KASKUS

Ternyata Odong Odong Berjasa Melestarikan Lagu Anak-Anak

Thread Pertama Ane Gan
Spoiler for Thx ya mod HT pertama ane:

Spoiler for Di Bantu Ya:


Odong Odong Itulah Nama Permainan Anak Anak Negri Ini


Semangat Nasionalisme memang selalu datang dari bawah, dari rakyat. Dari jaman merebut kemerdekaan sampai jaman milenium sekarangpun tetap terbukti bahwa nasionalisme itu datang dari rakyat. Salah satunya adalah berasal dari hiburan rakyat kecil yaitu odong-odong. Kenapa odong-odong? ya odong-odong itu mengangkat semangat nasionalisme melalui lagu anak Indonesia yang disetel sepanjang sewa.

Sulit mendengar lagu anak Indonesia di jaman ini. Ketika melihat TV, dengar radio atau internetpun, tidak pernah lewat lantunan lagu anak. Entah sumber-sumber media seperti itu, mungkin sudah termakan bisnis dan keuntungan yang berlipat, sehingga lagu anak Indonesiapun tidak tertayang, ga laku. Ketika berjalan ke tempat umumpun termasuk tempat bermain anak-anak di mall, tidak terdengar lantunanya, yang terdengar lebih banyak lagu anak asing dan lagu dewasa.

Ya, jika kita ke tempat bermain anak di mall, dimana banyak beragam fasilitas bermainnya, anda akan mendengar banyak lantunan lagu anak barat, atau biasa sidebut Nursery Rhymes seperti Old McDonald, Humty Dumty, Mary Had a little Lamb, atau Old King Cole, dan masih banyak lagi, memenuhi ruang bermain. Belum lagi-lagu-lagu dewasa yang bernada hentak di tempat bermain itu. Ironis memang, ketika kita ingin anak kita mengenal asalnya sendiri, malah disuguhi lagu import.

Odong-odong, sebagai suatu hiburan rakyat bagi anak-anak yang berkeliling dari satu-gang ke gang lainnya memberikan suguhan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan bangsa. Hampir beragam odong-odong, mulai dari odong-odong mobil sampai yang kayuh, menyajikan lantunan lagu-lagu rakyat anak, seperti sapu tangan, menanam jagung, bintang kecil, ambilkan bulan bu, aku seorang kapiten, bangun tidur, dan masih banyak lagi. Dengan pemutar kaset sederhana dan pegeras suara aktif yang murah mereka menyuarakan dan melestarikan lagu itu tanpa kenal lelah, jika aki habis, merekapun dengan cepat mengecasnya lagi.

Semangat para penjasa odong-odong ini patut ditiru dan diacungi jempol terutama dalam usaha melestarikan lagu anak Indonesia, yang makin lama, makin sayup sayup terdengarnya. Jangan sampai penerus kita di masa depan hanya dapat mendengarnya di museum saja. Usaha dari para penjasa odong-odong harus dibantu dan didukung penuh, agar lantunan lagu anak Indonesia tetap terdengar keras di semua belahan bumi pertiwi ini.

sumber

Ternyata Odong Odong bermanfaat bagi Anak Anak Indonesia dan berjasa bagi negara karena telah membantu melestarikan lagu anak2 indonesia yang tidak lagi terdengar

tapi di lain sisi perkerjaan ini banyak di kucilkan sebagian orang
semangat terus bagi tukang Odong Odong selain kau mencari nafkah untuk anak dan istri engkau juga berjasa bagi negara

sekian dari ane gan semoga bermanfaat thread ane ini
Terima Kasih Buat Agan-Agan Yang Udah Mampir Ke Thread Ane

Spoiler for tambahan dari agan2 :

Spoiler for Ane Gak nolak Gan Dikasih Ijo2:


Spoiler for thanks ya gan udah mau berbagi cendol sama ane :

bener gan soalnya skr semuanya lagu band
Quote:Original Posted By raja***forbidden***cendol
bener gan soalnya skr semuanya lagu band


Iya Gan skrang anak2 nyanyinya lagu cinta2an gan
sekalinya anak2 it jga demi uang dan acara televisi
odong-odong harus dikasih rewarding nih kayaknya
ya biar lestari lagu anak-anak , jangan ntar lagu anak-anak di geser sama lagu cinta koplonya cowboy junior ye kan

skalian bantu rate threadnya gan
Quote:Original Posted By soulLinkz
ya biar lestari lagu anak-anak , jangan ntar lagu anak-anak di geser sama lagu cinta koplonya cowboy junior ye kan

skalian bantu rate threadnya gan


waduh jangan sampai gan ngeri dah kalo di geser lagunya CJr, ntar jadi maho + allay semua donk generasi penerus bangsa
rata rata lagunya ga nahan
kbnyakan dangdut koplo
lagu anak anaknya dikit
bener gan ane setuju...
waktu jaman ane kecil...
ane sering nyanyi lagu ank kecil...
sekarang boro'
lagu tema dewasa bocah pada nyanyi
Quote:Original Posted By B3H3M0T
rata rata lagunya ga nahan
kbnyakan dangdut koplo
lagu anak anaknya dikit


kasian bener tempat ente gan,,
di tempat ane isinya masih lagu anak" semua
bocah aja skrnf malah apalan lagu anak bend apa lagi jeketiempatlapan
parah dah
wah iya gan ,, sering banget muterin lagu anak2
Quote:Original Posted By beatlicious
odong-odong harus dikasih rewarding nih kayaknya

wah boleh tuh ide agan tapi siapa yg mau ngadain

Quote:Original Posted By B3H3M0T
rata rata lagunya ga nahan
kbnyakan dangdut koplo
lagu anak anaknya dikit

hahahaha agan tw aj

Quote:Original Posted By jetamie
bener gan ane setuju...
waktu jaman ane kecil...
ane sering nyanyi lagu ank kecil...
sekarang boro'
lagu tema dewasa bocah pada nyanyi

wah bner gan skrang jarang ane liat anak kecil nyanyi lagu anak2
ente tw aje gan Quote:Original Posted By A.R.P
bocah aja skrnf malah apalan lagu anak bend apa lagi jeketiempatlapan
parah dah


setuju gaann..

sisi positif yang diberikan odong2 untuk mempromosikan lagu2 anak tempo doeloe..
tiap weekend pagi tuh alarm ane gan tukang odong2, udah ada suara dia berarti udah jam 7, ontime abangnya, paling meleset 5 menit wkwkwkwk.. maklum rumah ane di depan pasar, hehehehe... bagusnya tukang odong2 yang ini pure lagu anak2, kaga ada campuran dangdut koplo atau yang lain2,,

Selain odong2, mainan koin yang suka ada di depan indomart/alfamart juga lagunya lagu anak2 gan.. gak semua sih, kadang campur sama nursery rhyme, cuma ya lumayan ada gan.
semua pekerjaan memang ada sisi positifnya ya gan walaupun hanya pekerjaan sepeleQuote:Original Posted By nouZred
setuju gaann..

sisi positif yang diberikan odong2 untuk mempromosikan lagu2 anak tempo doeloe..


emangnya semua odong2 pasti pake musik gan ??
kayanya ada yg tanpa musik tuh
ane pernah suru tukang odong" puterin lagu di flasdisk ane
tu tukang odong" kaget lagunya keras semua
bener banget nt gan, secara ga langsung iya soalnya yg di tipi anak2 pun udah jadi boyband
Quote:Original Posted By H.103
tiap weekend pagi tuh alarm ane gan tukang odong2, udah ada suara dia berarti udah jam 7, ontime abangnya, paling meleset 5 menit wkwkwkwk.. maklum rumah ane di depan pasar, hehehehe... bagusnya tukang odong2 yang ini pure lagu anak2, kaga ada campuran dangdut koplo atau yang lain2,,

Selain odong2, mainan koin yang suka ada di depan indomart/alfamart juga lagunya lagu anak2 gan.. gak semua sih, kadang campur sama nursery rhyme, cuma ya lumayan ada gan.

wakakakakaak ternyata ada lagi kelebihannya membangunkan orang tidur ya lumayan lah gan walaupun cman dkt dri pda tidak sama sekali it jga masih ad yg perduli