- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
6 Kecerdasan Otak Kanan


TS
deltabyte
6 Kecerdasan Otak Kanan
6 Kecerdasan Otak Kanan
(Tips dan Trik untuk Melatihnya)
(Tips dan Trik untuk Melatihnya)
Pada era konsep tual yang kita alami sekaramg ini lambat laun mulai membuka pengetahuan kita tentang fungsi dan kerja Otak manusia. Diantaranya adalah fungsi dari Otak sebelah kanan kita, Kita harus melengkapi penalaran yang diarahkan oleh otak kiri kita dengan menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan kita. Keenam kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan kita adalah :
Spoiler for 1. DESAIN:
1. DESAIN
Ya, satu diantara kecerdasan dari otak kita adalah desain. Pada era sekarang sesuatu yang berbentuk barang atau jasa atau apa saja hanya fungsi (atau hanya ditilik/dilihat secara fungsional saja) akan tetapi juga desain yang diciptakan harus memiliki nilai estetika, indah, fantastic dan dapat menarik secara emosional. Apabila kita dapat menciptakan sesuatu yang bukan aja berdasarkan fungsional akan tetapi dengan nilai desain yang dapat diterima di masyarakat maka nilai ekonomi barang yang kita hasilkan lebih tinggi dan dapat member nilai tambah bagi personal.
Dilihat dari pengertiannya Desain adalah kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna) atau dapat dijabarkan desain adalah kegunaan yang memiliki nilai lebih yang ditingkatkan dengan makna yang terkandung!. Kita ambil contoh seorang desainer grafis harus menyiapkan sebuah brosur yang mudah dibaca kalau kita lihat brousir manfaatnya adalah memberikan informasi yang diinginkan oleh penyebar brosur kepada kalayak ramai agar orang lain dapat membaca dan mencerna pesan yang diberikan dalam brosur yang paling efektif adalah nrosur tersebut dapat menarik dan mentransmisikan gagasan-gagasan dan emosional-emosional yang tidak dapat dibaca secara kata-kata akan tetapi harus dengan desain gambar-gambar yang indah yang dapat mepengaruhi rasa dan jiwa bagi siapapun yang melihat,Nah agar gagasan ini dapat diterima dengan mudah maka diperlukan desain yang bagus,fantastis atau yang dapat mempengaruhi jiwa yang melihatnya. Bayangkan saja bila browser dibuat dengan kertas putih dan hanya bertuliskan huruf-huruf yang biasa atau berupa rangkaian kata tentunya akan sangat membosankan dan tidak memiliki daya tarik,apabilabrour tersebut dibuat dengan gambaran,desaun pjoto yang menarik maka secara tidak sadar akan membius dan menarik orang banyak.
Apabila kita perhatikan segala sesuatu yang tercipta, Baik yang berasal dari alam (diciptakan oleh Tuhan) maupun yang tercipta dari hasil olah tangan manusia tidak ada satupun yang lepas dari desain contoh Candi, Pohon,hewan ,manusia atau bangunan,cangkir,sendok semua barang-barang tersebut memiliki bentuk-bentuk yang terpola dengan keunikan masing-masing.
Untuk melatih kemampuan desain kita ada beberapa tips diantaranya:
1. Mulailah kebiasaan Lebih banyak memperhatikan sesuatu yang selama ini sering kita perhatikan seperti jalan,mobil,lukisan,gambar atau bahkan alat-alat rumah tangga seperti sendok,panic atau wajan berilah catatan kecil tentang desain dari barang-barang tersebut dan bayangkan bentuk dan desain alat-alat tersebut pada saat pertama kali diciptakan beri catatan dan penilaian juga kemungkinan pengembangan desain terhadap alat-alat tersebut
2. Perhatikan plakat, Iklan baliho atau sebuah surat kabar lihat huruf per huruf dan bayangkan apakah anda bias menciptakan desain huruf yang lebih mudah dicerna atau kata-kata yang sangat simple dan hanya dilihat sepintas orang bias mengerti makna dari tulisan tersebut!
3. Salurkan kejengkelan anda, Carilah sebanyak mungkin barang atau apa saja yang menurut anda desain barang tersebut sangat buruk, tulis dan catat gagasan-gagasan extreme anda untuk memperbaiki desain dari barang tersebut yang menurut anda agak seikit gila tetapi mampu mengundang emosional orang lain untuk tertarik menilai atau melihat desain yang anda buat.
4. Perbanyak melihat atau mengunjungi majalah-majalah desain atau situs-situs tentang desain, semakin banyak anda kungjungi dan baca maka semakin banyak konsep-konsep desain yang tertanam atau terkumpul dalam otak anda dan semakin banyak pula ide gila tentang desain yang akan anda ciptakan.
Referensi web: [url=http://www.Ambidextrousmag.com,]www.Ambidextrousmag.com,[/url] dan masih banyak lagi
5. Wujudkan ide Gila anda dengan membuat desain yang jarang atau baru pertama kali dilihat tapi ingat desain yang anda buat harus memiliki beberapa syarat dan unsure untuk desain yang baik diantaranya
A. Contras (berbedaan) buat garis,warna,bentuk,ruangan,ketebalan menjadi sangat berbeda dengan desain orang lain
B. Repetition (pengulangan). Pengulangan unsure-unsur visual membantu mengembangkan pengaturan dan memperkuat kesatuan dari brosur,lukisan,laporan berkala,atau kepala surat anda
C. Alignment (penjajaran) tidak ada yang diletakkan apada halaman,bentuk atau ruang secara sewenang-wenang, setiap unsure memiliki hubungan dengan unsure yang lain
D. Proxymety (kedekatan)benda-benda yang saling berhubungan harus diletakkan secara berkelompok bersama-sama
……………………………………………….(Robin William)
6. Jadilah Orang Pemilih, Pilihlah barang,pakaian,atau apa saja sesuai dengan penilaian anda tetang desain barang trsebut jangan hiraukan penilaian orang, atau penilaian mode yang telah ngtren sebab belum tentu sama dengan konsep desain pada diri anda!
Ya, satu diantara kecerdasan dari otak kita adalah desain. Pada era sekarang sesuatu yang berbentuk barang atau jasa atau apa saja hanya fungsi (atau hanya ditilik/dilihat secara fungsional saja) akan tetapi juga desain yang diciptakan harus memiliki nilai estetika, indah, fantastic dan dapat menarik secara emosional. Apabila kita dapat menciptakan sesuatu yang bukan aja berdasarkan fungsional akan tetapi dengan nilai desain yang dapat diterima di masyarakat maka nilai ekonomi barang yang kita hasilkan lebih tinggi dan dapat member nilai tambah bagi personal.
Dilihat dari pengertiannya Desain adalah kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna) atau dapat dijabarkan desain adalah kegunaan yang memiliki nilai lebih yang ditingkatkan dengan makna yang terkandung!. Kita ambil contoh seorang desainer grafis harus menyiapkan sebuah brosur yang mudah dibaca kalau kita lihat brousir manfaatnya adalah memberikan informasi yang diinginkan oleh penyebar brosur kepada kalayak ramai agar orang lain dapat membaca dan mencerna pesan yang diberikan dalam brosur yang paling efektif adalah nrosur tersebut dapat menarik dan mentransmisikan gagasan-gagasan dan emosional-emosional yang tidak dapat dibaca secara kata-kata akan tetapi harus dengan desain gambar-gambar yang indah yang dapat mepengaruhi rasa dan jiwa bagi siapapun yang melihat,Nah agar gagasan ini dapat diterima dengan mudah maka diperlukan desain yang bagus,fantastis atau yang dapat mempengaruhi jiwa yang melihatnya. Bayangkan saja bila browser dibuat dengan kertas putih dan hanya bertuliskan huruf-huruf yang biasa atau berupa rangkaian kata tentunya akan sangat membosankan dan tidak memiliki daya tarik,apabilabrour tersebut dibuat dengan gambaran,desaun pjoto yang menarik maka secara tidak sadar akan membius dan menarik orang banyak.
Apabila kita perhatikan segala sesuatu yang tercipta, Baik yang berasal dari alam (diciptakan oleh Tuhan) maupun yang tercipta dari hasil olah tangan manusia tidak ada satupun yang lepas dari desain contoh Candi, Pohon,hewan ,manusia atau bangunan,cangkir,sendok semua barang-barang tersebut memiliki bentuk-bentuk yang terpola dengan keunikan masing-masing.
Untuk melatih kemampuan desain kita ada beberapa tips diantaranya:
1. Mulailah kebiasaan Lebih banyak memperhatikan sesuatu yang selama ini sering kita perhatikan seperti jalan,mobil,lukisan,gambar atau bahkan alat-alat rumah tangga seperti sendok,panic atau wajan berilah catatan kecil tentang desain dari barang-barang tersebut dan bayangkan bentuk dan desain alat-alat tersebut pada saat pertama kali diciptakan beri catatan dan penilaian juga kemungkinan pengembangan desain terhadap alat-alat tersebut
2. Perhatikan plakat, Iklan baliho atau sebuah surat kabar lihat huruf per huruf dan bayangkan apakah anda bias menciptakan desain huruf yang lebih mudah dicerna atau kata-kata yang sangat simple dan hanya dilihat sepintas orang bias mengerti makna dari tulisan tersebut!
3. Salurkan kejengkelan anda, Carilah sebanyak mungkin barang atau apa saja yang menurut anda desain barang tersebut sangat buruk, tulis dan catat gagasan-gagasan extreme anda untuk memperbaiki desain dari barang tersebut yang menurut anda agak seikit gila tetapi mampu mengundang emosional orang lain untuk tertarik menilai atau melihat desain yang anda buat.
4. Perbanyak melihat atau mengunjungi majalah-majalah desain atau situs-situs tentang desain, semakin banyak anda kungjungi dan baca maka semakin banyak konsep-konsep desain yang tertanam atau terkumpul dalam otak anda dan semakin banyak pula ide gila tentang desain yang akan anda ciptakan.
Referensi web: [url=http://www.Ambidextrousmag.com,]www.Ambidextrousmag.com,[/url] dan masih banyak lagi
5. Wujudkan ide Gila anda dengan membuat desain yang jarang atau baru pertama kali dilihat tapi ingat desain yang anda buat harus memiliki beberapa syarat dan unsure untuk desain yang baik diantaranya
A. Contras (berbedaan) buat garis,warna,bentuk,ruangan,ketebalan menjadi sangat berbeda dengan desain orang lain
B. Repetition (pengulangan). Pengulangan unsure-unsur visual membantu mengembangkan pengaturan dan memperkuat kesatuan dari brosur,lukisan,laporan berkala,atau kepala surat anda
C. Alignment (penjajaran) tidak ada yang diletakkan apada halaman,bentuk atau ruang secara sewenang-wenang, setiap unsure memiliki hubungan dengan unsure yang lain
D. Proxymety (kedekatan)benda-benda yang saling berhubungan harus diletakkan secara berkelompok bersama-sama
……………………………………………….(Robin William)
6. Jadilah Orang Pemilih, Pilihlah barang,pakaian,atau apa saja sesuai dengan penilaian anda tetang desain barang trsebut jangan hiraukan penilaian orang, atau penilaian mode yang telah ngtren sebab belum tentu sama dengan konsep desain pada diri anda!
Spoiler for 2. CERITA:
2. CERITA
Kecerdasan kedua adalah cerita!Kita usahakan dalam hidup kita tidak hanya berargumen akan tetapi dapat menceriterakan segala sesuatu secara rinci tentang argument kita. Ketika hidup kita penih dengan informasi dan data. Mengumpulkan argument yang effectif tidaklahmemadai. Seseorang entah dimanapun pasti akan menemukan sesuatu yang berbed untuk membantah atau mematahkan argument yang anda berikan. Esensi dari persuasi,komunikasi dan pemahaman diri telah menjadi suatu kemampuan untuk menciptakan suatu drana kisah yang menarik.
Cerita-cerita yang menarik atau memiliki nilai atau kesan tertentu lebih mudah dipahami dan lebih mudah di cerna serta diingat, Karena dalam berbagai cara cerita adalah bagaimana atau suatu cara untuk mengingat sesuatu. Sebagai contoh kita akan menanamkan nilai kebaikan untuk anak kita tentang perilaku buruk seperti mencuri, kalu kita jelaskan nak….jangan mencuri karena mencuri itu yidak baik…… dengan argument yang kita tanamkan anak akan lama untuk mengingat mereka hanya tau kalau mencuri itu dosa dan tidak baik sementara kesan yang kita berikan terhadap anak kita tidak nyangkut pada ingatan mereka berbeda apabila kita menceritakan dongeng tentang si kancil yang mencuri timun pak tani……akhirnya sikancil mendapat hukuman dengan dikurung karena mencuri telah merugikan pak tani dan karma bagi kancil adalah kurungan…….(anak akan lbh cepat mengingat konsep mencuri tidak baik akan berakibat sama seperti yang dialami si kancil.
Cerita sendiri oleh para pakar diterjemahkan sebagai suatu peristiwa kognitif yang penting, karena mereka meringkas dalam suatu paket yang padatinformasi, pengetahuan, konteks danemosional. Kita perhatikan tentang film, mitos atau cerita tentang cinta atau tentang kepahlawanan kalau kita perhatikan cerita tersebut satupun tidak ada yang baru dalam inti ceritanya akan tetapu yang membedakan antara mitos yang satu dengan yang lain adalah alur atau tercemahan konsep pada ceritanya contoh Cerita tentang bandung bondowoso dan sangkuriang, atau kisah kepahlawanan yang alurnya sang jagoan akan mengalami cobaan atau hamper kalah akhirnya sang jagoan belajar sadar dan akhirnya menang (cerita ini disetiap Negara hamper memiliki hikayat atau mitos tentang ini) jadi yang membedakan dari suatu unsure cerita adalah imajenasi dan penciptaan cerita yang tepat dan menarik!
Untuk mempertajam kecerdasan cerita ada beberapa tips yaitu:
1. Buatlah cerita-cerita singkat dan cerita mini yang terdiri dari 50-100 kata tetapi cerita yang anda buat harus ada awal-tengah dan bagian akhir tentang kisah sehari anda yang dirangkai dengan plot dan sedikit imajenasi anda! Suruhlah orang dekat untuk menilai cerita anda tanyakan pada dia inti dari cerita yang nada buat apabila ia mengerti kembangkan cerita anda sedikit demi sedikit.
2. Buatlah grup atau komunitas cerita yang bias anda bentuk di jaringan social facebook atau yang lainnya karena dari grup ini anda bisa menulis,mendapat gagasan,membandingkan cerita anda dengan sahabat atau kenalan anda.
3. Ambillah alat rekam dan catat kegiatan-kegiatan yang menarik yang anda jalankan sehari-hari rangkumlah dan buat cerita sesuai dengan daya imajenasi anda yang sesuai dengan alur alur dan sesauai dengan plot-plot yang ada.
4. Bacalah artikel dan sebuah cerita dengan membaca cepat kalimat-kalimat pembuka tutup artikel atau cerita tersebut tebak sesuai dengan feeling atau imajenasi anda kira-kira gambaran keseluruhan atau inti artikel atau cerita tersebut, kumpulkan beberapa dugaan dan setelah itu baca lagi dan selesaikan bacaan tersebut sampai tuntas bandingkan dengan dugaan-dugaan yang anda rangkum kalau anda jeli maka rangkuman tadi dan isi cerita akan mendekati
5. Kumpulkan photo atau gambar-gambar yang terdapat pada sebuah cerita dari sebuah majalah. Dan dengan gambar tersebut munculkan imajenasi anda yang didapat dari dugaan-dugaan hati anda terhadap gambar-gambar yang anda cermati! Makna dibalik gambar yang anda lihat dengan menggunakan imajenasi anda akan mempertajam kemampuan anda untuk mempertingkatkan kecerdasan bercerita!
6. Menebak dan tanyakan Siapa Orang-orang ini
Apakah anda pernah mendapati diri anda ditempat-tempat keramain seperti pasar atau tempat seperti bandara,statsiun atau lapangan udara, sembari emperhatikan dan bertanya siapakah orang-orang yng berada disana, siapakah orang bereragan yang ada di supermarket atau station? Bertanyalah pada hati anda dan jawablah pertanyaan tersebut dibenak anda! Buatlah pertanyaan siapakah 2 orang yang berada dekat dengan anda ketika suatu ketika anda berjalan-jalan disebuah supermarket,siapa merekan,nama mereka,apa yang mereka lakukan,berpacarankah mereka, atau sedang mencari sesuatu,kenapa mereka disini dan selanjutnya mereka hedak kemana. Lihatlah tanda-tanda dan arti gerakan mereka orang sering enafsirkan tanda gerak tubuh dan gelagat yang sama dengan suatu penafsiran yang berbeda brdasarkan pengalaman hidup yang mereka alami, latihan ini dapat membantu anda menantang berbagai asumsi, mengabaikan steriotip-steriotip dan akan dapat membantu anda memperluas cerita-cerita yang anda buatdengan interaki yang anda lakukan pada keluarga, teman,pacar atau kolega!
Kecerdasan kedua adalah cerita!Kita usahakan dalam hidup kita tidak hanya berargumen akan tetapi dapat menceriterakan segala sesuatu secara rinci tentang argument kita. Ketika hidup kita penih dengan informasi dan data. Mengumpulkan argument yang effectif tidaklahmemadai. Seseorang entah dimanapun pasti akan menemukan sesuatu yang berbed untuk membantah atau mematahkan argument yang anda berikan. Esensi dari persuasi,komunikasi dan pemahaman diri telah menjadi suatu kemampuan untuk menciptakan suatu drana kisah yang menarik.
Cerita-cerita yang menarik atau memiliki nilai atau kesan tertentu lebih mudah dipahami dan lebih mudah di cerna serta diingat, Karena dalam berbagai cara cerita adalah bagaimana atau suatu cara untuk mengingat sesuatu. Sebagai contoh kita akan menanamkan nilai kebaikan untuk anak kita tentang perilaku buruk seperti mencuri, kalu kita jelaskan nak….jangan mencuri karena mencuri itu yidak baik…… dengan argument yang kita tanamkan anak akan lama untuk mengingat mereka hanya tau kalau mencuri itu dosa dan tidak baik sementara kesan yang kita berikan terhadap anak kita tidak nyangkut pada ingatan mereka berbeda apabila kita menceritakan dongeng tentang si kancil yang mencuri timun pak tani……akhirnya sikancil mendapat hukuman dengan dikurung karena mencuri telah merugikan pak tani dan karma bagi kancil adalah kurungan…….(anak akan lbh cepat mengingat konsep mencuri tidak baik akan berakibat sama seperti yang dialami si kancil.
Cerita sendiri oleh para pakar diterjemahkan sebagai suatu peristiwa kognitif yang penting, karena mereka meringkas dalam suatu paket yang padatinformasi, pengetahuan, konteks danemosional. Kita perhatikan tentang film, mitos atau cerita tentang cinta atau tentang kepahlawanan kalau kita perhatikan cerita tersebut satupun tidak ada yang baru dalam inti ceritanya akan tetapu yang membedakan antara mitos yang satu dengan yang lain adalah alur atau tercemahan konsep pada ceritanya contoh Cerita tentang bandung bondowoso dan sangkuriang, atau kisah kepahlawanan yang alurnya sang jagoan akan mengalami cobaan atau hamper kalah akhirnya sang jagoan belajar sadar dan akhirnya menang (cerita ini disetiap Negara hamper memiliki hikayat atau mitos tentang ini) jadi yang membedakan dari suatu unsure cerita adalah imajenasi dan penciptaan cerita yang tepat dan menarik!
Untuk mempertajam kecerdasan cerita ada beberapa tips yaitu:
1. Buatlah cerita-cerita singkat dan cerita mini yang terdiri dari 50-100 kata tetapi cerita yang anda buat harus ada awal-tengah dan bagian akhir tentang kisah sehari anda yang dirangkai dengan plot dan sedikit imajenasi anda! Suruhlah orang dekat untuk menilai cerita anda tanyakan pada dia inti dari cerita yang nada buat apabila ia mengerti kembangkan cerita anda sedikit demi sedikit.
2. Buatlah grup atau komunitas cerita yang bias anda bentuk di jaringan social facebook atau yang lainnya karena dari grup ini anda bisa menulis,mendapat gagasan,membandingkan cerita anda dengan sahabat atau kenalan anda.
3. Ambillah alat rekam dan catat kegiatan-kegiatan yang menarik yang anda jalankan sehari-hari rangkumlah dan buat cerita sesuai dengan daya imajenasi anda yang sesuai dengan alur alur dan sesauai dengan plot-plot yang ada.
4. Bacalah artikel dan sebuah cerita dengan membaca cepat kalimat-kalimat pembuka tutup artikel atau cerita tersebut tebak sesuai dengan feeling atau imajenasi anda kira-kira gambaran keseluruhan atau inti artikel atau cerita tersebut, kumpulkan beberapa dugaan dan setelah itu baca lagi dan selesaikan bacaan tersebut sampai tuntas bandingkan dengan dugaan-dugaan yang anda rangkum kalau anda jeli maka rangkuman tadi dan isi cerita akan mendekati
5. Kumpulkan photo atau gambar-gambar yang terdapat pada sebuah cerita dari sebuah majalah. Dan dengan gambar tersebut munculkan imajenasi anda yang didapat dari dugaan-dugaan hati anda terhadap gambar-gambar yang anda cermati! Makna dibalik gambar yang anda lihat dengan menggunakan imajenasi anda akan mempertajam kemampuan anda untuk mempertingkatkan kecerdasan bercerita!
6. Menebak dan tanyakan Siapa Orang-orang ini
Apakah anda pernah mendapati diri anda ditempat-tempat keramain seperti pasar atau tempat seperti bandara,statsiun atau lapangan udara, sembari emperhatikan dan bertanya siapakah orang-orang yng berada disana, siapakah orang bereragan yang ada di supermarket atau station? Bertanyalah pada hati anda dan jawablah pertanyaan tersebut dibenak anda! Buatlah pertanyaan siapakah 2 orang yang berada dekat dengan anda ketika suatu ketika anda berjalan-jalan disebuah supermarket,siapa merekan,nama mereka,apa yang mereka lakukan,berpacarankah mereka, atau sedang mencari sesuatu,kenapa mereka disini dan selanjutnya mereka hedak kemana. Lihatlah tanda-tanda dan arti gerakan mereka orang sering enafsirkan tanda gerak tubuh dan gelagat yang sama dengan suatu penafsiran yang berbeda brdasarkan pengalaman hidup yang mereka alami, latihan ini dapat membantu anda menantang berbagai asumsi, mengabaikan steriotip-steriotip dan akan dapat membantu anda memperluas cerita-cerita yang anda buatdengan interaki yang anda lakukan pada keluarga, teman,pacar atau kolega!
LANJUT DI BAWAH GAN
0
4.8K
Kutip
33
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan