Pekerjaan Penghasilan Tambahan Yang Sering Dilakukan Mahasiswa

Jaman sekarang lagi ngetrend2nya entrepreneur atau bikin usaha/bisnis sendiri. Trend itu juga menjamur di kalangan mahasiswa, banyak mahasiswa yang jualan ini itu dan banyak juga yang sukses sampai2 kuliahnya terbengkalai dan di DO karena udah ngga sempet ngurusin kuliah (kebanyakan duit )

Berikut ini ane tampilin usaha yang sering dilakukan mahasiswa untuk nyari uang tambahan:


Quote:Quote:1. Kantin Kejujuran
Spoiler for Pict:
Kalo pengin bisnis tapi males ngurusnya, agan bisa bisnis pake tipe kejujuran. Caranya tinggal siapain jajanan & toples buat uang pagi hari dan diambil di sore hari. Tapi gatau deh untungnya seberapa, karena pasti ada aja anak yang ga bayar makannya
Penghasilan: 100-1000 per jajan


Quote:Quote:2. Jualan Kaos/Jaket Kampus
Spoiler for Pict:
Jualan kaos/jaket kampus udah jadi kewajiban kalo jadi danus buat acara dikampus, karena untungnya lumayan. Dari pada jualan jajanan yang untungnya paling Cuma 500-1000 perak. Bahkan temen ane yang udah punya brand di kampus, ngasih uang sponsorsip 50juta buat acara dikampus
Penghasilan: 30-70rb per pcs


Quote:Quote:3. Jualan Pulsa
Spoiler for Pict:
Jualan pulsa udah jarang banget dilakuin, karna untungnya ga seberapa tapi capenya banyak. Cape nagih utang
Penghasilan: 500-1000 per transaksi


Quote:Quote:4. Ngelesin Anak SMP/SMA
Spoiler for Pict:
Buat agan-agan yang pinter bisa jual otak ente. Maksudnya jual kepintaran otak ente untuk ngelesin anak-anak SMP/SMA. Tipsnya jangan cari murid yang terlalu bodoh, nanti agan marah sendiri njelasin panjang-panjang anaknya ngga nangkep2, dan jangan cari murid yang terlalu pinter, nanti anaknya bakal banyak nanya, nah kalo agan ga bisa jawab nanti agan keliatan bodo
Penghasilan: 50rb per pertemuan


Quote:Quote:5. Jadi Asdos/Asprak
Spoiler for Pict:
Asdos (Asisten Dosen) / Asprak (Asisten Praktikum). Lagi2 ini buat mahasiswa berotak tokcer, ane aja belum berani ngambil kesempatan ini. Selain keuntungan uang, agan bisa nambah pengetahuan tentang mata kuliah tersebut.
Penghasilan: 300rb per semester (dikampus ane)


Quote:Quote:6. Ikutan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)
Spoiler for Pict:
Nah kalo ini buat agan-agan yang lebih suka sama hal kreativitas dibidang gagasan tertulis, penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan. Uang yang didapet bisa sampe 12jt. Tapi inget loh uangnya ini bukan hadiah tapi hibah buat ngejalanin program yang sesuai sama proposan yang agan kirim
Pengasilan: bisa sampai 12jt


Quote:Quote:7. Jadi Agen Foto Kopi Tugas/Catatan
Spoiler for Pict:
Nah ini buat mahasiswa yang pinter memanfaatkan kesempatan, biasanya diakhir kuliah mahasiswa ini langsung ndeketin dosen dan nanya ada materi yang harus difotokopi apa engga. Kalo ada, berarti ada ladang duit
Penghasilan: ga nentu, biasanya Cuma nggenepin aja. Contoh: kalo biaya fotokopi abis 13rb ya digenepin jadi 15rb


Spoiler for Jangan lupa gan:
:
pertamax gan

ane dulu sambil foto kopi ama bikinin temen kalau ada tugas makalah/ tugas karya tulis
lumayan nambah2
Ide"nya mantap gan.. Baru denger th ttg kantin kejujuran hehehe
Event-event juga biasanya mahasiswa banyak gan yg ikut.
sayang gw bukan mahasiswa gan
Quote:Original Posted By golagoli2013
pertamax gan

ane dulu sambil foto kopi ama bikinin temen kalau ada tugas makalah/ tugas karya tulis
lumayan nambah2

Bener tuh gan, lumayan jadi duit

Quote:Original Posted By xian.long88
Ide"nya mantap gan.. Baru denger th ttg kantin kejujuran hehehe

silahkan dicoba gan, kalo pengalaman ane yang untungnya gede malah jualan air mineral

Quote:Original Posted By vay007
Event-event juga biasanya mahasiswa banyak gan yg ikut.

iya buat nyari hadiahnya

Quote:Original Posted By payjustpay
sayang gw bukan mahasiswa gan

yang penting berbagi pengalaman aja gan
ane pernah ikut PKM gan.. udah modal banyak malah gak balik..
operator warnet gan...
lumayan gan jual pulsa tuh
- jadi tim sukses mahasiswa/i tajir. dijamin selama kuliah gak kelaparan
- sewa rumah terus sisa kamarnya di kosin ke temen2 sekampus.
- jangan jadi ketua organisasi kampus, jadilah wakilnya, ambil ketua yang tajir. biar dia dapat nama, kita dapet rejekinya.
- kalo bisa masuk di seksi konsumsi. karena syarat di konsumsi, harus kenyang dulu, baru bisa kerja hehe
- ikut organisasi yang punya sekretariat, jadi bisa nyekalian mukim disitu
- bantu temen yang kurang cerdas, dijamin bisa meminimalisir biaya transportasi ke kampus.
- buka jasa tambal ban panggilan, lumayan penghasilannya, dan biasanya membernya cewek2 tajir.
ane blum kuliah gan masih SMK
ane biasa jadi agen fc gan..
minta proyek kecil2an ama alumni gan
Quote:Original Posted By obimaru
operator warnet gan...


iye op warnet betul itu gan
ke-5 dan ke-7 gan
pernah jd asisten cuman fotokopiin tugas, dan soal2 latihan atau kuis
Quote:Original Posted By bujangteknik
ane pernah ikut PKM gan.. udah modal banyak malah gak balik..

Dapet duit langsung dihabisin gan gausah buat njalanin proposal

Quote:Original Posted By obimaru
operator warnet gan...

Tapi ntar tiap malem begadang

Quote:Original Posted By sharkly
lumayan gan jual pulsa tuh

Untung sedikit, yang utang banyak

Quote:Original Posted By gringsing1
- jadi tim sukses mahasiswa/i tajir. dijamin selama kuliah gak kelaparan
- sewa rumah terus sisa kamarnya di kosin ke temen2 sekampus.
- jangan jadi ketua organisasi kampus, jadilah wakilnya, ambil ketua yang tajir. biar dia dapat nama, kita dapet rejekinya.
- kalo bisa masuk di seksi konsumsi. karena syarat di konsumsi, harus kenyang dulu, baru bisa kerja hehe
- ikut organisasi yang punya sekretariat, jadi bisa nyekalian mukim disitu
- bantu temen yang kurang cerdas, dijamin bisa meminimalisir biaya transportasi ke kampus.
- buka jasa tambal ban panggilan, lumayan penghasilannya, dan biasanya membernya cewek2 tajir.


wahaha nice tips gan matabelo
Quote:Original Posted By jeremy46
ane blum kuliah gan masih SMK

bentar lagi kan SMA, bentar lagi ngrasain
Quote:Original Posted By Henrysusilo
ane biasa jadi agen fc gan..

iya itu untungnya gede
Quote:Original Posted By ceepee09
minta proyek kecil2an ama alumni gan

makanya harus deket2, sama kakak angkatan, dosen, aslab, sama alumni
jualan di fjb gan
Quote:Original Posted By smpn85
jualan di fjb gan


iya betul, tp ane belum pernah jualan di FJB
wkwkwkk bener bgt gan... ane jga mahasiswa dan ane bekerja sebagai guru private smp dan krja di kantor pajak walau hanya magang... hahahaa