KASKUS

Thumbs up Inilah Pertanyaan Jebakan Ketika Melamar Pekerjaan (Waspadalah)

Quote:

Quote:Ternyata, ketika kita melamar pekerjaan, kadang kita diberi pertanyaan-pertanyaan jebakan, diantaranya : Mengapa kami harus mempekerjakan Agan?, Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?, Apa kelemahan utama Agan?, dan masih banyak lagi. Supaya kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar, ane sarankan agan membaca thread ini.

Quote:1.Mengapa kami harus mempekerjakan Agan?

Ini peluang Agan untuk “menjual” diri Agan. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Agan miliki, kualifikasi Agan dan apa yang dapat Agan sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Agan miliki.



Quote:2.Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Agan mempersiapkan diri agan dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan. Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Agan untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Agan miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan


Quote:3. Apa kelemahan utama Agan?
Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Agan, tapi jangan lupa menjelaskan bagaimana Agan mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Agan memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Agan ambil. Hal ini memperlihatkan bahwa Agan memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaiki diri Agan.

Quote:4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?
Walaupun Agan berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Agan harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Agan memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Bila agan mengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apa-apa buat Agan


Quote:5. Bagaimana Agan mengatasi masalah?
Tidak mudah memberikan jawaban bila Agan mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Agan baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Agan dapat berpikir kritis dan mengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Agan hadapi, bahkan walaupun Agan tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Gambarkan langkah-langkah yang Agan lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Agan bertanggungjawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah.


Quote:6. Prestasi apa yang dibanggakan?
Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan. Walaupun Agan pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah, tetapi ini bukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan. Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan. Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana Agan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.


Quote:7. Berapa gaji yang Agan harapkan?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup.Yang perlu Agan lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar Agan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Agan terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu.


Quote:8. Bisa ceritakan mengenai diri Agan?
Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Agan bayangkan. Yang pasti Agan harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Agan lakukan di akhir pekan ataupun dari daerah mana Agan berasal. Pewawancara berusaha mengetahui Agan secara profesional. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Agan, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Agan dan tetap konsisten. Rangkum jawaban Agan dengan mengungkapkan keinginan Agan sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Agan pada pembicaraan yang memperlihatkan kualifikasi Agan.


UPDATEE

Quote:9. Dari resume dan riwayat hidup anda, kami rasa anda jauh berpengalaman untuk pekerjaan ini.

Pertanyaan ini tentunya akan mengangkat perasaan Agan setinggi awan. Namun ingat, ini adalah jebakan. Pewawancara ingin tahu seberapa besar Agan mampu mengendalikan diri dan berpikir logis saat mendapat pertanyaan seperti ini.

Jawablah dengan rendah hati dan percaya diri bahwa Agan juga manusia yang ingin mengenal lebih dekat perusahaan itu sebelum bekerja secara efisien di tingkat lebih tinggi.

Dengan kata lain, Agan ingin mengatakan sesuatu seperti ini: “aku butuh apresiasi lebih tinggi jika dirasa kontribusiku maksimal” Namun jangan katakan itu secara langsung, gunakan makna tersirat saja dengan mengemukakan keinginan Agan untuk tertantang bekerja di tingkat lebih tinggi demi tercapainya target bersama



Quote:10.Apakah Anda bersedia bekerja lembur?

Tips menjawab pertanyaan: Pertanyaan ini merupakan pertanyaan jebakan saat wawancara kerja. Karena pasti tidak ada karyawan yang senang bekerja lembur. begitu juga dengan perusahaan, tidak ada perusahaan juga yang dengan rela membiarkan karyawannya bekerja lembur terus menerus karena lembur merupakan salah satu indikasi adanya ketidak efisienan kerja para karyawan. Oleh karena itu, kita harus bisa menjawab secara diplomatis seperti ini: "kalau memang pekerjaan belum selesai saat jam pulang padahal saya sudah berusaha maksimal, maka saya tidak keberatan untuk bekerja lembur. Namun saya lebih senang bila pekerjaan saya bisa selesai tepat waktu"


Quote:11. Apa target Anda dalam 5 tahun mendatang?

Tips menjawab pertanyaan: Bentuk lain dari pertanyaan ini adalah "Apa Tujuan Kamu ke Depannya?" Ini adalah salah satu pertanyaan untuk menilai tingkat komitmen Agan atas pekerjaan Agan. Alasan lain dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah Agan adalah orang yang mempunyai tujuan. Jawaban Agan sebaiknya adalah jawaban yang dapat membuat interviewer berpikir bahwa tujuan Agan juga melibatkan pekerjaan terkait dalam jalur karir Agan. Jawaban yang memberikan tujuan jangka panjang akan memberikan kesan bahwa Agan adalah orang yang memiliki motivasi dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, Agan mungkin harus melakukan instropeksi terlebih dahulu atas keinginan Agan dan membandingkannya dengan pekerjaan terkait.


Quote:
Spoiler for Pesan TS:


Quote:Dengan begini berakhirlah Thread ane yang sederhana ini. Ane harap bisa berguna bagi ente-ente yang sedang kesulitan mencari kerja.



Quote:
Spoiler for JANGAN LUPA !:


Spoiler for emberr:


Spoiler for Komentar Pilihan TS:

Pertamax Diamankan Dari TS dan Momod 10062013~

Wahhh bagus banget gan .. Pantes jadi HT neh

Btw ane masih 3 SMP ... Ane Bookmark yah siapa tau ntar berguna bagi ane di masa depan

Btw ane Pertamax




===================================================
: Original Post By
© 2010 — 2013 BryanSnT20 All rights reserved.

#Follow @BryanBMC20


Quote:Original Posted By bryansnt20
Wahhh bagus banget gan .. Pantes jadi HT neh

Btw ane masih 3 SMP ... Ane Bookmark yah siapa tau ntar berguna bagi ane di masa depan

Btw ane Pertamax




===================================================
: Original Post By
© 2010 — 2013 BryanSnT20 All rights reserved.

#Follow @BryanBMC20




TQ gan :rate ya
tinggal jejak gan,,
btw nice info, siapa tau suatu saat berguna buat ane..
Quote:Original Posted By raxaerdees
tinggal jejak gan,,
btw nice info, siapa tau suatu saat berguna buat ane..


oke gan semoga bermanfaat
ninggalin jejak di pejwan btw ane blum kerja
nice info gan
btw ane masih baru masuk sma gan, belum kerja
Quote:Original Posted By AlwanPointBlank
ninggalin jejak di pejwan btw ane blum kerja


kali aja bermanfaat buat engkong atau tetangga atau saudara ente. Btw bantu yak
nice trit ngan..rate deh
Quote:Original Posted By MAF1998
nice info gan
btw ane masih baru masuk sma gan, belum kerja


bekal untuk hari esok gan bantu
Quote:Original Posted By derixen
nice trit ngan..rate deh


makasih gan semoga bermanfaat
thanks infonya gan..


sangat membantu nih..
bwt orang yg ngadepin wawancara..
biar ga grogi..
thanks gan, bisa jadi bahan pertimbangan ane nih kalo mau lamar kerja
Quote:Original Posted By togie.p
thanks infonya gan..


sangat membantu nih..
bwt orang yg ngadepin wawancara..
biar ga grogi..


makasih gan semoga bermanfaat bantu ya :sudulgans
berguna ni gan...buat yg lagi nyari kerja
ane juga dulu sering gagal mungkin gara2 salah jawab pertanyaan2 itu
Quote:Original Posted By r1znadi
berguna ni gan...buat yg lagi nyari kerja
ane juga dulu sering gagal mungkin gara2 salah jawab pertanyaan2 itu


yoi gan TQ ye
wah bermanfaat gan
jd inget, ane dulu paling seneng kl ada penerimaan karyawan.
paling seneng interview orang, ada2 aja jawaban mereka
wahh ini pertanyaan umum kalo mau masuk organisasi di kampus ane gan, aktivis/organisatoris kampus pasti akrab sama pertanyaan ini
bener-bener dah kalo ngadeppin hrd mending ngadepin user and ditanya pengalaman dari pada ngadeppin hrd bahasanye sih santai and ngajak ngobrol tapi pertanyaannye ngejebak semuah. kepancing untuk curhat dikiit aje udah deh susah ngebenerinnye and akhirnye ente gagap...