KASKUS

Yang Ngerti Ketel Uap ( Boiler ) Masuk

Gan ane lagi skripsi tentang menghitung efisiensi boiler ?
agan agan ada yang tahu ga cara ( Rumus ) atau contoh soalnya kalo ada tentang mencari efisiesi boiler dan kerugian panas yang hilang ?

yang ngerti tolon bantu ya gan ?
cari di youtube ajah gan
ane gak tau gan... ane biasanya gambar struktur boiler buat pabrik" gitu... tapi gak tau gambar boilernya kayak gimana
cari youtube gan
ya efisiensinya tinggal panas yg dlepaskan dbagi panas yg dterima kan
Quote:Original Posted By butterflydeena
ya efisiensinya tinggal panas yg dlepaskan dbagi panas yg dterima kan


ya kan ane ngitung efisiensinya udah dapet..
sekarang ane bingung menghitung panas boiler yang hilang itu kemana gan?
agan tau rumusnya atau contoh perhitunganya ada ga?
ane udah lupa gan... soalnya ini pelajaran ane waktu dlu sekolah di stm....
wah ini pelajaran yg paling ane benci waktu di sekolah
rekomendasi. buku: Fundamentals of Engineering Thermodynamics. Penulis Moran Shapiro. Selamat mencari gan.
googling aja gan
ane kurang paham nih gan
kaga paham ane gan , coba tanya atas ama bawah ane .. ane buntut hadapin masalah sabtu ni...
wah ane kurang paham mas gan
rumusnya 1/2 alas X tinggi gans
wah, sama gan. ane juga lg kp (kerja praktek) nih. diarahin mentor keboiler. niatnye juga ane tembusin ke skripsi. kenapa ga coba tanya dosen aja gan
Saya punya.
Jika berminat PM saya. No. hp agan
Kebetulan saya specialist Boiler dan gas turbine.

sedikit gan yang ane tau ,,,,,,

Untuk mengetahui efisiensi tersebut dapat dilihat seperti rumus dibawah ini :
Panas Keluar
) =Efisiensi Boiler ( x 100
Panas Masuk
Q x (hg –hf)
) =Efisiensi Boiler ( x 100
Q x GCV
Parameter yang dipantau untuk perhitungan efisiensi boiler dengan metode langsung adalah:
 Jumlah steam yang dihasilkan per jam (Q) dalam kg/jam
 Jumlah bahan bakar yang digunakan per jam (q) dalam kg/jam
 Tekanan kerja (dalam kg/cm2(g)) dan suhu lewat panas (0C), jika ada
 Suhu air umpan (0C)
 Jenis bahan bakar dan nilai panas kotor bahan bakar (GCV) dalam kkal/kg bahan bakar
Dimana
 hg : Entalpi steam jenuh dalam kkal/kg steam
 hf : Entalpi air umpan dalam kkal/kg air
Data yang digunakan untuk menghitung efisiensi boiler batubara adalah sebagai berikut :
 Jenis boiler : Berbahan bakar batubara
 Jumlah steam (kering) yang dihasilkan : 10 TPJ
 Tekanan steam (gauge) / suhu : 10 kg/cm2 (g)/ 2100CC
 Jumlah pemakaian batubara : 1,1 TPJ
 Suhu air umpan : 850C
 GCV batubara : 6300 kkal/kg
 Entalpi steam pada tekanan 10 kg/cm2 : 665 kkal/kg (jenuh)
 Entalpi air umpan : 85 kkal/kg
Q x (hg –hf)
) =Efisiensi Boiler ( x 100
Q x GCV
10 x (665 – 85)
Efisiensi Boiler ) =( x 100 = 83,694 persen
1,1 x 6300
Persentase kehilangan energi dapat dibagi kedalam kehilangan yang tidak dapat dihindarkan. Persentase kehilangan energi ini merupakan sisa dari persentase efisiensi boiler itu sendiri. Tujuan dari produksi bersih pengkajian energi harus mengurangi kehilangan yang dapat dihindari, dengan meningkatkan efisiensi energi.
Dimana kehilangan yang terjadi dalam boiler adalah kehilangan panas yang diakibatkan oleh:
• Gas cerobong yang kering
• Penguapan air yang terbentuk karena H 2 dalam bahan bakar
• Penguapan kadar air dalam bahan bakar
• Adanya kadar air dalam udara pembakaran
• Bahan bakar yang tidak terbakar dalam abu terbang/ fly ash
• Bahan bakar yang tidak terbakar dalam abu bawah/ bottom ash
• Radiasi dan kehilangan lain yang tidak terhitung

good luck agan
×