- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!


TS
rip48
[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!

kota-kota yang sudahmembangun MRT di kawasan ASIA , Jakarta belom ditandai gan.. memalukan...
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/16/4947576_20130716101646.gif)
MRT adalah Mass Rapid Transport yaitu sebuah jalur rel penumpang listrik di wilayah dalam kota dengan kapasitas dan frekuensi yang tinggi, dan pemisahan jalur dari sistem transportasi lainnya. Sistem angkutan cepat umumnya ditempatkan di terowongan bawah tanah atau rel melayang yang berada di atas tanah. Di luar wilayah perkotaan, jalur angkutan cepat mungkin dibuka di permukaan tanah dengan jalur terpisah. Layanan dalam sistem angkutan cepat disediakan dalam jalur khusus antara stasiun angkutan cepat menggunakan kereta rel listrik dalam sebuah rel, meskipun beberapa sistem menggunakan roda karet pemandu, penggerak magnetik, atau monorel. Umumnya sistem ini terintegrasi dengan transportasi publik lainnya dan seringkali dioperasikan oleh otoritas transportasi publik yang sama. Angkutan cepat memiliki kapasitas yang lebih besar dan lebih cepat dibandingkan dengan trem atau kereta api ringan, namun tidak secepat dan sejauh kereta api komuter. Sistem ini masih belum terkalahkan dalam kemampuan mengangkut sejumlah besar orang secara cepat dalam jarak yang pendek dengan sedikit tanah yang digunakan.
MRT sudah tak asing di beberapa negara Asia Tenggara. Moda transportasi ini menjadi pilihan yang sangat baik guna memberikan pilihan kepada masyarakatnya untuk berpergian. MRT juga sangat efektif menjadi gebrakan mengurai kemacetan di kota-kota besar. Indonesia, di Jakarta, sebentar lagi juga akan memiliki MRT. Namun sebelum itu, kita tengok beberapa negara Asia Tenggara, yang merupakan negara tetangga Indonesia, yang sudah memiliki MRT sejak lama.
berikut adalah urutan 3 negara di Asia Tenggara yang memiliki sistem MRT pertama kali : cekibrot gan !
peta dan lokasi MRT di kawasan ASIA .. Jakarta belom ditandai gan..
1. Filipina
Metro Manila
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715021705.jpeg)
Jalur Metro Manila
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715021748.gif)

Filipina adalah negara yang pertama di Asia Tenggara yang menerapkan sistem MRT sejak akhir tahun 1984. Ada 31 stasiun mencakup 31 km dan akan dikembangkan hingga 34,5 km .MRT di Manila mayoritas layang dan hanya ada 1 yang di bawah tanah.
MRT di Filipina ini terdiri dari 2 jalur yakni jalur kuning dan jalur ungu. Waktu tunggu antar kereta (headway) minimum antara 3-5 menit.
Ongkos MRT ini sesuai jarak stasiun yang disinggahi. Semakin jauh, maka semakin mahal ongkosnya. Namun kisarannya antara 12 Peso hingga 20 Peso atau sekitar Rp 2.824 hingga Rp 4.707.
2. Singapura
SMRT
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715021848.jpg)
jalur SMRT
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715021905.jpeg)

Singapore Mass Rapid Transit (SMRT) adalah yang tertua kedua di Asia Tenggara setelah di Filipina, beroperasi pada akhir tahun 1987. Walaupun kedua tertua, namun SMRT ini sudah menjangkau seluruh negara kota ini.
Jaringan SMRT ada 148,9 km dengan 102 stasiun. Aturan di dalam SMRT cukup ketat, tak boleh merokok, makan-minum, membawa durian hingga benda yang mudah terbakar. Kalau tidak, denda SGD 500-5.000 (Rp 3,9 juta - Rp 39 juta) sudah menanti.
Tiket dibeli secara manual dan otomatis. Ongkos tiket SMRT ditempuh sesuai jarak, dari beberapa sen hingga beberapa dolar plus deposit kartu 1 dolar yang dikembalikan bila tiket itu balik ke mesin . Cara bayarnya pun bisa membeli tiket, memakai kartu prabayar dari bank yang sudah diisi ulang atau bila sebagai wisatawan bisa membeli tiket wisatawan.
Tiket wisatawan mulai dari tarif SGD 10 (Rp 78.741) untuk sehari, SGD 16 (Rp 125.986) untuk 2 hari dan SGD 20 (Rp 157.482) untuk 3 hari. Itu ditambah tarif deposit kartu SGD 10. Namun tiket itu sudah terpadu dengan tranportasi bus, sepuasnya.
3. Thailand
MRT bangkok
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715022106.jpeg)
Jalur MRT bangkok
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715022120.jpeg)

Di Thailand, MRT ini beroperasi di Bangkok sejak tahun 2004, melayani 18 stasiun dengan panjang jaringan 27 km.
Tarifnya pun dihitung sesuai jarak, berapa stasiun yang akan ditempuh. Bayarnya bisa sekali bisa juga memakai kartu berlangganan. Untuk dewasa dari 16-40 Baht (Rp 5.007 - Rp 12.519), untuk pelajar 14-36 Baht (Rp 4.381 - Rp 11.267) dan untuk anak-anak 8-20 Baht (Rp 2.503 - Rp 6.259).
Berikut adalah negara-negara yang akan membangun MRT di kota besarnya :
1. Jakarta
MRT-J
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715022353.jpeg)
Jalur MRT-J tahap 1
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715022414.jpg)



Mass Rapid Transit Jakarta (MRT Jakarta) yang berbasis rel rencananya akan membentang kurang lebih ±110.8 km, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang kurang lebih ±23.8 km dan Koridor Timur – Barat sepanjang kurang lebih ±87 km.
• Pembangunan koridor Selatan - Utara dari Lebak Bulus – Kampung Bandan dilakukan dalam 2 tahap:
- Tahap I yang akan dibangun terlebih dahulu menghubungkan Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI sepanjang 15.7 km dengan 13 stasiun (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2016.
- Tahap II akan melanjutkan jalur Selatan-Utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8.1 Km yang akan mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi 2018 (dipercepat dari 2020). Studi kelayakan untuk tahap ini sudah selesai.
• Koridor Timur - Barat saat ini sedang dalam tahap studi kelayakan. Koridor ini ditargetkan paling lambat beroperasi pada 2024 - 2027
sampe sekarang baru mau berencana mulu setelah 24 Tahun delay

2. Kuala Lumpur
KVMRT
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715022729.jpeg)
Laluan KVMRT
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715022750.jpg)

Peresmian proyek MRT ini dilakukan oleh Perdana Menteri Najib Razak pada Jumat, 8 Juli 2011. MRT ini rencananya beroperasi mulai dari distrik Sungai Buloh hingga ke Kajang yang berjarak 51 kilometer.
Dilansir dari laman Bernama, Najib mengatakan pembangunan akan dimulai pada November tahun ini saat tender pertama diloloskan. Proyek pembangunan diperkirakan rampung pada 2016 dan mulai beroperasi pada 2017.
"Jika sudah beroperasi, KVMRT akan memiliki 31 stasiun dan delapan stasiun bawah tanah," ujar Najib.
Belum ada taksiran resmi biaya total pembangunan tersebut, namun diperkirakan biaya mencapai hingga RM50 miliar atau sekitar Rp142 triliun, proyek transportasi termahal dalam sejarah Malaysia. Awalnya, banyak yang menentang pembangunan ini karena mahalnya biaya, Namun Razak mengatakan biaya tersebut sepadan dengan keuntungan yang akan diperoleh.
Pembangunan tersebut, ujar Najib, akan membuat nilai properti di lahan-lahan yang dilalui MRT melonjak. Diperkirakan dalam beberapa dekade ke depan, nilai properti di sekitar jalur ini akan meningkat hingga RM15 miliar (Rp42,6 triliun).
Najib mengatakan proyek ini juga akan menambah pendapatan nasional (GNI) hingga RM3-4 miliar antara tahun 2011 dan 2020. Proyek ini juga akan menciptakan 130.000 lapangan pekerjaan baru.
3. Hanoi
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715023619.jpg)

Hanoi Metro akan menjadi yang pertama sistem kereta metro di Hanoi dan yang kedua di Vietnam. Jalur metro pertama Hanoi dijadwalkan akan selesai pada tahun 2016 dan akan menyediakan transportasi ke 200.000 penumpang per hari.
Saat ini, penumpang di gunakan Hanoi berjalan, sepeda, sepeda motor, bus, dan taksi untuk berkeliling. Proyek metro adalah bagian dari Departemen Vietnam master plan transportasi, yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan transportasi bermotor pribadi dan meningkatkan lingkungan perkotaan. Seluruh proyek ini dilaksanakan oleh Hanoi Metropolitan Rail Transport Project Board (HRB), sebelumnya dikenal sebagai Otoritas Hanoi untuk trem dan Manajemen Publik Pengembangan Transportasi (HATD).
Pada bulan Juli 2008, Perdana Menteri Vietnam Nguyễn Tấn Dũng menyetujui rencana pengembangan transportasi secara keseluruhan untuk Hanoi, yang antara proyek-proyek lain, mengusulkan sistem metro dengan lima rute. Proyek ini dilaksanakan oleh Hanoi Metropolitan Rail Transport Project Dewan (HRB).
Bagian dari metro saat ini sedang dibangun.
Pada musim semi 2009, proyek-proyek untuk empat baris berada di bawah pertimbangan:
Stasiun Kereta Api Nho-Hanoi (pilot "" line)
Nam Thang Long Tran Hung Dao baris
Cat Linh-Ha Dong line, dan
Yen Vien Ngoc Hoi-line.
Station Nho-Hanoi Railway, Cat Linh-Ha Dong, dan Yen Vien Ngoc Hoi-garis sedang dalam tahap penelitian.
Kajian teknis dari sistem yang diharapkan akan selesai pada tahun 2009. The Japan International Cooperation Agency (JICA) telah mengkonfirmasi bahwa Nam Thang Long Tran Hung Dao garis akan mulai dibangun pada pertengahan 2011, akan selesai pada tahun 2014 untuk beroperasi penuh pada tahun 2016
4 . Ho chi minh city
![[foto+video] Perkembangan MRT di negara ASEAN , Jakarta tertinggal banget gan!!](https://s.kaskus.id/images/2013/07/15/4947576_20130715023558.png)

Ho Chi Minh Metro adalah jaringan angkutan cepat yang diusulkan yang akan melayani Kota Ho Chi Minh (juga dikenal sebagai Saigon) di Vietnam. Jaringan ini pertama kali diusulkan pada tahun 2001 sebagai bagian dari rencana jaringan transportasi umum yang komprehensif termasuk Ho Chi Minh City dan provinsi tetangga, dengan tujuan menghindari masalah kemacetan lalu lintas buruk yang melanda kota-kota Asia lainnya (seperti Hanoi). Sebagian besar jaringan saat ini sedang dalam tahap perencanaan, dengan proyek-proyek untuk baris yang berbeda maju sebagai dana tersedia. Baris pertama jaringan, menghubungkan Pasar Ben Thanh dan Suoi Tien Park District 9, dijadwalkan selesai pada 2017-2018 Pembangunan baris kedua dimulai pada bulan Agustus 2010;.. Selesai dijadwalkan pada 2018
Ho Chi Minh proyek Metro dikelola oleh Manajemen Otoritas kota untuk Urban Kereta Api (MAUR), unit pemerintah yang bekerja langsung di bawah Ketua Komite Rakyat Kota Ho Chi Minh. Rencana terbaru yang diajukan oleh unit ini panggilan untuk tidak kurang dari enam jalur kereta api perkotaan. Transportasi master plan pembangunan kota tahun 2020 membayangkan mengembangkan tiga monorel atau jalur kereta api ringan dengan total panjang 37 km dan enam rute metro bawah tanah dengan panjang total 107 km. pasar Thanh Ben di Distrik 1, sudah menjadi pusat utama untuk lalu lintas bus, akan menjadi hub utama yang menghubungkan beberapa line
jadi menurut ane , kota jakarta sudah sangat tertinggal dengan kota negara tetangga.. seperti Malaysia yang sudah masuk tahap konstruksi 30% , Singapore yang sudah menjadi tulang punggung transportasi di negaranya, dan Bangkok yang sudah terintegrasi dengan moda lain yang sudah mampu mengatasi macet di pusat kota bangkok... jakarta sampai sekarang baru melakukan wacana dan wacana .. dan bakalan molor dari waktu yang sudah ditentukan dari 2016 menjadi 2018 untuk koridor 1 lebak bulus - bundaran HI ..
saya sangat berharap Jakarta dapat segera bangun MRT deh gan! supaya JKT menjadi kota berstandar Dunia plus akhirat dengan adanya MRT dan nantinya MONOREL .. aminnnn ..
ayo gan dukung terus dan awasi pembangunan MRT di Jakarta


ane minta cendol ye gan



Diubah oleh rip48 16-07-2013 03:18
0
30.6K
62


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan