KazumenashiAvatar border
TS
Kazumenashi
Suka duka MMORPG : Pengulangan Quest yang menyebalkan
Waktu dulu,saya ini termasuk tipe yang rajin menyelesaikan quest saat bermain RPG dan MMORPG.
Pokoknya hati rasanya kurang tenang jika melihat quest yang ketinggalan saya ambil,atau NPC menawarkan sebuah quest baru. Tetapi sistem quest ini bisa membuat saya makin frustasi dan pusing.Bukan karena questnya yang susah, tapi karena saya harus bolak-balik untuk melakukan kegiatan berulang-ulang kali demi menyelesaikan sebuah quest. Sungguh merepotkan !

Iya. Masih banyak game RPG/MMORPG yang mewajibkan pemainnya untuk mengambil quest di NPC A, mengalahkan monster di map X, lalu kembali ke NPC A lagi, dan degitu seterusnya. Kadang, yang membuat saya begitu frustasi adalah jumlah item yang dituntut oleh NPC. Jumlahnya itu lho! Tidak manusiawi!

Selain itu, hal lainnya yang bisa membuat saya keki adalah masalah jarak. Okelah, masih saya masih fine jika lokasi NPC A berada di map yang sama dengan map monster, tapi biasanya tidak selalu begitu. Well, NPC A berada di kota Z, yang notabene jauuuh sekali letaknya dari map X. Arghhh




Serasa belum cukup ngebully saya, NPC A lalu meminta saya untuk mengalahkan monster di map X kembali, karena katanya ‘wah, aku butuh item lagi nih. Kamu ngehunt sana yah, dadah!’ Ya sudah, saya terpaksa kembali lagi ke map X yang jauh sekali letaknya itu, lalu ‘ngelapor’ lagi ke NPC A. Fuh, bolak-balik terus !! emoticon-Berduka (S)



Oke. Tipe lain dari quest yang bisa membuat saya frustasi adalah saat harus ‘memyampaikan pesan’ ke NPC lainnya. Begini ceritanya, misalnya NPC A meminta saya untuk mengirimkan surat ke NPC B, yang tinggal di kota W. Sayangnya kota W itu letaknya jauh sekali dari kota Z, sehingga saya harus menempuh perjalanan panjang, atau menghabiskan uang hanya untuk teleport. Yang lebih membuat keki adalah, jika NPC B meminta saya untuk mengirimkan surat balasannya ke NPC A lagi. Grrrrrrrrrrrrrrroar!emoticon-Mad (S)
Lalu bagaimana?
Quest seperti itu familiar untuk kalian? Well, quest sejenis seperti ini masih lazim ditemui dalam beragam RPG dan MMORPG. Memang sih, questnya tidak sesusah memecahkan puzzle seperti di Golden Age atau seri Zelda, tapi tetap saja menyebalkan. Bahkan tidak sedikit pemain yang mencibir developer yang masih menerapkan quest macam seperti itu di game mereka. apalagi quest itu dituding tidak memiliki ‘makna’ apa2, selain merepotkan saja.(ga semua game lho ya)
Well walaupun NPC kadang memberikan dialog saat quest diberikan, namun dialog itu tidak teralu menolong dan tidak teralu penting. Kebanyakan pemain MMORPG tidak suka membaca dialog itu, langsung skip percakapannya, cukup lapor, dapat reward, dan selesai. Well, tapi saya sadar bahwa ada beberapa MMORPG yang memiliki quest dengan storyline kuat, tetapi sayangnya beberapa judul yang lain sih tidak seperti itu.



Walaupun ada auto tracking, yang membuat karakter kita berjalan otomatis ke lokasi quest, namun hal itu tetap membuang-buang waktu. Mengapa developer tidak mengembangkn fitur ‘auto quest’, yang dapat menyelesaikan quest ecek-ecek seperti contoh di atas, dengan bantuan sekali klik saja? Hal itu pasti mempermudah hidup saya di jagad RPG/MMORPG.
Apakah mungkin kini saatnya Developer mengembangkan tipe quest baru yang berbeda? Apakah pemain tidak bosan terus menerus harus disuruh membunuh monster dan mengumpulkan item hingga sekian lusin, lalu lapor ke NPC, dan begitu seterusnya, sedangkan mereka tidak mengerti esensi dari quest yang mereka lakukan itu? Hmm, mungkin jenis quest berbentuk puzzle yang sering muncul dalam game RPG, bisa dijadikan alternatif baru.

Suka Duka agan main RPG/MMORPG apa aja sih?sharing yah

Sumbernya
Diubah oleh Kazumenashi 21-07-2013 03:28
0
1.8K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan