KASKUS

10 Species Purba Yang Hidup Sampai Sekarang



- HOT THREAD -




Spoiler for bukti:
Quote:KASKUSER Yang Baik Selalu Meninggalkan Jejak

- 10 Species Purba Yang Hidup Sampai Sekarang -


Quote:1. SEMUT MARTIALIS HEUREKA ( 120 JUTA TAHUN )



Quote:Walaupun termasuk salah satu hewan tertua di bumi, namun semut ini baru ditemukan oleh manusia modern pada tahun 2000 lalu di hutan hujan Amazon, dekat Manaus, Brasil.
Semut ini sempat menghebohkan peneliti karena tak ada matanya, alias buta. Jenis semut yang tanpa mata dan memiliki warna cream ini merupakan keluarga baru dari Martialinae.
Begitu anehnya semut yang tiada duanya ini, maka dijuluki “Semut dari planet Mars” atau dalam bahasa latinnya Martialis heureka (“ant from Mars”) yang kemudian menjadi namanya.
Dan sangat mengagumkan, walau tanpa mata dan hanya dengan mengandalkan kedua sungut antenanya, turunan semut spesies ini dapat beradaptasi dan bisa bertahan hidup sejak lebih seratus juta tahun lamanya.




Quote:2. IKAN STURGEON ( 200 JUTA TAHUN )




Quote:Ikan jenis Sturgeon adalah nama umum dari 26 spesies ikan dalam keluarga Acipenseridae, termasuk genus Acipenser, Huso, Scaphirhynchus dan Pseudoscaphirhynchus.
Keluarga dari ikan bertulang tertua ini mempunyai habitat hidup di sungai, danau dan pantai sub-tropis, iklim sedang dan sub-arktik. Sturgeon dapat dijumpai di sekitar Amerika Utara.
Menurut para ahli, dulunya kemungkinan ikan ini memiliki tubuh yang besar, namun dikarenakan evolusi maka menyusut sampai dengan bentuk seperti sekarang.





Quote:3.HORSESHOE SHRIMP ( 200 JUTA TAHUN )



Quote:Horseshoe Shrimp adalah satu-satunya spesies di muka bumi yang tidak mengalami evolusi atau perubahan bentuk sejak 200 tahun lalu.
Dari fosil yang ditemukan dan bentuknya sekarang, hewan yang bernama latin Cephalocarida ini juga masih tetap sama.




Quote:4.KOMODO (40 JUTA TAHUN)



Quote:Komodo merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup semenjak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus Varanus yang mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun yang lalu. Komodo adalah kerabat dekat dari dinosaurus. Hal ini dilihat dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis dinosaurus tertentu yang menunjukkan kemiripan struktur tubuh dengan komodo. Dinosaurus sudah lama punah tetapi Komodo sampai sekarang masih ada. Komodo disebut sebagai Dinosaurus terakhir di dunia. Hewan satu masa dengan dinosaurus ini dikenal sebagai kadal karnivora namun mereka juga hewan kanibal karena kadang mereka memangsa anak-anak mereka. Komodo (Varanus komodoensis) adalah jenis kadal terbesar. Tercatat Komodo terbesar yang pernah ada memiliki panjang 3,13 meter dan berat 166 kilogram. Komodo dapat ditemukan di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Habitat asli Komodo hanya bisa ditemukan di kepulauan Indonesia ini dan tidak ada di belahan dunia lain.



Quote:5. COELACANTH ATAU IKAN RAJA LAUT ( 360 JUTA TAHUN )




Quote:Kata Coelacanth diambil dari bahasa Yunani yang berarti duri berongga. Walaupun sedikit, namun sampai sekarang ikan ini masih hidup di Indonesia, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar dan Afrika Selatan.
Menurut penjelasan di Wikipedia, Coelacanth memiliki sekitar 120 spesies yang diketahui berdasarkan fosilnya.





Quote:6. HORSESHOE CRAB ATAU BELANGAS ATAU MIMI HITAM (445 JUTA TAHUN)



Quote:Diyakini bahwa hewan ini mulai muncul sejak periode Ordovician atau periode Paleozoikum. Dan menurut para ahli, horseshoe crab jauh lebih mendekati keluarga kalajengking dibandingkan keluarga dari kepiting.
Selain itu, para ahli juga memberikan kesimpulan bahwa Belangas adalah hewan yang memiliki umur lebih tua daripada dinosaurus tertua. Hewan ini dapat hidup di air dan di darat
.




Quote:7. NAUTILUS ( 500 JUTA TAHUN )



Quote:Nautilus disebut juga living fossil atau fosil hidup karena banyak arkeolog yang menemukan fosil hewan ini di bebatuan, namun sampai sekarang Nautilus masih dapat ditemui di perairan Indo-Pasifik.
Menurut para ahli, di era dinosaurus, hewan ini memiliki beragam varian, dikarenakan banyak faktor, sekarang ini silsilah keluarga Nautilus yang tersisa hanya cephalopoda atau cumi-cumi saja
.




Quote:8. JELLY FISH ATAU UBUR-UBUR ( 505 JUTA TAHUN )



Quote:Ubur-ubur adalah hewan laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa dan tergolong dalam keluarga Cnidaria atau Coelenterata. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Tercatat ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur di dunia.
Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yang ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.
Hewan ini sangat susah untuk menjadi fosil ketika mati dikarenakan tubuhnya yang tipis dan lunak. Namun, pernah ditemukan sebuah fosil yang diyakini adalah Ubur-Ubur purba beberapa tahun lalu
.




Quote:9. SPONGE ATAU PORIFERA ( 580 JUTA TAHUN )



Quote:Porifera (Latin: porus = pori,fer = membawa) atau spons atau hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana.
Seperti halnya Cyanobacteria, para peneliti mempunyai asumsi bahwa Sponge adalah salah satu makhluk hidup yang ada sejak awal hewan di darat, air dan udara muncul.
Fosil Sponge tertua yang pernah ditemukan adalah berusia sekitar 540 juta tahun lalu di sebuah batu di Australia. Sponge juga mirip Ubur-Ubur yang susah untuk menjadi fosil karena karakteristik tubuhnya.




Quote:10. CYANOBACTERIA ( 3, 8 MILIAR TAHUN )



Quote:Para peneliti mempunyai asumsi bahwa Cyanobacteria adalah makhluk hidup pertama yang hidup di bumi. Cyanobacteria, dikenal pula sebagai sianobakteri(a), bakteri biru-hijau, ganggang biru-hijau (Cyanophyceae), serta ganggang biru, adalah filum (atau divisi) bakteri autotrof fotosintetik.
Jejak fosilnya telah ditemukan berusia 3,8 miliar tahun. Kelompok bakteri ini sekarang adalah salah satu kelompok terbesar dan terpenting di bumi. Makhluk ini hidup di sulfur dan gas metan yang tersebar merata hampir di seluruh tempat di awal bumi terbentuk.
Walaupun kecil, namun Cyanobacteria atau ganggang biru-hijau ini merupakan salah satu kelompok terpenting dalam rantai ekosistem makhluk hidup di bumi. Cyanobacteria dapat ditemui di laut atau samudera, perairan tawar, di permukaan batu sampai di tanah.




Terima Kasih karena agan2 sudah ikut meramaikan thread ini
sebagai rasa terima kasih, ane tambahin UPDATE - an lg
Semoga Bermanfaat

- UPDATE -


Quote:PENYU BELIMBING


Quote:Penyu belimbing atau Dermochelys Coriacea disebut telah mendiami Bumi semenjak 100 juta tahun silam semasa dinosaurus merajai planet bumi. Penyu belimbing adalah jenis penyu terbesar. Berat penyu belimbing bisa mencapai 900 kg, dengan panjang badan sekitar satu setengah hingga dua meter. Tidak seperti penyu lainnya, penyu belimbing tidak memiliki karapas keras. Karapasnya seperti sebuah mosaik dari tulang-tulang kecil yang keras, kulitnya elastis dengan punggung membujur. Penyu belimbing dapat ditemukan dari perairan tropis hingga ke lautan kawasan sub kutub dan biasa bertelur di pantai-pantai di kawasan tropis. Penyu belimbing hanya makan ubur-ubur, dan hanya ada sedikit tempat di dunia yang dipilihnya untuk bertelur. Salah satu tempat bertelurnya ada di Pantai Jamursba Medi dan Warmon terletak di Utara Kepala Burung Provinsi Papua Barat, Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw. Penyu belimbing mempunyai kebiasaan berkeliling dunia menjelajahi berbagai wilayah di belahan bumi ini.



Quote:BUAYA MUARA


Quote:Buaya merupakan salah satu hewan purba yang tersisa di bumi ini. Buaya muara atau buaya bekatak (Crocodylus porosus) adalah salah satu spesies buaya terbesar di dunia, jauh lebih besar dari Buaya Nil (Crocodylus niloticus) dan Alligator Amerika (Alligator mississipiensis). Panjang tubuh termasuk ekor bisa mencapai 12 meter seperti yang pernah ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur. Buaya masih mempunyai kerabat dekat dengan hewan reptil purba, CrocodileSaurus yaitu nenek moyang buaya yang mempunyai panjang hampir 30 meter. Namun karena pengaruh alam, tubuh CrocodileSaurus menyusut hingga menjadi buaya muara. Buaya muara dapat ditemukan mulai dari Teluk Benggala (India, Sri Langka, dan Bangladesh) hingga Kepulauan Fiji. Indonesia menjadi habitat terfavorit bagi buaya muara selain Australia.




Quote:FRILLED SHARK


Quote:predator ini hidup dilaut dalam, salah satu hiu yang paling primitif yang masih hidup sekarang ini , predator ini adalah peninggalan dari periode Cretaceous, ketika dinosaurus menguasai Bumi. hiu ini juga Jarang terlihat dalam keadaan hidup, hiu ini dapat tumbuh hingga 2 meter (6 ’6 “) (jika diumpamakan maka lebih besar dari laki-laki) dan mereka tinggal di perairan dalam, makanan mereka sebagian besar adalah cumi-cumi. Mereka tidak berbahaya bagi manusia, dan Sebenarnya, hiu ini menghabiskan seluruh hidup mereka tanpa melihat manusia. Hanya spesimen yang mati atau sekarat yang biasanya dilihat oleh nelayan atau ilmuwan.




Quote:LANCETFISH


Quote:lancetfish memiliki penampilan yang sangat jelas sebagai “ikan prasejarah”, dengan gigi yang tampak sengit tajam pada rahang dan layar di punggungnya, mengingatkan kepada beberapa dinosaurus (walaupun, layar di lancetfish ini sebenarnya adalah sirip punggung) . Bahkan nama ilmiahnya memiliki bunyi layaknya nama dinosaurus (Alepisaurus ferox). Panjang predtor ini bisa sampai dua meter (6 ’6 “) panjangnya, predator ini ditemukan di semua samudra kecuali untuk daerah kutub; sangat rakus, biasanya memakan ikan kecil dan cumi-cumi, dan bahkan dikenal sebagai ikan atau predator yang memakan kawannya sendiri (spesiesnya).




Quote:HAGFISH



Quote:Menurut catatan fosil, hag telah ada selama lebih dari 300 juta tahun, yang berarti mereka sudah ada ketika dinosaurus mengambil alih dunia! . binatang ini dapat ditemukan di perairan yang relatif dalam, binatang ini kadang-kadang disebut belut lendir, tetapi mereka tidak benar-benar belut, dan sebenarnya, mereka bahkan mungkin tidak ikan sama sekali, menurut beberapa ilmuwan. Mereka adalah hewan yang sangat aneh dalam semua hal, mereka memiliki tengkorak tetapi tidak memiliki tulang belakang, dan mereka memiliki dua otak. Hampir buta, mereka makan di malam hari di bangkai hewan besar (ikan, paus dll) yang jatuh ke dasar laut. “belut lendir ” adalah nama panggilan untuk fakta bahwa mereka menghasilkan zat Slimey yang dapat merusak insang ikan predator; sebagai akibatnya, mereka hampir tidak memiliki musuh alami




SUMBER
SUMBER

Quote: Sekian Thread Dari Saya Semoga Bermafaat
Quote:Jika agan berkenan TS tidak menolak diberi

Terima Kasih bwt agan" yg uda mau berbagi Cendol & Abu Gosok

Quote:mampir ke thread ane jg gan :
FITA ANGGRIANI - IGO Cantik Bening

kok kagak ada komodo
iya gan ... komodo kok gak masuk binatang purba yg masih hidup sih???

Mau kaos kaskus gratis ?? .... Masuk sini gan
komodo masukin jg dong...made Indonesia masak g masuk???

btw bentuknya mengingatkan ane pada sesuatu

====================

Tolong yg jago ngehack FB,orng ini ngomong kasar ke ane
sdh IDnya alay...status FBnya ga waras...mana dia masih bocah SD


https://www.facebook.com/bobi.liza
makasih infonya gan...ane jadi tambah ilmu karna thread agan :
wah gingko biloba ternyaata udah ada dari lama ya gan
komodo kok gak masuk gan ?



_________________________________________
5433273 has been reply your thread
jadilah kaskuser yang baik dan bermutu


_________________________________________
kok ngeri ngeri gan
3,8 M lama amir ya gan
Quote:Original Posted By pussycat69
kok kagak ada komodo

Quote:Original Posted By syukuri
iya gan ... komodo kok gak masuk binatang purba yg masih hidup sih???

Quote:Original Posted By 5433273
komodo kok gak masuk gan ?



uda ane update itu gan




Quote:mampir ke thread ane jg gan :
FITA ANGGRIANI - IGO Cantik Bening

lho gan...

kecoak di kemanakan gan?

tambahan gan... kecoak...
Komodo cuma ada di Indonesia gan

Quote:Cendol Khusus buat yg masih No Reputation (abu-abu) Masuk
Yang Horseshoe Shrimp itu kayaknya pernah dapet ane pas mancing di pantura



yang terakhir komodo...

di jaman dahulu mungkin sejenis dinasaurus kuntet....
wah sampe ada yang 3,8miliar tahun yang lalu
wew pd tua bgt ye hewan2nya
Yang nomer 10 sepuh banget gan
numpang pejwan
komodo memang sudah ada dari dulu.. kalau jaman dulu katanya komodo besar ..
Ane masih bingung gan soal hewan ato manusia purba asli ada ato kaga...