merkapaAvatar border
TS
merkapa
APAPUN MiG-nya PHANTOMLAH OBATNYA
Bicara MiG, maka kita gak akan bisa dari makhluk satu ini yg bertempur tanpa henti selama 2.5 dekade muai dari Vietnam, Afrika , Arab dan Teluk
Kita akan melihat kisah pesawat bernomor angka sial ini (dalam bahasa Mandarin pengucapan angka 4 (She) sama dengan pengucapan kata mati (Shi))

PENGEMBANGAN /Общие сведения

Sebenarnya pesawat ini dikembangkan dari karena kebutuhan AL yang saat itu membutuhkan pesawat baru dengan syarat mampu multirole (ternyata konsep ini udah ada sejak 50-an edan emang itu Amrik):


-Pesawat yg dapat dilengkapi dengan FFAR 2 inchi
-Pesawat yg dapay dilengkapi dengan 6 AIM-7 Sparrow
-Pesawat yang mampu melakukan penyerangan dengan 9 pilon
-Pesawat juga mampu melakukan misi intai
-Terakhir mampu melakukan misi perang elektronika

syarat ini harus dipenuhi pesawat baru ttersebut. Tanpa ragu McDonnel Douglas mengajukan F-3H-G yg langsung ditolak oleh Navy Buearauof Aeronautisc (BUAER). Gara2nya sederhjana mereka udah kadung menerima konsep Vought F-8 Crusader (yang justru di kemudian hari malah ga bisa apa2 dan dikadalin ama Fantom (Dialek rusia) mulu). Namun demikian AL mendorong McD untuk meneruskan sampe dibikin sebuah mockup pesawat mereka ini
Di tahun 1954 mockup selesai dan petinggi USN diminta meninjaunya di ST. Louis
Spoiler for Mockup F-3H-G:


Konsep ini menuju kenyataan setelah AL mensyaratkan penempur segala cuaca, McD bersaing dengan Grumman (kemudian hari jadi produsen Toimket) dan NA (North America, kemudian hari jadi pembuat B-1)

Hasilnya kita udah tahu si F-3H-G menang konsep ini dan melaju menuju ke F-4A dengan syarat bisa berpatroli udara dengan radius 450km selama 2 jam . Walopun di konsep awal pesawat ini dilengkapi dengan kanon 20mm, namun petinggi AL gak mau repot2 mereka percaya konsep baru saat itu ini ERA-nya rudal!!! keputusan ini kelak menjadi buah simalakama saat perang Vietnam , Yom Kippur (oleh israel) dan IPGW (oleh Iran)

XF-4 Produksi Awal Fantom/ранней продукции Фантом

Prottip pesawat ini diuji terbang di Juli 1958 dengan diterbangkan oleh pilot uji McD, Robert C Little
Namun rupanya Vought gak terima mereka mengajukan pesawat baru F-8U-III yg sekali lagi dikalahkan oleh Fantom. (untung ga jadi kalo nggak berapa banyak Crusader yg bakal disikat MiG-21?)
Pengujian makan waktu sampe 1961 termasuk pengujian lepas landas dan mendarat di kapal induk

DETAIL /подробность

Pada dasarngya Fantom tak berbeda jauh dengan protonya. dimana pesawat dilengkapi 2 mesin, air intake terletak di belakang kursi pilot dan kait pendarat (arrester hook) berada di bawah ekor di antara 2 mesin.

Fantom tidak menggunakan aileron tradisional , melainkan flaperon yang diletakkan di bawah sayap utama

Penjelasan Flaperon dr aki cherry:

Quote:


Kelengkapan Fantom meliputi

-2 mesin J-79, mesin ini kuat sekali sehingga kelak orang Israel tergila2 dengan mesin ini dan memasangnya di Kfir
- Sparrow yang digotong sebanyak 6 buah, yaitu 4 di perut dan 2 di di sayap. selian itu pesawat juga masih membawa 2 pod bahan bakar sebanyak 1.400 liter di masing2 sayap.Dalam demonstrasi yang ditunjukkan McD, malahan lebih hebat lagi. Fantom bisa membawa 3 pod bahab bakar dan 2 rak bom lagi untuk sekali jalan . Total beban eksternal yg mampu dibopongnya adalah 10 ton untuk sekali jalan . Bayangin aja di tahun 60-an pesawat tempur/serang yg mampu bopong ginian adalah gila dimana rata2 pesawat eropa dan Sovyet cuman mampu bawa paling top 2-3 ton (Mirage III/V dan Su7/22). Namun secara praktisnya total hanya 7.250 ton muatan eksternal yang mampu digotongnya . Bayangin aja betapa ketinggalannya Ruski, Su-27 SK yg dibuat di era 80-an itu maks loadnya 6 ton dan baru di tahun 2000 an baru ada MKK dengan maksimum load 8 ton. (kemnungkinan ini karena beda konsep pepeperangan, Ruski untuk defender motherland, dan AS untuk nyebrtang laut)

-TACAN, IFF dan saluran radio UHF
-Untuk mengawakinya dibutuhkan 2 awak , AL dan Marinir memberikan istilah pilot dan RIO (Radar Intercept Officer) yg kemudian berevolusi menjadi WSO saat ini.
-Kedua pilot dan RIO duduk di atas kursi lntar Martin Baker 5
-Untuk Fire Control Sistem disediakan Westinghouse "AN/APQ-50 radar set dan dilengkapi dengan IRST AN/AAA-4 yang dipasang di bawah hidung, namun iRST ini tak sanggup mengunci lawan seperti yang dimiliki Su-27 dan MiG-29. IRST di Fantom hanyalah untuk memberikan panduan arah .
-Bentuk Fantom memenga beneran jelek sekali sehingga ada pengamat yg mengatakan bentuknya seperti orang yg baru ditendang bokong dan hidungnya. Namun di kemudian hari fakta lapangan membuktikan lain
-Sekitar 10% badan Fantom dibuat dari Titanium yang saat itu merupakan logam baru yang ditemukan (era 60-an)
VARIAN /вариантов

Produksi pesawat F-4H yang ke 19 dilengkapi dengan radar AN/APQ-72 dan mesin J-79 GE-2 yang dapat memberikan dorongan 4,695 kgp / 10,350 lbf dry thrust dan 71.8 kN (7,325 kgp / 16,150 lbf pasca afterburning. Akibat perubahan radar ini dibutuhkan perubahan kokpit dan radom, sehingga bentuk Fantom semakin lebih guahar lagi
Spoiler for moncomg baru:


F-4H-1F yang menjadi proto dan 45 unit yang diproduksi kemudian bersalin naman menjadi F-4A dan kemudian F-4- H-1 dengan AN/APQ-72 dan mesin baru J-79 GE-8 berubah menjadi F-4B. Sebanyak 649 pesawat diproduksi dari 1961-1967 untuk kebutuhan USN dan USMC

F-4C dan F-4D

Menjabatnya Robert Mc Namara sebagai Menhan AS membuat terobosan baru. Ia ingin membuat penghematan dengan membuat standardisasi pewsawat antara AU dan AL (mirip konsep F-35 sekarang)
Ini jelas2 kurang berjhasil karena
-persaingan antar angkatan
-syarat kebutuhan 2 angkatan berbeda

Namun McNamara tetap ngotot dengan konsepnya . Dan akhirnya AU yang mengevaluasi f-4B di tahun 1962 menunjukkan bahwa Fantom bisa digunakan oleh AU. namun dengan tambahan plus2

F-4C dibangun sebganyak 546 unit
-Mesin yang digunakan adalah J-79 GE-15 yang kemampuannya mirip mesin ruski bisa menyala tanpa butuh APU untuk kebutuhan di landasan terpencil. Kebuituhan APU penting sebagai perbandingan untuk pesawat propeller 2 mesin(penumpang) sekali menyalakan mesin tanpa APU perlu ganti busi sebanyak 24 buah (bayangin kaol jet tempur)
-IFR probe di F-4A dan B yang berada di sisi kanan diganti berupa posisi boom di belakang kokpit kopilot
-dilengkapi dual flight control dan pengurangan ketinggian avionik di kursi WSO (termin RIO menurut USAF, USAF menjuluki WSO sebngai whizzo ), sehingga WSO dapat memiliki pandangan ke depan jika harus mengambil alih pesawat dalam keadaan darurat.
-mendapat radar baru yaitu AN/APQ-100 , yang merupakan peningkatan dr APQ-72. AN/ASN-48 INS untuk navigasi jarak jauh; AN/AJB-7 bombing system; untuk meluncurkan AGM-12 Bullpup ryang dikendalikan radio. sayangnya senjata ini tidak sukses dan kemudian digantikan AGM-65 yang jauh lebih sukses di lapangan baik di Iran maupun Sinai dan Goilan
-Tambahan rak untuk menggoitong AAM-4 Falcon daripada twinrail launcher bat 2 AIM-9. Namun kemduian hari Fantom USAF dan ekspor lebih banyak bawa 4 AIM-9 dan 4 AIM-7
-Ban pesawat dikurangi tekanannya untuk mendarat di landasan mulus yg membutuhkan tekanan lebih ringan dibanding pendaratn di kapal induk yang lebih kasar.

F-4D

Produksi F-4C kemudian diikuti olegh F-4D yang kemudian menjadi tulang punggung USAF di Vietnam, dilengkapi dengan AN-APQ109 yang kapabilitasnya lebih baik dan dilengkapi dengan SUU-23/A kanon pod M-61A Vulcan sesuai tugasnya di Vietnam, bahkan di kokpit disediakan gunsight dengan penghitungan komputer sederhana
F-4D diproduksi sebanyak 845 unit sampai dengan 1966

F-4E

USAF yang kurang puas dengan kinerja F-4D di Vietnam meminta model baru, maka jadilah F-4E , yang kelak menjadi varian terlaris Fantom di muka bumi ini . Sebanyak 1.387 unit diproduksi sampai tahun 1979

Modifikasi meliputi :
- Uprated mesin menjadi J79-GE-17 , dengan kemampuan 79.6 kN (8,120 kgp / 17,900 lbf) afterburning thrust.

-Dipasang kanon M61A1 20 millimeter Gatling-di bawah hidung dengan 640 rmunisi. Pemasangan kanon membutuhkan hidung baru yang lebih panjang, hidung berasal dari modif RF-4C. Pemasangan kanon built ini dalam body Fantom memecahkan pemasangan kanon pod di F-4D, yang jika ditembakkan kurang akurat.Namun akibat pemnasangan kanon ini F-4E produksi awal menderita sering terjadinya mesin kebakaran sendiri, karena gas buang dari kanon M-61A1 terhisap ke dalam ruangh mesin. GE kemudian membuat solusi dengan memperpanjang laras dan membuat ruang ventilasi. Ini membuat F-4E tidak memilih masalh dan siap berlaga

-Radar baru AN/APQ-120 yang lebih kompak
- Kursi Lontar Martin-Baker Mark 7 "zero-zero (zero altitude, zero speed)"

- Sirip ekor dengan a fixed slat yang dipasang di bawah leading edge. The slat sehingga menyediakan kendal untuk serangan dengan high angles of attack (AOA). (mohon pencerahan aki Cherry)

Spoiler for AOA:


Spoiler for AOA:


-Tempat 7 sel BBM di ekor dengan posisi di atas mesin

- Manual wing fold, daripada hidrrolik fold. karena AU tak membutuhkan sayap dilipat selain untuk kebutuhan transportasi

VARIAN INTAI /разведывательный вариант

Untuk menggantikan varian RF 101 Voodo, Phantom dilengkapi kamera di radomnya. kelak tempat kamera ini berubah menjadi sarang kanon M-61 di seri E

Selain dilengkapi kamera varian intaii (RF-4C) AL juga membawa



AGoodyear AN/APQ-102 "side looking airborne radar (SLAR)" yang menembakkan gelombang radar ke arah samping kanan kiri pesawat dan merekam pantulan dalam negatif film , memberikan cakupan akan cuaca keadaan darat dalam alur penrbangan pesawat (flight path)
AN/APQ-102 juga memiliki kapabilitas "moving target indicator (MTI)" yang dapat menjejak kendaraan atau kapal yang bergerak dengan kecepatan lebih dari 9.25 KPJ . SLAR ditempatkan di bawah posisi pilot, dengan antena SLAR ditempatkan di bawah fuselage di antara air intake

Scanner infra merah AN/AAS-18 ditempatkan di bawah posisi RIO.Alat ini merekam gambar secara inframerah untuk menyediakan peta thermal akan keadaan permukaan di bawah alur penerbangan pesawat


AN/ALR-17 "radar homing and warning system (RHAWS)" untuk melokalisir, identifikasi, dan menandai target dalam negatif film, .Antena RHAWS antennas berada di station 1 dan wingtip sayap.


"Auxiliary data annotation set (ADAS)" tuntuk melengkapi data kamera film dengan data2 yang berguna seperti tanggal & jam, radar dan barometric altitude, latitude & longitude, serta gerakan heading, pitch, roll, drift angle, dan identifikasi unit.


Dua Cartridge dispenser photoflash ditempatkan di bawah fuselage dekat sirip ekor untuk kepentingan pemotretan malam hari .
Spoiler for Radom RF-4C:


RF-4C beneran hanya untuk keperluan intai dan sama sekali tak dilengkapi senjata. Akibat pengalaman di perang Vietnam RF-4C dilengkapi sistem AN/ALQ-125 ELINT yang sepertinya digunakan untuk memantau komunikasi

sekalipun RF-4C tak dilengkapi senjata namun RF-4E bisa dilengkapi senjata, karena RF-4E Israel dimodifikasi untuk membawa AIM -9 dan sempat merontokkan pesawat dalam Perang yom Kippur/Ramadhan 1973.


Diubah oleh merkapa 19-07-2013 05:09
0
20K
97
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan