarta - Bandung - Tasikmalaya - Purwokerto - Jogjakarta - Ngawi - Mojokerto - Situbondo - Banyuwangi. Rute ini cenderung lebih sempit jalannya, namun di dukung dengan suasana yang adem, banyak pohon. Cuma untuk SPBU, Restoran dan tempat istirahat tidak sebanyak jalur Pantura.

* Untuk mengemudi di jalur luar kota juga harus bisa meredam emosi dan managemen waktu yang baik, kalau tidak, justru akan cepat lelah. Di luar kota juga banyak driver2 alay yang asal bisa ngebut, nyalib sana-sini tapi gayanya sruntulan, belum lagi sopir2 bis bumel/ekonomi class yang naik turun penumpang seenaknya. gak beda lah sama angkot di Jkt. nah intinya, jaga emosi, jangan terpancing gaya pengemudi lain di jalan. jadikan keselamatan di jalan menjadi kebutuhan/prioritas nomor satu.

* Waktu tempuh saat ini rata-rata 30 jam - 35 jam. Tapi musim mudik 2011 kemarin, ane tembus 48 jam..

* Untuk biaya BBM, silahkan agan kalkulasi sendiri berdasarkan konsumsi BBM rata-rata mobil agan. jarak Jakarta - Denpasar itu 1.300 km. nah kalau konsumsi BBM mobil agan 1 Liter : 10 Km, jadi Jarak tempuh di bagi saja konsumsi BBM rata-rata di kalikan biaya BBM per liternya.

Ditambah nanti biaya Toll. kalau via Pantura akan melewati Toll Jkt - Cikampek, Tol Palimanan - Pejagan, Toll Semarang dan Toll Gresik - Gempol. dan nanti di tambah juga biaya penyebrangan menggunakan kapal Ferry. Saat ini biaya penyebrangan Rp. 124.000,- termasuk penumpang.

Demikian gan, semoga bisa membantu. Happy Traveling.

Untuk pantauan lalin, agan bisa mengikuti juga akun akun twitter kota
Bila ingin cari cari penginapan murah, mungkin bisa dibantu Om Jack, sila melipir kemari
Kalau ane sih lebih sering kalau jalan itu menumpang tidur di rumah teman, kosan teman satu jurusan, di emper minimarket dekat teman, atau di pantai bersama teman
Satu yang harus diperhatikan bila pusing pusing Bali dikala weekend adalah macet, semoga tak separah Bandung. Kalau beberapa tahun silam, ane sih pakai kereta eh sepeda motor

Semoga perjalanan menyenangkan, dan saya sarankan untuk masuk jalur Selatan saja meski sedikit rumit, karena gosip dari beberapa kawan komunitas bus, pantura sedang galau. Banyak perbaikan disana sini sehingga melahirkan kemacetan tak berujung

Akhir kata, selamat bersenang senang
gps udah sangat membantu .. lewat cianjur- bandung - sumedang - majalengka - cirebon ...blablabla pantura (tapi di beberapa spot misal brebes -tegal atau demak pati ) itu proyek abadi pantura ...tau sendirilah pemerintah kita gimana :

jadi siap2 macet lewat situ tpi overall kesananya lancar jaya. pakai gps sederhana lewat iphone /android juga sudah pasti kedetect .. estimasi waktu kayaknya hampir 30jam ..
baiknya emang gantian

untuk biaya . tergantung jenis mobilnya juga. tapi estimasi bensin 1jt lah untuk penyebrangan kalo gk salah 1 mobil 150rb jadi siap2 1,5jt aja buat jaga2 buat bensinnya untuk pergi doang
Bawa mobil kebali kira2 32 jam perjalanan tp mending nyantai aja, mampir jogja lanjut bali ...cost bensin tergantung mobil sm cara bawa pengemudi nya. Info nya disini

Jalan santai 3 HARI 2MALAM

Bulan lalu, sempat minta tolong 2 org driver bawain mobil dari JKT- BALI (biar bisa ganti2an). Mereka sih jalan santai aja mampir2 di bbrp kota buat istirahat. Total perjalanan mereka 3 hari 2 malam.
Biaya bensin yang mereka keluarkan sekitar Rp.900.000 (sblmnya jalan dengan kondisi bensin terisi setengah).
Biaya nyebrang dengan feri nya klo nga salah tuh Rp. 100,000 - 150,000.
Biaya tol juga ada tuh, sekitar Rp. 200.000 -an

Sebelum perjalan panjang gitu sih, ada baiknya servis mobil dulu gan. Karena beberapa kondisi jalanan nya krg bagus. Biar aman juga selama perjalanan, gan.

Semoga membantu!!

Holiday Bali

mending sewa mobil aza gan dsini sewa mobil 400rb udah plus driver bbm mobil agan tinggal duduk sante az start jam 8.30 - max jam 10 malem dah bsa puter" gak capek gak beresiko gan,,, more info daffabalitour@gmail.com
sewa avanza...mau irit sewa solar macam inova diesel...

rute bagus...jakarta-jogja (nginep 1 malam disana)
jogja-surabaya (nginep satu malam disana, sayang kalo gak mampir dolly)
surabaya-bali....
berangkat udah 4 hari 3 malam...