KASKUS

[ASK] Kasus Pencurian Uang

Gan, ane mau tanya nih. Sbelumnya udah ane tulis di forum Kepolisian, tapi ane juga pengen nyoba di Lounge karena paling banyak pengunjung forumnya,

Jadi gini ceritanya, nyokap ane kena tipu ama salah satu anggota keluarga besar ane. Orang ini merupakan anak dari adek nenek ane gan. Namanya : Adi Asmara Dinata. Keturunan orang minang-sunda gan. Orangnya kurus (mirip pengangguran), rambutnya kalau lagi panjang dibelah tengah seringnya, dsb.

Jadi orang ini ceritanya pake alasan klasik dalam menipu gan, pake dijanjiin bisnis gitu. Dia bilang ke nyokap ane kalau dia nyari duit dengan jadi supplier bahan bangunan gitu gan. Jadi katanya dia sering nerima orderan dari para mandornya proyek gitu, misal bikin rumah, ruko atau apa. Nah ceritanya dia bilang ke nyokap ane, kalau ada proyek yang bisa dia ambil tapi dia kekurangan modal. Dengan akal bulus gimana, nyokap ane jadi tergiur buat modalin dia, walaupun bagi hasilnya gak begitu gede gan. Akhirnya nyokap ane modalin dia 10 juta (hasil gadai emas nyokap) dengan dikembalikan lagi pas bulan Januari 2013 beserta dengan keuntungan bagi hasilnya.

Tapi ni orang ternyata ngolorin waktu terus gan, bilangnya bulan depan bulan depan terus. Sampai akhirnya, nyokap ane bener" lost contact ama dia gan. Dan ternyata dia sendiri juga sembunyi dari keluarganya gan. Dia tinggal dimana dan nomor HPnya yang mana juga gak ada tau. Bokap-nyokap-adek dia dia juga gak ada yang tau.

Jadi rencananya ane mau ngadu ke polisi buat kasus ini gan. Ya pengennya sih ketauan aja dimana tuh lokasi si pencuri ini berada, nah pengen langsung kita tagih.

Yang pengen ane tanya :

1. Kalau bikin laporan orang hilang gini, apa ada uang bayaran buat ke Polisi buat administrasi kasus dsb? (karena ane pikir, polisi-nyakan sudah ada penghasilan dari pusat, jadi gak perlu bayar lagi karena slogannya yang mengayomi masyarakat)

2. Kalau udah masuk polisi, apa harus diterin ke langkah hukum selanjutnya? Ane sih pengennya dirundingin damai dulu ama keluarganya. Kebetulan dia punya motor (tau udah lunas atau engga), kalau dia gak mampu bayar mau ibu ane ambil aja motornya terus dijual.

Mohon bantuannya gan, kalau bisa ada detektif Kaskus yang bantu ane dan ibu ane, soalnya kita udah kesel banget gan ama dia