- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Branding Itu Semudah PDKT Lho Gan! (Anak Digital Wajib Masuk!!!)


TS
thelannister
Branding Itu Semudah PDKT Lho Gan! (Anak Digital Wajib Masuk!!!)
Ikut Buka Puasa Bareng Ane dan 30 Anak Jalanan Lainnya Yuk Gan! Kalo Agan Jago Design Bisa Nyumbang Karyanya Lho, Klik di sini Gan!
Kalo ilmu agan2 bertambah, bisa kali gan bagi cendolnya

thanks kaskus!
Quote:
Branding adalah kegiatan komunikasi yang mempunyai maksud agar brand tersebut tidak hanya dikenal tapi orang paham dengan kepribadian brand tersebut sehingga jatuh cinta serta mau menggunakannya.

Pernah mengalami jatuh cinta? Pasti yang kamu lakukan tidak hanya menyampaikan perasaanmu saja, tapi ada beberapa tahap yang dilewati seperti mengajaknya berkenalan, bila sudah kenal lalu mencari tahu kegiatan favorit si dia, lagu kesukaan dan lain lain. Seperti itulah branding, branding digunakan sebagai senjata ampuh dalam memasarkan produk. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, branding adalah segala macam strategi yang digunakan untuk mengenalkan produk atau merek agar target market yang dituju tidak hanya kenal tetapi juga mencintai dan loyal kepada brand tersebut.
Branding tidak jauh berbeda dengan PDKT, karena tujuannya sama sama ingin menarik target market dengan suka rela untuk menerima dan mencintai. Ketika anda jatuh cinta, yang anda lakukan pertama kali adalah merubah penampilan diri sesuai dengan tipe dari target market yang dituju atau mencari target market yang sesuai dengan penampilan anda, ini yang disebut Brand Identity. Yaitu identitas diri secara fisik yang ingin disampaikan kepada target yang dituju. Anda penyuka music rock, untuk menampilkannya dengan menggunakan kaos hitam bergambar band kesayangan, tentu saja wanita yang anda incar juga mempunyai selera musik dan dandanan yang sama. Bisa juga brand identity dimulai dari mengikuti selera target market, anda menyukai wanita eksekutif dengan penampilan modis. Yang anda lakukan pertama kali adalah merubah penampilan sesuai selera wanita tersebut, bisa dengan berkemeja rapih dan klimis.
Lihat artikel di web sumber: http://www.sketchmagz.com/
Yang terpenting dari Brand Identity adalah konsisten baik itu warna maupun bentuk, apa fungsinya? Supaya target yang dituju aware dengan kehadiran kita. Lalu apa yang terjadi bila kita tidak konsisten dengan penampilan/brand identity kita? Tentu saja target yang dituju tidak aware dengan kehadiran kita, bahkan kecewa karena ketidak konsistenan tersebut. Anda menyukai wanita eksekutif yang berpenampilan modis yang juga menyukai pria berpenampilan sama, mereka akan kecewa ketika melihat anda yang biasanya berpenampilan rapih tiba tiba berpenampilan ala anak punk yang bebas. Intinya, brand identity adalah penampilan luar yang terlihat secara fisik yang digunakan secara konsisten dan menyeluruh
Lihat artikel di web sumber: http://www.sketchmagz.com/
Anda ingin terlihat modis, anda ingin terlihat urakan, anda ingin terlihat religious untuk meraih hati target yang dituju ini yang disebut dengan Brand Positioning. Jadi Brand Identity atau penampilan fisik sangat bergantung kepada Brand Positioning. Mudahnya, Brand Positioning adalah apa yang ingin ditampilkan merek di benak konsumen melalui langkah langkah dan tindakan. Bila anda adalah wanita yang mengincar pria mapan eksekutif muda, sedangkan anda mempunyai banyak pesaing dengan penampilan fisik yang sama, maka yang perlu dilakukan adalah mencari positioning yang unik namun tetap dalam koridor yang sama.
Mudahnya, setelah anda melakukan riset, ternyata pria tersebut mempunyai tim favorit Manchester United dan wanita lain pesaing anda tidak begitu menyukai bola, lalu anda menempatkan diri atau memposisikan diri sebagai wanita eksekutif yang juga menyukai bola. Strateginya bisa memulai pembicaraan dengan pria tersebut dengan hal hal yang bertopik bola. Contoh lain yang berhubungan langsung dengan brand adalah produk pepsi, sebuah minuman bersoda dimana pasar terlebih dahulu sudah mengenal coca cola. Coca cola sebagai market leader telah dikenal di masyarakat. Maka untuk mengambil hati target market yang telah dikuasai oleh coca cola, pepsi memposisikan diri sebagai "The choice of a new generation" artinya, minuman selain pepsi adalah minuman yang ketinggalan zaman.
Lihat artikel di web sumber: http://www.sketchmagz.com/

Pernah mengalami jatuh cinta? Pasti yang kamu lakukan tidak hanya menyampaikan perasaanmu saja, tapi ada beberapa tahap yang dilewati seperti mengajaknya berkenalan, bila sudah kenal lalu mencari tahu kegiatan favorit si dia, lagu kesukaan dan lain lain. Seperti itulah branding, branding digunakan sebagai senjata ampuh dalam memasarkan produk. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, branding adalah segala macam strategi yang digunakan untuk mengenalkan produk atau merek agar target market yang dituju tidak hanya kenal tetapi juga mencintai dan loyal kepada brand tersebut.
Spoiler for Sketchmagz.com:

Branding tidak jauh berbeda dengan PDKT, karena tujuannya sama sama ingin menarik target market dengan suka rela untuk menerima dan mencintai. Ketika anda jatuh cinta, yang anda lakukan pertama kali adalah merubah penampilan diri sesuai dengan tipe dari target market yang dituju atau mencari target market yang sesuai dengan penampilan anda, ini yang disebut Brand Identity. Yaitu identitas diri secara fisik yang ingin disampaikan kepada target yang dituju. Anda penyuka music rock, untuk menampilkannya dengan menggunakan kaos hitam bergambar band kesayangan, tentu saja wanita yang anda incar juga mempunyai selera musik dan dandanan yang sama. Bisa juga brand identity dimulai dari mengikuti selera target market, anda menyukai wanita eksekutif dengan penampilan modis. Yang anda lakukan pertama kali adalah merubah penampilan sesuai selera wanita tersebut, bisa dengan berkemeja rapih dan klimis.
Lihat artikel di web sumber: http://www.sketchmagz.com/
Yang terpenting dari Brand Identity adalah konsisten baik itu warna maupun bentuk, apa fungsinya? Supaya target yang dituju aware dengan kehadiran kita. Lalu apa yang terjadi bila kita tidak konsisten dengan penampilan/brand identity kita? Tentu saja target yang dituju tidak aware dengan kehadiran kita, bahkan kecewa karena ketidak konsistenan tersebut. Anda menyukai wanita eksekutif yang berpenampilan modis yang juga menyukai pria berpenampilan sama, mereka akan kecewa ketika melihat anda yang biasanya berpenampilan rapih tiba tiba berpenampilan ala anak punk yang bebas. Intinya, brand identity adalah penampilan luar yang terlihat secara fisik yang digunakan secara konsisten dan menyeluruh
Lihat artikel di web sumber: http://www.sketchmagz.com/
Anda ingin terlihat modis, anda ingin terlihat urakan, anda ingin terlihat religious untuk meraih hati target yang dituju ini yang disebut dengan Brand Positioning. Jadi Brand Identity atau penampilan fisik sangat bergantung kepada Brand Positioning. Mudahnya, Brand Positioning adalah apa yang ingin ditampilkan merek di benak konsumen melalui langkah langkah dan tindakan. Bila anda adalah wanita yang mengincar pria mapan eksekutif muda, sedangkan anda mempunyai banyak pesaing dengan penampilan fisik yang sama, maka yang perlu dilakukan adalah mencari positioning yang unik namun tetap dalam koridor yang sama.
Spoiler for Sketchmagz.com:

Mudahnya, setelah anda melakukan riset, ternyata pria tersebut mempunyai tim favorit Manchester United dan wanita lain pesaing anda tidak begitu menyukai bola, lalu anda menempatkan diri atau memposisikan diri sebagai wanita eksekutif yang juga menyukai bola. Strateginya bisa memulai pembicaraan dengan pria tersebut dengan hal hal yang bertopik bola. Contoh lain yang berhubungan langsung dengan brand adalah produk pepsi, sebuah minuman bersoda dimana pasar terlebih dahulu sudah mengenal coca cola. Coca cola sebagai market leader telah dikenal di masyarakat. Maka untuk mengambil hati target market yang telah dikuasai oleh coca cola, pepsi memposisikan diri sebagai "The choice of a new generation" artinya, minuman selain pepsi adalah minuman yang ketinggalan zaman.
Spoiler for Sketchmagz.com:

Lihat artikel di web sumber: http://www.sketchmagz.com/
Quote:
Beberapa artikel ane yang lain:
Branding Itu Semudah PDKT Lho Gan! (Anak Digital dan Industri Kreatif Wajib Masuk!!!)
Masyarakat Komik Indonesia, Pulihkan Komik Lokal! (Agan Suka Komik? Wajib Masuk!)
Apa Sih Motion Graphics Itu? - Sketchclass (Suka Desain dan Film? Masuk gan!)
Teknik Motret Baru Nih Gan! Namanya: Camera Tossing! (BAHAYA!!!)
Diana Rikasari, From Daily Routines, Jump To The Business! (IGO Bening Gan!)
Branding Itu Semudah PDKT Lho Gan! (Anak Digital dan Industri Kreatif Wajib Masuk!!!)
Masyarakat Komik Indonesia, Pulihkan Komik Lokal! (Agan Suka Komik? Wajib Masuk!)
Apa Sih Motion Graphics Itu? - Sketchclass (Suka Desain dan Film? Masuk gan!)
Teknik Motret Baru Nih Gan! Namanya: Camera Tossing! (BAHAYA!!!)
Diana Rikasari, From Daily Routines, Jump To The Business! (IGO Bening Gan!)
Kalo ilmu agan2 bertambah, bisa kali gan bagi cendolnya


thanks kaskus!

Diubah oleh thelannister 10-07-2013 11:45
0
5.4K
Kutip
53
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan