TNI AL Siap Kerahkan Kapalnya untuk Angkutan Mudik Lebaran

Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, TNI AL menyediakan kapalnya untuk membantu angkutan mudik lebaran. Kapal yang dikerahkan adalah jenis angkut logistik yang mampu menampung seratusan kendaraan bermotor dan seribuan orang pemudik.

"Kita sudah siapkan beberapa KRI yang nantinya untuk angkutan Lebaran." ujar Kadispenal Laksamana Pertama TNI Untung Suropati, di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2013).

"Salah satunya adalah KRI Banda Aceh, kapasitasnya itu 1500 pemudik, 500 motor, dan kalau mobil bisa 50-an," sambungnya.

Mengenai koordinasi lebih lanjutnya, Kadispenal mengaku semua itu nantinya tergantung Kemenhub. Namun, pihak TNI AL menyatakan sudah siap.

"Tergantung permintaan dari Kementerian Perhubungan bagaimana. Koordinasi pada prinsipnya kami ready. Anytime Kemenhub meminta, kami siap." jelas Kadispenal yang juga pagi tadi mengikuti latihan menembak bersama wartawan.
sumber:detik..com
___________________________________
Mulai lagi
Paling gak ngebantu masyarakat dab termasuk OMSP
sedikit oot

KALIANDA, Lampungterkini.co.id- Direktur jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso menegaskan agar arus mudik lebaran 2013 jangan sampai semrawut. Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan peninjauan kesiapan, persiapan sarana dan prasarana angkutan mudik tahun 2013 di beberapa tempat di Pulau Sumatera.

"Seperti tahun tahun sebelumnya angkutan mudik lebaran selalu padat. Tahun ini jangan sampai semrawut, tak boleh ada penumpukan di Merak ataupun Bakauheni, " ujar Suroyo di hadapan pejabat Dishub, Syahbandar, PT ASDP Cabang Bakauheni, Selasa (2/7).

Suroyo juga sudah melakukan peninjauan ke berbagai titik jalan mulai dari Palembang hingga Lampung. Perjalanan darat tersebut dilakukan dengan membagi tim menjadi tiga bagian, melewati jalur Lintas Timur Sumatera, Lintas Barat dan Lintas Tengah. Dari perjalanan darat yang ia lakukan ia melihat masih banyak ruas jalan yang rusak dan tak layak dilewati. Padahal menurutnya faktor jalan menjadi penentu terjadinya kemacetan.

Selain fasilitas angkutan darat Dirjen Hubda itu mengatakan agar pihak PT ASDP menyiapkan kapal yang benar-benar memperhatikan keselamatan untuk transportasi laut. Pengecekan kapal harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum lebaran Idul Fitri tiba. Selain itu keselamatan dan kenyamanan penumpang harus diprioritaskan baik di laut ataupun ketika ada di pelabuhan.

Sebagaimana diketahui, jumlah penumpang angkutan lebaran tahun 2013 yang menggunakan transportasi masal diprediksi naik sekitar 4,5% dibanding tahun 2012 dari 16.643.732 penumpang menjadi 17.393.016 penumpang. Prediksi tersebut terdiri dari moda angkutan jalan sebanyak 6.221.563 penumpang (naik 3,72%), angkutan sungai danau penyeberangan sebanyak 3.334.425 penumpang (naik 1,76%), angkutan kereta api sebanyak 2.795.933 penumpang (naik 16,04%), angkutan laut sebanyak 1.2844.631 penumpang (turun 20,27%), dan angkutan udara 3.756.464 penumpang (naik 12,20%). Demikian disampaikan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S. Ervan kepada wartawan di Jakarta,(26/6).

Sementara itu, dalam menghadapi angkutan lebaran tahun 2013 ini, pemerintah telah mempersiapkan sarana transportasi untuk moda angkutan darat (angkutan jalan, kereta api, sungai danau penyeberangan), angkutan laut, dan angkutan udara. Untuk angkutan jalan disiapkan 21.395 bus AKAP, 13.875 bus AKDP, 2.350 bus pariwisata. Angkutan kereta api disiapkan 216 KA reguler, 46 KA lebaran, 235 lokomotif siap operasi, 1.594 kereta penumpang. Angkutan sungai, danau penyeberangan disediakan 137 kapal Ro-Ro. Untuk angkutan laut disediakan 25 kapal PELNI, 79 Kapal Ro-Ro Swasta, 13 kapal cepat swasta, 600 kapal swasta jarak dekat, 67 kapal perintis kapal TNI AL. Angkutan udara disiapkan 382 pesawat dengan kapasitas 50.747 penumpang.

Jumlah penggunaan mobil pribadi sebagai sarana angkutan mudik diprediksi naik 6,17% dibanding tahun 2012 dari 1.657.507 kendaraan menjadi 1.759.775 kendaraan. Selain itu, penggunaan sepeda motor diprediksi naik 8,15% dari 2.799.134 kendaraan menjadi 3.027.263 kendaraan.

“Agar tidak terjadi penumpukan di jalan pemerintah mengambil kebijakan dengan dengan pengalihan beban lalu lintas melalui pengangkutan sepeda motor dengan truk dan kapal laut. Pengangkutan kendaraan roda 2 dengan armada TNI KRI Banda Aceh dengan kapasitas 15000 penumpang dapat menampung 1000 kendaraan roda 2 ditambah awak KRI Banda Aceh 150 kru, “ jelasnya.

KRI Banda Aceh rencananya disiapkan untuk 2 trip perjalanan yaitu berangkat pada H-4 dan H-2 Idul Fitri dengan rute Tanjung Priok menuju pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Untuk angkutan kereta api, jalur ganda lintas utara Jawa hingga Semarang juga akan dioperasikan untuk menambah jumlah perjalanan. Bambang mengingatkan demi keselamatan pengguna motor yang akan naik KRI Banda Aceh diharapkan mengisi BBM secukupnya. “Life jacket disediakan 400 unit serta pengaturan perjalanan sepeda motor secara rombongan maupun penetepan khusus dan tempat istirahat,” jelasnya.

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-5 dan H-4 Idul Fitri atau tanggal 3 dan 4 Agustus 2013. Bambang mengingatkan kepada pemudik agar merencanakan perjalanannya sebaik mungkin. “Sebelum libur Idul Fitri ada cuti bersama tanggal 5-7 Agustus. Ini harus dimanfaatkan dengan baik dalam merencanakan perjalanan agar tidak menumpuk pada tanggal tertentu. Begitu juga pada saat pulang harus diperhatikan,” tutupnya.
sumber

bold1: 67 kapal perintis kapal ? maksudnya ?
bold2:Banda Aceh bisa mengakomodasi 15000 penumpang ? bodrex nih wartawan
TNI AL siap mengerahkan kekuatannya untuk menangkal penyusup di ambalat.. pengen denger berita kyk gini sebenernya..
Koment yang sudah pasti tradisi dalam berita seperti ini

" TNI Multiroleee strooonk " cuman dikita kan ya kalau kaya gini ?

ini yang ikut naik kapal ditagih bayar tiket ga ya ?
awas ntar life jacketnya di bawa yang mudik

herky ngga sekalian jadiin paket kirim motor / mobil kyk jne ?
Long Life Multi Role!!!!
Quote:Original Posted By DocApizz
Koment yang sudah pasti tradisi dalam berita seperti ini

" TNI Multiroleee strooonk " cuman dikita kan ya kalau kaya gini ?

ini yang ikut naik kapal ditagih bayar tiket ga ya ?


tahun lalu sih gratis, dan memang seharusnya gretong
Quote:Original Posted By MALUFTI22


tahun lalu sih gratis, dan memang seharusnya gretong


solarnya ditanggung siapa??

Quote:Original Posted By cherrybombers
TNI AL siap mengerahkan kekuatannya untuk menangkal penyusup di ambalat.. pengen denger berita kyk gini sebenernya..


om,
BNN nagkep seorang gembong pengedar narkotika beserta lima kurir -- dua diantaranya merupakan oknum anggota TNI Angkatan Udara Pangkalan Udara Roemin Nurjadin.inisial BW dan RY
sekalian daripada bikin thread baru
TNI AL Masuk Tataran "World Class Navy"
Jakarta - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) berhasil masuk ke dalam tataran World Class Navy. Untuk menjadi World Class Navy, TNI AL konsisten melaksanakan inward looking dan outward looking.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama Untung Suropati pada acara Olahraga Bersama Wartawan di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jumat (5/7) di Jakarta.

Menurut Untung, inward looking merupakan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan umum dan militer di dalam dan luar negeri serta penugasan melalui tour of duty. Selain itu, melaksanakan pembangunan kekuatan berbasis kemampuan (capability based) yang mampu menangkal dan menindak setiap ancaman militer dari luar maupun dari dalam negeri.

Untung Suropati menjelaskan, 2013 merupakan tahun keempat dari rencana strategis TNI AL periode 2010-2014. Dalam kurun waktu tersebut, TNI AL berhasil laksanakan pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) baru dalam berbagai jenis produksi. Baik itu produksi dalam dan luar negeri yang telah diselesaikan secara bertahap.

Di antaranya 39 kapal perang seperti 2 kapal selam, 2 kapal perusak kawal rudal (PKR), 16 kapal cepat rudal (KCR), dan 8 kapal patroli cepat (PC).

Untuk pengadaan kendaraan tempur (Ranpur) Marinir sebanyak 84 unit terdiri dari 49 tank BMF-3F, 14 pansam BTR-80A, 5 BVP-2, dan 16 RM-70 Call-22 serta sejumlah persenjataan lainnya.


Dijelaskan, upaya TNI AL mendukung pemerintah memberdayakan industri dalam negeri, pembangunan alutsista baik LST, KCR, dan patroli cepat dilaksanakan di Lampung, Batam, Jakarta, Surabaya dan Banyuwangi.

“Pada masa mendatang akan dibangun kapal selam di dalam negeri sebagai bentuk komitmen untuk mendukung terwujudnya kemandirian nasional dalam upaya pemenuhan alutsista pertahanan,” kata Untung.

Ditambahkan, pembangunan alutsista TNI AL yang sedang dilaksanakan berkaitan erat antara strategic objective, defence capabilities dan anggaran pertahanan. Proyeksi penggunaan kekuatan TNI AL berdasarkan perkiraan strategis lima tahun kedepan meliputimasalah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, separatisme, terorisme, bencana alam, beragam kegiatan ilegal dan keamanan maritim.

Dari sisi outward looking, berkaitan dengan analisis mendalam terhadap perkembangan lingkungan strategis, khususnya di kawasan Asia Pasifik dan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi setiap bentuk ancaman faktual maupun potensial yang diakibatkannya.
sumber
Quote:Original Posted By MALUFTI22

Untuk pengadaan kendaraan tempur (Ranpur) Marinir sebanyak 84 unit terdiri dari 49 tank BMF-3F, 14 pansam BTR-80A, 5 BVP-2, dan 16 RM-70 Call-22 serta sejumlah persenjataan lainnya.


beli yang sama lagi ? god
Quote:Original Posted By dr.retro26


beli yang sama lagi ? god


jenis sama tapi yang modular mao

Quote:Original Posted By cucunyabudjem


solarnya ditanggung siapa??



Kalo bencana alam gitu juga siapa yg nanggung ya? apa udah dianggarin juga buat hal macam gini?
Quote:Original Posted By cucunyabudjem


solarnya ditanggung siapa??



gk tau....harusya sih ditanggung dinas perhubungan
Dana Solarnya sepertinya diambilkan dari Kementerian Perhubungan pos anggaran penyelenggaraan arus mudik dan balik.

Penginnya ga hanya rute Jakarta Semarang aja, rute Surabaya ke Indonesia Timur juga perlu kayaknya.
Tadi siang ada kawan nyeletuk bangga bakal pulang kampung pakai kapal perang TNI..
Penganut aliran Al-Multiroliyah nih....
KRI OWA jurusan mana gans ...
kegiatan yang kayak gini komnas ham ama lsm-2 bajirut pada mau ikut patungan beli bbm gak ya..? ato malah mereka nyang pertama kali naek duluan bwt mudik....
Mudik lintas Jawa? kapal TNI berkapasitas 1.000 motor disiapkan
Sumber: otosia.com
Minggu, 7 Juli 2013 15:21:00





Penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi pada musim mudik Lebaran masih menjadi alternatif yang menarik karena ringkas dan bisa digunakan dengan mudah juga hemat saat sampai di kampung halaman atau tempat tujuan mudik.

Namun demi keselamatan dan juga menghindari padatnya arus lalu lintas mudik, Kementerian Perhubungan menyiapkan kapal TNI KRI Banda Aceh yang bisa dimuati 1.000 sepeda motor dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

"Pemerintah mengambil kebijakan dengan pengalihan beban lalu lintas melalui pengangkutan sepeda motor dengan truk dan kapal laut. Pengangkutan kendaraan roda dua dengan armada TNI KRI Banda Aceh yang dapat menampung 1.000 kendaraan roda dua ditambah awak KRI Banda Aceh 150 kru," demikian papar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan.

KRI Banda Aceh sendiri berkapasitas 15.000 penumpang. Kapal rencananya disiapkan untuk dua trip perjalanan, yaitu berangkat pada H-4 dan H-2 Idul Fitri dengan rute Tanjung Priok menuju pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Seperti yang sudah-sudah, pada Lebaran ke depan diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah pemudik dibanding tahun sebelumnya. Prediksi menurut Kementerian Perhubungan, jumlah mereka yang mudik akan mencapai 17 juta jiwa.

Selain menggunakan tranportasi massal, penggunaan sepeda motor pun tidak luput dan malah makin bertambah. Adapun penggunaan sepeda motor pada musim mudik tahun ini diprediksi naik 8,15 persen dari 2.799.134 kendaraan menjadi 3.027.263 kendaraan.


http://www.merdeka.com/otomotif/mudi...disiapkan.html