KASKUS

Tanah Abang: Kemarin dan Hari Ini - Sapa Bilang Tanah Abang Gak Bisa Tertib?

Quote:Pemandangan Jalan Kebon Jati Bersih dari PKL
Penulis : Alsadad Rudi Senin, 22 Juli 2013 | 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Kebon Jati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, biasanya sulit dilintasi kendaraan karena bejubelnya PKL yang berdagang di pinggir dan pembatas jalan. Namun, berkat penertiban arus lalu lintas dan pembersihan PKL, jalan tersebut bisa dilintasi dengan lega.

Pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan Senin (22/7/2013) ini mengharuskan Jalan Kebon Jati steril dari PKL. Hal itu karena di Jalan tersebut menjadi tempat perlintasan untuk kendaraan yang hendak masuk ke kawasan Pasar Tanah Abang maupun hendak mengarah ke stasiun Tanah Abang.

"Di luar faktor hujan, ini karena semalam sampai tadi subuh udah kita tertibkan. Kalau hari biasa, mereka (PKL) udah ramai banget jam segini," ujar salah seorang petugas Satpol PP Endi Suhendi saat ditemui di lokasi.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com hingga pukul 08.45 WIB, Jalan Kebon Jati masih steril dari PKL. Hal itu menyebabkan lalu lintas kendaraan dari arah Jalan KH Mas Mansyur lancar.

Mulai hari ini, seluruh kendaraan dari arah Pejompongan (selatan) yang hendak masuk ke kawasan Pasar Tanah Abang, harus melewati Jalan Kebon Jati. Sementara kendaraan dari arah Pejompongan yang hendak menuju Cideng (utara) maupun sebaliknya, wajib melewati terowongan Tanah Abang.

Keadaan tersebut menyebabkan tidak ada lagi kendaraan yang hendak mengarah ke Cideng namun melewati jalan atas (bukan melewati terowongan) dengan alasan singgah di Pasar Tanah Abang. Situasi lalu lintas di bawah jembatan penghubung pun lebih tertib.

sumber


Ini adalah Jl Kebon Jati kemarin². Lapak pedagang sampai di tengah jalan, bukan cuma trotoar




Keadaan hari ini Senin 22/07/13. teraaang dan lapaaang




Ternyata setelah sekian tahun akhirnya bisa ditertibkan juga, tanpa pentung², tanpa bakar², tanpa rusuh²
Semoga bisa dipertahankan karena pasti sangat sulit mempertahankan kondisi tertib spt ini. Butuh stamina extra dari semua aparat pemerintahan.
Kuatirnya besok pagi sudah balik kayak semula kalau petugas kurang waspada.

Ini prestasi Udar Pristono, Kadishub DKI yg jadi koordinator pembenahan arus lalin di Ps Minggu, Tenabang, Jatinegara, Ps Rebo dll.
Abis ini Pasar Gembrong yg akan digarap

@Pak Pristono, Pasar Proyek Bekasi kapan pak? Eh?

eh jadi HT ya? makasi dukungannya

emang penertiban skala besar spt ini tdk gampang. sore tadi sdh mulai ruwet lagi.
spt istilah Ahok "kayak Tom and Jerry" selalu kucing2an.
kuncinya hrs konsisten dan ada solusi menyeluruh yg lbh permanen.

Quote:Original Posted By riyojonas
kebetulan ane salah satu pedagang di pasar blok b tanah abang gan, emang pkl ini ngeganggu kenyamanan orang yang melintas. ane pribadi pun ngerasa keganggu, cuma kalo menurut ane masih kayak gini gak bakal beres gan. pkl gak dagang kalo ada petugas yang lagi patroli doang (senin-kamis) kalo petugasnya gak ada ya mereka dagang lagi (jumat - minggu). sistem kejar-kejaran pkl - satpol pp ini udah 2bulan kebelakang. bakal gak ada hasilnya kalo belom duduk sama sama omongin jalan keluar yang baiknya gimana, kalo kita ambil dari sudut pandang pedagang juga sebenernya kasian mereka gan.. udah jadi mata pencaharian dari dulu. bukanya ane belain ya, ane disini berusaha memposisikan diri dalam berbagai sudut pandang aja. nah makanya perlu banget buat musyawarah duduk sama sama secara baik baik dan omongin kelanjutanya gimana, petugas juga ga bisa maksain pkl buat pindah ke suatu tempat tanpa mereka fikirin dulu kondisi tempat yang bakal dijadiin tempat baru itu gimana. sekali lagi ini menurut pandangan ane yah, kan katanya kita bangsa indonesia masyarakatnya menjunjung tinggi musyawarah
soalnya ane juga gerah ngeliat kejar-kejaran pkl sama petugas gini, sampe taun kapan juga ga bakal selesai kalo gini gini terus. sementara ane sebagai pengguna jalan juga terganggu banget dan mendukung buat pembersihan jalan samping blok b ini (tentunya gak pake cara kejar-kejaran kayak sekarang)

sekian unek2 dari ane gan, cuma sekedar pendapat dari orang awam.
kalo gak berkenan jangan dimasukin hati
kalo berkenan TS taro pejwan


Quote:Original Posted By mulyadi247
sebelum ny ane ucpin slmet jd HT. ane kerja di daerh tn.abang gan. nyata ny ga lancar" amat kok. kalo para petugas udh ga ada di lokasi pasti bkal di penuhi pkl lagi. biasa ny ptugas brjaga sampe jam 1an sja. kalo udh jam pulang kantor tdk ada yg mengatur. kita tunggu saja 1-2minggu ke dpan. apa msh konsisten utk di tertibkan. kalo brkenan taro page one gan.
nanti ane update pakai foto.
ini mungkin sdkit gmbaran awal" tn.abg mulai di benahi.
http://m.kaskus.co.id/thread/519c61c...alamin-ini-gag


Quote:Original Posted By mulyadi247
ini update hr ini gan.
bolh taro page 1


Setuju!! Pasar Gembrong harus diberesin sama J@kowi tuh!!! Pokoknya kalo di Jakarta masih macet, jangan ngimpi taon depan nyapress ya Jok!!!

Pokoknya J@kowi nggak boleh nyapresss!!! Soalnya kalo Jo@kowi nyapress jago kita semua pasti bakalan keok ama dia!!!

buset sampe ke tengah jalan gitu?
untungnya sudah ditertibkan, semoga ga bandel lagi
Quote:Original Posted By rsryodongok
Setuju!! Pasar Gembrong harus diberesin sama J@kowi tuh!!! Pokoknya kalo di Jakarta masih macet, jangan ngimpi taon depan nyapress ya Jok!!!

Pokoknya J@kowi nggak boleh nyapresss!!! Soalnya kalo Jo@kowi nyapress jago kita semua pasti bakalan keok ama dia!!!



kenyataan memang pahit gan
pasar gembrong bukanya udah lebih dulu ya
jatinegara juga udah lumayan gak banyak ngedumel lagi
Kalo ada yg tereak2 Jokowow mendzolimi rakyat kecil yg berjualan, suruh aja semua jalanan Jakarta buat jualan.
Quote:Original Posted By SognBeg
pasar gembrong bukanya udah lebih dulu ya
jatinegara juga udah lumayan gak banyak ngedumel lagi


Jatinegara udah??? Kemarin sore gue ke sta. Jatinegara, tuh depan tasiun isinya masih lapak PKL semua cuy!! Jo#@kowi kerjanya ngapain aja tuch?!?!?! Pokoknya kalo di Jakarta masih ada PKL dagang sembarangan, jangan ngarep taon depan Jokowi nyapress deh cuy!!!
hmm gini ya ternyata kerjaan sepasang manusia yg dituding cuma bisa akan2 doang, bikin malu panasbung aja. sampe dibela2in jadi anak band
keep good work jokowi ahok
Kontras banget dan jalannya ternyata luas
ditunggu testimoni kaskusers yang lewat sana deh

Composting Toilet ala KIR SMAN 1 Garut, Air Hemat, Kompos Dapat

Quote:Original Posted By denmasparto
PKL nya sudah balik lagi. Belum ada sehari.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...mbali.ke.Jalan


Quote:Original Posted By HeiRn
Perasaan tadi pagi pas macet2nya + dingin2nya krn ujan, ane lewat jl Lontar Raya keluar di Jalan yg menuju tanah abang, banyak pedagangnya deh gan...


pada pake mobil apv/grandmax gitu mreka jualannya...
disisi kanan kiri jalan, jadi macet parah tuh pagi tadi....


ane heran kl agan TS bikin thread begini, beneran hari ini bukan tuh take photonya???

jgn2 photo pas abis digusur doank yak itu??


CMIIW


Quote:Original Posted By springfields
ane kantor seputaran tanah abang gan.. memang paginya kosong, tapi jam 10 an udah penuh lagih....


dah pada balik lagi
Satpol PP nya ada yang ngawasin dong, tim berdua atau bertiga pake shift
kalo ada mulai balik lagi, langsung telepon kantor pusat.
Jangan cuma dateng rombongan terus ditinggal

Testimoni yang kerja di Tanah Abang
Quote:Original Posted By riyojonas
kebetulan ane salah satu pedagang di pasar blok b tanah abang gan, emang pkl ini ngeganggu kenyamanan orang yang melintas. ane pribadi pun ngerasa keganggu, cuma kalo menurut ane masih kayak gini gak bakal beres gan. pkl gak dagang kalo ada petugas yang lagi patroli doang (senin-kamis) kalo petugasnya gak ada ya mereka dagang lagi (jumat - minggu). sistem kejar-kejaran pkl - satpol pp ini udah 2bulan kebelakang. bakal gak ada hasilnya kalo belom duduk sama sama omongin jalan keluar yang baiknya gimana, kalo kita ambil dari sudut pandang pedagang juga sebenernya kasian mereka gan.. udah jadi mata pencaharian dari dulu. bukanya ane belain ya, ane disini berusaha memposisikan diri dalam berbagai sudut pandang aja. nah makanya perlu banget buat musyawarah duduk sama sama secara baik baik dan omongin kelanjutanya gimana, petugas juga ga bisa maksain pkl buat pindah ke suatu tempat tanpa mereka fikirin dulu kondisi tempat yang bakal dijadiin tempat baru itu gimana. sekali lagi ini menurut pandangan ane yah, kan katanya kita bangsa indonesia masyarakatnya menjunjung tinggi musyawarah
soalnya ane juga gerah ngeliat kejar-kejaran pkl sama petugas gini, sampe taun kapan juga ga bakal selesai kalo gini gini terus. sementara ane sebagai pengguna jalan juga terganggu banget dan mendukung buat pembersihan jalan samping blok b ini (tentunya gak pake cara kejar-kejaran kayak sekarang)

sekian unek2 dari ane gan, cuma sekedar pendapat dari orang awam.
kalo gak berkenan jangan dimasukin hati
kalo berkenan TS taro pejwan


Quote:Original Posted By mulyadi247
sebelum ny ane ucpin slmet jd HT. ane kerja di daerh tn.abang gan. nyata ny ga lancar" amat kok. kalo para petugas udh ga ada di lokasi pasti bkal di penuhi pkl lagi. biasa ny ptugas brjaga sampe jam 1an sja. kalo udh jam pulang kantor tdk ada yg mengatur. kita tunggu saja 1-2minggu ke dpan. apa msh konsisten utk di tertibkan. kalo brkenan taro page one gan.
nanti ane update pakai foto.
ini mungkin sdkit gmbaran awal" tn.abg mulai di benahi.
http://m.kaskus.co.id/thread/519c61c...alamin-ini-gag


Yang lewat selagi lancar
Quote:Original Posted By WAMIN
gw juga tadi lewat situ gw pikir bakalan ribet neh eehhh lancarrr


Quote:Original Posted By Cynero
ane pagi dari kuningan mau ke tarakan lewat sini, emang sih lancar tp ya itu karena emang ujannya terus2 an

lusa ane kesana lagi , ane komen lagi dah

beda yah klo pemimpin yg ngatur org nya bersih
PKLnya boleh tertib, tapi angkotnya tetep aja amburadul, ngetem sampe 2 jam di tengah jalan tanpa rasa bersalah..


Quote:Original Posted By rsryodongok


Jatinegara udah??? Kemarin sore gue ke sta. Jatinegara, tuh depan tasiun isinya masih lapak PKL semua cuy!! Jo#@kowi kerjanya ngapain aja tuch?!?!?! Pokoknya kalo di Jakarta masih ada PKL dagang sembarangan, jangan ngarep taon depan Jokowi nyapress deh cuy!!!


kayaknya ente atut bener ya kalo pak jokowi nyapres??


Quote:Original Posted By SognBeg
pasar gembrong bukanya udah lebih dulu ya
jatinegara juga udah lumayan gak banyak ngedumel lagi


belum gan, cuma skrg agak mendingan krn jalur hijau kan dipersempit shg jalan dapat setengah lajur lagi, sama dikasih beton pemisah doang, tapi PKL masih di badan jalan, yg jual² mainan, karpet dll

Itu ditengarai PKL² yg dijalan itu sdh punya kios di dalam tapi dipakai buat gudang doang, lapaknya digelar di pinggir jalan.
Nantinya akan disorong masuk pasar semua



Rindu komentar penggemar nasi bungkus nih
sebentar lagi ada yg komen.

Foto bawah itu hoax! Itu pakai Photoshop!!



seneng kalo ngeliat semua tertib
semoga jakarta ga ada lagi pedagang kaki lima.. kalo merasa di tindas, ngapain ke jakarta? hidup sehat di kampung ga mau.. hidup gembel di jakarta ngusahin orang lain malah puas.. kalo mau dagang, sewa toko!!! kalo gak mampu, pulang kampung aja.. kalo kampungnya di jakarta, pindah ke kota lain...
mantaps

tanpa gedibag gedibug, tanpa rame2, tanpa berdarah2, masalah bisa di selesaikan...

lanjut ke pasar gembrong. hahay
Semoga saja bener adanya...
Dan Jaga dengan baik

Kalo Soal nyapres 2014 jangan dulu yah Pakde, Warga Jakarta Masih butuh Pakde
kita liat aja beberapa minggu ke depan. nanti kayak yang sudah sudah, PKL nyemut lagi di tengah jalan
hemmmm blok situ yang selalu bikin ane kaget...macetnya buset dah..waktu itu padaal jalan..banyak tukang palak anak sekolah..itu kejadian taon 99an lah..sekarang udah males banget lewat situ

kalo gawean pasti lewat blok A dari jembatan lima jarang banget dapet kesempatan nga macet, tapi nga separah blok 'setan' ntu.

sukur deh banyak yang mau "dipaksa" tertib!! ini baru jakarta baru
sedikit demi sedikit pemimpin jakarta sudah memperlihatkan hasil

sedikit-sedikit aja yang penting ada